Mendagri: FPI Bisa Dibubarkan

By :   Read 45 times

Aksi Anarkis FPI (IST)

itoday – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan tak menutup kemungkinan pihaknya membubarkan ormas yang kerap melakukan tindakan anarkis.  Termasuk ormas yang sedang jadi sorotan, yakni Front Pembela Islam (FPI).

Gamawan mengaku telah perintahkan Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Ditjen Kesbangpol) untuk mengevaluasi Front Pembela Islam (FPI). Evaluasi tersebut terkait aksi anarkis yang dilakukan FPI pada Kamis (12/1) yang lalu. Dalam aksi tersebut sejumlah ormas, termasuk FPI berunjuk rasa di depan kantor Kemendagri, memerotes pembatalan Perda Miras.

Saat itu, massa melempari gedung Kemendagri dengan batu dan telur busuk.

Kendati pihak FPI telah menyampaikan permintaan maaf kepada Menteri melalui pihak kepolisian, Gamawan tetap akan evaluasi keberadaan FPI.

“Sekarang sedang mengevaluasi, saya sudah minta Dirjen Kesbangpol, termasuk kejadian pemecahan kaca,” kata Gamawan usai rapat dengan Menteri Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto di Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (13/2).

FPI layak diberi sanksi sebagaimana diatur undang-undang tentang organisasi masyarakat (ormas) yakni UU No 8 tahun 1985 tentang Ormas. Namun, UU tersebut perlu diubah karena tahapan pembubaran ormas terlalu panjang.

“UU No 8 harus diubah, tidak cukup mengakomodir yang berkembang selama ini. Sanksinya bertahap, dapat teguran, pembekuan, dan pembubaran,” ujarnya.*


Mau beli/jual Barang dengan harga OK ?? klik disini!!!

Komentar

*

*

Mau beli/jual, gadget/SP/hp harga murah ?? klik disini!!!