Cerita Keramat Masjid Luar Batang di Jakarta Utara

By :   Read 1,852 times

Masjid Luar Batang (IST)

itoday- Jika anda melintasi kawasan Jakarta bagian utara, singgahlah ke Masjid Luar Batang. Masjid Luar Batang merupakan salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah di Batavia (Jakarta).

Masjid yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara ini dikenal hingga seluruh pelosok negara. Sebab, di dalam masjid ini terdapat makam keramat Sayid Hussein bin Abu Bakar Alaydrus dan muridnya.

Keramat ini banyak didatangkan peziarah dari seluruh Indonesia, maupun mancanegara. Mereka datang hanya untuk menunaikan ibadah sholat dan membaca doa di keramat.

Menjelang Ramadan jumlah peziarah yang datang banyak sekali. Mereka datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Waktu itu sampai orang dari Belanda ziarah kesini.

Berbicara mengenai sejarah Masjid Luar Batang ini memang sedikit membingungkan. Sebab, banyak cerita berbeda yang keluar dari berbagai sumber. “Menurut versi yang kita tahu, dulu tanah ini kan tanah milik Belanda yang diberikan kepada Habib Hussein.

Seorang turis asal Tionghoa menulis bahwa tahun 1736 dia meninggalkan Kota Batavia dari Sheng Mu Gang atau Pelabuhan Makam Keramat, saat ini dikenal dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Di lokasi tersebut terdapat makam yang dianggap keramat di daerah Pelabuhan Batavia.

Pada 1916, di atas pintu masjid tercatat bahwa gedung masjid selesai digarap pada 20 Murharam 1152 H atau 29 April 1739. Masjid ini kurang berkiblat, sama halnya dengan Masjid Kebon Sirih dan Masjid Cikini.

Oleh karena itu, ada seorang penulis, Abubakar Atjeh, yang menganggap bahwa dulunya ruang masjid ini adalah bekas rumah kediaman orang, kemudian digunakan sebagai mushola atau masjid.

Dari beberapa cerita mengenai masjid tersebut, masih menyisakan pertanyaan-pertanyaan tentang kebenaran yang pasti. Karena cerita asal-usul makam keramat merupakan cerita turun menurun yang datanya  masih kurang lengkap. Artinya, sumber-sumber yang mengetahui pasti pada zamannya itu tidak lengkap.

Maka dari itu, pengurus masjid enggan berkomentar mengenai sejarah masjid dan makam keramat tersebut lantaran takut salah memberikan informasi. Terkenalnya masjid dan makam keramat ini dalam nilai sejarah, menjadi faktor utama yang mengundang datangnya peziarah. Dari masa ke masa, masjid ini sudah beberapa kali direnovasi

 


Mau beli/jual Barang dengan harga OK ?? klik disini!!!

Komentar

*

*

Mau beli/jual, gadget/SP/hp harga murah ?? klik disini!!!