Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Bertambah Kapolri Sebut 31 Polisi Diduga Langgar Kode Etik Dalam Kasus Brigadir J
09 August 2022
Bertambah, Kapolri Sebut 31 Polisi Diduga Langgar Kode Etik Dalam Kasus Brigadir J
foto: Listyo Sigit Prabowo (suara)


itoday - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan personel polisi yang diduga melanggar Kode Etik Profesi Polri terkait kasus Brigadir J, jumlahnya bertambah.

"Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel. Kami juga telah melakukan penempatan khusus kepada empat personel beberapa waktu yang lalu dan saat ini bertambah menjadi 11 personel Polri," kata Kapolri kepada wartawan dalam konferensi pers, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022) malam.

Sigit melanjutkan bahwa jumlah tersebut masih dapat bertambah.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektorat Khusus yang dipimpin oleh Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto menjelaskan bahwa jumlah tersebut diperoleh dari 56 personel Polri yang telah diperiksa oleh pihaknya.

"Dari 56 personel Polri tersebut, terdapat 31 personel Polri yang diduga melanggar Kode Etik Profesional Polri," ujar Agung.

Agung memaparkan bahwa sebanyak dua personel berasal dari Bareskrim Polri dengan masing-masing pangkat perwira menengah dan perwira pertama, 21 personel dari Propam Polri dengan perwira tinggi sebanyak tiga personel, perwira menengah terdapat delapan personel, perwira pertama sebanyak empat personel, berpangkat bintara sebanyak empat personel, dan tamtama sebanyak dua personel.

"Kemudian, personel Polda Metro Jaya sementara ada tujuh personel, perwira pangkat menengah empat personel, dan perwira pertama tiga personel," kata Agung.

Terhadap personel yang diduga melakukan pelanggaran kode etik dan ada unsur pidananya, akan dilimpahkan lagi kepada Bareskrim Polri.

"Tetapi, kalau hanya melakukan (pelanggaran) kode etik, tentu hanya Divisi Propam Polri yang melakukan sidang kode etik terhadap personel tersebut," kata Agung.

Karena itu, ke depannya, tim khusus akan terus melakukan pemeriksaan khusus terhadap personel-personel Polri yang diduga melakukan pelanggaran kode etik terkait penanganan meninggalnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo Tersangka

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas di Duren Tiga, Jakarta Selatan yang memerintahkan Bharada E untuk menembak.

"Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J (Joshua) yang menyebabkan saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh saudara E (Bharada) atas perintah saudara FS (Ferdy Sambo)," kata Sigit, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa malam.

Dalam peristiwa ini, timsus telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, yakni Irjen Pol Ferdy Sambo, Bharada E, Bribka RR dan KM. Keempatnya disangkakan dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

sumber: suara.com
Harga Gandum Mahal Mentan Minta Rakyat Makan Singkong Saja
09 August 2022
Harga Gandum Mahal, Mentan Minta Rakyat Makan Singkong Saja
foto: Syahrul Yasin Limpo (cnnindonesia)


itoday - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo minta masyarakat untuk makan singkong, sorgum, hingga sagu sebagai pengganti gandum yang tengah melonjak harganya akibat perang Rusia-Ukraina.

Berdasarkan data Trading Economics, Selasa (9/8), rata-rata harga gandum dunia mencapai US$780,4 per gantang. Harga ini tercatat naik 9,74 persen dari tahun lalu.

Pasalnya, Indonesia selama ini masih mengandalkan impor untuk kebutuhan gandum dalam negeri. Sehingga, jika dilanjutkan maka biaya yang dibutuhkan besar.

"Kalau saya sih jelas tidak setuju (impor gandum terus). Kita apapun sekarang makan saja, makan saja singkong, makan saja sorgum, makan saja sagu," ujarnya dalam webinar online dikutip Selasa (9/8).

Menurut Syahrul, saat ini produk gandum masih ada, namun tidak bisa keluar dari Ukraina karena masih terjadi perang. Sehingga, terjadi kelangkaan yang mengakibatkan harga melonjak.

Dengan lonjakan harga gandum ini, maka salah satu produk yang bakal mengalami kenaikan harga adalah mie. Sebab, gandum adalah bahan utama untuk pembuatan mie.

"Jadi hati-hati yang makan mie banyak dari gandum besok harga (naik )tiga kali lipat itu," jelasnya.

Lanjutnya, permasalahan ini lah yang tengah dicari solusinya oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar ketahanan pangan Indonesia makin kuat meski di tengah terjadi krisis.

"Ini yang kita hadapi, tantangan ini enggak kecil terutama di Kementan. Kita lawan yuk (impor)," serunya kepada seluruh peserta webinar.

sumber: cnnindonesia.com
PKS Ingatkan Jokowi untuk Tegas Pada Relawan Soal Wacana Jabatan Tiga Periode
09 August 2022
PKS Ingatkan Jokowi untuk Tegas Pada Relawan Soal Wacana Jabatan Tiga Periode
foto: Mardani Ali Sera (rmol)


itoday - Manuver relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang terkesan ngotot ingin masa jabatan presiden diperpanjang, menyita perhatian publik. Terlebih, akhir Agustus mendatang para relawan berencana menggelar musyawarah rakyat (Musra) untuk menentukan sikap di 2024.

Belakangan, tidak sedikit yang memandang massifnya manuver relawan ini memang sengaja dirancang atau by design.

Bagi Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, segala manuver dan wacana itu hanya bisa diredam oleh Jokowi sendiri. Yakni, dengan menegaskan bahwa dia memang tidak ingin menjabat tiga periode atau jabatannya diperpanjang.

"Semuanya menjadi tidak pasti bisa teori konspirasi dan lain-lain bahwa ada grand desainnya ada king makernya. Tapi jawabannya sederhana, di kebesaran jiwa dari Pak Jokowi, di etika politik Pak Jokowi," kata Mardani dalam acara diskusi virtual Teras Politik (Terpol) Kantor Berita Politik RMOL dengan tema "Wacana Perpanjangan Jabatan Presiden Muncul Lagi", Selasa (9/8).

"Pak Jokowi harus tegas mengatakan saya cukup dua periode. InsyaAllah 20 Oktober 2024 saya selesai, kita doakan segera terpilih pengganti yang lebih baik dari saya. Itu adalah jiwa negarawan (kalau dinyatakan Jokowi),” imbuhnya.

Anggota Komisi II DPR RI ini menambahkan, jika tidak ada sikap atau bahkan terkesan dibiarkan, maka hal itu menyiratkan bahwa Jokowi memang tidak profesional atau bahkan ingin jabatannya ditambah.

"Menurut saya itu tidak sehat. Karena justru yang harus dilakukan Pak Jokowi, let it go, biarkan negara ini dilanjutkan kepemimpinannya oleh orang-orang yang kompeten," pungkasnya.

sumber: rmol.id
Kapolri FS Tembaki Dinding Pakai Senjata J Seolaholah Terjadi Saling Tembak
09 August 2022
Kapolri: FS Tembaki Dinding Pakai Senjata J Seolah-olah Terjadi Saling Tembak
foto: Ferdy Sambo (republika)


itoday - Peristiwa penembakan yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo dipastikan bukan kasus saling tembak antara Brigadir J dan Bharada E.

Fakta tersebut disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa malam (9/8).

"Tidak ada peristiwa tembak-menembak," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Untuk membuat situasi seolah-olah terjadi tembak-menembak antara Bharada E dan Brigadir J, kata Kapolri, FS (Ferdy Sambo) mengambil senjata milik J dan menembaki dinding.

"Seolah terjadi tembak-menembak, FS tembak senjata J ke dinding," tandasnya.

sumber: rmol.id
Respons Aduan Soal Pemblokiran PSE Menkominfo Nanti Diuji
08 August 2022
Respons Aduan Soal Pemblokiran PSE, Menkominfo: Nanti Diuji
foto: Johnny G Plate (suara)


itoday - Ratusan aduan diterima Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta terkait pemblokiran penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang tak kunjung mendaftar. Aduan tersebut lalu ditanggapi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate.

"Itu hak masyarakat. Di negara hukum, negara demokrasi, enggak ada yang salah. Nanti diuji apakah yang adukan itu tepat atau tidak, itu wewenangnya penguji," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat bertemu wartawan di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin.

Johnny kemudian menegaskan bahwa pendaftaran PSE merupakan sebuah kewajiban untuk menegakkan hukum di Indonesia. Pendaftarannya pun, kata Johnny, terbilang sederhana dan tidak berkaitan dengan konten.

Menurut Johnny, jika PSE tak kunjung mendaftar, maka hak masyarakat sebagai pengguna teknologi digital akan sangat dirugikan.

"Kegagalan PSE mendaftar mengakibatkan PSE diblokir. Sebagai akibat dari gagal mendaftar, masyarakat dirugikan," ujar Johnny.

Oleh karena itu, Johnny mengingatkan PSE untuk tidak merugikan hak-hak masyarakat karena tindakan mereka yang tak patuh terhadap Undang-undang (UU) dengan tidak mau melakukan pendaftaran.

"Pemerintah mengingatkan kepada PSE, jangan sampai hak-hak masyarakat dirugikan karena kealpaan mereka melaksanakan Undang-undang," katanya.

"Masyarakat dan pemerintah juga perlu kerja sama agar PSE mematuhi aturan negara. Apabila hak-hak tidak terlindungi di dalam data-data atau sistem elektronik PSE, pemerintah lah yang akan mewakili masyarakat untuk memberikan sanksi," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kementerian Kominfo tegas menerapkan aturan mengenai pendaftaran PSE sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi nomor 5 Tahun 2020.

Johnny pada Jumat (5/8) lalu menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa menggunakan data pribadi masyarakat di sistem elektronik dengan semena-mena karena peraturan pendaftaran PSE tersebut.

"Tidak bisa, karena data pribadi masyarakat ada di dalam PSE. Sehingga atas nama masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat, Kominfo hadir untuk menjaga agar PSE-nya memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat," katanya.

sumber: suara.com
Terinspirasi Joko Anwar Arief Muhammad Ubah Rumah Makan Padangnya Bertema Pengabdi Setan Semoga Ibu Suka
08 August 2022
Terinspirasi Joko Anwar, Arief Muhammad Ubah Rumah Makan Padangnya Bertema Pengabdi Setan: Semoga Ibu Suka
foto: Arief Muhammad (suara)


itoday - Demam film horor Pengabdi Setan 2: Communion ternyata juga dialami Arief Muhammad. Bahkan konten kreator ini juga kepikiran untuk mengubah tema usaha rumah makan Padang miliknya jadi berkonsep Pengabdi Padang.

Hal ini diakui Arief Muhammad karena rasa salutnya terhadap film karya Joko Anwar tersebut. Lewat sebuah unggahan, Arief Muhammad memperlihatkan hasil renovasi rumah makan padang kepunyaannya dengan vibes ala "Pengabdi Setan".

Di depan pintu rumah makan padang bernama Payakumbuah, terdapat sebuah tulisan "Now Showing: Pengabdi Setan".

Potret yang diunggah pun seolah dibuat mencekam sehingga menghadirkan suasana horor.

Arief Muhammad lantas menuliskan rasa kagumnya terhadap Joko Anwar yang ia anggap sukses menghadirkan karya yang apik lewat "Pengabdi Setan 2: Communion".

"Tema minggu ini kami dedikasikan untuk karya masterpiece Bang @jokoanwar yang bener-bener bangke. Kemarin nonton Pengabdi Setan, dari awal sampai akhir tangan nempel di mata buat siaga nutupin kl ada yang aneh2 muncul. Semoga IBU suka nasi Padang," tulis Arief Muhammad, Senin (8/8/2022).

Sederet netizen lantas mengomentari rumah makan padang milik Arief Muhammad yang terinspirasi "Pengabdi Setan" tersebut. Mereka berkelakar perihal makanan yang menyeramkan hingga kehadiran sosok 'ibu' di rumah makan padang tersebut.

"Yang ngelayanin Ibu ga bang?" tanya netizen.

"Pas makan pakai paru auto deg-degan," timpal netizen yang lain.

"Kalau ibu makannya pakai sendok gimana bang?" tanya netizen lainnya.

Sebagai informasi, "Pengabdi Setan 2: Communion" jadi salah satu film yang ditunggu-tunggu tahun 2022. Setelah merilis trailer resmi, film horor besutan Joko Anwar tersebut kini mengumumkan jajaran pemainnya.

Sekuel Pengabdi Setan ini dirilis setelah lima tahun sejak penayangan film pertamanya. Kisahnya masih tentang keluarga Bahri Suwono atau Bapak (Bront Palarae) yang pindah ke rumah susun setelah lepas dari teror rumah tua mereka sebelumnya.

sumber: suara.com