Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Dokter Beberkan Kondisi Deddy Corbuzier Saat Positif Covid-19, Alami Badai Sitokin

Selebritis
Dokter Beberkan Kondisi Deddy Corbuzier Saat Positif Covid-19, Alami Badai Sitokin 1
Foto: Deddy Corbuzier (merdeka)


itoday - Deddy Corbuzier tak menyangka dirinya positif Covid-19 dengan kondisi yang terbilang buruk. Ia dilarikan ke rumah sakit dengan suhu tubuh 40 derajat celcius hingga mengalami masa kritis.

Ayah satu anak itu membeberkan kondisinya dengan melakukan bincang santai bersama dokter yang kala itu merawatnya yakni Dokter Gunawan. Dokter berkacamata itu mengungkap kondisi Deddy.

Hal tersebut diketahui dalam video yang diunggah oleh Deddy di saluran YouTube pribadinya dengan judul 'Saya Sakit, Kritis, dan Hampir Meninggal. Why I Stop - Deddy Corbuzier' yang tayang pada 22 Agustus 2021.

Badai Sitokin
Deddy mengalami kritis sampai berada di masa badai sitokin. Ia benar-benar tak menyangka dengan kondisinya itu karena merasa selama ini telah menjalani hidup sehat dan rajin berolahraga.

"Kenapa ada orang yang kena tapi baik-baik saja, yang tidak lebih sehat dari saya. Itu pertanyaan saya. Kenapa saya lebih sehat, saya bisa badai sitokin," tanya Deddy.

"Itu tergantung respon badan masing-masing. Saya gak bisa ngomong apa-apa. Dalam teori harusnya orang yang sehat tidak terjadi apa-apa, harusnya. Tapi ada beberapa teori yang mengatakan, orang yang sehat respon imunnya berlebihan. Masalahnya covid ini respon imun orang berbeda-beda, tidak bisa digeneralisir," jelas Dokter Gunawan.

Peradangan
Secara terang-terangan Deddy mengaku kecewa. Soalnya, sejak awal dinyatakan positif Covid-19, ia hanya mengira akan mengalami demam saja dan kemudian sembuh. Ia tak menyangka akan dilarikan ke rumah sakit sampai kondisinya kritis.

Ia pun kemudian bertanya kepada Dokter Gunawan mengenai apakah kondisi kesehatan mampu membantu masa pemulihan lebih cepat. Diketahui bahwa Deddy sempat mengalami demam namun empat hari kemudian negatif Covid-19. Kondisinya memburuk pasca dua minggu Covid-19. Suhu tubuhnya tinggi sampai 40 derajat.

"Tapi apakah keadaan kesehatan tubuh saya membantu pada saat saya kritis itu?," tanya Deddy.

"Ya, membantu. Kenapa? Karena Anda dari awal tidak ada gejala. Anda bilang cuma tiga hari udah enak habis itu. Mungkin saat minggu kedua ada yang memicu radangnya lebih tinggi. Bisa berupa obat-obatan, bisa apapun yang anda konsumsi saat itu," jelas Dokter Gunawan.

Cepat Pulih
Dokter mengungkap bahwa pola hidup sehat yang dijalani Deddy dan rajin berolahraga membantu masa penyembuhannya lebih cepat. Nyatanya, suhu tubuh Deddy turun dengan cepat usai mengonsumsi obat dari dokter.

"Apakah di masa kritis saya tersebut kesehatan yang saya latihan kemarin-kemarin membantu saya untuk hidup?," tanya Deddy.

"Ya, membantu sekali. Karena waktu saya mulai treatment ke Anda responnya cukup cepat. Dalam waktu 1x24 jam demam Anda langsung turun. Peradangan anda cepat turun, masa recovery anda cepat," papar Dokter Gunawan.

sumber: merdeka.com
Selebritis Dokter Beberkan Kondisi Deddy Corbuzier Saat Positif Covid-19, Alami Badai Sitokin