Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Krisdayanti Bongkar Gajinya di DPR hingga Ratusan Juta Sebulan
14 September 2021
Krisdayanti Bongkar Gajinya di DPR hingga Ratusan Juta Sebulan
foto: Krisdayanti (okezone)


itoday - Krisdayanti dipercaya untuk menjadi anggota di Komisi IX DPR, dengan lingkup tugas di bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Dia membongkar gajinya yang ternyata hingga ratusan juta.

Saat berbincang di akun Youtube Akbar Faizal, istri Raul Lemos ini mengungkapkan berapa besarnya gaji pokok serta tunjangan yang didapatkannya sebagai anggota DPR, tentunya juga mendapatkan potongan.

"Banyak potongan hahaha.. Setiap tanggal 1, Rp16 juta (gaji pokok). Tanggal 5 Rp59 juta (tunjangan) kalau tidak salah," ungkap Krisdayanti.

Dalam kesempatan itu, KD diminta untuk merinci uang diluar gaji yang didapatkannya dari pekerjaannya sebagai anggota DPR. Ia bahkan mengatakan bahwa dirinya juga mendapatkan dana aspirasi sebesar Rp450 juta, dimana ia juga bertanggung jawab untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Dana aspirasi itu memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Dana aspirasi kita itu Rp450 juta, itu lima kali dalam setahun," jelasnya.

"Kita juga harus menyerap aspirasi di 20 titik, itu kehadiran kita. Mohon maaf kepada senior saya ini saya upayakan semaksimal mungkin. Saya akan tergetar hati saya kalau tidak menyampaikan nilai-nilai kemasyarakatan," sambungnya.

Lebih lanjut, ibu empat anak ini juga mengaku mendapatkan dana kunjungan Dapil sebesar Rp140 juta. Bahkan ia juga mengatakan bahwa dana sebanyak itu akan digunakan untuk penyaluran sembako dan lainnya untuk masyarakat.

"Dana kunjungan Dapil sekarang ini kita Rp140 juta, delapan kali dalam setahun," tuturnya.

"Itu sudah sangat simpel. Yang namanya sembako dan lainnya emang ibaratnya harus dikucurkan seperti air sebagai bentuk kehadiran kami (anggota DPR) sangat dibutuhkan," tandasnya.

sumber: okezone.com
DJKI Adopsi Teknologi IBM untuk Permudah Pendaftaran Paten dan Merek Dagang
14 September 2021
DJKI Adopsi Teknologi IBM untuk Permudah Pendaftaran Paten dan Merek Dagang
foto: Gedung DJKI (ist)


itoday - IBM Indonesia dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM hari ini mengumumkan adopsi solusi total teknologi IBM AI untuk lebih memudahkan proses pendaftaran Paten dan Merek Dagang, yang memungkinkan pengguna untuk melacak pembaruan paten dengan lebih cepat dan mudah.

Kantor pendaftaran paten harus memiliki catatan yang tepat dan lengkap untuk memastikan otentikasi dan menghindari duplikasi paten terdaftar. Untuk itu, diperlukan adanya teknologi komputasi yang canggih, yang didukung oleh kinerja, ketahanan, dan keamanan IBM Power.

Teknologi ini berdasarkan IBM Power Systems Virtual Servers yang mendukung teknologi Hybrid Cloud dan AI pada portofolio luas solusi berbasis POWER, termasuk server yang dipercepat GPU untuk membantu mempercepat adopsi hybrid cloud. Perusahaan saat ini semakin giat untuk mengadopsi strategi hybrid cloud untuk mengoptimalkan segala hal, mulai dari rantai pasokan hingga penjualan, termasuk rekam data untuk kantor paten agar tetap kompetitif dan mudah dijangkau dengan teknologi canggih.

“Meningkatnya adopsi cloud di kalangan perusahaan telah menunjukkan kepemimpinan IBM sebagai penyedia hybrid cloud nomor satu,” Ujar Presiden Direktur IBM Indonesia, Tan Wijaya.

“Dengan menyediakan IBM Power System Virtual Servers yang mendukung teknologi Hybrid Cloud untuk Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, kami menyediakan peta jalan (roadmap) solusi AI yang dapat meningkatkan kualitas layanan publik dengan pemrosesan Paten dan Merek Dagang yang fleksibel dan cepat, dan di saat bersamaan menjalankan beban kerja yang mission critical dan berorientasi data di lingkungan mana saja di cloud public, privat, ataupun on premise. Kedepannya teknologi Artificial Intelligence ini bisa mengembangkan ekosistem Inovasi yang mendukung transformasi digital”

Menurut data DJKI, pada tahun 2019, jumlah permohonan baru kekayaan intelektual secara manual mencapai 27.837 dokumen. Sedangkan di tahun 2020, jumlah permohonan baru kekayaan intelektual yang masuk secara online per akhir Juni berjumlah 54.609. Melihat angka ini terlihat bahwa permohonan yang diajukan secara online mengalami peningkatan yang signifikan, maka dibutuhkan pula teknologi yang mumpuni untuk bisa memprosesnya.

“Melalui inovasi dan kemudahan untuk pendaftaran hak paten ini, tentunya kita bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil pemikiran dan ciptaan seorang inventor harus dihargai agar mereka bisa terus berkarya, dan industri kita dapat bersaing di kancah internasional. Saat ini DJKI selalu berusaha melakukan peningkatan dalam perlindungan data, efektifitas pekerjaan, dan penggunaan artificial intelligence (AI). Tentunya ke depannya perlindungan hukum, kesadaran masyarakat, dan kesadaran pengguna sangat diperlukan agar kita dapat bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” ujar Mayjen TNI Dr. Markoni, S.H., M.H, Komisioner Komisi Banding Paten & Staf Khusus Dirjen Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Bicara tentang transformasi digital, tentunya DJKI mempunyai gagasan dan pemikiran untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dr. Sucipto, S.H. M.H., M.Kn., Direktur Teknologi Informasi Dirjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan, “Untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, tepat, terukur, dan ekonomis, salah satu langkah strategis yang sudah dipersiapkan DJKI adalah dengan meningkatkan kapasitas di bidang teknologi baik infrasturktur maupun aplikasi. Dalam permohonan terkait kekayaan intelektual, database adalah hal yang sangat penting, oleh karena itu saat ini DJKI meningkatkan kualitas, kecepatan, dan ketepatan pelayanan lewat sistem pendaftaran online aplikasi IPROLINE. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mendaftarkan kekayaan intelektual, dan memungkinkan pegawai DJKI untuk memproses permohonan dengan cepat dan tepat, dan membantu mereka agar bisa tetap produktif bekerja dari mana saja.”

IBM juga menerapkan teknologi serupa dengan yang diadopsi oleh DJKI untuk beberapa teknologi super komputer tercanggih di dunia yang digunakan untuk prakiraan cuaca. Dengan permasalahan matematika yang rumit, memerlukan komputasi berkinerja tinggi untuk memecahkan persamaan yang kompleks dan mengatasi peningkatkan resolusi dan frekuensi yang berubah-ubah, Weather Company mengadopsi sistem yang berjalan pada IBM POWER, mesin komputasi canggih yang digunakan secara luas untuk komputasi berkinerja tinggi dan aplikasi AI.

sumber: tabloidpulsa.id
Skema Opsen RUU HKPD Berpotensi Timbulkan Pungutan Pajak Ganda
14 September 2021
Skema Opsen RUU HKPD Berpotensi Timbulkan Pungutan Pajak Ganda
foto: Sri Mulyani (bisnis)


itoday - Skema opsen dalam Rancangan Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD) berpotensi menimbulkan pungutan pajak berganda.

Dengan skenario ini, wajib pajak berpotensi membayar setoran kepada dua pihak yakni pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Opsen pajak adalah pungutan tambahan atas pajak dengan persentase tertentu oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan draf Rancangan Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (RUU HKPD) yang diperoleh Bisnis, opsen pajak yang bisa dipungut oleh pemerintah provinsi berbeda dengan pemerintah kabupaten/kota.

Opsen yang termasuk di dalam pendapatan asli daerah (PAD) provinsi adalah opsen atas atas pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

Adapun, opsen yang termasuk PAD kabupaten/kota adalah opsen Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Di sisi lain, dalam draf terbaru ini pemerintah menghapus opsen atas Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 dan PPh Pasal 25/29 wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang sebelumnya direncanakan dipungut dengan tarif 10 persen untuk provinsi, 15 persen untuk kabupaten/kota, dan 25 persen untuk daerah setingkat provinsi yang bukan daerah kabupaten/kota otonom.

Tarif opsen ditetapkan sebesar 40 persen untuk PKB, 30 persen untuk BBNKB, dan 25 persen untuk MBLB. Opsen pajak MBLB dipungut oleh pemerintah provinsi, sedangkan opsen PKB dan opsen BBNKB dipungut oleh pemerintah kabupaten/kota.

“Opsen dipungut secara bersamaan dengan pajak yang dikenakan opsen,” tulis draf RUU HKPD yang dikutip Bisnis, Senin (13/9). Hal yang menjadi persoalan adalah, RUU HKPD belum menjelaskan secara detail terkait dengan pihak yang harus membayar opsen tersebut, apakah akan dibebankan kepada wajib pajak, atau opsen dikenakan dengan mengurangi setoran yang diterima oleh pemerintah.

Jika opsen dibebankan kepada wajib pajak, maka kebijakan ini dipastikan membebani masyarakat karena harus membayar pungutan ganda. Berbeda halnya jika opsen dipotong dari setoran yang diterima oleh pemerintah, maka tidak menambah beban bagi wajib pajak.

Akan tetapi, hal tersebut memangkas penerimaan pemerintah. Misalnya, pemerintah kabupaten/kota mengutip opsen PKB yang ditarik oleh pemerintah provinsi. Otomatis hal ini akan memangkas penerimaan pemerintah provinsi dari PKB.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kemarin, juga belum memerinci perihal skema opsen pajak ini. Dia hanya mengatakan bahwa RUU HKPD disusun untuk memperkuat desentralisasi fiskal.

Terlebih di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Menkeu mengatakan bahwa transfer ke daerah akan lebih difokuskan untuk kegiatan yang langsung berdampak kepada masyarakat. Artinya, pemerintah daerah perlu menyiapkan instrumen untuk mengerek pendapatan.

Menurutnya, selama ini belanja daerah masih sangat tergantung kepada dana alokasi khusus (DAK) yang disalurkan oleh pemerintah pusat. “Dalam situasi Covid-19 ini kami betul-betul memperhatikan setiap transfer langsung dirasakan manfaatnya oleh masyaralat,” kata Menkeu, Senin (13/9).

Sementara itu, Acting Director Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Armand Suparman meminta kepada pemerintah untuk tidak membebankan opsen kepada wajib pajak.

Dia menambahkan, saat ini organisasinya tengah meminta penjelasan kepada pemerintah, DPR, dan kalangan akademisi untuk meminta penjelasan serta masukan terkait dengan konsep ideal opsen pajak sehingga tidak menimbulkan pungutan berganda.

“Potensi pungutan ganda dari skema opsen ini sangat besar. Kalau memang seperti itu jelas kami sangat menolak,” kata dia.

Adapun, dalam laporan hasil rapat dengan Komisi XI DPR, Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perimbangan Keuangan memaparkan bahwa opsen dimaksudkan untuk meningkatkan kemandirian daerah tanpa menambah beban wajib pajak.

Penerapan opsen juga dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi penagihan pajak tertunggak misalnya PKB. Melalui opsen, PKB tertunggak juga akan menimbulkan piutang opsen PKB pada kabupaten/kota yang sebelumnya menjadi piutang provinsi sepenuhnya.

sumber: bisnis.com
Penangkapan Mahasiswa UNS Bukti Jokowi Tak Paham Makna Demokrasi
14 September 2021
Penangkapan Mahasiswa UNS Bukti Jokowi Tak Paham Makna Demokrasi
foto: Gde Siriana (rmol)


itoday - Penangkapan 10 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (13/9), membuat yakin publik akan kemerosotan demokrasi Indonesia di kepemiminan Presiden Joko Widodo.

Begitu penilaian Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Gde Siriana Yusuf, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (14/9).

"Saya kira situasi ini (penangkapan mahasiswa UNS) karena Presiden Jokowi tidak paham makna demokrasi," ujar Gde Siriana.

Kejadian penangkapan yang dilakukan aparat kepada 10 mahasiswa UNS saat menyampaikan aspirasinya menggunakan poster, dinilai Gde Siriana, seharusnya tidak terjadi.

Karena sepatutnya Kepala Negara mendengarkan dan bukan mengerahkan aparat di Jalanuntuk membuat kondusif masyarakat. Di samping itu, kejadian ini juga terulang setelah sebelumnya dialami pria peternak unggas saat Jokowi kunjungan kerja ke Blitar

"Ketidakpahaman demokrasi ini juga dilihat dari giant koalisi di kabinet, sehingga check and balance di DPR jadi tidak ada atau tidak efektif," tutur Gde Siriana.

Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (INFUS) ini menambahkan, kepemimpinan politik yang tidak memahami demokrasi yang berjalan di nearanya sama saja dengan kegagalan pemerintahan.

"Jadi enggak pernah nyambung dengan apa yang dituntut rakyat dan mahasiswa," demikin Gde Siriana Yusuf.

sumber: rmol.id
Danilla Riyadi Jadi Pemanis di Lagu Seringai Terbaru Istharkult
14 September 2021
Danilla Riyadi Jadi Pemanis di Lagu Seringai Terbaru, Istharkult
foto: Danilla Riyadi (suara)


itoday - Musisi Danilla Riyadi mengungkap alasan berkolaborasi dengan band metal Seringai. Perempuan 31 tahun menyebut menjadi pemanis dalam mengisi suara di lagu "Ishtarkult".

"Ini Arian sih yang menciptakan (lagu 'Istharkult'). Aku di situ kayak ibarat baju tuh ya aku jadi sutranya lah, pemanis," kata Danilla Riyadi di kanal YouTube Catatan Si Buluk, yang diunggah Minggu (12/9/2021).

Danilla Riyadi awalnya menanyakan kepada personel Seringai, perihal gambaran lagu yang dikolaborasikan. Ketika diberikan penjelasan, ia punya penafsirannya sendiri.

"Waktu itu aku nanya, tapi itu mungkin ya yang aku suka ketika aku tanya 'kak ini apa sih?' Dia tuh cuma kasih garis besarnya aja. 'Ini tuh tentang abcd' . Oh oke, akhirnya gue punya interpretasi sendiri," imbuhnya.

Pelantun lagu "Berdistraksi" ini juga merasa bingung untuk menggabungkan tipikal suaranya yang lembut dengan dentuman musik rock oktan tinggi khas Seringai.

Namun vokalis Seringai, Arian Arifin meyakinkan bahwa pada lagu "Ishtarkult" itu tak sekeras lagu Seringai yang lain.

"Ada, wah itu seru sih sebetulnya karena aku kan bingung ya, karena suara aku soft banget gitu, gimana ya masuknya," ujarnya.

"Cuma pas didengar, kata Arian, 'ini salah satu lagu yang selow sebetulnya dari sekian lagu itu'," katanya menambahkan.

Atas diskusinya itu, Danilla Riyadi punya cara sendiri dalam mengeksplor lagu tersebut bersama Seringai.

"Jadi aku kayak malah, 'oh boleh eksplor ya?' Ya sudah aku eksplor dengan cara aku sendiri," tutur bintang film Pretty Boys ini.

Sebagai informasi, beberapa bait penggalan lirik lagu "Ishtarkult" bercerita tentang hubungan seksual.

Diksi "Ishtar" sendiri merujuk pada Dewi Ishtar pada zaman Mesopotamia yang dianggap sebagai dewi kecantikan, keadilan, cinta, perang dan seks.

sumber: suara.com
Resmi Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021
14 September 2021
Resmi! Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021
foto: Tim Indonesia di Piala Sudirman 2019 (pbsi)


itoday - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah merilis 20 nama atletnya yang akan ditugaskan mengisi skuad tim Piala Sudirman 2021. Berikut daftar pebulutangkis tersebut.

Tim bulutangkis Indonesia menurunkan 11 pebulutangkis putra dan sembilan pebulutangkis putri di Piala Sudirman 2021.

Tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

"Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu," kata Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky dalam rilis, Senin (13/9/2021).

"Memang ada pemain yang tidak menang di simulasi tapi secara permainan mereka sudah sangat baik. Tidak mengecewakan. Itu jadi penilaian kami juga."

"Di sisa waktu ini, kami fokus menggenjot persiapan mereka. Baik fisik maupun teknik untuk meningkatkan performa mereka. Saya sudah sampaikan ke semua sektor bahwa kita jangan lengah dan harus siap. Semoga kita bisa mendapatkan hasil terbaik," tambahnya.

Rionny menjelaskan alasan PBSI menunjuk beberapa pemain muda untuk masuk ke dalam skuad di antaranya Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu," jelas Rionny.

"Untuk Ester, dia kan pemain menyerang, saya rasa ini bisa menjadi tekanan untuk lawan apalagi permainannya belum banyak diketahui lawan. Selain itu, ini semua juga jadi bagian dari program regenerasi dan pengalaman buat mereka."

"Untuk kapten? Belum kami tunjuk. Nanti saja," kata Rionny saat ditanya mengenai siapa kapten tim Indonesia.

Berikut daftar lengkap skuad tim Piala Sudirman Indonesia:

Putra:
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan
Fajar Alfian
Muhammad Rian Ardianto
Praveen Jordan
Rinov Rivaldy

Putri:
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii
Apriyani Rahayu
Ribka Sugiarto
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Melati Daeva Oktavianti
Pitha Haningtyas Mentari.

sumber: suara.com