Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Luhut Mobilitas Masyarakat di Jateng Turun 15 Persen Belum Sesuai Target
06 July 2021
Luhut: Mobilitas Masyarakat di Jateng Turun 15 Persen, Belum Sesuai Target
foto: Luhut Panjaitan (merdeka)

itoday - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan penurunan mobilitas di Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah mencapai 15 persen. Penurunan mobilitas ini dinilai lebih baik meski masih jauh dari target yakni 30 persen sampai 50 persen.

"Penurunan mobilitas di keduanya mengalami kenaikan sekitar 15 persen, namun itu masih di bawah target," kata Luhut dalam rapat koordinasi (Rakor) Implementasi PPKM Darurat di Jateng dan Yogyakarta, Selasa (6/7).

Luhut menjelaskan, bertambahnya penurunan mobilitas masyarakat terjadi di seluruh kabupaten/kota di Jateng. Bila diurutkan, dari yang paling tinggi penurunannya yakni Banjarnegara, Kudus, Purbalingga, Boyolali, Banyumas.

Sementara Grobogan menjadi daerah paling rendah dalam penurunan mobilitas masyarakat. Luhut mengaku pemantauan mobilitas dilakukan menggunakan data dari google traffic, satelit NASA dan Facebook Mobility.

"Ada google traffic, night light NASA, dan facebook mobility yang akan menjadi acuan, kita akan cek mobilitas itu di sini," kata dia.

Luhut meminta aparat keamanan baik dari kepolisian maupun militer turut bekerja sama dan berusaha untuk menurunkan mobilitas masyarakat hingga 50 persen. Hal ini harus segera dilakukan secepatnya agar pelemahan ekonomi yang terjadi tidak terlalu dalam dan lebih cepat kembali memasuki tahapan pemulihan.

"Kalau makin lama penurunannya, makin lama pula ini terjadi dan makin payah ekonomi kita. Presiden memerintahkan jangan lama lama mengenai masalah ini," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini.

"Saya harap pencapaian penurunan mobilitas harus minimal 30 persen kalau bisa 50 persen," sambungnya.

Tanggapan Kapolda Jawa Tengah

Menanggapi hal itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait salah satunya Gubernur Jawa Tengah. Hasil rapat bersama Ganjar Pranowo memutuskan Pemerintah Provinsi akan mengeluarkan surat keterangan bekerja untuk para pegawai di sektor esensial dan kritikal.

"Kami telah rapat dengan gubernur mengenai solusi yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yaitu akan diberikan surat keterangan bekerja," kata dia.

Sementara itu hasil rapat bersama Kapolres, Dandim, dan pihak terkait telah memerintahkan daerah kabupaten kota untuk mendata kantor atau tempat yang merupakan esensial dan kritikal. Hasilnya kantor tersebut akan mendapatkan surat keterangan untuk karyawan agar bisa dipetakan potensi mobilitas masyarakat.

sumber: merdeka
Benny Harman Jangan Buat Rakyat Resah Tolong Kemenkumham Beri Penjelasan Detail Soal 20 TKA China
05 July 2021
Benny Harman: Jangan Buat Rakyat Resah, Tolong Kemenkumham Beri Penjelasan Detail Soal 20 TKA China
foto: Benny Harman (rmol)

itoday - Kedatangan 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China di Sulawesi Selatan telah menggemparkan publik. Pasalnya, mereka datang di saat pemerintah sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat akibat melonjaknya kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Anggota Komisi III DPR, Benny K. Harman pun mendesak agar Kementerian Hukum dan HAM turun tangan langsung dalam mengatasi masalah ini.

Apalagi menyangkut mengenai izin keimigrasian dan protokol kesehatan yang harus dijalani para TKA China.

“Saya minta Kemenkumham jelaskan soal ini secara luas kepada publik, agar publik tahu secara persis informasinya, tidak berspekulasi,” tegasnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Senin (5/7).

Spekulasi memang bermunculan di tengah masyarakat. Terlebih lagi setelah pihak Imigrasi Makassar menjelaskan bahwa 20 TKA China itu terlebih dahulu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta sebelum ke Bandara Hasanuddin, Makassar.

Dijelaskan juga oleh Kepala Kantor Imigrasi Klas I Makassar, Agus Winarto bahwa proses imigrasi dan protokol kesehatan telah dilangsungkan di Bandara Soetta. Sementara status TKA China masih dalam tahap ujicoba dan belum bekerja.

Atas alasan itu, Benny Harman meminta Kemenkumham memberi penjelasan menyeluruh mengenai proses kedatangan 20 TKA China tersebut. Jika tidak, maka masyarakat bisa menjadi resah dan panik.

“Jika rakyat panik, maka amuk massa tidak terhindarkan. Janganlah pemerintah menyakiti hati rakyat, diperlakukan secara tidak adil dan diskriminatif. Kesabaran rakyat itu ada batasnya,” tegas politisi Partai Demokrat itu.

sumber: rmol
PKS Heran 20 TKA China Diizinkan Masuk Menghina Anak Negeri
05 July 2021
PKS Heran 20 TKA China Diizinkan Masuk: Menghina Anak Negeri
foto: TKA Asal Tiongkok (cnnindonesia)

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Sukamta, mengaku heran mendengar alasan pemerintah ihwal kedatangan 20 tenaga kerja asing (TKA) asal China di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia menilai pemerintah telah menghina kualitas anak-anak Indonesia.

Menurutnya, langkah pemerintah mengizinkan TKA masuk ke Indonesia telah berulang kali dan selalu terjadi di saat penerapan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19.

"Pemerintah anomali, aneh bin ajaib. Berulangkali terjadi orang-orang asing dari luar negeri dan TKA bisa masuk ke Indonesia ketika pembatasan kedatangan dari luar negeri diberlakukan. Padahal pembatasan dilakukan untuk mencegah masuknya virus covid-19 varian baru dari luar negeri," kata Sukamta kepada CNNIndonesia.com, Senin (5/7).

Dia menyampaikan, langkah pemerintah yang memberikan izin 20 TKA asal China masuk di tengah penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat bisa mengakibatkan kasus Covid-19 semakin meledak dan varian baru Covid-19 masuk Indonesia.

Bahkan, Sukamta berpendapat, langkah pemerintah yang terus memberikan izin masuk kepada TKA akan membuat jumlah pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia semakin bertambah.

Menurutnya, langkah pemerintah yang terus memberikan izin masuk kepada TKA ini juga telah menghina kemampuan atau kualitas masyarakat Indonesia.

"Kami heran dengan pemerintah. Alasan TKA bekerja di proyek strategis nasional karena tidak ada tenaga kerja Indonesia sesuai skill yang dibutuhkan. Ini menghina kualitas anak negeri. Masih banyak rakyat Indonesia yang memiliki skill mumpuni tapi mereka belum dioptimalkan," ujarnya.

Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyatakan bahwa 20 TKA asal China di Sulawesi Selatan sudah tiba di Indonesia sebelum masa PPKM Darurat.

Puluhan TKA tersebut diketahui tiba di Bandara International Makassar Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu (3/7) pukul 20.25 WITA dari Jakarta.

"Seluruh TKA masuk ke Indonesia dan telah melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021 yaitu sebelum masa PPKM Darurat di Jawa dan Bali 3-20 Juli 2021" kata Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara dalam keterangan tertulis, Senin (5/7).

Ia menyampaikan bahwa 20 TKA asal China itu merupakan calon TKA yang akan melakukan uji coba kemampuan dalam bekerja di proyek strategi nasional.

"Merupakan calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan," ujarnya.

Arya juga menyebut bahwa sampai saat ini pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran Covid-19.

sumber: cnnindonesia
Teknologi AI yang Besarkan TikTok Dijual Peminatnya Termasuk dari Indonesia
05 July 2021
Teknologi AI yang Besarkan TikTok Dijual, Peminatnya Termasuk dari Indonesia
foto: TikTok (tempo)

itoday - ByteDance, induk perusahaan aplikasi berbagi video TikTok mulai menjual teknologi kecerdasan buatan (AI) ke perusahaan lain melalui divisi barunya bernama BytePlus. Menurut situs resminya, daftar kliennya sudah mencakup aplikasi fesyen dari Amerika Serikat bernama Goat, situs perjalanan Singapura WeGo, aplikasi belanja di Indonesia Chilibeli, dan platform game sosial yang berbasis di India GamesApp.

ByteDance belum memberikan pernyataan resmi mengenai kabar divisi baru dan unit penjualannya itu. Tapi, algoritma rekomendasi TikTok selama ini memang dikenal menjadi bagian besar dari apa yang membuatnya begitu populer di dunia. Pada dasarnya, cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi mempengaruhi video apa yang akan direkomendasikan kepada pengguna itu sendiri.

Tahun lalu ByteDance menjelaskan bagaimana feed ForYou menentukan video apa yang akan disajikan kepada pengguna tertentu. Rekomendasinya didasarkan pada interaksi pengguna termasuk video mana yang disuka, dikomentari, atau dibuat; termasuk informasi video, seperti keterangan dan tagar; serta pengaturan perangkat dan akun termasuk perangkat apa yang digunakan, preferensi bahasa, dan pengaturan lokasi.

Saat ini BytePlus menawarkan pelanggan kesempatan untuk mengakses algoritma rekomendasi, dan membuatnya personal untuk aplikasi dan pelanggan mereka. “Juga menawarkan terjemahan ucapan dan teks otomatis, serta efek video real-time serta alat analisis data,” tertulis dalam situsnya.

Selama satu setengah tahun, ByteDance dan TikTok termasuk di antara perusahaan yang berbasis di Cina yang ditarget serangkaian perintah eksekutif Amerika di masa Presiden Donald Trump. Target berupa blokir dan diberi syarat dikelola oleh perusahaan Amerika dan lepas dari Cina jika mau tetap beroperasi di negara itu.

Tebrbaru, Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif Juni yang mencabut larangan tersebut sekalipun tak melepas pemantauan ketatnya. Terlepas dari tekanan yang diterimanya, TikTok melampaui 100 juta pengguna bulanan di Amerika Serikat pada tahun lalu.

sumber: tempo
Begini Cara Kerja Bokeh Flare Portrait Video OPPO Reno6
05 July 2021
Begini Cara Kerja Bokeh Flare Portrait Video OPPO Reno6
foto: ilustrasi (tabloidpulsa.id)

itoday - Di SMPTE(The Society of Motion Picture and Television Engineers) pada Juni 2011,Profesor Marc Levoy dari Departemen Ilmu Komputer di Universitas Stanford memberikan ceramah teknis yang inovatif di mana ia berbagi visinya untuk masa depan fotografi digital.

Alih-alih memperebutkan megapixel, klaim Levoy, batas berikutnya dari fotografi digital akan ditemukan dalam sebuah konsep yang disebut fotografi komputasi.

Ramalan Levoy kini menjadi sebuah kenyataan dimana konsep fotografi komputasi menyebabkan pertumbuhan pesat pada fotografi smartphone.

“Fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan perangkat keras dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor). Namun, Batasan ini berhasil ditembus OPPO dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Reno6, menjadikan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Video Potret Bokeh Flare Sinematik Reno6

Sebelumnya, untuk mencapai efek bokeh sinematik pada video, pengguna memerlukan peralatan profesional, tim profesional, dan bahkan masih memerlukan editor profesional untuk menyelesaikannya. Namun dengan Bokeh Flare Portrait Video OPPO Reno6, video bokeh flare sinematik memukau seperti ini dapat dilakukan hanya dengan klik satu tombol.

Bagaimana efek ini bekerja? saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang. Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang. Pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya.

Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, pengingkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahayapada gambar latar belakang.

OPPO Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar kamera DSLR untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video yang telah ditentukan berdasarkan pemahaman kecerdasan buatan tentang sumber cahaya pada latar belakang.

Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Pendekatan Terdepan untuk R&D Pencitraan

OPPO menerapkan fotografi komputasional sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja pencitraan pada produk ponsel cerdasnya.

Pada awal 2014, OPPO memperkenalkan Ultra-HD Multi-Shot pada model Find7, yang juga memanfaatkan fotografi komputasional untuk menghadirkan sistem kamera ponsel cerdas yang mampu menghasilkan foto 50MP. Selalu berinovasi dan mengembangkan teknologi selama bertahun-tahun, OPPO telah membuktikannya dengan membuat terobosan signifikan dalam videografi smartphone.

Dimulai dengan diperkenalkannya Ultra-Steady Video pada seri Reno2 pada tahun 2019, kiprah OPPO dalam fotografi komputasional secara bertahap merambah ke ranah video.

Transisi menuju pengembangan fitur video sebagai bagian inti dari seri Reno semakin terwujud melalui keberadaan fitur AI Color Portrait pada seri Reno4, menandai fitur video kreatif pertama yang didukung oleh fotografi komputasi. Dan pada seri Reno5, dengan diperkenalkannya mode AI Highlight Video, OPPO menciptakan fitur di mana setiap orang dapat merekam video yang jernih bahkan dalam situasi pencahayaan yang tidak memungkinkan dilakukan sebuah perangkat smartphone.

sumber: tabloidpulsa.id
Kolaborasi Layanan Bank Jago Gojek akan Meluncur dalam Waktu Dekat
05 July 2021
Kolaborasi Layanan Bank Jago- Gojek akan Meluncur dalam Waktu Dekat
foto: Bank Jago (kontan)

itoday - PT Bank Jago Tbk (Jago) akan segera meluncurkan bentuk kolaborasinya dengan Gojek. Integrasi aplikasi keduanya akan segera dilakukan dalam waktu dekat dengan pengembangan fitur kerjasama secara bertahap.

"Kami sudah siap meluncurkan kolaborasi dengan Gojek. Tinggal mencari waktu yang tepat," kata Direktur Utama Bank Jago, Kharim Indra Gupta Siregar dalam media gathering virtual, Senin (5/7).

Karim menjelaskan, kolaborasi yang akan dilakukan dengan Gojek akan mirip dengan yang dilakukan Bank Jago dengan platform reksadana online PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) di mana tahap awal dilakukan integrasi antar aplikasi, pembukaan rekening Bank Jago bisa dilakukan lewat aplikasi Bibit.

Visi Bank Jago adalah menawarkan layanan yang mudah cepat dan seem less di dalam aplikasi. Integrasi antar aplikasi bertujuan agar pengguna layanan perbankan tidak perlu berpindah-pindah aplikasi saat ingin menggunakan layanan lifestyle.

"Kami melihat saat ini terpisahnya layanan perbankan dan layanan lifestyle membuat harus berpindah aplikasi saat menyelesaikan seluruh transaksi. Nah, dengan kolaborasi yang akan kami lakukan, pengguna itu tidak perlu membuka aplikasi yang berbeda," jelas Karim.

Seperti diketahui, Gojek merupakan salah satu pemilik saham Bank Jago melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa dengan porsi 21,4%. Dompet Karya Anak Bangsa merupakan pengembang layanan keuangan dengan brand Gopay yang menjadi bagian dari ekosistem Gojek.

sumber: kontan