Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Menpora Ungkap Persiapan PON XX Papua Berjalan Lancar

Sport
Menpora Ungkap Persiapan PON XX Papua Berjalan Lancar 1
foto: Zainuddin Amali (sindonews)

itoday - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), Zainuddin Amali, berbicara tentang kesiapan Pekan Olahraga Nasional XX (PON XX) yang akan diselenggarakan di Papua Oktober mendatang. Menurutnya, persiapan berjalan lancar.

Hal ini disampaikan Menpora dalam Diskusi Media bertajuk “Mengintip Persiapan PON XX Papua” yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) secara virtual pada Kamis (24/6/2021) siang WIB. Selain itu, ia juga menegaskan persiapan baik fisik maupun non-fisik sudah terkoordinasi dengan baik.

Menpora menjelaskan persiapan fisik dapat terlihat dari venue, tepat penginapan, sarana prasarana, dan lain-lain. Di sisi lain, persiapan non-fisik berbentuk komunikasi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta pihak-pihak yang bersangkutan dalam gelaran tersebut.

"Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN. Baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kemkominfo, kemudian Kementerian Perhubungan dan lain-lain, saya kira itu sudah terkoordinasi dengan baik," kata Zainudin dalam diskusi tersebut, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, ia juga mengungkapkan peran penting pemerintah daerah yang hingga saat ini sudah terlaksana dengan baik. Pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas Papua perihal penyelenggaraan PON XX Papua di daerah tersebut.
"Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Jokowi (Presiden RI) bertanya kepada Lukas Enembe (Gubernur Papua). Pak Gubernur bagaimana? Sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021," tambah Zainuddin.

Sementara itu, pagelaran PON XX Papua sendiri memang sempat menimbulkan tanda tanya setelah adanya pandemi Covid-19. Akan tetapi, Menpora memastikan penyelenggaraan ini akan tetap berlanjut tahun ini dan dimulai pada 2-16 Oktober 2021 di Papua.

"Sekarang itu persiapan tinggal 100 hari menjelang PON XX Papua dilaksanakan. Kami telah berkoordinasi dengan KONI Pusat, dengan PB PON, kemudian juga dengan kementerian terkait. Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan dengan baik,” kata Zainuddin.
Senada dengan Menpora, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano juga menyampaikan bahwa persiapan PON XX Papua berjalan sesuai rencana. Dia bahkan menjamin keamanan dan kesehatan selama pelaksanaan berlangsung.

Benhur mengungkapkan semua pihak yang terlibat dalam gelaran tersebut telah menjalani vaksinasi sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo. "Saya sudah melihat kesiapan Papua seperti yang diperintahkan Bapak Presiden (Joko Widodo), bahwa semua yang berada di sekitar venue-venue dan semua pihak yang terlibat sudah harus divaksin dan proses itu berjalan lancar," imbuh Benhur.

Sumber: sindonews
Sport Menpora Ungkap Persiapan PON XX Papua Berjalan Lancar