Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Begini Cara Tidak Tambah Gemuk Walau Jarang Berolahraga saat di Rumah Saja

Kesehatan
Begini Cara Tidak Tambah Gemuk Walau Jarang Berolahraga saat di Rumah Saja 1
foto: ilustrasi (ist)

itoday - Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menurunkan berat badan atau menjaganya tetap ideal. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, sejumlah kalori bakal dibakar.

Sayangnya jika kamu memiliki gaya hidup yang kurang gerak dan malas berolahraga, maka menurunkan berat badan bakal sulit dilakukan. Hal ini bahkan bisa membuatmu jadi semakin gemuk dengan cepat.

Meningkatnya berat badan bisa berhubungan dengan meningkatnya sejumlah risiko kesehatan. Ketika seseorang berada dalam kondisi gemuk, sejumlah masalah kesehatan rentan dia alami..

Unuk meurunkan berat badan atau bahkan sekadar menjaga agar berat badan tidak melonjak, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Times of India, pakar nutrisi Lavleen Kaur mengungkap sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

Kendalikan Porsi

Mengontrol porsi makan memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Agar berhasil menurunkan atau menjaga berat badan, penting untuk membatasi asupan kalori harian.

Lavleen menyarankan untuk mengurangi porsi makanmu menjadi hanya 80 persen. Selain itu perhatikan makanan yang kamu konsumsi, kunyah perlahan, serta dengarkan tubuhmu.

Hindari Makanan Olahan

dr Lavleen mengatakan bahwa ketika seseorang berencana menurunkan atau menjaga berat badan, makanan olahan merupakan hal yang haris dihindari. Pastikan untuk mengganti makanan ini dengan jenis yang lebih kaya nutrisi.

Tingkatkan Asupan Mikronutrisi

Banyak dari kita hanya memperhatikan asupan karbohidrat dan protein saja dan mengesampingkan mikronutrisi. Konsumsi cukup mikronutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Mikronutrisi merupakan vitamin dan mineral yang bisa mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Untuk mendapat manfaat ini, sangat penting untuk meningkatkan asupan vitamin D, B12, dan kalsium.

Kurangi Konsumsi Kafein

Konsumsi terlalu banyak kopi atau kafein bisa merusak upayamu untuk menurunkan berat badan. Konsumsi lebih dari dua gelas kopi setiap hari bisa menyebabkan dehidrasi.

Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan konstipasi, migrain, serta asam lambung sehungga kamu kesulitan untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Pada kondisi tubuh yang tidak fit seperti ini, kamu bakal kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Tetap Bergerak

Walau tidak perlu berolahraga, namun kamu tetap harus terus menggerakkan tubuhmu. Kamu bisa melakukan pekerjaan rumah atau sekadar berjalan sambil bekerja untuk memastikan tubuh tetap bergerak.

Enggan berolahraga bukan berarti kamu tidak menerapkan gaya hidup sehat. Ketika kamu berada dalam kondisi kurang olahraga seperti ini, justru penerapan aya hidup sehat pada hal lain jadi sangat penting untuk dilakukan.

sumber: merdeka
Kesehatan Begini Cara Tidak Tambah Gemuk Walau Jarang Berolahraga saat di Rumah Saja

Terpopuler