Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Representasi Muhammadiyah Tetap Aman Jika Muhadjir Effendy Diganti Kader PAN
27 August 2021
Representasi Muhammadiyah Tetap Aman Jika Muhadjir Effendy Diganti Kader PAN
foto: Gedung Dakwah Muhammadiyah (medcom)


itoday - Presiden Joko Widodo masih belum mengumumkan "hadiah" yang tepat untuk Partai Amanat Nasional (PAN) usai resmi dikenalkan sebagai sahabat baru koalisi pemerintah. Lumrahnya, partai politik koalisi mendapat setidaknya satu kursi menteri.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, memperkirakan ada tiga pos menteri yang berpeluang besar akan diisi kader PAN.

"Kalau korespondensi historisnya, PAN itu pernah menjadi menteri perhubungan, pernah di PMK atau di Menpan RB, itu paling mungkin (diberikan pada PAN)," ujar Adi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (27/8).

Di antara tiga itu, kata Adi, memang paling berpeluang besar PAN mendapatkan kursi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Terlebih untuk mengisi Menpan RB tidak gampang karena ada kader PDIP yang cukup senior dan diperhitungkan.

Selain itu, lanjutnya, Jokowi juga tidak akan mendapatkan masalah lain jika Menko PKM yang kini dijabat Muhadjir Effendy diberikan pada PAN.

Representasi Muhammadiyah tetap aman karena PAN merupakan partai yang identik dengan ormas Islam yang lahir di tahun 1912 tersebut

"Artinya kalau toh Muhadjir diganti, tapi kan representasi Muhammadiyah masih ada," pungkasnya.

sumber: rmol.id
1121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
27 August 2021
1.121 Mahasiswa Indonesia Ikuti Program Studi Independen Bersertifikat Microsoft
foto: Studi Independen Microsoft (tabloidpulsa.id)


Microsoft Indonesia resmi memulai program Studi Independen Bersertifikat Microsoft, sebuah program yang menyiapkan 1.121 mahasiswa dari 235 kampus di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi digital di bidang Produktivitas, Cloud, serta Data and AI, agar dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Ke-1.121 mahasiswa tersebut terpilih dari 6.000 mahasiswa yang mendaftar. Pemilihan dilakukan dengan mempertimbangkan variasi jurusan mahasiswa, agar peningkatan kapasitas digital dapat dilakukan secara inklusif, dan pemanfaatan teknologi dapat diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan.

Berjalan sebagai bagian dari inisiatif Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, program Studi Independen Bersertifikat Microsoft ini akan mengkonversi 20 sks kuliah mahasiswa, dengan kelulusan didasarkan pada keberhasilan mengambil sertifikasi di akhir periode pembelajaran, serta capstone project yang mereka tuntaskan di bulan Desember mendatang.

“Kami sangat senang melihat tingginya partisipasi mahasiswa di SIB Microsoft karena keterampilan digital memainkan peranan yang krusial bagi tingkat adaptasi kita di era berbasis cloud saat ini. Indonesia sendiri masih membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun. Adanya program ini akan membantu mencapai target tersebut,“ ujar Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam implementasinya, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari tenaga pengajar ahli yang telah ditunjuk Microsoft Indonesia, yaitu MIC Enterprise, selama empat bulan. Pendampingan dilakukan melalui kelas virtual serta tugas proyek yang dirancang sesuai dengan tantangan/kebutuhan industri saat ini. Misalnya, kelas produktivitas akan menugaskan mahasiswa untuk menghadirkan solusi teknis terhadap suatu permasalahan bisnis dengan menggunakan Microsoft 365, kelas cloud akan meminta mahasiswa merancang learning management system yang di-hosting dalam bentuk VM ataupun Azure website, sementara kelas Data and AI akan meminta mahasiswa mengembangkan sebuah dasbor yang memanfaatkan kecerdasan buatan dengan menerapkan solusi Cortana Intelligence Suite atau Cognitive Services.

Ning Qulyati, Community and Education Manager MIC Enterprise,mengatakan, “Secara jangka pendek, kelas dan proyek yang diberikan akan meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk bisa lulus sertifikasi Microsoft. Sementara secara jangka panjang, sertifikasi akan meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja. Mendapatkan sertifikasi Microsoft tidaklah mudah karena ujian yang diberikan mencakup materi yang sangat komprehensif. Oleh karena itu, dengan bermitra bersama Microsoft di program SIB sebagai pengajar, kami berharap dapat ikut memberdayakan mahasiswa dan menyiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik”.

Seiring dengan perkembangan industri, sertifikasi telah menjadi nilai tambah nyata karena mampu memberikan gambaran atas keterampilan khusus pencari kerja, serta menunjukkan kegigihan mereka dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Bagi para pengusaha, sertifikasi juga tidak kalah penting karena dapat membekali mereka dengan berbagai keterampilan yang dapat mendukung pengembangan bisnis, seperti keterampilan teknologi bagi perusahaan yang dibangun dan berkembang di cloud.

Komitmen Keberlanjutan Microsoft di Bidang Keterampilan Digital

Partisipasi Microsoft Indonesia di SIB merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan untuk menambah pelatihan bagi tiga juta orang hingga akhir tahun 2021 mendatang. Selain SIB, Microsoft juga melakukan berbagai program pelatihan lain, seperti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melatih sekitar 2.000 orang di Digital Talent Scholarship Professional Academy dan Fresh Graduate Academy (Mei – Agustus 2021), bekerja sama dengan 15 universitas negeri dan swasta dalam menyiapkan sertifikasi bagi 3.300 mahasiswanya (Januari – Juli 2021), serta bermitra dengan JA Asia Pacific dan Cloudswyft untuk melatih 10.000 talenta Indonesia.

“Keterampilan digital adalah fondasi dari seluruh transformasi digital yang tengah berlangsung. Sejalan dengan Roadmap Digital Indonesia 2021-2024 yang salah satu sektor strategisnya mencakup masyarakat digital, kami ingin memastikan dapat berkontribusi terhadap realisasi roadmap tersebut. Sebab, membangun talenta digital adalah tugas yang perlu kita kerjakan bersama dan menjadi salah satu langkah utama untuk mempercepat transformasi digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia Microsoft,” ujar Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Di luar kerja sama yang Microsoft lakukan dengan berbagai komunitas serta institusi, Microsoft juga membuka kesempatan kepada siapa saja untuk meningkatkan keterampilan digital dan memperoleh sertifikasi teknologi secara mandiri melalui Indonesia Belajar Microsoft Cloud. Sejak dibuka pada Oktober 2020 lalu, lebih dari 4.000 orang telah mengikuti berbagai pelatihan yang ada, sesuai kebutuhan dan minatnya masing-masing.

Tebaru, Microsoft juga telah menghadirkan versi Bahasa Indonesia untuk berbagai materi fundamental cloud Microsoft Azure di Microsoft Learn, agar lebih banyak masyarakat Indonesia dapat memiliki kompetensi seputar cloud yang merupakan landasan dari berbagai transformasi digital saat ini.

Baik Indonesia Belajar Microsoft Cloud maupun Microsoft Learn dapat diakses sepanjang tahun. Siapapun yang berminat dapat langsung mendaftarkan diri.

sumber: tabloidpulsa.id
Seleb TikTok Jharna Bhagwani Gandeng Eka Gustiwana di Single Debut Tell Me
27 August 2021
Seleb TikTok Jharna Bhagwani Gandeng Eka Gustiwana di Single Debut 'Tell Me'
foto: Jharna Bhagwani (dokpri)


itoday - Beauty influencer populer, Jharna Bhagwani melebarkan sayapnya ke dunia tarik suara. Sehari setalah Ia genap berusia 19 tahun, gadis berdarah India ini mengumumkan single debutnya yang bertajuk Tell Me. Tak main-main, lagu ini diciptakannya bersama Eka Gustiwana, musisi jenius yang juga anggota dari grup EMD Weird Genius.

Perkenalan Jharna dan Eka berawal dari campaign #LathiChallenge. Kala itu, video dari Jharna begitu viral di TikTok dan Instagram, hingga akhirnya mendapatkan apresiasi dari Eka. Dari perkenalan itu, terjadilah obrolan tentang proyek kolaborasi yang pada akhirnya tertuang dalam single Tell Me.

“Awal Juni 2021, aku share ke Kak Eka beberapa referensi lagu dan draft lirik yang aku tulis. Karena masa pandemi, brainstorm dan tukar ide hanya melalui online. Lalu, awal Agustus masuk studio rekaman. Jadi sekitar 2 bulan ya proses keseluruhannya," ungkap Jharna dalam press rilis yang diterima KapanLagi.com.

Tell Me memiliki aransemen mid-tempo bernuansa dark experimental pop yang begitu catchy. Single ini sudah bisa dinikmati secara serentak di Spotify, Joox, Resso, Deezer, Youtube Music dan platform musik digital besar lainnya.

1. Pesan Dalam Lagu 'Tell Me'

Tell Me mengisahkan konflik pengkhianatan, kebimbangan dan hilangnya kepercayaan karena pasangan yang terlalu mengatur dan hubungan penuh manisnya kebohongan. Jharna berharap pendengar bisa mengapresiasi kreasi terbarunya. Tetapi utamanya adalah pesan dalam lagu ini, bahwa tidak ada yang layak berada dalam hubungan toxic.

"Karya seni menjadi media eksplorasi dan eksperimen-ku. Aku senang memainkan karakter berbeda-beda. Aku merancang konsep, pesan dan seperti apa hasil yang ingin ditampilkan. Selama ini orang lihat dari video makeup-ku. Kali ini aku berkesempatan menuangkan ekspresi alter-ego dalam bentuk lain; lagu dan video musiknya," lanjutnya.

Sebagai beauty influencer, Jharna telah memiliki jutaan pengikut di akun media sosialnya. Sejak viral dengan #LathiChallenge, dia menerima sejumlah apresiasi penghargaan di tahun 2020 dan menarik lebih banyak lagi pengikut, nasional dan internasional.

Di usianya yang masih belia, Jharna memiliki ambisi dan pendalaman terhadap apa yang ia ingin lakukan dan sampaikan kepada dunia melalui karya. Ia ingin terus bereksplorasi tanpa batas dan merasa terinspirasi sembari menjalani fase maupun emosi dalam hidupnya.

sumber: kapanlagi
Seharga Rp 270 Jutaan SUV Renault Kiger Jadi Pesaing Baru Toyota Raize
27 August 2021
Seharga Rp 270 Jutaan, SUV Renault Kiger Jadi Pesaing Baru Toyota Raize
foto: Renault Kiger (merdeka)


itoday - Compact SUV Renault Kiger diperkenalkan di pasar Indonesia secara virtual pada petang hari ini(27/8), setelah debut global di India pada 15 Februari lalu.

Hanya punya satu varian, PT Maxindo Renault Indonesia menjual Renault Kiger Rp 278 juta (on the road DKI Jakarta). Namun, ada harga khusus hingga September mendatang, yakni Rp 275,9 juta.

Davy J Tulian, Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia, menjelaskan Renault Kiger akan menggebrak pasar compact SUV dengan konsep disain Energetic and Fun Stunning.

Di segmennya, Renault Kiger bakal bersaing dengan duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, serta Kia Sonet dan Nissan Magnite.

"Harga khusus ini bentuk apresiasi bagi early adapter mobil ini di Indonesia," ujar Davy saat soft launching daring Renault Kiger, Jumat (27/8).

Performa mesin

Renault Kiger memiliki dapur pacu bertenaga meski mengusung mesin 1.000 cc turbo dengan performa 100 ps dan torsi 152 Nm. Dengan berat 1.037 kg, power to weight ratio-nya mencaoai 0,0964, sehingga Compact SUV ini memiliki ketangguhan di jalan. Performa mesin ersebut semakin sempurna dengan transmisi CVT (Continuous Variable
Transmission).

Renault Kiger memiliki bodi sangat muscular dengan warna two-tone dikombinasikan garis-garis energi tegas. Lebar kendaraan mencapai 1.750 mm, terlebar di kelasnya guna memancarkan kesan SUV. Penggunaan pelek two-tone diamond cut aero-sporty dengan ring 16 inci dilengkapi overfender hitam dan bemper belakang yang besar dilapisi rear skid plate berwarna silver membuat tampilan Kiger kokoh.

Roof rack-nya fungsional (untuk beban 50 kg), approcah-departure angle yang besar, dengan ground clearance 205 mm sehingga asyik dibawa ke berbagai medan jalan.

Smart SUV

Kiger didaulat sebagai smart SUV, berkat Smart Access Card, Wireless Apple Car dan Android auto connectivity, 7-inch TFT Smart instrument cluster, dan 3 sensor parking. Sebagai SUV cerdas, Kiger juga dilengkapi dengan PM 2,5 air fliter di sistem air cooling (AC) yang mampu menyaring partikel sekecil 2,5 mikron.

Menariknya, mobil ini mode berkendara multi-Sense, yaitu Normal, Eco, dan Sport.

Eksterior dan Interior

Desain luar Kiger menggunakan konsep terkini Stacked dengan Headlight menggunakan lampu premium Tri-octa Advanced Pure Vision Full LED plus LED DRL cantik.

Pada bagian belakang, Kiger menggunakan Renault Signature C-Shaped lamp, dikombinasikan dengan bemper yang lebar nan gagah. Twin rear spoiler yang sexy dan shark fin antenna yang futuristik menambah kuat gaya Kiger yang sangat head turning dan mewah.

Interiornya memadukan permainan cahaya dari instrument cluster TFT, head unit 8 inci, dan ambient light yang berkesan mewah.

Kenyamanan Kiger semakin lengkap dengan 10 ruang penyimpanan dengan total volume 29 liter. Dua di antaranya dilengkapi dengan fitur pendinginan yang berfungsi sebagai
cooler box.

Puncaknya, kenyaman Kiger dipastikan denga hadirnya Sound System ARKAMYS 3D Auditorium terbaik di kelasnya dengan 4 Speaker ditambah 4 Tweeter yang menghasilkan audio dengan kualitas tinggi yang membuat perjalanan lebih menyenangkan.

sumber: merdeka.com
Erick Thohir BRI Liga 1 Ajang Pemersatu Bangsa Lawan Covid
27 August 2021
Erick Thohir: BRI Liga 1 Ajang Pemersatu Bangsa Lawan Covid
foto: Erick Thohir (republika)


itoday - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hadir dalam pembukaan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/8). Dalam sambutannya Erick mengatakan Liga 1 2021 bukan sekadar hiburan olahraga sepak bola.

"Ini bukan sekadar hiburan, tapi juga ajang pemersatu bangsa untuk bangkit melawan Covid-19," kata Erick jelang kick-off laga pembuka Bali United vs Persik Kediri.

Erick mengucapkan terima kasih karena BRI diberikan kesempatan untuk menjadi sponsor Liga 1 musim ini. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora dan PSSI yang memberikan kesempatan kepada BUMN untuk menjadi sponsor Liga 1," kata Erick.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras agar kompetisi sepak bola Indonesia bisa kembali bergulir. Tentu dengan situasi pandemi Covid-19 ini, kompetisi harus berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Beberapa wkatu lalu kita bisa menyaksikan Olimpiade Tokyo berjalan. Hari ini kita tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bisa menyelenggarakan event olahraga," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku bersyukur Liga 1 dapat berjalan kembali setelah terhenti sejak Maret 2020. Menurut Iriawan, terlaksananya liga tak lepas dari kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia.

"Malam ini sejarah mencatat Indonesia bisa melaksanakan kembali liga. Ini butuh jalan panjang karena banyak prosedur yang harus dilalui," kata purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu.

Seremoni pembukaan BRI Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 di SUGBK berlangsung sederhana dan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta beberapa perwakilan kementerian, Polri, TNI, BNPB, PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan pemangku kepentingan sepak bola lain.

Setelah pemberian sambutan, seremoni berlanjut ke penyerahan trofi juara Liga 1 Indonesia 2019 dari sang kampiun Bali United kepada PSSI. Kemudian, ada prosesi pemberian bola Liga 1 musim 2021/22 dari Menteri BUMN kepada Ketua Umum PSSI. PSSI lalu mengoper bola tersebut kepada wasit berlisensi FIFA yang memimpin pertandingan perdana liga, Yudi Nurcahya, sebagai tanda dimulainya Liga 1 musim terbaru.

Adapun laga pertama Liga 1 Indonesia 2021-2022 mempertemukan juara Liga 1 Indonesia 2019 Bali United melawan juara Liga 2 Indonesia 2019, Persik Kediri.

sumber: republika.co.id
Nasi Goreng Indonesia Jadi Menu Tantangan di MasterChef Turki Favorit Sang Juri
27 August 2021
Nasi Goreng Indonesia Jadi Menu Tantangan di MasterChef Turki, Favorit Sang Juri
foto: ilustrasi (masterchefturkiye)


itoday - Popularitas nasi goreng Indonesia memang sudah diakui dunia sejak lama. Sajian dengan tampilan sederhana, namun memiliki cita rasa yang komplit memang tak tertandingi.

Enggak heran, kalau olahan nasi ini masuk dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2017. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga begitu menggemari makanan tradisional satu ini.

Keragaman bumbu dan rempah nan gurih serta manisnya kecap membuat nasi goreng terasa nikmat. Varian nasi goreng di Indonesia juga begitu beragam, salah satunya dilengkapi telur ceplok dan sate. Nah, menu nasi goreng seperti ini menjadi menu tantangan dalam kontes memasak MasterChef Turki.

Dalam tayangan YouTube resmi MasterChef Türkiye, Somer Sivrioglu salah seorang juri utamanya, menantang para kontestan untuk menghidangkan nasi goreng Indonesia. Dirinya menjelaskan secara detail bagaimana ciri nasi goreng asli Indonesia itu.

Mengingat cita rasanya benar-benar khas, Somer juga mengakui kalau makanan ini adalah sajian favoritnya. Ketika peserta ditantang, mereka terlihat cukup bingung lantaran tak pernah mencicipinya langsung.

“Ini merupakan hidangan favorit saya dan anak-anak. Adakah dari kalian yang sudah pernah memasak nasi goreng sebelumnya? Nasi ini cukup basah dan begitu khas dengan cita rasa Asia. Saya rasa banyak dari kalian yang belum mengetahuinya,” kata Somer.

Laki-laki itu meminta nasi goreng harus disajikan dengan berbagai makanan pelengkap. Ada telur mata sapi, sate ayam bumbu kacang, mentimun, tomat, serta acar sebagai sentuhan akhir. Ia ikut mengingatkan peserta untuk fokus, lantaran kuliner itu sungguh istimewa.

Dalam waktu 30 menit, terlihat peserta mulai berkonsentrasi penuh guna menyelesaikan tantangan spesial. Beberapa kali Somer terlihat mengawasi proses memasak tiap peserta. Mereka berusaha semaksimal mungkin dalam menyajikan hidangan favorit sang juri.

Di akhir, dua peserta dengan nasi goreng paling lezat akan dipilih. Para juri menilai tiap inci kesempurnaan tampilan makanan itu. Seperti rasa bumbu hingga lauk tambahan. “Kami ingin nasi goreng yang disuguhkan begitu lezat dan benar-benar sempurna. Bakal ada dua orang terpilih dari segmen tantangan ini,” lanjut Somar.

Walau sudah berusaha keras, nyatanya hasil akhir nasi goreng buatan para peserta dinilai masih tampak kurang sesuai dengan standar juri. Kebanyakan dari mereka tak memperhatikan tampilannya.

Selain itu, sebagian lagi tidak memberi bumbu kacang pada sate ayam. Kendati, juri tetap harus menentukan kontestan terpilih dalam tantangan itu. Setelah berdiskusi, lima orang aman dan berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Hmm, rupanya memasak nasi goreng Indonesia tak semudah itu, ya?

sumber:kumparan.com