Nasib Guru Semakin Memprihatinkan

By :   Read 70 times

Ilustrasi (IST)

itoday- Pasca kenaikan bhab bakar minyak (BBM) nasib guru wiyata bakti (WB) kian memprihatinkan. Pasalnya biaya operasional mereka semakin bertambah, sementara honor yang mereka terima masih tetap kecil. Bahkan tidak sedikit dari mereka gajinya masih berada di bawah upah minimum kabupaten (UMK).

Beban pengeluaran yang harus mereka tanggung semakin terasa saat mendekati Lebaran seperti sekarang. 

Selain untuk mencukupi kebutuhan operasional, sebagian dari mereka ada yang harus mengalokasikan anggaran belanja menyambut Lebaran. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, beban ini akan bertambah berat.

Demikian pula dengan harapan mendapatkan gaji ke-13, seperti yang diterima guru berstatus PNS saat ini, nampaknya masih jauh dari harapan.  Mereka tidak menerima gaji ke-13.  Mereka hanya mendapatkan tunjangan kesra bulan ke-13. Itu pun hanya diterima oleh sebagian guru.

Menurut Eka Widyasti, guru wiyata bakti SD 2 Patikraja, Selasa (23/7), bagi guru wiyata bakti yang menerima tunjangan kesra, mereka akan mendapatkan tunjangan kesra bulan ke-13, tetapi besarannya masih kecil.  Sedangkan bagi guru yang menerima tunjangan fungsional, mereka tidak mendapatkan tunjangan fungsional bulan ke-13.

Sementara Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan, Siswoyo mengaku sudah mengupayakan adanya pemberian tunjangan kesra bagi guru wiyata bakti. 

Bahkan bantuan tunjangan ini tidak hanya dialokasikan bagi guru wiyata bakti yang direkrut sebelum keluarnya PP No 48/2005, tetapi juga bakal diupayakan bagi guru yang direkrut setelah itu.

Saat ini pemberian tunjangan kesra bagi guru wiyata bakti yang direkrut setelah keluarnya PP tersebut belum memiliki payung hukum. ”Bagaimanapun payung ini penting, sebab untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kendati begitu, saat ini kami masih mencari celah agar mereka tetap bisa menerima tunjangan kesra,” tandasnya.


Mau beli/jual Barang dengan harga OK ?? klik disini!!!

Komentar

*

*

Mau beli/jual, gadget/SP/hp harga murah ?? klik disini!!!