Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

PPKM Mikro Darurat Diterapkan 3 Juli

Ekonomi
PPKM Mikro Darurat Diterapkan 3 Juli 1
foto: Joko Widodo (ist)

itoday - Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta sudah mendapat arahan dari pemerintah pusat ihwal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat secara nasional guna menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19).

Kabag Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menyebut PPKM mikro darurat bakal secara nasional diterapkan mulai 3 Juli. Rapat pembahasan pelaksanaan PPKM mikro darurat dilaksanakan hari ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan secara daring.

"Pembahasan mengenai wacana pemberlakuan PPKM Darurat yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli 2021," kata Ditya dalam keterangannya, Selasa (29/6).

Rapat rencana penerapan PPKM mikro darurat yang dipimpin Luhut itu juga dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, sekda serta kepala dinas kesehatan, dan kepala pelaksana harian BPBD DIY.

"Teknis pelaksanaan belum bisa disampaikan, karena masih akan dibahas di pusat. Intinya akan dilakukan pengetatan didasarkan laju penularan dan kapasitas respons sesuai standar WHO, akan dibuat 4 tingkat," sambungnya.

Ditya mengatakan teknis pelaksanaan PPKM darurat akan dijelaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sejauh ini peserta rapat baru diminta memberikan masukan terhadap rencana pemberlakuan kebijakan ini.

Sultan HB X sendiri, menurut Ditya, mengusulkan agar pengetatan bisa dilakukan secara menyeluruh.

"Tidak hanya satu titik lokasi, misal mall. Jangan sampai ditutup satu lokasi, kemudian mengalihkan atau menimbulkan kerumunan di tempat lain," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar juga sudah mendengar kabar bahwa Presiden Jokowi bakal menerapkan PPKM mikro darurat. Kebijakan itu akan dilakukan lantaran kasus Covid-19 di tanah air kian meningkat.

sumber: cnnindonesia
Ekonomi PPKM Mikro Darurat Diterapkan 3 Juli