Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Kemendag Akan Bangun Pusat Jajanan Kuliner dan Cenderamata di Likupang
26 August 2021
Kemendag Akan Bangun Pusat Jajanan Kuliner dan Cenderamata di Likupang
foto: Peresmian Pusat Kuliner Likupang (mpi)


itoday - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mencanangkanlokasi pembangunan pusat Jajan Kuliner dan Cenderamata (PJKC) di Likupang, Minahasa Utara ,Sulawesi Utara ( Sulut ), Rabu (25/8/2021).

Pencanangan PJKC tersebut sekaligus merupakan bentukdukungan pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pencanangan lokasi pembangunan PJKC merupakan sebagai sarana dalam memasarkan produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melalui PJKC Likupang ini diharapkan parapelaku UMKM setempat dapat memasarkan produk unggulannya di kawasan wisata, sehingga membuka lapangan pekerjaan dan menaikkan taraf perekonomian di Sulawesi Utara khususnya, masyarakat di Likupang Minahasa Utara,” ungkap Wamendag Jerry.

Pada 2021, lanjut Wamendag, Kemendag telah menetapkan dua daerah PJKC, yaitu Likupang Minahasa Utara, Sulawesi Utara dan Kepulauan Morotai, Maluku Utara. Program ini menggunakan dana tugas pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Menurut Wamendag Jerry, pariwisata dan UMKM merupakan sektor yang terdampak signifikan pandemi COVID-19. Penurunan omzet, terhambatnya suplai bahan baku, pengurangan produksi,hingga pengurangan tenaga kerja menjadi permasalahan utama yang dihadapi UMKM.

“Oleh karenanya, Pemerintah meluncurkan Program PEN untuk mendorong pemulihan sektorpariwisata dan UMKM. PEN merupakan salah satu program yang disiapkan pemerintah untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian," ucap Wamendag Jerry.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Kindangen menyambut gembira dan mengapreasiasi pencanangan PJKC di Sulawesi Utara.

Menurutnya, PJKC dapat memberikan dampak positif, terutama dalam menunjang kawasan Likupangsebagai salah satu Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

"Pencanangan ini adalah wujud dari perhatian dan kehadiran pemerintah bagi para pelaku UMKMyang ada di daerah. Malalui program ini, diharapkan UMKM Sulawesi Utara tetap produktif, kreatif,dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk lokal yang berkualitas dan memiliki daya saing," ujar Edwin.

Hadir pada kegiatan ini Staf Ahli Bidang Iklim Usaha Dan Hubungan Antar Lembaga KemendagSyailendra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin Kindangen, dan Sekretaris Daerah Minahasa Utara Jemmy Kuhu.

sumber: sindonews.com
Viral Media AS Bahas Indomie Kelezatannya Makin Diakui Dunia
25 August 2021
Viral Media AS Bahas Indomie, Kelezatannya Makin Diakui Dunia!
foto: Ilustrasi Indomie (okezone)


itoday - TIDAK diragukan lagi, Indomie merupakan mie instan yang disukai banyak orang. Baik orang Indonesia maupun mancanegara, banyak dari mereka yang telah mengulas kelezatan Indomie.

Bahkan, baru-baru ini perusahaan media asal Amerika Serikat, History, juga mengunggah ulasan mengenai produk Indomie di laman Facebook resmi-nya baru-baru ini.

Dalam postingan tersebut, History menulis tentang sejarah singkat kemunculan Indomie dan profil singkat mendiang Nunuk Nuraini.

"Indomie sudah menjadi produk identik mie instan asal Indonesia. Meskipun merek tersebut sekarang menawarkan berbagai macam rasa, namun varian Mi Goreng tetap menjadi yang terlaris," tulis History dalam unggahan tersebut.

Tak hanya mengulas keragaman produk Indomie, History juga menyayangkan atas wafatnya Nunuk Nuraini, yang merupakan peracik bumbu Indomie.

"Sayangnya, pada awal 2021 Indomie mengumumkan bahwa dia (Nunuk Nuraini) meninggal dunia. Banyak yang berduka atas kematiannya menyampaikan rasa hormat dan belasungkawa di media sosial,” ucapnya.

Unggahan media kanal sejarah itu pun langsung viral, dan dibanjiri komentar netizen asing yang memuji kenikmatan rasa Indomie.

"Saya orang Filipina tapi saya lebih suka ini dari pada produk mi kami sendiri," kata Art Lyndon asal Filipina.

"Indomie sangat penting bagi warga Ghana," tulis Shahid, asal Ghana.

"Indomie ini telah mengisi hari-hari saya selama 2 tahun di Saudi," kata Gab, asal Arab Saudi.

"Saya orang Thailand, dan varian mi goreng adalah favorit saya," tukas Vivi, asal Thailand.

Terakhir, History juga memberikan informasi mengenai sejarah Indomie. Ini pertama kali diluncurkan oleh perusahaan milik Salim Group, yang juga merupakan salah satu konglomerat terbesar di Indonesia pada tahun 1972. Produk pertama yang dirilis Indomie adalah rasa Kaldu Ayam.

Berselang satu tahun, tepatnya 1982 Indomie akhirnya memperkenalkan varian terbaru yang disebut Mi Goreng. Nunuk Nuraini adalah sosok wanita yang ada di balik racikan bumbu Indomie Goreng tersebut.

sumber: okezone
Kali Ini Bukan Prank Restoran Subway yang Hits Bakal Hadir Kembali di Indonesia
24 August 2021
Kali Ini Bukan Prank! Restoran Subway yang Hits Bakal Hadir Kembali di Indonesia
foto: subway (instagram)


itoday - Kabar gembira untuk kalian para pecinta sandwich, pasalnya restoran Subway akan kembali buka di Indonesia. Beberapa waktu lalu sempat bikin geger karena beredarnya prank restoran Subway hendak buka di Indonesia, lain halnya dengan kabar berikut ini.

Benar-benar akan kembali buka di Indonesia, restoran Subway dibawa oleh PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA) melalui PT Sari Sandwich Indonesia.

Berita Subway kembali dibuka di Indonesia ini diumumkan melalui berbagai media sosial restoran sandwich hits tersebut.

Salah satunya, berita Subway kembali dibuka di Indonesia ini disampaikan melalui Instagram @subway.indonesia.

"Bukan bohongan, alau yang ngomong akun beneran @subway_idn. Tunggu aja bentar lagi, beneran bentar doang. #WhatSUBIndonesia,"tulis akun Instagram @subway.indonesia, Selasa (24/8/2021).

Pada tahun 1990 silam, ternyata restoran Subway pernah hadir di Indonesia. Namun restoran sandwich yang hits ini kemudian tutup pada awal tahun 2000.

Restoran sandwich Subway sendiri muncul dari ide seorang fisikawan nuklir bernama Dr.Peter Buck.

Restoran yang sebenarnya sudah buka sejam 1965 ini, awalnya merupakan bisnis kecil-kecilan mahasiswa yang butuh biaya tambahan untuk membayar kuliah.

Melansir laman resmi website Subway, awalnya restoran ini bernama Pete's Super Submarines sebelum akhirnya menjadi Subway.

Sukses dengan strategi bisnis waralaba, Subway kini sudah memiliki lebih dari 40.000 cabang restoran di berbagai belahan dunia.

Pantau terus Instagram resmi Subway untuk tahu kapan resmi dibukannya di Indonesia ya guys!

sumber: suara.com
Apa Manfaat Glutamat untuk Kualitas ASI Ibu Menyusui
23 August 2021
Apa Manfaat Glutamat untuk Kualitas ASI Ibu Menyusui?
foto: Ilustrasi (liputan6)


itoday - Selama ini, glutamat kerap diasosiasikan dengan penyedap rasa alias MSG. Ternyata glutamat pun diperlukan oleh bayi lewat ASI yang diberikan ibu menyusui.

Ahli gizi klinis di RS Melinda Bandung, dr. Johannes Chandrawinata, MND, SpGK, mengatakan ASI mengandung banyak asam amino bebas (FAA), seperti glutamat. FAA merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi.

"Glutamat, berbagai zat gizi makro, zat gizi mikro, dan zat bioaktif yang terkandung dalam ASI menjadikannya makanan pertama yang ideal untuk bayi," kata dr. Johannes, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 22 Agustus 2021.

Zat bioaktif dalam ASI, sambung dia, menunjukkan pentingnya ASI sebagai makanan fungsional. Perannya penting dalam menjaga daya tahan dan kesehatan bayi.

Merujuk studi oleh Berthold Koletzko yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism pada 3 Desember 2018 menjelaskan bahwa kadar glutamat bebas dalam ASI enam kali lebih tinggi dari susu formula lainnya. Pada bayi baru lahir, glutamat dan glutamin merupakan faktor pertumbuhan sel epitel usus.

"Glutamat dan glutamin meningkatkan fungsi penghalang usus dan mempengaruhi perkembangan sel-sel imunitas. Dari segi anthropometri, glutamat dan glutamin ternyata juga membantu peningkatan tinggi dan berat bayi," lanjutnya.

3 Bulan Pertama

Sementara, riset C Agostoni dkk yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatri Gastroenterol Nutrition pada November 2000 menyebutkan asam glutamat dan taurin merupakan FAA terbanyak yang terkandung dalam kolostrum. Kolostrum adalah cairan yang pertama dikeluarkan oleh kelenjar payudara pada hari pertama hingga hari ke 3--5 setelah persalinan.

Meski kandungan taurin terbilang stabil selama laktasi, jumlah asam glutamat dan glutamin meningkat sekitar 2,5 hingga 20 kali selama tiga bulan pertama menyusui. Kandungan FAA esensial juga stabil, sehingga perubahan dalam kandungan FAA hampir sepenuhnya disebabkan perubahan dalam asam glutamat dan glutamin.

Riset tersebut menyimpulkan peningkatan kandungan glutamin dan asam glutamat itu bisa memberi manfaat bagi bayi yang disusuinya. Senyawa itu bisa melindungi mukosa enteral dan juga bertindak sebagai neurotransmitter.

Pola Makan bagi Ibu Menyusui

Johannes menambahkan beberapa tips bagi ibu menyusui agar bisa mengatur pola makannya, supaya produksi ASI juga tidak terganggu. "Selama menyusui, kebutuhan kalori ibu meningkat 330-400 kkal per hari untuk produksi ASI," kata dia.

Untuk mendapatkan kalori ekstra, ibu menyusui bisa meningkatkan asupan makanan bernutrisi tinggi seperti satu roti gandum utuh dengan 16 gram (satu sendok makan) selai kacang, satu buah pisang ukuran sedang, atau 225 gram yogurt. Pilih juga makanan berprotein tinggi seperti daging tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan, dan makanan laut rendah merkuri.

Ia juga menyarankan untuk memilih biji-bijian dan sayuran serta buah-buahan yang berserat tinggi. Makanan yang sehat bisa membantu produksi ASI.

"Pilih berbagai makanan akan mengubah rasa ASI. Hal ini baik bagi bayi untuk dapat membedakan rasa, sehingga membantu bayi lebih mudah menerima makanan padat di kemudian hari," imbuh dia.

Berikutnya, sambung Johannes, coba untuk minum satu gelas air atau minuman lain setelah setiap menyusui. Perlu diingat bahwa minuman manis dan jus mengandung banyak gula yang dapat mengganggu proses penurunan berat badan setelah kehamilan.

"Kurangi asupan kafein karena kafein dalam ASI dapat mengganggu tidur bayi," lanjutnya.

sumber: liputan6
Membuat Rempah Indonesia Jadi Jalur Budaya Warisan Dunia UNESCO
22 August 2021
Membuat Rempah Indonesia Jadi Jalur Budaya Warisan Dunia UNESCO
foto: Budaya Rempah Nusantara (liputan6)


itoday - Indonesia dikenal sebagai penghasil rempah terbesar di dunia yang membuat bangsa Eropa menghidupkan jalur perdagangan di tanah air. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggagas rekonstruksi perdagangan rempah bernama Jalur Rempah.

Tujuannya, agar masyarakat ingat bahwa rempah berperan penting sebagai identitas bangsa. Indonesia disebut sebagai surganya beberapa jenis rempah karena posisinya yang strategis. Seperti cengkih yang tumbuh di Pulau Ternate dan Tidore, pala yang tumbuh alami di Pulau Banda atau Sumatra yang dikenal sebagai penghasil kemenyan, kayu manis dan lada.

Di masa lalu, Jalur Rempah bahkan jadi cikal bakal perdagangan komoditas yang melibatkan beragam suku dan membentuk Nusantara. Karena pentingnya posisi Jalur Rempah, Indonesia mengusulkan Jalur Rempah ke UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai world heritage atau warisan dunia pada November 2020.

Inisiasi ini telah dimulai, dan diharapkan benar-benar terwujud pada 2024 mendatang. Lalu, bagaimana perkembangan pengajuannya sampai saat ini?

Menurut Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, saat ini masih dilakukan riset terutama identifikasi tapak situs yang akan dimasukkan ke dalam nominasi tersebut. Masih banyak peninggalan berupa benteng, pelabuhan kuno, bangunan, dan peninggalan lainnya.

"Kini sudah ada data-data yang mesti dilengkapi dengan kunjungan fisik. Sementara ini masih terhambat pandemi tapi kalau sudah lebih longgar bisa dikerjakan," terang Hilmar pada Liputan6.com, Jumat, 20 Agustus 2021.

Jalur Rempah adalah peninggalan yang sangat signifikan dalam sejarah kita, lanjut Hilmar, dan selama ini sejarah maritim belum banyak mendapat perhatian, jadi nominasi Jalur Rempah ini juga memperkuat narasi budaya maritim dalam sejarah kita. Alasan lainnya, karena UNESCO juga mulai lebih memperhatikan trail dan route. Selama ini fokusnya lebih ke situs/bangunan dan kawasan.

Pengakuan UNESCO

Hilmar mengakui, ada sejumlah faktor penghambat dan juga pendukung dalam usaha mengajukan Jalur Rempah ke UNESCO. Salah satu faktor penghambat adalah tidak banyak peninggalan dari masa pra-kolonial. Paling banyak peninggalan dari periode kolonial (seperti benteng, pelabuhan, dan kota tua), sementara periode kolonial itu hanya sebagian dari cerita.

Sedangkan faktor pendukungnya adalah antusiasme dari pemerintah daerah yang terhubung dalam jalur rempah. Para pemimpin daerah dan jajarannya sangat kooperatif untuk mendukung rencana nominasi Jalur Rempah ini.

"Pengakuan UNESCO diharapkan akan meningkatkan perhatian terhadap cagar budaya dan peninggalan bersejarah, memperkuat narasi sejarah maritim di Indonesia," tutur Hilmar yang juga seorang sejarawan.

Pendapat senada dikemukakan Restu Gunawan, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan yang punya tugas khusus mengurusi Jalur Rempah. Saat ini sedang dilakukan riset untuk melengkapi dokumen pengajuan karena harus berbasis bukti, jadi harus didukung sejumlah temuan berupa arsip maupun benda.

Gotong Royong

Rempah-rempah merupakan komoditas penting di dunia ada masa sebelum masehi hingga kini. karena pada masa lalu rempah selain sebagai obat juga merupakan simbol status sosial. "Selain itu hubungan antar pelabuhan telah menciptakan berbagai macam kebudayaan. mulai dari kuliner. teknologi perkapalan. arsitektur. pertanian. jaringan keilmuan. bahasa dan lain-lain," terang Restu lewat pesan pada Liputan6.com, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Restu menambahkan, hubungan antar budaya membentuk peradaban dunia yang saling bertaut membentuk jaringan. baik di pedalaman sebagai penghasil rempah maupun pelabuhan dan di laut. Ia juga mengakui ada faktor penghambat dalam pengajuan Jalur Rempah sebagai warisan dunia.

Salah satunya adalah penghambat untuk menggerakkan seluruh stake holder pemerintah pusat antar pemerintah provinsi, Pemda dan komunitas perlu pemahaman bersama dan semangat bersama. Rempah-rempah adalah sejarah masa lalu. kini dan akan datang.

"Ini perlu gotong royong semua pihak. rempah tidak hanya sejarah tapi juga masa depan jika kita mampu memonetisasi untuk kemajuan bangsa," tutup Restu.

sumber: liputan6
Tradisi Bubur Asyura Sajian Khas 10 Muharram
20 August 2021
Tradisi Bubur Asyura, Sajian Khas 10 Muharram
foto: ilustrasi (cnnindonesia)


itoday - Hari Asyura jatuh pada hari ke-10 pada bulan Muharram di kalender Hijriyah. Di hari ini Anda juga bisa melakukan tradisi bubur asyura.

Dalam kalender Gregorian, hari Asyura jatuh berbeda tiap tahunnya. Tahun ini, hari Asyura jatuh pada Kamis (19/8). Dalam Islam, hari Asyura merupakan salah satu hari di mana umat Islam bisa menjadikannya sebagai ladang amal.

Selain puasa sunnah, Muslim di sebagian wilayah Indonesia merayakan Asyura dengan tradisi bubur Asyura. Sajian ini lekat akan nilai kebersamaan dan keberagaman.

Bubur biasanya diolah bersama dan kemudian dibagi-bagikan ke masyarakat. Beda wilayah, beda pula tradisi bubur Asyura di sana. Hal yang jelas membedakan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk memasak bubur.

Di kalangan suku Banjar, Kalimantan Selatan, tradisi bubur Asyura dibuat dari beras dan campuran 41 jenis bahan lain. Sebanyak 41 bahan ini berasal dari sayuran, umbi-umbian juga kacang-kacangan misal, kangkung, jagung, kentang, wortel dan lain sebagainya. Bubur pun bakal jadi santapan saat berbuka puasa.

Berbeda dengan tradisi bubur Asyura di Cirebon, Jawa Barat. Melansir dari laman Nahdlatul Ulama Online, bubur Asyura dibuat dari beras, santan kelapa, dan gula aren sebagai pewarna alami.

Menurut KH Mukti Ali Qusyairi, penggunaan bahan-bahan ini membuat bubur identik dengan warna merah dan putih. Dua warna yang sarat akan makna kebangsaan.

Tradisi bubur Asyura pun juga terdapat di kawasan Sumatera. Masyarakat di Desa Tangkahan Durian, Brandan Barat, Sumatera Utara, bubur Asyura dibagikan pada anak-anak yatim piatu. Ini sekaligus bentuk amal dan menaikkan doa agar masyarakat desa terhindar dari marabahaya.

sumber: cnnindonesia

Terpopuler