Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Dear Para Investor Kripto Waspada Ancaman Ngeri Ini di 2022
24 November 2021
Dear Para Investor Kripto, Waspada Ancaman Ngeri Ini di 2022
foto: ilustrasi (cnbcindonesia)


itoday - Kaspersky memprediksi sejumlah ancaman di sektor keuangan pada tahun 2022 mendatang. Salah satunya adalah adanya kelompok yang disponsori negara yang menargetkan industri cryptocurrency.

Selain itu, diprediksi juga akan semakin bertumbuh serangan mata uang kripto yang ditargetkan. Banyak pihak yang tertarik dengan industri dari organisasi penjahat dunia maya dan aktor ancaman yang disponsori negara.

"Karena cryptocurrency adalah aset digital dan semua transaksi dilakukan secara online, ia menawarkan anonimitas kepada pengguna. Ini adalah fitur menarik untuk para kelompok kejahatan siber. Namun, bukan hanya organisasi penjahat dunia maya tetapi aktor ancaman yang disponsori negara turut menargetkan industri ini," kata Kaspersky dalam keterangannya, dikutip Rabu (24/11/2021).

"Kaspersky telah menyaksikan kelompok APT bangkit untuk menyerang bisnis cryptocurrency secara agresif, dan kami mengantisipasi bahwa aktivitas ini masih akan terus berlanjut".

Ancaman berbasis perangkat keras (hardware) kripto juga datang dari keamanan yang tidak memadai dan wallet perangkat keras palsu.

Kaspersky juga mengatakan serangan pada sektor cryptocurrency juga lebih bertarget. Para pelaku disebut menemukan cara baru untuk mencuri aset keuangan investor.

Untuk peluang investasi cryptocurrency, pelaku akan memanfaatkan pembuatan dan penjualan perangkat ilegal dengan back door ungkap Kaspersky. Mencuri aset keuangan korban juga akan diikuti oleh kampanye rekayasa sosial dan teknik lain.

Ancaman lain di sektor keuangan adalah akselerasi dan peningkatan infostealer. Dimana kesederhanaan, keterjangkauan dan efektivitas dalam serangan memainkan peran kunci untuk mengadopsi infostealer, salah satunya sebagai pengumpul data tahap pertama.

Pakar Kaspersky juga memprediksi akan lebih banyak Trojan mobil banking pada platform Android. Khususnya RAT yang bisa menghindari sistem keamanan yang digunakan bank, misalnya OTP dan MFA.

Dmitry Bestuzhev, head of Global Research and Analysis Team (GReAT) Kaspersky Amerika Latin mengatakan tahun ini adalah tantangan untuk banyak organisasi. Termasuk menangani menangani akses jarak jauh yang terhubung ke internet untuk menahan serangan ransomware hingga peningkatan dari mobile banking dan implan malwarenya.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun prinsip utama dalam lanskap ancaman finansial yang berkembang dan berbagi keahlian para ahli untuk membantu bisnis menjadi lebih siap, sehingga mereka memahami cara melindungi dari ancaman yang telah disebutkan sebelumnya," jelasnya.

sumber: cnbcindonesia.com
Temuan Mengejutkan TB Hasanuddin soal Heboh Anak Jenderal TNI
23 November 2021
Temuan Mengejutkan TB Hasanuddin soal Heboh 'Anak Jenderal TNI'
foto: TB Hasanuddin (detik)


itoday - Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan bersama ibunda terlibat cekcok dengan seorang wanita yang mengaku 'anak jenderal TNI' di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin turun tangan menyelidiki pelat mobil TNI yang ditumpangi wanita tersebut.

Ternyata, terdapat sejumlah temuan mengejutkan. TB Hasanuddin membeberkannya kepada detikcom. Berikut rangkumannya:

1. Mobil Brigjen TNI Dinas di BIN

Mobil berpelat TNI AD yang digunakan wanita mengaku anak jenderal TNI itu bernomor 75194-03. Dia menyebut mobil tersebut merupakan kendaraan dinas milik Kodam Jayakarta.

"Kendaraan tersebut digunakan oleh Brigjen TNI yang kini telah pindah tugas ke BIN," ucapnya.

2. Sedang Bersama Brigjen TNI

Berdasarkan penelusurannya, Hasanuddin mengatakan, saat kejadian itu, rupanya wanita tersebut juga bersama seorang perwira tinggi TNI berpangkat brigjen.

"Dari informasi yang kami dapat, ternyata perempuan itu bersama pria berpangkat brigjen," kata TB Hasanuddin.

Hasanuddin belum menjelaskan lebih lanjut siapa brigjen TNI itu. Dia masih menelusuri apa hubungan antara pria berpangkat brigjen TNI itu dan wanita yang memaki Arteria beserta ibunya tersebut.

"Terkait hubungan keduanya masih kami telusuri," ucapnya.

Hasanuddin pun berharap perseteruan Arteria dan wanita itu tidak berkepanjangan. Dia meminta kedua pihak menyelesaikan masalah itu secara kekeluargaan.

"Dari kasus di atas saya berharap tidak berkepanjangan dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan," tuturnya.

Panglima TNI Buka Suara

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa buka suara soal kasus ini. Jenderal Andika menyebut pihaknya akan melakukan penelusuran.

"TNI akan telusuri dulu pihak-pihak yang ada di video ini," ujar Jenderal Andika Perkasa kepada detikcom.

Jenderal Andika mengatakan bila terdapat dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh anggota TNI, maka akan diproses ke peradilan militer.

"Namun bila pihak yang diduga melakukan tindak pidana bukan anggota TNI, akan diproses di peradilan umum," lanjutnya.

Duduk Perkara
Untuk diketahui, Arteria Dahlan dan ibunda terlibat ribut-ribut dengan wanita yang mengaku anak jenderal TNI. Arteria mengungkapkan kronologi ribut-ributnya hingga tasnya disepak.

"Pas landing di bandara, staf saya itu nurunin barang," kata Arteria.

Arteria mengaku duduk di kursi ekonomi dalam penerbangan tersebut, tepat di belakang kursi kelas bisnis. Arteria menyebut rombongannya kemudian dianggap menghalangi jalan.

"Kita kan sama-sama di ekonomi, pas di belakang bisnis. Entah kenapa kami dianggap menghambat jalan, (tapi) pintunya belum dibuka," kata Arteria.

Arteria menyebut wanita mengaku anak jenderal TNI itu ingin terlihat berbeda dan dia tidak masalah dengan hal itu. Arteria menekankan dirinya dan keluarga tidak menghalangi jalan, apalagi ibunya berusia 80 tahun.

"Dia ingin memperlihatkan dia agak berbeda. Tapi kita kan tidak mempermasalahkan. Dia bilang barang bawaan saya banyak, orang saya bertiga bawa koper dua, wajar kan?" kata Arteria.

"Orang tua saya 80 tahun, dia butuh penyangga tulang itu, memang harus kita bawa, ditenteng-tenteng begitu. Kalau kami kelebihan, itu ada otoritasnya," imbuh politikus PDIP itu.

Arteria menyebut barang bawaannya sudah difoto-foto oleh polisi. Namun Arteria heran tasnya sampai disepak.

"Sudah difotoin semua sama polisi itu semua, orang kita bertiga, koper cuma dua. Ditendanglah tas itu, disepak, ibu saya kan cuma 'Kok begitu?', cuma begitu saja. Disepak lah istilahnya," kata Arteria Dahlan.

Arteria juga menceritakan bahwa wanita itu sempat mengatakan kenal dengan Megawati, Ketum PDI Perjuangan (PDIP).

"Iya waktu ditelepon kan dia bilang kenal sama Bu Megawati. Saya bilang enggak ada masalah," kata Arteria.

Dia juga sempat ditelepon oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi. Dalam percakapan di telepon, ia mengatakan Prasetio sempat membujuknya agar segera berdamai.

"Tiba-tiba Pak Pras telepon, 'udah damai aja'," ujarnya.

Namun Arteria justru mempertanyakan balik kepada Prasetio mengenai duduk perkara yang ia alami. Setelahnya, Prasetio menceritakan sosok anggota TNI yang melatarbelakangi keluarga wanita tersebut.

"Anda tahu masalahnya, enggak?'. Dia nyebut, 'Ini orang siapa, siapa, siapa'," lanjutnya.

sumber: detik.com
Hasil Undian IBL 2022 Satria Muda Huni Divisi Merah
23 November 2021
Hasil Undian IBL 2022: Satria Muda Huni Divisi Merah
foto: Tim Satria Muda (ibl)


itoday - Operator Indonesian Basketball League (IBL) telah mengumumkan hasil undian divisi bagi tim-tim peserta kompetisi musim 2022 pada Senin (22/11/2021).

Juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta berada di Divisi Merah bersama West Bandits Solo yang musim lalu mereka singkirkan di babak semifinal.

Sedangkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berstatus runner-up ditempatkan di Divisi Putih bersama semifinalis musim lalu lainnya, Dewa United Surabaya.

"Kedua tim teratas musim lalu, Satria Muda dan Pelita Jaya, berada dalam pot satu diikuti dua semifinalis di pot dua," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dikutip dari laman resmi IBL.

"Kemudian di pot tiga terdapat dua tim yang lolos ke playoff musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot empat," ujar dia menambahkan.

Bima Perkasa mendapatkan hasil undian ke Divisi Merah, sedangkan Prawira di Divisi Putih.

Masing-masing divisi juga terisi dua tim peserta baru IBL, yakni Tangerang Hawks dan Bumi Borneo Basketball Pontianak di Divisi Merah serta RANS PIK Basketball dan EVOS Thunder Bogor di Divisi Putih.

Nantinya dari tiap divisi akan dicari empat tim terbaik untuk lolos ke fase playoff IBL 2022 yang bertambah menjadi delapan tim mengikuti pertambahan jumlah peserta liga.

Namun, jalur pertandingan playoff tidak ditentukan berdasarkan divisi, melainkan klasemen tunggal dengan urutan satu sampai delapan. Putaran pertama playoff kemudian akan menyajikan tim peringkat pertama lawan urutan kedelapan (1 vs 8), 2 vs 7, 3 vs 6 dan 4 vs 5.

Dengan format tersebut, memungkinkan tim lintas divisi bertemu bahkan sejak putaran pertama playoff dan bukannya menanti hingga babak final seperti musim lalu.

Fase playoff rencananya bakal digelar menggunakan format kandang-tandang dan best-of-three atau mencari dua kemenangan.

Musim reguler rencananya mulai bergulir pada pertengahan Januari dengan total 176 pertandingan yang dilanjutkan dengan 21 laga di fase playoff hingga final, demikian dilansir dari Antara.

Berikut hasil lengkap undian divisi IBL 2022:

Divisi Merah
1. Satria Muda Pertamina Jakarta
2. West Bandits Solo
3. DNA Bima Perkasa Jogja
4. Tangerang Hawks
5. Bumi Borneo Basketball Pontianak
6. Satya Wacana Saints Salatiga
7. Pacific Caesar Surabaya
8. Indonesia Patriots

Divisi Putih
1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta
2. Dewa United Surabaya
3. Prawira Bandung
4. Bali United Basketball
5. Hangtuah Jakarta
6. NSH Mountain Gold Timika
7. RANS PIK Basketball
8. EVOS Thunder Bogor

sumber: suara.com
Disuruh Makan Ketoprak Jawaban Juara WSBK Toprak Razgatlioglu Cukup Mengejutkan
23 November 2021
Disuruh Makan Ketoprak, Jawaban Juara WSBK Toprak Razgatlioglu Cukup Mengejutkan
foto: Toprak Razgatlioglu (suara)


itoday - Nama Toprak Razgatlioglu menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Juara baru WSBK ini menjadi salah satu idol untuk penggemar balap roda 2 di Indonesia.

Hal ini lantaran namanya yang mirip dengan sebuah makanan tradisional khas Indonesia, yakni ketoprak.

Bahkan di beberapa unggahan akun Instagram pribadi Toprak, @toprak_tr54, warganet khususnya Indonesia menyuruh dirinya untuk mencicipi ketoprak.

Salah satunya yang dilontarkan oleh akun Instagram @wisnuaes satu ini. Dalam komentar di postingan Instagram Torprak, ia menyuruh Toprak untuk mencicipi ketoprak.

"You can try "Ketoprak" food" ujar @wisnuaes.

"Toprak if you win the race in mandalika you should buy indonesian food ketoprak," beber @itsmedim_.

Menanggapi hal tersebut, juara WSBK 2021 ini pun menjawab dengan jawaban yang cukup mengejutkan.

Dalam jumpa pers usai Race 2 WSBK Mandalika berakhir, Toprak menjawab tentang pernyataan warganet yang menyuruh dirinya memakan ketoprak.

"Ya, saya tahu (namanya mirip dengan makanan lokal Indonesia). Itu ketoprak," ujar Toprak dalam jumpa pers usai race 2 WSBK berakhir.

"Saya belum mencobanya, tetapi mungkin besok," tambahnya.

Memang, pembalap Pata Yamaha ini menjaga pola makan. Jadi dia tidak bisa sembarangan makan makanan.

Namun, ia berjanji akan mencoba ketoprak yang merupakan makanan khas Indonesia.

"Tetapi saya akan mencobanya," pungkas dia.

sumber: suara.com
Penting Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini
23 November 2021
Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini
foto: ilustrasi (republika)


itoday - Akademisi dari UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto, Muridan, mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini. Dengan begitu, mereka nantinya terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.

"Penanaman akhlak sejak dini pada anak akan membantunya berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama, agar dapat selamat baik di dunia maupun di akhirat," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikutip Rabu (17/11).

Muridan mengatakan, Hari Ayah Nasional dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak. Ia menyebut, ayah adalah sosok yang luar biasa.

"Dalam konteks agama, posisi ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Sebagai pemimpin ayah dibebani tanggung jawab yang berat, yaitu melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak yang baik terhadap anak-anaknya," kata Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto itu.

Muridan menjelaskan bahwa ayah berperan penting dalam mendidik dan mengawal perkembangan anak. Ia mengatakan, mendidik anak bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab ibu, tetapi menjadi tugas bersama ayah.

"Mengawal dan mendidik anak sebenarnya bukan hanya dilakukan saat anak telah terlahir ke dunia hingga dewasa, tetapi seharusnya telah dimulai sejak awal, saat anak masih dalam kandungan," katanya.

Muridan mengatakan bahwa mengawal pendidikan anak saat masih dalam kandungan memang lazim dilakukan oleh ibu. Akan tetapi, sebenarnya ayah juga dapat berperan.

"Tidak boleh sosok ayah membiarkan ibu berjuang sendirian, sementara ayah hanya mengambil peran sebagai pencari nafkah," katanya.

Saat kelahiran anak, menurut Muridan, sosok ayah memiliki peran tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Peran tersebut adalah mendidik dan mengawal perkembangan anak.

"Sosok ayah menjadi pelengkap atas apa yang telah dilakukan oleh ibu dan ayah harus dapat menjadi teladan yang baik bagi keluarga, khususnya anak-anak," tuturnya.

sumber: republika.co.id
Dua Dosis Vaksin tak Lagi Relevan Booster Masih Belum Pasti
23 November 2021
Dua Dosis Vaksin tak Lagi Relevan, Booster Masih Belum Pasti
foto: ilustrasi (detik)


itoday - Dua dosis suntikan vaksin Covid-19 saat ini tak lagi relevan disebut vaksinasi lengkap. Banyak penelitian telah menegaskan bahwa, imunitas menurun enam bulan setelah disuntik dua dosis vaksin.

"Bicara konteks sekarang dengan varian baru, menurunnya imunitas, yang disebut vaksinasi penduduk itu bukan dua kali suntik, harus tiga kali suntik. Jadi definisi vaksinasi penuh itu bukan dua kali suntik, itu sudah tidak relevan dengan riset saat ini," kata epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman dalam sebuah diskusi daring, Senin (22/11).

Dengan redefinisi vaksinasi lengkap tiga dosis, menurut Dicky, cakupan vaksinasi di Indonesia saat ini masih jauh dari target untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Meski, ia mengakui, imunitas terhadap Covid-19 juga bisa didapatkan secara alami dari adanya infeksi yang terjadi di masyarakat (penyintas).

"Yang disebut cakupan 90 persen, 85 persen, 80 persen itu yang tiga kali suntik. Artinya masih jauh, karena sekarang yang dosis dua kali pun masih mengarah 50 persen, artinya perjalanan masih panjang," katanya.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban pun mengatakan, vaksinasi dosis ketiga penting dilakukan. Menurutnya, vaksin booster bisa dilakukan dengan vaksin yang tersedia.

"Negara-negara yang masyarakat sudah banyak disuntik vaksin dua dosis kini mengalami peningkatan kasus Covid-19, karenanya penting vaksin booster," kata Zubairi, Kamis (18/11) pekan lalu.

Menurut Zubairi, booster bisa dengan merek vaksin yang sama di dua dosis sebelumnya atau vaksin yang berbeda. Vaksinasi booster bisa dilakukan enam bulan setelah vaksin dosis kedua.

Zubairi memastikan, vaksin booster aman selayaknya vaksin dosis pertama dan kedua. "Vaksin booster aman buat usia lanjut seperti saya yang sudah hampir 75 tahun, dan memiliki komorbid, saya diabet, darah tinggi dan pernah operasi jantung," katanya.

Sementara, vaksinolog Dr. dr. Sukamto Koesno menambahkan, ada masa di mana kekebalan yang dirangsang oleh vaksin pada waktu tertentu akan turun. Karenanya perlu diberikan booster dengan
harapan antibodi yang telah menurun bisa meningkat kembali.

"Pada prinsipnya vaksin yang akan digunakan sebagai booster, sama atau berbeda, yang bisa untuk meningkatkan antibodi," tuturnya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pekan lalu, mengatakan rencana pemberian vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat umum masih menunggu dilakukan pengkajian. Saat ini, vaksin booster ketiga baru dilakukan untuk tenaga kesehatan.

"Rencana perluasan target penerima vaksin booster ketiga di luar kategori tenaga kesehatan dapat dilakukan segera setelah adanya pengkajian terlebih dahulu. Salah satunya berdasarkan pada data hasil seroprevalensi yang saat ini dilakukan oleh kementerian kesehatan dan kementerian dalam negeri," ujar Wiku.

Wiku mengatakan, saat ini Pemerintah masih fokus untuk mencapai target vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen dari target penerima vaksin di akhir Desember 2021. Karena itu, vaksin booster ketiga untuk umum akan dilakukan usai capaian vaksin dosis pertama dan kedua terpenuhi.

Sementara, Wiku juga menanggapi pertanyaan terkait apakah vaksin booster ketiga akan dikenai biaya atau tidak. Wiku menegaskan pada dasarnya vaksin adalah hak setiap warga negara.

"Sekali lagi pemerintah menegaskan bahwa vaksin adalah hak setiap warga negara dan tidak akan dipungut biaya bagi target penerimanya," ujarnya.

Hingga Ahad (21/11), Satgas Covid-19 melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima dosis vaksin secara lengkap mencapai 89,22 juta jiwa. Data Satgas Covid-19 menyebutkan jumlah penduduk yang telah mendapat suntikan dua dosis vaksin Covid-19 per hari ini bertambah 460.144 menjadi 89.220.341 orang.

Sementara itu, jumlah penerima vaksin dosis pertama yang tercatat hari ini sebanyak 393.277 jiwa. Dengan tambahan tersebut, jumlah penerima vaksin dosis pertama menjadi 134.418.286 jiwa, sedangkan vaksinasi untuk dosis ketiga sebanyak 1.203.846 orang.

Pemerintah berencana memvaksinasi penduduk di Tanah Air sebanyak 208.265.720 juta orang. Dengan demikian, suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 sudah diberikan pada 64,54 persen dari total 208.265.720 warga yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Sementara warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi baru mencapai 42,83 persen dari total sasaran.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya meningkatkan kekebalan bersama ketimbang mencari vaksin Covid-19 booster.

"Hanya dengan bersama-sama kita bisa mengakhiri pandemi ini. Bukan suntikan booster yang seharusnya kita cari, tapi booster untuk meningkatkan kekebalan bersama yang harus kita fokuskan saat ini," ujar Reisa.

Reisa juga mengutip pernyataan dr Maria Van Kekrhove dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan vaksin harus menjangkau orang-orang yang paling membutuhkan. "Jadi, bukan hanya tentang berapa cakupan vaksin yang sudah kita capai, tetapi juga tentang siapa saja yang sudah divaksinasi," kata dia.

sumber: republika.co.id