Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Bikin Penasaran Apa Bedanya Arti Warna SPBU Pertamina Merah dan Biru
01 July 2021
Bikin Penasaran, Apa Bedanya Arti Warna SPBU Pertamina Merah dan Biru
foto: SPBU Pertamina (ist)

itoday - Bikin penasaran, apa bedanya arti warna SPBU Pertamina merah dan biru.

Saat mengisi bensin pasti banyak biker yang kurang sadar dengan warna.

Sebaiknya ketika isi bensin biker jangan asal masuk SPBU Pertamina.

Sebelum masuk SPBU coba perhatikan warna pada plang SPBU Pertamina.

Jika diperhatikan seksama ternyata ada dua jenis SPBU Pertamina loh.

Yang pertama berwarna merah, lainnya berwarna biru.

Tapi SPBU Pertamina berwarna merah jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang biru.

SPBU berwarna biru baru menjamur sejak beberapa tahun belakangan ini.

Nah biar masyarakat enggak penasaran lagi begini bedanya.

Dikutip dari Kompas.com, menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III Pertamina Dewi Sri Utami, SPBU Pertamina terbagi menjadi dua.

Dua pom bensin tersebut SPBU Pasti Pas berwarna merah dan SPBU Pasti Prima dengan warna dominan biru.

Warna papan yang berlainan memang menjadi pembeda utama antara SPBU Pertamina Pasti Prima dan SPBU Pertamina Pasti Pas.

“Secara tampilan fisik, SPBU Pasti Prima memiliki totem/papan berwarna biru dan Pasti Pas berwarna merah,” jelas Dewi.

Sebagai informasi, SPBU Pasti Prima sendiri merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang sudah ada sejak tahun 2006, terutama dari sisi pelayanan.

SPBU Pasti Prima mulai diluncurkan sejak tahun 2015, atau saat Direktur Marketing & Retail Pertamina dijabat oleh Ahmad Bambang.

Selain dari warna papan nama, perbedaan mencolok secara fisik antara SPBU merah dengan SPBU biru adalah fasilitas pelengkap yang berada di satu area dengan SPBU.

Beberapa fasilitas penunjang SPBU Pasti Pas dengan warna merah biasanya berupa fasilitas standar, seperti toilet, tempat ibadah, isi angin, dan terkadang minimarket di beberapa SPBU.

Sementara untuk SPBU Pasti Prima dengan warna biru, biasanya sudah pasti memiliki fasilitas yang dimiliki SPBU Pasti Pas, tetapi dengan tambahan fasilitas yang lebih lengkap, seperti kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, serta restoran cepat saji.

Layanan-layanan tambahan tersebut disebut sebagai non-fuel retail, baik di SPBU yang dikelola dan dimiliki swasta, maupun milik Pertamina sendiri lewat PT Pertamina Retail.

Pasti Prima memang memosisikan sebagai SPBU lifestyle yang siap memenuhi kebutuhan konsumen saat berada di jalan.

Pertamina melihat standar Pasti Prima lahir karena gaya hidup masyarakat yang menginginkan SPBU sebagai one stop service.

Perbedaan secara fisik lainnya adalah pada kelir dispenser.

Pada SPBU Pasti Pas biasanya nozel berwarna hitam pada bagian bawah, sedangkan SPBU Pasti Prima berwarna hijau.

Selain itu, berbeda dari SPBU Pasti Pas yang warna merahnya digunakan pada warna seragam operator dan tiang pilar, SPBU Pasti Prima mengombinasikan warna merah dan abu-abu.

sumber: motorplus
Catat Ini Aturan Naik Angkutan Umum Selama PPKM Darurat
01 July 2021
Catat, Ini Aturan Naik Angkutan Umum Selama PPKM Darurat
foto: Penumpang Angkutan Umum (kumparan)

itoday - Presiden Joko Widodo resmi memerintahkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Jawa dan Bali mulai 3 sampai 20 Juli 2021. Sejumlah ketentuan pembatasan aktivitas terkait PPKM Darurat telah diatur.

Salah satunya kegiatan menggunakan transportasi umum atau angkutan umum dalam dokumen berjudul Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Provinsi-Provinsi di Jawa Bali, yang diungkap Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan.

"Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online dan kendaraan sewa rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen, dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7).

Perihal ini, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi mengatakan akan diatur dalam aturan turunan dari Kementerian Perhubungan. "Barusan baru dirapatkan, nunggu SE (Surat Edaran) Mendagri, terus SE Satgas, baru SE Kemenhub," katanya kepada kumparan.

Hanya saja bisa diartikan untuk mobil yang punya kapasitas angkut hingga 7 penumpang, hanya diperbolehkan mengangkut 4 sampai 5 orang. Lebih lanjut untuk mobil 5 penumpang, kapasitas maksimalnya 2 hingga 3 orang.

Lebih lanjut untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan domestik pakai moda transportasi jarak jauh seperti bus, kereta api, hingga pesawat, persyaratannya lebih ketat lagi.

Masyarakat wajib menunjukkan sertifikat sudah vaksin corona minimal dosis pertama, lalu bukti test antigen H-1. Adapun calon penumpang pesawat juga diminta menunjukkan hasil test PCR maksimal dua hari sebelum perjalanan.

"Penggunaan kartu vaksin ini tujuannya adalah untuk menghindari orang lain tertular dari kita atau sebaliknya. Dan juga untuk menambah orang mendapatkan vaksin. Karena dengan vaksin bisa melindungi kita dari serangan COVID-19," pungkas Menko Luhut.

Luhut juga menambahkan, dalam menjalankan protokol kesehatan secara ketat termasuk naik angkutan umum, dilarang menggunakan face shield tanpa pakai masker.

sumber: kumparan
Ducati Rilis Otoped Canggih Harga Cuma Rp 6 jutaan
30 June 2021
Ducati Rilis Otoped Canggih, Harga Cuma Rp 6 jutaan
foto: otoped Ducati (ist)

itoday - Ducati terus melakukan pengembangan di luar industri sepeda motor. Kalau sebelumnya punya sepeda elektrik, kali ini pabrikan Bologna menghadirkan skuter listrik bernama Pro-I Evo. Alat yang dikenal sebagai otoped itu juga tergolong dalam transportasi ramah lingkungan. Dirinya pun masuk dalam bagian dari Ducati Urban e-Mobility.

Otoped canggih ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh Ducati dan MT Distribution. Perusahaan yang menggarap skuter listrik Aprilia eSR1. Melansir dari rilis resminya, alat transportasinya itu ditujukan untuk menunjang mobilitas penggunanya di daerah perkotaan.

Bentuknya serupa dengan otoped lain. Berupa struktur besi dari penyangga roda hingga ke atas yang disambung dengan setang. Bawahnya disediakan dek rata untuk meletakkan kedua kaki penggunanya. Seluruh bodinya berkelir hitam legam, serta beberapa aksen merah.

Bobotnya cukup ringan dan memiliki dimensi kompak. Alat transportasi urban ini tak memakan banyak tempat dan bisa dilipat. Hal ini tentunya sangat memudahkan penggunanya, ketika digunakan sebagai moda transportasi harian.

Pro-I Evo dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi. Dirancang oleh Italdesign dan tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Pemilik dapat memantau kinerja Pro-I Evo, termasuk kondisi baterai secara real time, serta lokasinya. Termasuk sistem penguncian yang terintegrasi dengan gawai. Serta mengadopsi teknologi minim getaran dengan alasan durabilitas. Agar pemakainya dapat bertahan lebih lama.

Otoped ini dibekali dengan motor listrik berkapasitas 350W yang terletak di roda depan. Baterainya 36V 7.8Ah 280Wh, yang diklaim dapat diisi dalam waktu sekitar 3,5 jam. Sedangkan jangkauan diperkirakan 25 hingga 30 km dengan sekali pengisian daya. Berbekal peranti canggihnya itu, Ducati menjamin Pro-I Evo punya performa responsif serta diklaim sanggup melibas tanjakan.

Fitunya memiliki panel instrumen dengan layar berwarna. Diberikan pula lampu LED yang menawarkan keamanan ekstra di malam hari dan dalam situasi jarak pandang terbatas. Skuter listrik ini memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, D, dan S. Menawarkan batasan kecepatan maksimal yang berbeda.

Mode Eco memungkinkan mencapai kecepatan 6 km/jam atau sekitar 3,7 mph. Mode D memungkinkan mencapai kecepatan 20 km/jam atau 12,4 mph, sedangkan mode S memungkinkan mencapai kecepatan 25 km/jam atau 15,5 mph. Berat total otoped ini cuma 12 kg. Skuter listrik ini dilengkapi dengan rem depan elektronik dan rem cakram di bagian belakang.

Saat ini, Pro-I Evo sudah tersedia di semua diler resmi dan e-shop Ducati di Eropa dan beberapa showroom lainnya. Dirinya dibanderol US$477 atau sekitar Rp 6,9 jutaan. Menjadikannya sebagai kendaraan roda dua termurah dari Ducati.

sumber: oto.com
Yamaha Motor Mulai Ekspansi Pesawat Terbang
30 June 2021
Yamaha Motor Mulai Ekspansi Pesawat Terbang
foto: peluncuran produk Yamaha (ist)

itoday - Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor Co., Ltd, mengumumkan secara resmi bahwa mereka tengah melakukan ekspansi untuk membuat pesawat terbang.

Dalam mewujudkan target ini, Yamaha Motor akan berkolaborasi dengan perusahaan peswat terbang ShinMaywa yang memang dikenal dengan portofolionya dalam bisnis aircraft.

Secara resmi, kedua belah pihak sudah melakukan penandatanganan perjanjian untuk penelitian bersama dalam membuat pesawat kecil generasi berikutnya.

Dalam perjanjian tersebut, Yamaha Motor akan melakukan riset dan pengembangan untuk melakukan adaptasi teknologi mesin kecil ke industri pesawat terbang.

Sementara ShinMaywa, memiliki tugas untuk mengadaptasi teknologi dan keahliannya dalam mengembangkan teknik pesawat yang diperoleh melalui pengembangannya.

Beberapa langkah yang nantinya akan ditempuh antara lain adalah merancang konsep, membangun prototipe, melakukan pengujian, memverikasi teknologi otonom dan beberapa hal lainnya sampai pesawat tersebut berhasil diproduksi.

Kedua perusahaan akan menggunakan upaya penelitian bersama ini untuk mengeksplorasi kemungkinan komersialisasi pesawat kecil generasi berikutnya, dan mempertimbangkan arah dan masa depan proyek berdasarkan minat pasar dan faktor lainnya.

sumber: liputan6
Mengenal Istilah Kuburan di Dalam Bus Apa Maksudnya
29 June 2021
Mengenal Istilah Kuburan di Dalam Bus, Apa Maksudnya?
foto: ilustrasi (detik)

itoday - Istilah di dunia bus memang unik-unik, salah satunya adalah 'kuburan' Bagi kalangan awam yang baru mendengar istilah itu, tentunya yang dibayangkan adalah hal yang menyeramkan. Tapi istilah itu tidak semengerikan kuburan beneran, kok. Lalu apa arti sebenarnya dari istilah kuburan di dalam bus?

Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa kuburan yang dimaksud adalah semacam gundukan memanjang yang ada di depan bus, tepatnya di samping sopir. Gundukan itu lazim ditemui di bus-bus yang memiliki posisi mesin di depan.

"Karena bentuknya kotak, panjang, dan timbul, kalau di kita nyebutnya kuburan. Ini biasanya ada di bus-bus tertentu (yang bermesin depan), seperti Hino AK dan Mercy OF," kata Zaenal, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (29/6/2021).

Dibuatnya gundukan seperti itu tentu ada tujuannya, yakni sebagai cover tambahan untuk kap mesin. Menurut Zaenal, gundukan itu diberi lapisan lagi agar tidak menimbulkan panas berlebih, sehingga bisa digunakan untuk tempat duduk alternatif.

"Gundukan itu diberi material seperti bahan jok, jadi bisa digunakan untuk tempat duduk sementara penumpang. Kerasanya paling ya cuma anget aja," sambung Zaenal.

Lanjut Zaenal menjelaskan, bus-bus bermesin depan dengan mesin gundukan saat ini sudah tergolong langka. Sebab karoseri sudah berinovasi membuat cover kap mesin tersebut agar sejajar atau rata dengan lantai penumpang. Sehingga dari segi estetika akan lebih rapi dan tidak ada lagi penumpang yang duduk di atas cover kap mesin, karena itu memang kurang safety.

Nah, kalau detikers sendiri punya pengalaman naik bus dengan gundukan di depan nggak?

sumber: detik.com
VIRAL Kisah Lulusan SMK Otomotif jadi Fashion Designer Sempat Ditentang Keluarga dan Juarai Lomba
28 June 2021
VIRAL Kisah Lulusan SMK Otomotif jadi Fashion Designer, Sempat Ditentang Keluarga dan Juarai Lomba
foto: Aulya Akhsan (@sa_akhsan)

itoday - Cerita perjalanan karier seorang pemuda lulusan SMK jurusan otomotif, viral di media sosial

Berbeda dengan pendidikannya, pemuda itu kini jadi fashion designer sukses dan terkenal.

Ia bernama Saifudin Aulya Akhsan atau disapa Akhsan (23), pemuda asal Sragen, Jawa Tengah.

Akhsan membagikan perjalanan kariernya itu lewat akun TikTok-nya, @sa_akhsan, Kamis (24/6/2021).

Sampai artikel ini terbit, video TikTok Akhsan ditonton lebih dari 4 juta orang.

Tak sekedar viral, Akhsan pun menerima banyak pujian dari sejumlah warganet.

"Masya Allah, aku ikut bangga," tulis @hameysatv

"Hai, semangat ya kamu hebat. Sukses terus dan dimudahkan segala urusanmu," komentar @dwisukma15.

Kepada Tribunnews, Akhsan membenarkan bahwa dirinya memang lulusan SMK jurusan otomotif.

Ia mengatakan, jurusan otomotif itu merupakan pilihan orang tuanya.

Keinginannya menjadi fashion designer sempat ia hilangkan.

Satu sisi lain, Akhsan juga punya ketertarikan di bidang arsitektur.

"Lulus SMP aku udah mulai putus asa menjadi fashion designer. Impian aku jadi fashion designer aku kubur dalam-dalam."

"Endingnya aku nurut sama orang tua untuk milih jurusan (otomotif) sesuai pilihan mereka, yang sebenernya saat itu aku milih jurusan arsitek," ucap Akhsan kepada Tribunnews, Jumat (25/6/2021).

Saat itu, Akhsan juga sempat menggemari olahraga lari.

Namun, semakin beriringnya waktu, keinginan Akhsan menjadi fashion designer muncul kembali.

Meskipun belajar di jurusan otomotif, bakat menjahit dan mendesain baju tetap diasah Akhsan.

"Kelas 1 SMK akhir, mulai hobi lagi menjahit bikin baju, kemudian ikut-ikut lomba fashion."

"Abis itu udah terlanjur kecemplung di dunia otomotif, ya mau enggak mau aku jalanin ketiga bidang itu, atlet lari, otomotif sama fashion," lanjutnya.

Di samping bersekolah, Akhsan juga berusaha mencari uang sendiri.

Misalnya menerima orderan menjahit hingga berjualan hijab.

Uang dari hasil bekerja ini ia tabung, untuk modal membuat busana saat mengikuti kompetisi.

"Hasil tabungan dari kerja, Akhsan selalu pakai untuk ikut lomba kompetisi fashion design, yang sebenernya butuh modal yang cukup besar," kata Akhsan.


Akhsan pun mulai semakin menekuni bidang fashion designer.

Ia mengikuti beberapa kompetisi, satu di antaranya, Jogjakarta Fashion Week tahun 2016.

Pada kompetisi tersebut, Akhsan meraih juara pertama.

Adapun ciri khas fashion yang diangkat Akhsan yakni, dengan kain nuansa ethnic.

Sempat Ditentang Keluarga

Akhsan sempat mendapat pertentangan dari keluarga soal cita-citanya menjadi fashion designer.

Pertentangan itu sempat diterima Akhsan saat masih di bangku SMK.

Menurut keluarganya, keinginan Akhsan di bidang fashion design hanya akan menghabiskan tenaga dan uang yang cukup besar.

"Dari keluarga sering ngelarang karena ngehabis-habisin uang Akhsan."

"Capek-capek kerja cari tabungan tapi dihabisin buat ikut lomba, yang kadang ada kalah ada menang," ucap Akhsan.

Namun, hal itu tak mematahkan semangat Akhsan.

Ia tetap berusaha untuk meyakinkan keluarganya bahwa pilihannya tidak salah.

"Saat itu, menurut Akhsan cuan bukan segalanya, tapi kesempatan enggak bisa datang dua kali."

"Aku harus meyakinkan keluarga, kalau mungkin saat ini belum ada hasilnya, tapi suatu saat pasti akan terbukti," ungkapnya.

Sampai akhirnya pada tahun 2016, Akhsan mengikuti ajang Jogja Fashion Week,

Akhsan menceritakan, saat itu busana yang ingin dia tampilkan sempat kekurangan kain.

Padahal, di satu sisi, Akhsan tidak punya uang untuk membeli kain tersebut.

Terpaksa, ia meminta uang sebesar Rp 50 ribu kepada orang tuanya.

"Ada sedikit kekecewaan kenapa sih harus ngerepotin orang tua. Saat itu, aku berprinsip untuk tidak merepotkan orang tua dan enggak mau minta uang orang tua," katanya.

Buktikan kepada Keluarga

Ketika acara berlangsung, Akhsan dinyatakan menang dalam ajang kompetisi tersebut.

Seluruh anggora keluarganya datang dan melihat keberhasilan Akhsan ini.

"Puncak finalnya, ketika semua keluarga aku nonton fashion shownya sampai akhir."

"Dan aku dinyatakan sebagai first winner. Itu piala pertama, aku persembahin untuk keluarga melihat ini hasil perjuanganku."

"Itu momen ketika satu keluarga ngumpul dan lihat hasil kerja keras aku kala itu," tutur Akhsan.

Kini keluarganya telah mendukung karier Akhsan sebagai fashion designer.

Mulai Berkarier Serius sebagai Fashion Designer

Tahun 2018, Akhsan mulai menjadikan fashion designer sebagai karier tetapnya.

Dikatakannya, karirnya sebagai fashion designer mulai naik setelah ikut ajang Hijab Look 2018 di stasiun televisi RCTI.

Di ajang itu, Akhsan kembali memenangkan posisi pertama.

"Akhsan mulai terbuka karier kayak fashion designer in house di salah satu brand."

"Kemudian karena aku kerja di salah satu fashion designer yang cukup ternama jadi aku menambah ilmu dan relasi baru."

"Dan buat aku berkembang di brand lainnya," jelas Akhsan.

Akhsan sempat bekerja di bawah naungan fashion designer terkenal, Itang Yunasz di Jakarta.

Selain itu, ia juga menjadi fashion designer di brand muslim milik artis Arie Untung dan Fenita Arie.

Punya Brand Sendiri, Studio Ikaten

Dampak pandemi di tahun 2020, membuat Akhsan harus balik ke kampung halamannya.

Ia pun mendirikan brand fashionnya sendiri, yakni Studio Ikaten.

"Studio Ikaten hampir setahun, di Agustus besok," lanjutnya.

Tak main-main, brand milik Akhsan ini dipakai beberapa musisi terkenal di Indonesia.

Seperti, Nino band RAN hingga Weird Genius.

sumber: tribunnews

Terpopuler

Otomotif News 4
14 June 2021
Otomotif News 4
Otomotif News 2
Otomotif News 2
14 June 2021