Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Anak Demam Usai Vaksinasi COVID19 Ini yang Bisa Dilakukan Orangtua
19 July 2021
Anak Demam Usai Vaksinasi COVID-19, Ini yang Bisa Dilakukan Orangtua
foto: ilustrasi (merdeka)

itoday - Terdapat sejumlah efek samping yang bisa dialami oleh seseorang usai mendapat vaksinasi COVID-19. Hal ini juga dapat dialami oleh anak yang baru saja memperoleh vaksin.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ellen Wijaya menjelaskan bahwa pemberian vaksin COVID-19 perlu diberi jeda waktu sebulan dengan imunisasi lainnya guna memberikan kekebalan tubuh yang optimal. Hal itu juga berdasarkan sejumlah rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait anak usia 12-17 tahun yang akan mendapatkan vaksin COVID-19.

"Kita baru diberikan vaksin COVID-19. Antigen masuk ke dalam tubuh. Tubuh sedang memberikan respon dengan membentuk antibodi supaya bisa memberikan kekebalan terhadap SARS-CoV-2. Saat itu, kalau tubuh diberikan imunisasi lainnya, nanti kekebalan yang diusahakan untuk SARS-CoV-2 tidak menjadi optimal," ujar dokter Ellen Wijaya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Tubuh perlu dibiarkan membentuk antibodi secara optimal setelah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dengan jarak minimal satu bulan dengan pemberian imunisasi lainnya. Sebenarnya, menurut Ellen yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah itu, ketentuan serupa juga berlaku untuk vaksin lain semisal Hepatitis B dan HPV.

Lebih lanjut, IDAI juga merekomendasikan anak yang akan divaksin COVID-19 tidak mengalami imunodefisiensi, kanker darah yang menjalani kemoterapi, mendapatkan steroid dosis tinggi, sembuh dari COVID-19 kurang dari 3 bulan, memiliki penyakit Sindrom Gullian Barre, mielitis transversa dan acute demyelinating encephalomyelitis. Kemudian, terkait persiapan sebelum anak divaksin sebaiknya orang tua memastikan kondisi mereka sehat, tidak demam (di atas 37,5 derajat Celcius), beristirahat cukup, tidak memiliki komorbid tertentu.

"Orang tua bisa mengkomunikasikan pada anak misalnya manfaat divaksin, lokasi suntikan, kondisi yang bisa terjadi usai divaksin semisal nyeri di area bekas suntikan dan sebagainya, tidur cukup, anak dalam kondisi sehat," kata Ellen.

Tips Atasi Anak Demam usai Mendapat Vaksinasi

Setelah disuntik vaksin, anak bisa beraktivitas seperti biasa karena kalaupun muncul efek samping biasanya bersifat ringan misalnya nyeri di bekas suntikan. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengompres area nyeri itu dengan air hangat.

Bila anak demam, cobalah ukur suhunya menggunakan termometer. Bila suhunya di atas 38 derajat Celcius, anak gelisah, rewel, maka bisa diberikan obat semisal Paracetamol sembari dibantu kompres. Tetapi apabila anak merasa tidak apa-apa dengan kondisi demam itu, orang tua tidak perlu khawatir dan lakukan saja observasi.

"Demam mekanisme tubuh anak yang sehat. Kalau tubuh kemasukan virus, bakteri jahat tubuh akan melawan dengan membentuk demam. Demikian juga ketika tubuh dimasukkan antigen yang sudah dilemahkan atau vaksin, maka tubuh akan membentuk respon antibodi dan salah satu manifestasinya demam. Demam bukan suatu kondisi yang berbahaya," tutur Ellen.

Ellen juga mengungkap bahwa orangtua perlu mengawasi jika anak menunjukkan efek samping setelah vaksinasi. Orangtua perlu secepat mungkin melaporkannya pada tenaga medis yang melakukan vaksinasi.

sumber: merdeka
Begini Cara Tidak Tambah Gemuk Walau Jarang Berolahraga saat di Rumah Saja
19 July 2021
Begini Cara Tidak Tambah Gemuk Walau Jarang Berolahraga saat di Rumah Saja
foto: ilustrasi (ist)

itoday - Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan untuk menurunkan berat badan atau menjaganya tetap ideal. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, sejumlah kalori bakal dibakar.

Sayangnya jika kamu memiliki gaya hidup yang kurang gerak dan malas berolahraga, maka menurunkan berat badan bakal sulit dilakukan. Hal ini bahkan bisa membuatmu jadi semakin gemuk dengan cepat.

Meningkatnya berat badan bisa berhubungan dengan meningkatnya sejumlah risiko kesehatan. Ketika seseorang berada dalam kondisi gemuk, sejumlah masalah kesehatan rentan dia alami..

Unuk meurunkan berat badan atau bahkan sekadar menjaga agar berat badan tidak melonjak, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Times of India, pakar nutrisi Lavleen Kaur mengungkap sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

Kendalikan Porsi

Mengontrol porsi makan memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Agar berhasil menurunkan atau menjaga berat badan, penting untuk membatasi asupan kalori harian.

Lavleen menyarankan untuk mengurangi porsi makanmu menjadi hanya 80 persen. Selain itu perhatikan makanan yang kamu konsumsi, kunyah perlahan, serta dengarkan tubuhmu.

Hindari Makanan Olahan

dr Lavleen mengatakan bahwa ketika seseorang berencana menurunkan atau menjaga berat badan, makanan olahan merupakan hal yang haris dihindari. Pastikan untuk mengganti makanan ini dengan jenis yang lebih kaya nutrisi.

Tingkatkan Asupan Mikronutrisi

Banyak dari kita hanya memperhatikan asupan karbohidrat dan protein saja dan mengesampingkan mikronutrisi. Konsumsi cukup mikronutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Mikronutrisi merupakan vitamin dan mineral yang bisa mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Untuk mendapat manfaat ini, sangat penting untuk meningkatkan asupan vitamin D, B12, dan kalsium.

Kurangi Konsumsi Kafein

Konsumsi terlalu banyak kopi atau kafein bisa merusak upayamu untuk menurunkan berat badan. Konsumsi lebih dari dua gelas kopi setiap hari bisa menyebabkan dehidrasi.

Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan konstipasi, migrain, serta asam lambung sehungga kamu kesulitan untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Pada kondisi tubuh yang tidak fit seperti ini, kamu bakal kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Tetap Bergerak

Walau tidak perlu berolahraga, namun kamu tetap harus terus menggerakkan tubuhmu. Kamu bisa melakukan pekerjaan rumah atau sekadar berjalan sambil bekerja untuk memastikan tubuh tetap bergerak.

Enggan berolahraga bukan berarti kamu tidak menerapkan gaya hidup sehat. Ketika kamu berada dalam kondisi kurang olahraga seperti ini, justru penerapan aya hidup sehat pada hal lain jadi sangat penting untuk dilakukan.

sumber: merdeka
Panduan Isolasi Mandiri untuk Anak Positif Covid19
19 July 2021
Panduan Isolasi Mandiri untuk Anak Positif Covid-19
foto: ilustrasi (suara)

itoday - Ternyata, anak-anak termasuk dalam kelompok rentan terinfeksi Covid-19. Lalu bagaimana panduan isolasi mandiri untuk anak positif Covid-19 yang benar?

Saat ini, paparan Covid-19 pada anak semakin banyak ditemukan di Indonesia. Di Ibu Kota sendiri, berdasarkan data Satgas Covid-19 DKI Jakarta per Senin (5/7/2031) jumlah anak yang terpapar Covid-19 mencapai 74.992 orang.

Sebagai pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan, anak-anak juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Penanganan serta isolasi mandiri pada pasien Covid-19 anak-anak ini tentunya sedikit berbeda dengan orang dewasa. Selain harus diawasi oleh orang tua, isolasi mandiri pada anak juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Panduan Isolasi Mandiri untuk Anak

Berikut ini panduan isolasi mandiri pada anak menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

1. Pastikan Anak Memenuhi Syarat Melakukan Isolasi Mandiri

Pasien isolasi mandiri adalah mereka yang terpapar Covid-19 tanpa gejala atau bergejala sangat ringan. Gejala ringan yang dimaksud adalah batuk, pilek, ruam, diare, dan demam.

2. Cari Pengasuh yang Bukan Kelompok Rentan

Isolasi mandiri pada anak harus di bawah pengawasan orang tua atau wali. Idealnya orang yang mengasuh anak yang positif Covid-19 adalah mereka dengan risiko rendah terhadap gejala berat Covid-19.

Orang tua lansia atau dengan komorbid disarankan untuk tidak ikut mengasuh anak yang sedang isolasi mandiri. Ruangan anak, alat makan, dan kebutuhan sehari-harinya juga harus terpisah dengan anggota keluarga yang lain.

3. Menggunakan Masker

Panduan isolasi mandiri untuk anak berikutnya soal pemakaian masker. Anak usia 2 tahun ke atas atau mereka yang sudah bisa menggunakan atau melepas masker, dianjurkan untuk menggunakan masker.

Pengasuh boleh membiarkan anak tidak memakai masker selama anak berada di ruangan sendiri atau berjarak 2 meter dari pengasuh. Masker juga tidak perlu digunakan pada saat anak sedang tidur.

Sementara untuk pengasuh, penggunaan masker adalah wajib ketika berada di ruangan yang sama dengan anak. Bila perlu, pengasuh bisa menambahkan face shield pada saat berkomunikasi dengan anak.

Selain memakai masker, pastikan juga anak dan orang-orang dalam rumah rajin mencuci tangan dengan benar, menerapkan etika batuk dan bersin, dan sering melakukan desinfeksi ruangan.

4. Periksa Kondisi Fisik Anak

Pengasuh wajib memeriksa kondisi fisik anak setiap hari. Beberapa hal yang harus terus dicek adalah suhu tubuh anak, yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Segera bawa ke fasilitas medis jika anak mengalami demam yang tidak kunjung turun setelah 7 hari, atau demam di atas 38 derajat celcius. Kemudian periksa saturasi oksigen dengan menggunakan pulse oximeter, dan periksa denyut nadi anak. Waspada jika saturasi oksigen berada di angka 95 persen, dan anak bernapas lebih cepat.

Selain itu, pastikan juga anak makan makanan yang bergizi seimbang. Menu makanan anak sebaiknya mengandung banyak sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Itulah sederet panduan isolasi mandiri untuk anak positif Covid-19 yang benar sesuai anjuran para ahli.

sumber: suara
Cita Rasa Harum Menggoda Roti Tawar Guriyana Langganan Anak Era 90an
19 July 2021
Cita Rasa Harum Menggoda Roti Tawar Guriyana, Langganan Anak Era 90an
foto: Roti Guriyana (merdeka)

itoday - Aroma roti yang dipanggang menusuk hidung ketika menjejakkan kaki di pabrik roti Guriyana. Sekilas nampak seperti pabrik roti pada umumnya. Namun eksistensinya menyimpan sejarahnya sendiri. Tahun 1971 menjadi awal mula berdirinya pabrik roti dan kue Guriyana. Bagi anak era 90an pasti akan bernostalgia ketika menjumpai gerobak roti Guriyana. Yang menjajakan roti manis dan roti tawarnya yang juara.

Benar saja, dahulu satu bungkus roti tawar pernah dijual pabrik ini dengan harga Rp 35 saja. Perjuangan untuk bertahan dan melalui berkali-kali inflasi melintasi berbagai generasi. Siapa sangka, tokoh politik AHY putra presiden ke 6 Indonesia kedapatan suka dengan roti tawar Guriyana. Bau harum dan cita rasanya tidak berubah, dari dulu hingga sekarang selalu dipertahankan. Baik proses pembuatan hingga menjajakan roti dengan gerobak di jalanan.

Generasi demi generasi dilalui perusahaan roti Guriyana. Persaingan berbagai jenis dan merek rotipun tak terelakkan.

Lokasi pabrik roti ini berada di Jalan Kayu Manis IX nomor 46, Matraman, Jakarta Timur. Didirikan oleh Muhamad Subari hingga kini tak pernah berpindah tempat produksi. Di tempat inilah seluruh kegiatan produksi berlangsung. Mulai dari membuat adonan hingga tahap pengemasan.

Sekilas memang tampak sederhana saja. Namun untuk menghasilkan tekstur roti tawar yang pas butuh keahlian khusus dan jam terbang tinggi. Kini mengaduk adonan roti dibantu mesin mixer. Berbeda dahulu yang semuanya dilakukan secara manual.

Tepung roti, gula, mentega, ragi roti hingga susu diaduk rata. Tentu saja takarannya harus sesuai dengan ketentuan agar cita rasanya tetap dipertahankan. Adonan yang sudah tercampur kemudian diangkat untuk ditimbang sebelum masuk ke cetakan.

Berat adonan disesuaikan dengan kubus-kubus cetakan roti tawar. Mengisi cetakannya tidak sampai penuh. Pasalnya dengan adanya ragi roti, adonan roti akan mengembang. Memenuhi bahkan melebihi tinggi cetakan. Oven besar ini akan menampung puluhan roti tawar dalam sekali panggang.

Para pekerja memeriksa kematangan roti tawar secara berkala. Kulit roti yang mulai kecokelatan menandakan roti tawar sudah matang. Saatnya dikeluarkan dari oven untuk didinginkan. Semerbak bau harumnya begitu menggoda, membuat perut keroncongan meronta untuk menyantap lezatnya roti Guriyana.

Kulit roti yang cokelat memang terlihat keras, disinilah tahap menguliti roti dilakukan. Tujuannya ialah agar cita rasa roti yang lembut dapat terasa sejak gigitan pertama. Lapisan terluar yang keras dan berwarna cokelat diiris tipis-tipis. Hingga menyisakan bagian roti yang berwarna putih bersih. Pasalnya, beberapa pelanggan tidak suka dengan karakteristik luar roti tawar yang keras setelah keluar dari panggangan.

Namun tidak semua roti tawar dihilangkan kulit kerasnya. Model dan varian disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang bermacam-macam. Roti tawar kemudian diiris tipis dengan pisau panjang khusus roti. Rotipun siap dijejer pada etalase gerobak.

Gerobak-gerobak sederhana inilah yang akan mengantarkan roti tawar ke depan rumah. Gang-gang sempit, hingga jalanan perkotaan menjadi tujuan para penjual keliling roti tawar Guriyana. Lokasi berjualanya meliputi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Saat ini roti tawar Guriyana dijual dengan harga Rp 10 ribu. Sedangkan roti manis dengan isian selainya dijual Rp 5 ribu saja. Roti tawar selalu menjadi roti unggulan Guriyana sejak berdiri hingga kini.

Berbagai persaingan dan penyesuaian harga selalu dialami pabrik roti Guriyana. Namun roti Guriyana selalu mampu menyesuaikan pasang surut. Demi mempertahankan cita rasa yang sama selama hampir setengan abad lamanya.

sumber: merdeka
Resep Tongseng Kambing Khas Yogyakarta
19 July 2021
Resep Tongseng Kambing Khas Yogyakarta
foto: Tongseng Kambing (merdeka)

itoday - Salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berwisata ke Yogyakarta adalah tongseng. Terutama jika Anda kurang menikmati sajian seperti gudeg. Tongseng yang rasa manisnya tidak terlalu dominan pasti lebih mudah diterima di lidah.

Bagaimana cara membuat tongseng sendiri? Berikut ini resep tongseng kambing khas Yogyakarta yang bisa dipraktikkan di rumah.

Bahan:

500 gram daging kambing
8 lembar kol (kubis), iris
1 cabai merah besar, iris menyerong
2 sendok makan gula merah sisir
2 sendok makan kecap manis
1 liter air
1,5 l santan encer
1 buah tomat, potong-potong
2 batang bawang perai, potong 5 cm
10 buah cabai rawit, biarkan utuh
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Utuh:

2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:

5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
4 buah kemiri, sangrai
3 cm kunyit, bakar
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Tongseng Kambing:

1. Rebus daging kambing sampai empuk, lalu tiriskan airnya.
2. Cuci bersih daging kambing dan bersihkan kotorannya.
3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus beserta lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
4. Masukkan air dan daging.
5. Tambahkan lada, garam, penyedap, gula merah, lalu masak hingga daging benar-benar empuk.
6. Saat kuah sudah kental, masukkan kol dan kecap manis.
7. Masukkan tomat dan cabai, kemudian masak sampai layu.
8. Lakukan tes rasa. Jika sudah sesuai selera, segera angkat tongseng dari kompor.

sumber: merdeka
Bolakbalik Jadi Juara Balap Motor WSBK Jonathan Rea Malah Baru Bikin SIM
19 July 2021
Bolak-balik Jadi Juara Balap Motor WSBK, Jonathan Rea Malah Baru Bikin SIM
foto: Jonathan Rea (AFP)

itoday - Nama Jonathan Rea tentu tak asing bagi para pencinta balap motor. Betapa tidak, pria Inggris ini merupakan salah satu pembalap tersukses dengan enam kali menjadi juara dunia WSBK.

Ia pun sempat mendapat gelar kehormatan Doctor of Letters dari sebuah universitas akibat prestasinya yang bikin bangga warga Negeri Ratu Elizabeth.

Keterampilannya untuk mengendarai motor tentu sudah tak diragukan. Namun siapa sangka bahwa Rea baru punya SIM (Surat Izin Mengemudi) motor belum lama ini.

Hal tersebut terkuak melalui unggahan potret di akun Facebook miliknya, Kamis lalu (15/7/2021).

"Saya lolos tes motor dan kini dapat SIM, sangat senang," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Dikutip dari News Letters, dalam wawancara televisi dengan jurnalis Eamonn Mallie awal tahun ini, Rea mengungkapkan bahwa ia sebelumnya sempat gagal dalam tes teorinya.

Selain itu adanya lockdown pandemi Covid telah menunda harapannya untuk mendapatkan lisensi jalan.

“Saya benar-benar gagal dalam ujian teori saya sekali. Saya melakukan tes teori ketika saya tinggal di Isle Of Man dan saya gagal,” katanya.

“Pada awal lockdown tahun lalu saya telah mengisi semua detail untuk melakukan tes teori saya di Irlandia Utara, di Belfast, kemudian saya mendapat pemberitahuan untuk mengatakan bahwa pusat pengujian ditutup.”

Juara dunia tersebut mengatakan bahwa "sangat memalukan" jika dia tidak bisa mengendarai motor ke toko.

“Saya ingin mendapatkan lisensi saya, Saya punya ide keren untuk mendokumentasikan perjalanan dari tes teori ke praktik saya, lulus CBT dan meletakkannya di YouTube atau apa pun," ungkapnya.

“Sangat memalukan bahwa saya adalah juara dunia enam kali tetapi saya tidak bisa pergi ke toko-toko lokal dengan sepeda motor,” pungkasnya.

sumber: suara