Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Pandemi Naikkan Kebiasaan Ngemil Peluang Bagus untuk UMKM Kuliner
04 September 2021
Pandemi Naikkan Kebiasaan Ngemil, Peluang Bagus untuk UMKM Kuliner
foto: ilustrasi (ist)


itoday - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penggerak ekonomi Indonesia. Kontribusinya lebih dari 62 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan 97 persen terhadap penciptaan lapangan kerja.

"Ekonomi kita digerakkan oleh konsumsi. Di tengah pandemi dan tangan ekonomi industri kuliner juga mengalami tekanan yang luar biasa. Namun, mereka yang berhasil mendigitalisasi usahanya, UMKM dapat terus bertahan dan melanjutkan usahanya," ujar Sandiaga dalam acara 'Kreatif Kembangkan Bisnis Kuliner 'Kekinian' yang diselenggarakan Mondelez secara daring, Kamis, 2 September 2021.

Sandiaga mendukung tagar #kembangkanUMKMKuliner dan inspirasi UMKM ini dapat mengembangkan bisnis secara lebih kreatif. Ia juga yakin bahwa pelatihan yang akan diselenggarakan Mondelez akan menginspirasi.

"Saya juga dulu dari UMKM. Saya mengikuti banyak mentoring. Alhamdulillah, usaha yang saya bangun dari hanya bertiga orang, sekarang membuka lapangan kerja bagi 30 ribu karyawan dari seluruh Indonesia," kata Sandiaga.

Lewat inisiatiatif tersebut, Sandiaga berharap, semua pihak bisa bersinergi dengan kolaborasi, inovasi, dan adaptasi, serta dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Ekonomi kreatif adalah lokomotif agar kita keluar dari pandemi dan pulihkan ekonomi. Yuk, kita dukung tagar #dukungUMKMkuliner," ujar Sandiaga.

Tren Kekinian

President Director Mondelez Indonesia, Prashant Peres mengatakan kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kuliner atau camilan terus berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini didukung oleh hasil survei konsumen Mondelez International The State of Snacking 2020 yang menyebutkan bahwa pandemi telah meningkatkan kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia.

"Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen responden mencari makanan baru selama pandemi dan 54 persen mendapatkan ide makanannya dari media sosial. Dari sisi bisnis, tren tersebut tentu menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk membuka peluang dari media sosial," kata Prashant.

Hal senada diungkapkan chef dan pegiat UMKM, Fatmah Bahalwan. Ia mengatakan media sosial berperan sangat penting. Bagi dia, pengambilan keputusan masyarakat untuk berbelanja camilan atau makanan itu biasanya berdasarkan media sosial.

"Itu terbukti dari penelitian tersebut. Oleh karena itu, pelaku bisnis UMKM harus mengikuti tren yang ada di media sosial. Caranya dengan mengunggah foto yang bagus dan melakukannya secara konsisten. Dari situ, kemudian akan muncul ide-ide kreatif akan berkembang," kata Fatmah.

Produk Ikonik

Founder Martabak Orient, Affan Achmad Affandi mengatakan bahwa peluang membuka usaha masih ada asal bisa memanfaatkannya dengan jeli. Ia mencontohkan, untuk membuka usaha camilan, bisa memanfaatkan ketenaran produk yang sudah ikonik, seperti Oreo, Cadbury, keju Kraft.

"Itu poin penting buat kita atau bagi mereka yang mau membuka usaha. Kita pilih produk yang ikonik dan orang sudah mengenalnya. Dengn begitu, masyarakat akan lebih percaya," terang Affan.

Hal penting lain, kata Affan, jadikan diri kita sebagai pembeli, bukan sebagai pengusaha. "Dengan memosisikan sebagai pembeli, maka kita akan tahu hal-hal apa saja yang diinginkan pembeli, baik harga, packaging, atau rasanya," imbuh Affan.

sumber: liputan6.com
03 September 2021
Intip Cara Membuat Nasi Goreng Padang ala Lord Adi

foto: Lord Adi (youtube)


itoday - Masih banyak yang belum familiar, nasi goreng Padang merupakan hidangan khas Sumatera Barat yang biasanya dijual di malam hari. Berbeda dengan nasi goreng Jawa yang manis, nasi goreng Padang memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Salah satu kontestan paling viral di kompetisi MasterChef Indonesia Season 8 yaitu Lord Adi baru saja membagikan resep dan cara membuat nasi goreng Padang. Bagi yang sudah penasaran dengan nasi goreng Padang ala Lord Adi, yuk intip resepnya di bawah!

Bahan-bahan:

- Bumbu merah secukupnya
- Jinten secukupnya
- Lengkuas bubuk secukupnya
- Jahe bubuk secukupnya
- Kunyit bubuk secukupnya
- Ketumbar bubuk secukupnya
- Cabe bubuk secukupnya
- Daun jeruk secukupnya
- Daun salam secukupnya
- 10-11 butir bawang merah
- 5 butir bawang putih
- 9 tangkai cabai merah
- Daun bawang secukupnya
- Daging sapi secukupnya
- Telur secukupnya

Cara membuat:

- Tumis bawang putih, bawang merah, daging sapi, dan bumbu merah
- Tambahkan nasi, aduk hingga merata, tambahkan seasoning bumbu
- Masak telur dadar
- Letakkan nasi goreng ke dalam telur dadar, lipat dengan rapi, tambahkan garnish, sajikan

Sebelum langsung coba bikin sendiri, yuk simak tutorial lengkapnya hanya di YouTube channel Christo & Sisca!

sumber: okezone.com
Cara Membuat Ayam Goreng Krispi ala Restoran Cepat Saji
02 September 2021
Cara Membuat Ayam Goreng Krispi ala Restoran Cepat Saji!
foto:Chef Eric (youtube)


itoday - SIAPA yang tak suka dengan ayam goreng fast food atau cepat saji? Ayam goreng dengan kulit yang krispi dan bumbu yang sedap tentu menggugah selera. Walaupun lezat, kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji. Solusinya, kamu bisa bikin sendiri ayam goreng krispi yang lebih sehat di rumah!

Kamu bisa mengikuti resep ayam goreng krispi ala Chef Eric Herjanto dan menggunakan bahan-bahan berkualitas yang lebih sehat. Kamu juga bisa menentukan sendiri penggunaan garam dan bumbu lainnya sesuai dengan diet sehatmu. Yuk intip resepnya di bawah!

Bahan-bahan:

- 7 ons ayam
- 2 cup susu
- 2 sdm plain yogurt
- 1 sdm garam
- 2 cup tepung jagung
- 1 sdt garam
- 1 sdt lada hitam
- 1 sdt lada putih
- 1 sdt jahe
- 1 sdt ketumbar
- 1 sdt paprika
- 1 sdt rosemary
- 1 sdt oregano

Cara membuat:

- Campur susu dengan yogurt dan garam, aduk hingga merata
- Campur daging ayam dengan susu marinasi selama 1 jam
- Campur tepung, garam, jahe bubuk, ketumbar bubuk, paprika bubuk, rosemary, lada hitam, dan lada putih untuk bumbu ayam
- Baluri ayam dengan campuran tepung dan bumbu, goreng deep fry di minyak panas selama 12-15 menit
- Jika sudah matang, angkat, taburi sedikit garam

Sebelum langsung coba bikin sendiri, yuk simak tutorial lengkapnya hanya di YouTube channel Eric Herjanto!

sumber: okezone.com
Viral Sisca Kohl Masak Ayam Hitam Publik Geger Astaghfirullah Buat Santet
01 September 2021
Viral Sisca Kohl Masak Ayam Hitam, Publik Geger: Astaghfirullah Buat Santet?
foto: Sisca Kohl (tiktok)


itoday - Sisca Kohl kembali mengejutkan publik dengan masakannya. Kali ini, masakan yang ia buat cukup unik karena bahan yang digunakan cukup jarang terdengar. Ya, Sisca Kohl memasak ayam hitam yang wujudnya terbilang membuat warganet geger.

Dalam unggahan akun TikTok @siscakohl pada Selasa (31/8/2021), Sisca Kohl membagikan video memasak ayam hitam. Ia mengolah bahan tersebut menjadi ayam tim.

Untuk mengolah ayam hitam menjadi ayam tim, Sisca Kohl menggunakan 9 bahan rempah pilihan. Bahan rempah pilihan itu diantaranya kici, angco, huai san, biji teratai, codonopsis root, akar ginseng, bitco, ligusticum striatum, dan angelica root.

Sesuai namanya, ayam yang digunakan Sisca Kohl memiliki kulit dan daging berwarna hitam. Ayam itu kemudian dilumuri dengan garam dan diberi 9 bumbu rempah pilihan.

Ayam tersebut kemudian diberi jahe di dalamnya dan dikukus hingga matang. Setelah 45 menit di kukus, ayam tim dari ayam hitam ini pun matang.

Warna ayam tersebut jadi semakin gelap usai dimasak. Pertama Sisca menyicipi kuah dari ayam tim yang juga berwarna kehitaman tersebut.

Ia sangat menyukai ayam tim ini karena rasa kuahnya yang gurih dan tak ada bau amis. Sisca pun menjelaskan sang ibu sering membuatkannya ayam tim.

Daging dari ayam hitam tersebut pun sangat lembut. Seperti biasa, Sisca menyarankan warganet yang menonton video ini untuk mencoba membuat ayam tim dari ayam hitam.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Seumur hidup tinggal di bumi, baru hari ini aku tahu ada ayam hitam," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Ini ayam yang biasa dipakai dukun-dukun buat santet itu bukan sih?" Tanya warganet ini penasaran.

"Pertama lihat kirain kelelawar ternyata ayam. Kaget gue," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam, video ini sudah ditonton sebanyak 4 juta kali di TikTok.

sumber: suara.com
28 August 2021
Indonesia Spice Up The World, Upaya Menduniakan 5 Kuliner Andalan Nusantara
foto: Sandiaga Uno (sindonews)


itoday - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sedang berupaya meningkatkan nilai ekspor rempah dan bumbu khas Indonesia hingga USD2 miliar. Dia juga menargetkan 4.000 restoran nusantara di luar negeri.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan Menparekraf Sandi adalah dengan meluncurkan program Indonesia Spice Up The World. Melalui program ini Indonesia berupaya memperkenalkan kekayaan rempah dan bumbu tradisionalnya ke luar negeri.

"Jadi ini adalah reenacting ratusan tahun yang lalu, waktu itu orang Portugis, Belanda, Eropa, dan belahan dunia lain datang ke Indonesia untuk mencari rempah. Sekarang kita balik, bahwa kita yang 'membumbui' dunia dengan program Indonesia Spice Up The World,'' kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (25/8/2021).

Sandiaga mengakui kuliner Indonesia masih kalah populer dibandingkan kuliner restoran China, Jepang, India, Thailand, dan Malaysia, tetapi Indonesia punya peluang. Menurutnya, Indonesia perlu lebih menyinkronkan upaya memperkenalkan kuliner nusantara di mancanegera.

Sebagai program turunan Indonesia Spice Up The World, Sandiaga akan menggaungkan lima kuliner andalan nusantara, yakni rendang, soto, sate, nasi goreng, dan gado-gado.

Dari kuliner-kuliner ini, Sandiaga berharap nilai ekspor rempah dan bumbu masakan Indonesia bisa bertambah. Peran serta diaspora Indonesia disebutnya juga turut menentukan peningkatan kepopuleran kuliner Indonesia di luar negeri.

"Kita akan merangkul diaspora. Saya sudah meluncurkan inisiatif yaitu 1.000 creative diaspora," pungkasnya.

sumber: sindonews.com
Nasi Goreng Indonesia Jadi Menu Tantangan di MasterChef Turki Favorit Sang Juri
27 August 2021
Nasi Goreng Indonesia Jadi Menu Tantangan di MasterChef Turki, Favorit Sang Juri
foto: ilustrasi (masterchefturkiye)


itoday - Popularitas nasi goreng Indonesia memang sudah diakui dunia sejak lama. Sajian dengan tampilan sederhana, namun memiliki cita rasa yang komplit memang tak tertandingi.

Enggak heran, kalau olahan nasi ini masuk dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2017. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga begitu menggemari makanan tradisional satu ini.

Keragaman bumbu dan rempah nan gurih serta manisnya kecap membuat nasi goreng terasa nikmat. Varian nasi goreng di Indonesia juga begitu beragam, salah satunya dilengkapi telur ceplok dan sate. Nah, menu nasi goreng seperti ini menjadi menu tantangan dalam kontes memasak MasterChef Turki.

Dalam tayangan YouTube resmi MasterChef Türkiye, Somer Sivrioglu salah seorang juri utamanya, menantang para kontestan untuk menghidangkan nasi goreng Indonesia. Dirinya menjelaskan secara detail bagaimana ciri nasi goreng asli Indonesia itu.

Mengingat cita rasanya benar-benar khas, Somer juga mengakui kalau makanan ini adalah sajian favoritnya. Ketika peserta ditantang, mereka terlihat cukup bingung lantaran tak pernah mencicipinya langsung.

“Ini merupakan hidangan favorit saya dan anak-anak. Adakah dari kalian yang sudah pernah memasak nasi goreng sebelumnya? Nasi ini cukup basah dan begitu khas dengan cita rasa Asia. Saya rasa banyak dari kalian yang belum mengetahuinya,” kata Somer.

Laki-laki itu meminta nasi goreng harus disajikan dengan berbagai makanan pelengkap. Ada telur mata sapi, sate ayam bumbu kacang, mentimun, tomat, serta acar sebagai sentuhan akhir. Ia ikut mengingatkan peserta untuk fokus, lantaran kuliner itu sungguh istimewa.

Dalam waktu 30 menit, terlihat peserta mulai berkonsentrasi penuh guna menyelesaikan tantangan spesial. Beberapa kali Somer terlihat mengawasi proses memasak tiap peserta. Mereka berusaha semaksimal mungkin dalam menyajikan hidangan favorit sang juri.

Di akhir, dua peserta dengan nasi goreng paling lezat akan dipilih. Para juri menilai tiap inci kesempurnaan tampilan makanan itu. Seperti rasa bumbu hingga lauk tambahan. “Kami ingin nasi goreng yang disuguhkan begitu lezat dan benar-benar sempurna. Bakal ada dua orang terpilih dari segmen tantangan ini,” lanjut Somar.

Walau sudah berusaha keras, nyatanya hasil akhir nasi goreng buatan para peserta dinilai masih tampak kurang sesuai dengan standar juri. Kebanyakan dari mereka tak memperhatikan tampilannya.

Selain itu, sebagian lagi tidak memberi bumbu kacang pada sate ayam. Kendati, juri tetap harus menentukan kontestan terpilih dalam tantangan itu. Setelah berdiskusi, lima orang aman dan berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Hmm, rupanya memasak nasi goreng Indonesia tak semudah itu, ya?

sumber:kumparan.com

Terpopuler