Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Airlangga Dianggap Berpeluang Buka Poros Lawan Koalisi Gerindra dan PDIP di Pilpres 2024
12 October 2021
Airlangga Dianggap Berpeluang Buka Poros Lawan Koalisi Gerindra dan PDIP di Pilpres 2024
foto: Capres 2024 (liputan6)


itoday - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memprediksi Partai Gerindra dan PDI Perjuangan bakal berkoalisi di Pemilu 2024. Untuk calon yang diusung sangat mungkin figur berpengaruh dari dua parta tersebut, yaitu Prabowo dan Puan Maharani.

Adi meyakini, Gerindra bisa masuk ke semua parpol dalam upaya membentuk koalisi. Namun dia yakin, Gerindra akan tetap berkoalisi dengan PDIP.

"Tapi kalau melihat portofolionya bisa dikunci PDIP, karena kan Puan-Prabowo, atau Prabowo-Puan, kan begitu," ujar Adi saat dihubungi, Senin (11/10).

Adi mengatakan, pasangan Prabowo-Puan sangat mungkin berhadapan dengan capres dari Partai Golkar. Diketahui, Golkar dalam hasil Rapimnas menyatakan bakal menjagokan Airlangga Hartarto menjadi calon presiden 2024.

"Golkar misalnya bisa masuk ke PKB dan Demokrat karena ketum mereka juga mengincar. Bahkan PPP juga di situ, kan mulai dijodoh jodohin tuh Airlangga-Cak Imin atau Airlangga-Suharso," ujarnya.

Adi menyebutkan, tiga partai yang secara tradisi memasang calonnya dalam setiap pilpres, termasuk nantinya di 2024.

Ketiganya yakni PDI-P, Gerindra dan Golkar yang saat ini merupakan tiga besar partai politik dengan jumlah kursi signifikan di parlemen.

"PDIP sudah bisa maju sendiri, Golkar dan Gerindra tinggal cari satu atau dua partai lagi untuk menggenapi ambang batas presiden, dan dua partai ini punya tradisi maju," jelasnya.

Adi mengatakan, partai lain di luar ketiga partai ini tentu akan kesulitan karena perolehan suara partai mereka kecil, dan elektabilitas ketum tidak signifikan.

Dia mencontohkan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tidak terlampau signifikan elektabilitasnya, hanya di kisaran angka 5 persen. Angka ini berbeda jauh dengan Prabowo.

"Airlangga boleh kecil elektabilitasnya, tapi partainya besar, artinya ada bargaining position. AHY serba tanggung, partainya juga tidak sampai dua digit, bargainnya itu tidak VIP, tapi kalau Golkar, PDIP, Gerindra, itu bargainnya VIP," jelas dia.

Adi menambahkan, ketiga partai ini terbuka lebar untuk berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kursi di parlemen. Pengecualian hanya di PDIP yang sepertinya sudah dianggap menolak berkoalisi dengan Demokrat dan PKS.

Dia juga mengatakan, nama-nama kepala daerah yang populer seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil saat ini dalam kondisi galau. Ketiganya boleh populer dan hebat namun tetap sia-sia jika tidak punya dukungan partai politik.

"Ganjar, Anies, RK bisa masuk untuk jadi cawapres mendongkrak elektabilitas Prabowo dan Airlangga. Karena ketiga partai besar itu pasti mematok kadernya capres," tambahnya.

Adi juga memprediksi, pasangan capres dan cawapres akan terbentuk di menit akhir pendaftaran Pilpres 2024. Dua faktor yang memungkinkan itu terjadi adalah dukungan realistis partai menggenapi ambang batas presiden. Kedua adalah mencari pasangan yang bisa menggerek elektabilitas masing-masing capres.

Upaya Golkar Dekati PKB

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai, Gerindra mendorong Prabowo karena percaya diri akan terwujudnya pasangan Prabowo-Puan di pilpres 2024.

"Keinginan Partai Gerindra untuk mencapreskan kembali Pak Prabowo, boleh jadi adalah ekspresi rasa percaya diri akan potensi terwujudnya duet antara Prabowo-Puan Maharani," kata Ketua Departemen Politik DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi lewat pesan kepada merdeka.com, Senin (11/10/2021).

Menurutnya, dengan rekam jejak yang panjang di politik nasional dan keikutsertaannya sejak pilpres 2009, wajar jika Prabowo hingga hari ini masih menjadi figur terdepan yang potensial untuk pilpres 2024.

"Adapun bagi PKS, sampai dengan saat ini kami fokus mensosialisasikan Salim Segaf sebagai tokoh utama partai dalam pentas kepemimpinan politik nasional," ucapnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan mempertimbangkan menduetkan Ketum Muhaimin Iskandar dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Wasekjen PKB Syaiful Huda mengatakan mayoritas kader menginginkan Cak Imin maju di Pilpres 2024. Meskipun belum ada keputusan resmi melalui Rakernas PKB atau persetujuan dari Cak Imin.

Airlangga-Cak Imin melakukan jalan pagi bersama di Kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (25/9) lalu. Pertemuan keduanya diakui bagian komunikasi politik jelang Pemilihan Presiden 2024.

"Ya pasti jadi pertimbangan," kata Syaiful ketika dihubungi merdeka.com, Jumat (1/10).

Syaiful Huda mengakui ada komunikasi mengarah pembahasan terkait koalisi antara Golkar dan PKB. Tenggat waktu 3 tahun jelang Pilpres juga bakal dimanfaatkan kedua partai dan Airlangga-Cak Imin untuk meningkatkan elektabilitas.

"Masih ada waktu kok, untung running untuk sama-sama meningkatkan elektabilitas," ujar dia.

sumber: liputan6.com
OPPO Resmi Luncurkan ColorOS 12 Global Version
12 October 2021
OPPO Resmi Luncurkan ColorOS 12 Global Version
foto: Peluncuran ColorOS 12 Oppo (tabloidpulsa.id)


itoday - OPPO akhirnya resmi mengumumkan bahwa sistem operasi ColorOS 12 kini sudah tersedia untuk para pelanggan di seluruh dunia. ColorOS 12 bertujuan untuk menghadirkan seamless user experience yang serupa dengan Stock Android 12. ColorOS 12 ini juga memiliki UI yang baru dengan performa lebih mantap serta dilengkapi dengan beragam fitur untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari serta membantu menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

ColorOS 12 menjadi salah satu OEM pertama yang diterapkan dalam perangkat Android 12. Sistem OS ini tersedia dalam OPPO Find X3 Pro 5G untuk pertama kalinya di Indonesia, Thailand dan Malaysia, dan selanjutnya akan tersedia dalam model perangkat lainnya dan di negara-negara lain dalam beberapa bulan mendatang.

Inklusivitas Menjadi Tema Utama

Hadir di 68 negara dan menyentuh 440 juta pelanggan di seluruh dunia, inklusivitas merupakan tema utama dalam pengembangan ColorOS 12. Dikembangkan berdasarkan konsep OPPO’s Infinite Design yang ringan, apik, dan customizable, sistem OS baru ini menghadirkan pengalaman yang lebih inklusif dan dikemas dengan tampilan ikon dan animasi yang lebih lembut. Terdapat pula information framework yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Mulus dan Dapat Meningkatkan Produktivitas

Menghadirkan seamless user experience merupakan prioritas utama saat mengembangkan teknologi OPPO. ColorOS 12 terbaru ini mengutamakan kenyamanan dan daya tahan perangkat. Melalui proses coding yang muktahir, ColorOS 12 mampu mengurangi lag dan stutter setelah perangkat digunakan dalam waktu yang lama. Dengan kemampuan anti-fragmentation dan intelligent resource allocation, masa hidup perangkat menjadi lebih lama dengan 2,75% system ageing rate dalam 3 tahun, penggunaan memori 30% lebih rendah, dan konsumsi baterai 20% lebih efisien.

Untuk kebutuhan indera visual pengguna, Quantum Animation Engine menerapkan lebih dari 300 animasi yang ditingkatkan sehingga meniru efek animasi yang realistis. Dengan memanipulasi gerakan resistensi, inersia dan memantul, fitur tersebut membuat pengalaman keseluruhan lebih halus dan lebih selaras dengan kognisi dan kebiasaan otak manusia sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih realistis dan intuitif.

ColorOS juga memiliki sejumlah fitur mudah diakses dan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, seperti PC Connect, 3-Finger Translate powered by Google Lens, FlexDrop, dan Phone Manager.

Memprioritaskan privasi

OPPO senantiasa menerima saran dan kritik dari para pelanggan dan memprioritaskan keamanan privasi dalam ColorOS. ColorOS 12 dilengkapi dengan semua fitur keamanan dan privasi yang sudah ditingkatkan dari Android 12, seperti Privacy Dashboards, Approximate Location Sharing, and Microphone and Camera Indicators. Tampilan menu dan tombol yang jelas dan mudah digunakan memungkinan pengguna untuk menjaga keamanan privasi. Selain itu, sejumlah fitur yang dikembangkan oleh OPPO tetap ada, seperti Private System, Private Safe, App Lock, dan lainnya.

OPPO menyadari bahwa pengguna OPPO sangat mementingkan transparansi. Oleh karena itu, OPPO telah menerapkan data compliance dan memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia. OPPO dapat menjamin bahwa data pengguna akan tetap berada di server terdekat yang disimpan dalam non-plain text format dan dikirimkan menggunakan proprietary protocol.

OPPO telah menerima sertifikasi keamanan seperti EPRivacy dan ISO27001 dan bermitra dengan third-party supervisor untuk memastikan keamanan data dan proses kepatuhan.

OS yang dapat dikembangkan oleh developer Android lain

OPPO dan mitra pengembang Android memiliki prinsip yang sama yaitu untuk berkontribusi membangun budaya keterbukaan dan pertukaran teknologi untuk meningkatkan kualitas platform. ColorOS memiliki banyak fitur yang diambil dari stock Android. Demikian pula, ColorOS telah menginsipirasi berbagai perubahan baru dalam Android 12, seperti sistem Wallpaper-based Theming dalam Material You, yang dapat ditemukan dan telah diluncurkan dalam edisi ColorOS sebelumnya. Contoh lainnya dari pertukaran teknologi ini adalah App Cloner dari ColorOS yang sekarang hadir di Android 12.

ColorOS OPPO bertujuan untuk menjadi OS yang lebih ramah untuk para developer Android. Selain camera SDKs gratis yang memiliki fitur paling mutakhir dari kamera OPPO seperti Video Shooting, HDR, Super Wide-Angle, dan lainnya, OPPO juga membuka akses HyperBoost, Color Vision Enhancement untuk para developer aplikasi Android dan meningkatkan ekosistem Android .

Rencana peluncuran ColorOS 12

OPPO akan meluncurkan ColorOS 12 public beta untuk pertama kalinya hari ini di Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui Find X3 Pro 5G. ColorOS 12 kemudian akan terus dikembangkan dan tersedia pada perangkat lain dan negara lain pada tahun tahun 2021 dan 2022. OPPO menargetkan agar ColorOS 12 dapat diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna.

Kebijakan Upgrade Eksklusif OPPO

Untuk pertama kalinya, OPPO mengumumkan kebijakan update OS baru ini. Untuk perangkat OPPO yang diluncurkan pada 2019 dan setelahnya, OPPO akan lakukan tiga jenis update Android untuk seri Find X dan dua jenis update Android untuk seri Reno/F dan satu jenis update Android untuk sebagian seri A, serta dilengkapi dengan update security patch selama empat tahun ke depan untuk seri Find X/Reno/F dan tiga tahun untuk seri A.

sumber: tabloidpulsa.id
Fuad Bawazier Minta Pemerintah Batalkan Proyek Infrastruktur yang Rugikan Negara
12 October 2021
Fuad Bawazier Minta Pemerintah Batalkan Proyek Infrastruktur yang Rugikan Negara
foto: Fuad Bawazier (rmol)


itoday - Proyek kereta api cepat Jakarta- Bandung menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebabnya, Pemerintahan Joko Widodo berubah haluan karena membuka peluang gunakan dana APBN untuk membiayai proyek tersebut.

Padahal pada tahun 2015 lalu, Jokowi menyampaikan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak akan menyentuh uang negara sama sekali.

Ahli ekonomi Fuad Bawazier menyampaikan pemerintah perlu mempertimbangkan kembali proyek kereta tersebut. Argumentasi Fuad, dirinya jauh-jauh hari telah menghitung bahwa proyek tersebut tidak menguntungkan negara sama sekali.

Bahkan Fuad mengaku khawatir proyek tersebut justru menumpuk utang.

Menurutnya, pemerintah tidak perlu memaksakan diri dengan membangun proyek yang akan berdampak pada kerugian negara dan melakukan audit secara menyeluruh.

Fuad menduga pihak yang keukeuh proyek itu direalisasikan sudah menerima komisi di depan. Maka dia meminta proyek tersebut diaudit secara menyeluruh.

"Perlu dilakukan audit khusus terhadap proyek KA Cepat Jakarta-Bandung ini. Bisa jadi akan terdeteksi siapa pelaku korupsinya,” ucap Fuad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/10).

“Saya kira proyek-proyek infrastruktur yang merugikan negara dan berpotensi menjadi mubazir serta membangkrutkan keuangan negara harus di batalkan,” imbuhnya.

Dia mencontohkan proyek yang membuat negara rugi. Contohnya KA ke Bandara Soetta yang sepi penumpang dan rugi atau LRT di Palembang yang juga rugi.

Bahkan informasi yang dia himpun, dua proyek itu telah membebani APBN atau APBD.

Ia menyarankan kepada pemerintah untuk betul-betul melakukan pembangunan berbasis studi yang serius. Dengan demikian, negara tidak akan mengalami kebangkrutan di belakang hari.

"Sama halnya dengan bandara Kertajati di Jabar yang tidak terpakai. MRT di Jakarta memang masih rugi tapi saya kira memang dibutuhkan dan urgen; dan alhamdulillah laku, lumayan banyak penumpangnya," tutupnya.

sumber: rmol.id
Jangan Angkat Perwira Aktif Militer atau Polisi Jadi Penjabat Gubernur Aceh
12 October 2021
Jangan Angkat Perwira Aktif Militer atau Polisi Jadi Penjabat Gubernur Aceh
foto: Fajran Zain (rmol)


itoday - Pemerintah Pusat diingatkan untuk tidak menunjuk perwira tinggi aktif, baik TNI maupun Polri, untuk menjadi penjabat Gubernur Aceh. Sebab, masih banyak sosok sipil di Tanah Rencong yang pantas dan mampu mengemban tugas tersebut.

Hal ini ditegaskan Direktur Eksekutif The Aceh Institute, Fajran Zain, menyikapi wacana penunjukkan perwira tinggi TNI dan Polri untuk menjabat kepala daerah yang kosong sebelum berlangsungnya Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Fajran mengatakan, masih banyak sosok sipil di luar dua lembaga itu yang pantas untuk menjabat sebagai penjabat gubernur.

"Kami ingin profesionalisme TNI itu dibangun atas fungsi pertahanan dan kepolisian atas fungsi keamanan. Jangan masuk ke politik," tegas Fajran, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (12/10).

Penunjukan pejabat dari dua lembaga ini sebagai penjabat gubernur di Aceh, lanjut Fajran, sama seperti saat Presiden Soeharto di era Orde Baru menunjuk pejabat penting di pusat dan daerah dari kalangan militer atau kepolisian.

Saat itu, terang Fajran, pertimbangan Soeharto adalah stabilitas politik dan ekonomi bisa terjaga dengan menggunakan aparatur keamanan negara.

Beberapa perwira tinggi di militer dan kepolisian, saat itu sengaja dipensiunkan dini untuk dapat menduduki jabatan sipil seperti gubernur, bupati, atau walikota.

Fajran berharap Presiden Joko Widodo membangun profesionalisme TNI/Polri dengan mendudukkan para perwira tinggi sesuai dengan tupoksinya.

Jangan sampai Jokowi membuat blunder seperti yang pernah dilakukan Soeharto.

Seperti halnya sejumlah kepala daerah di provinsi lainnya, Gubernur Aceh saat ini, Nova Iriansyah, akan habis masa jabatannya pada 2022. Sementara, KPU dan pemerintah telah sepakat untuk menggelar Pilkada Serentak pada 2024.

Artinya, ada kekosongan jabatan kepada daerah selama 2 tahun hingga terlaksananya Pilkada 2024. Itulah yang membuat Pemerintah kemudian memunculkan wacana penunjukkan perwira aktif militer dan Polri untuk menjadi penjabat kepala daerah.

sumber: rmol.id
75 KK Korban Gusuran Ahok di Bukit Duri Punya Tempat Tinggal
08 October 2021
75 KK Korban Gusuran Ahok di Bukit Duri Punya Tempat Tinggal
foto: Warga Korban Penggusuran Ahok (republika)


itoday - Warga Bukit Duri yang menjadi korban penggusuran tahun 2016 pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, akan menapaki perjalanan hidup baru. Hal itu karena mereka diberi tempat tinggal tetap oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Mereka akan ditempatkan di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Rumahnya di kawasan Bukit Duri, yang berada di bantaran Sungai Ciliwung digusur pada 2016.

"Punya rumah hunian sendiri adalah awal kisah perjuangan hidup kami dimulai," kata Sandyawan Sumardi alias Romo Sandi, selaku perwakilan warga saat memberikan kata sambutan dalam peresmian pembangunan Kampung Susun Cakung, Jakarta pada Kamis (7/10).

Selama ini, 75 kepala keluarga (KK) korban penggusuran di Bukit Duri belum mempunyai tempat tinggal tetap. Harapan untuk memiliki tempat tinggal tetap pun muncul kala Anies berencana membangun hunian bagi warga korban penggusuran. Rencana itu muncul saat Anies datang mengunjungi warga korban penggusuran di Bukit Duri.

"Pak Anies Baswedan yang sejak awal ketika kami habis mengalami penggusuran langsung datang mendengar keluh kesah kami," kata Sandyawan.

Sandyawan dan 75 KK lainnya kini bisa bernafas lega karena pada Maret 2022 nanti, Kampung Susun itu sudah rampung. Permukiman itu akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat ramah anak, rumah serbaguna, tempat koperasi dan lokasi khusus untuk berwirausaha.

Dengan demikian, Sandyawan bisa merasa menjalankan kehidupan yang layak dan mendapatkan perlakukan yang pantas dari pemerintah."Kami ingin diperlakukan sama dengan warga lain. Menjadi sama dengan warga lain, bermartabat, setara, merdeka," katanya.

Sebagian besar dari 75 KK korban penggusuran Bukit Duri hidup menumpang dengan sanak saudara mereka. Mereka lebih memilih menumpang dengan saudara dibandingtinggal di tempat penampungan sementara yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. "Kayaknya lebih banyak tinggal di keluarga, mungkin lebih nyaman tinggal bersama keluarga," kata Camat Tebet Dyan Erlangga.

Padahal, pemerintah sudah menyediakan tempat hunian sementara bagi warga korban penggusuran di Bukit Duri. "Lokasi sementara di sekitar Bukit Duri," kata Dyan.

sumber: republika.co.id
Ingin Jajal Yakitori dengan Rasa Otentik Jepang  Coba di Tori Hachi Blok M
08 October 2021
Ingin Jajal Yakitori dengan Rasa Otentik Jepang ? Coba di Tori Hachi Blok M
foto: Tori Hachi (suara)


itoday - Selain punya destinasi wisata yang menarik, Jepang juga kaya akan beragam jenis kuliner. Salah satu lauk yang umum disantap masyarakat Jepang ialah yakitori atau sate yang terbuat dari daging ayam.

Tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang untuk tahu rasa yakitori, Restoran Tori Hachi di Blok M, Jakarta Selatan, menjanjikan berbagai menu. Rasanya dijamin otentik khas negeri Sakura tersebut.

Bukan hanya daging, yakitori juga ada yang tersedia dari kulit ayam. Hidangan itu tentu cocok bagi kamu penyuka kulit ayam.

Spesial Chef yakitori Tori Hachi Sapik Kamdani mengatakan bahwa kebiasaan orang Jepang memang selalu menggunakan semua bagian ayam, kecuali tulang, untuk dijadikan yakitori.

"Beda dengan di kita (Indonesia), kan sate Madura aja cuma pakai dada ayam," ucap Sapik ditemui di restoran Tori Hachi, beberapa hari lalu.

Terbuat dari ayam segar dan diproses dengan minim bumbu, yakitori punya tekstur lembut dengan aroma bakar yang tidak terlalu menyengat.

Kalau kamu mau benar-benar menyicipi sate ayam khas selera orang Jepang, wajib menyicipi tsukune tsukimi beserta saus kuning telurnya. Tapi yang berbeda, kuning telur tersebut dibiarkan mentah dan diberi bumbu khusus kemudian ditaburi wijen hitam di atasnya.

Namun, saus tersebut memang tidak terlalu banyak diminati oleh orang Indonesia. Kebanyakan hanya dipesan oleh pelanggan asli Jepang.

Diakui pemilik Tori Hachi, Dini Anggraeni, restorannya memang menomorsatukan yakitori sebagai andalan. Meski begitu, menu lain juga tetap disajikan.

Beberapa yang juga jadi menu rekomendasi seperti, tori hachi spesial salad, koebi karaage, gyu niku no tataki, hingga tentu saja sushi. Bahkan di lantai dua restoran ada bar khusus sushi.

Sehingga pelanggan bisa berhadapan langsung dengan dapur dapur. Menurut Dini, kebanyaka orang Jepang biasanya lebih sering duduk di meja bar.

Tak jauh dari bar sushi, terdapat dua ruangan tatami khas Jepang. Satu ruangan berkapasitas 12 orang. Namun, dua ruangan tersebut bisa dijadikan satu jika ada pelanggan yang ingin menggunakannya untuk acara keluarga atau kumpul dengan teman-teman.

"Ada juga ruangan VIP kapasitas 8 orang yang bisa dipakai untuk acara kantor. Bisa disewa seharian penuh dengan harga Rp 150 ribu tanpa minimal order," kata Dini.

Ruangan VIP tersebut berada di lantai 1 dan 2 dengan kapasitas yang sama.

Pertahankan rasa dan desain khas Jepang

Jangan kaget saat kamu masuk ke Tori Hachi lalu disambut dengan ucapan "irrasshai-mase" oleh petugas restoran. Ucapan itu memang sapaan dalam bahasa Jepang yang berarti "selamat datang".

Mengawali nama baru Tori Hachi, sebelumnya Tori Ichi, sejak sebulan lalu, Dini mengatakan bahwa restorannya sengaja dibuat dengan rasa dan desain semirip mungkin dengan Jepang.

"Kami ada kerjasama dengan orang Jepang untuk kontrol taste dan pelayanan supaya sesuai dengan Jepang," ucapnya.

Lampu restoran yang agak redup, desain minimalis, juga lukisan dan ornamen khas Jepang menghiasi setiap sudut restoran. Target pelanggan dari restorannya memang khusus setiap orang yang tertarik dengan cita rasa Jepang yang otentik.

Sejak resmi berganti nama sebulan lalu, Tori Hachi masih lebih banyak didatangi pelanggan Indonesia. Padahal, sebelum ada pandemi Covid-19, saat namanya masih Tori Ichi, pelanggan orang Jepang yang datang bisa lebih dari separuhnya.

"Mungkin karena sekarang kan masih pandemi, orang Jepang juga belum banyak yang balik ke sini. Jadi baru 30 persen aja pelanggan Jepang yang datang," ujar Dini.

Bukan tanpa alasan, perubahan nama menjadi Tori Hachi mengandung pengharapan dari pemiliknya agar restorannya selalu beruntung di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sebab, kata hachi dalam bahasa Jepang yang berarti angka delapan yang tak terputus.

Jika kamu penasaran untuk datang ke Tori Ichi, lokasinya berada di dekat area Blok M Mal. Jika naik kendaraan umum, bisa turun di stasiun MRT Blok M BCA dan cukup berjalan kaki kurang lebih 5 menit.

sumber: suara.com