Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Bagaimana Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot? Ini Kata Para Chef

Kuliner
Bagaimana Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot? Ini Kata Para Chef 1
foto: ilustrasi (kumparan)

itoday - Memasak serta menyajikan daging kambing bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Dibalik cita rasanya yang nikmat, lezat, serta gurih, dibutuhkan teknik khusus dalam mengolah jenis daging merah satu ini. Hal ini diperlukan untuk membuat kualitas daging enak dan nyaman ketika dihidangkan.

Tekstur dan aroma daging kambing cukup berbeda dengan sapi ataupun kerbau. Daging hewan satu ini punya bau prengus yang menusuk serta dagingnya cukup keras. Namun, bila diolah dan dimasak dengan cara yang benar, bau prengus maupun tekstur keras bisa diatasi.

Terutama saat perayaan Idul Adha daging kambing menjadi salah satu bahan masakan favorit. Wajar, kalau banyak yang mencari tips untuk mengolah daging kambing agar empuk dan tidak alot. Umumnya, ketika menerima daging hewan kurban tersebut, banyak orang cenderung langsung merebus dalam air panas nan mendidih. Lalu, langsung dimasak dengan menambahkan rempah-rempah.

Nyatanya, enggak cuma dengan menambahkan rempah-rempah saja daging kambing bisa menjadi empuk. Ada beberapa cara serta bahan alami lain yang bahkan disarankan langsung oleh para chef untuk kamu gunakan. Seperti tips memasak dari chef Yuda Bustara dan chef jebolan MasterChef Indonesia season 4, Denny Gumilang.

Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot
Tekstur dan aroma daging kambing cukup berbeda dengan sapi ataupun kerbau. Daging hewan satu ini punya bau prengus yang menusuk serta dagingnya cukup keras. Bagaimana cara memasak yang tepat?

1. Jangan mencuci daging kambing

Cara pertama dan cukup sederhana adalah jangan mencuci daging kambing. Menurut chef Denny Gumilang ini adalah cara terbaik agar kualitas daging bisa semakin empuk.

"Banyak yang mengira bahwa daging kambing harus dicuci karena baunya prengus. Padahal, bau tersebut disebabkan oleh bakteri. Yang terpenting, jaga higienitas atau kebersihan saat memotong daging kambing, jangan pula diletakkan di atas tanah," jelas Denny kepada kumparan.

2. Melumuri daging kambing dengan daun singkong

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan daun singkong yang sudah diremas hingga getahnya keluar, lalu selimuti seluruh bagian daging kambing. Kemudian, diamkan hingga kurang lebih setengah hingga satu jam.

Biar makin empuk, kamu juga boleh menambahkan dengan parutan nanas. Ini bertujuan agar protein daging bisa lebih lembut. Sebab, daun singkong maupun nanas mengandung papain dan bromelin enzim. Keduanya kandungan tersebut mampu melunakkan protein dalam daging kambing.

“Papain dan bromelin enzym dari daun singkong dan nanas bisa melembutkan protein, sehingga sering digunakan untuk melunakkan daging kambing,” terang Chef Yuda.

3. Bisa menggunakan panci presto

Jika kedua cara tadi merupakan versi tradisional, maka bila kamu memiliki peralatan memasak yang lebih canggih, seperti panci presto, tentu akan lebih mudah.

Caranya pun simpel dan cepat, cukup presto saja daging kambing selama kurang lebih 40 menit. Bila sudah matang, potong daging berlawanan arah urat. Ini bisa membuat daging tidak mudah alot meski sudah dingin sekalipun.

sumber: kumparan
Kuliner Bagaimana Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot? Ini Kata Para Chef

Terpopuler