APEMINDO: Permen ESDM No.7 Tahun 2012 Untungkan Asing

By :   Read 57 times

APEMINDO (Foto: Dhanny/itoday)

itoday – Peraturan Menteri (Permen) No. 7 tahun 2012 yang dikeluarkan oleh Menteri Energi Mineral dan Sumber Daya Manusia (ESDM), dinilai para pengusaha mineral sebagai kebijakan yang tebang pilih dan bentuk monopoli usaha yang hanya menguntungkan pihak asing.

Menyikapi hal tersebut, sejumlah pengusaha mineral Nasional membentuk sebuah Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (APEMINDO) yang bertujuan agar dapat memberi masukan terhadap pemerintah terkait dengan kebijakan-kebijakan bagi pengusaha nasional.

“Asosiasi ini sebagai bentuk kekuatan untuk melawan peraturan pemerintah yang tidak pro rakyat,” kata Poltak Sitanggang, selaku Steering Comitee APEMINDO pada acara deklarasi pembentukan organisasi dan pernyataan sikap resmi APEMINDO di Hotel Borobudur, Jakarta. Kamis (15/3).

Menurutnya, waktu tiga bulan yang diberikan untuk melakukan sosialisasi Permen ESDM No 07/2012 kepada pengusaha tambang pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) untuk dapat meningkatkan mutu produksinya, ditenggarai bisa membuat pemilik usaha pertambangan Nasional berskala kecil dan menengah menjadi kolaps serta berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.

“Dengan keluarnya Permen  ESDM No. 07 Tahun 2012, saat ini pendanaan dan penjualan alat berat dan transportasi sudah berhenti sementara, jika perusahaan sudah kolaps, secara otomatis akan terjadi PHK besar-besaran, kurang lebih 20.000 tenaga kerja, pendapatan masyarakat sekitar usaha pertambangan menjadi hilang, devisa Negara serta pendapatan anggaran daerah menjadi hilang, perusahaan-perusahaan supplier penunjang seperti alat-alat berat, catering, konsultan dan lainnya terancam diputus,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM Jero Wacik pada (6/2) yang lalu, mengeluarkan Peraturan Menteri Energi Mineral dan Sumber Daya Manusia No.7 Tahun 2012 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral.*

Reporter: Dhanny


Mau beli/jual Barang dengan harga OK ?? klik disini!!!

Komentar

*

*

Mau beli/jual, gadget/SP/hp harga murah ?? klik disini!!!