Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

MUI Imbau Warga di Zona Merah Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur

Politik
MUI Imbau Warga di Zona Merah Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur 1
Image credit: Alissa Eckert dan Dan Higgins

itoday - Ketua Umum Maejlis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengingatkan umat muslim untuk tidak shalat Jumat di masjid jika sedang berada di daerah dengan kasus Covid-19 yang tak terkendali.

Anwar menyatakan hal itu sudah sesuai dengan Fatwa MUI MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19.

"Fatwa MUI menyatakan bahwa di daerah yang tingkat penyebaran virus tak terkendali, dalam bahasa pemerintah zona merah, umat Islam disarankan untuk tidak shalat Jumat," kata Anwar, seperti dikutip dari kompas.com (25/6/2021).

Karena itu, Anwar menilai langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang hari ini meniadakan shalat Jumat sudah tepat sesuai fatwa MUI. Sebab, kasus Covid-19 di Jakarta juga saat ini sedang tinggi-tingginya. Warga bisa mengganti ibadah shalat Jumat dengan shalat Dzuhur di rumah. "Tapi di daerah yang terkendali, umat Islam dipersilakan shalat Jumat dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada," kata Anwar.

(sumber berita: kompas.com, image: Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator from Centers for Disease Control and Prevention)
Politik MUI Imbau Warga di Zona Merah Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur