Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Restoran 1945 Fairmont Jakarta Kini Bersertifikat Halal
30 November 2021
Restoran 1945 Fairmont Jakarta Kini Bersertifikat Halal
foto: Menu Restoran 1945 (republika)


itoday - Restoran 1945, restoran Indonesia upscale di Fairmont Jakarta, resmi mendapatkan sertifikasi Halal dari Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI). Sertifikasi ini didapatkan sejak pertengahan tahun 2021.

Hal ini dilakukan untuk semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu, serta mendukung perkembangan halal lifestyle di Jakarta. Dengan adanya sertifikasi tersebut, Restoran 1945 menjadi satu-satunya restoran bersertifikat halal di hotel bintang lima di Jakarta.

“Sebagai hotel bintang lima, kami berkomitmen dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua tamu kami dan kami menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan halal bagi warga muslim," ungkap Carlos Monterde, General Manager Fairmont Jakarta disela acara A Celebration of Halal Lifestyle di restoran tersebut, belum lama ini.

"Kami bangga menjadi pionir restaurant halal di hotel bintang lima di Jakarta," tambahnya.

Direktur Eksekutif, LPPOM MUI, Muti Arintawati, mengatakan, pihaknya memeriksa produk dan restoran secara sistematis untuk memastikan bahwa semua persyaratan halal sudah terpenuhi. Restoran 1945 telah melalui proses yang terintegrasi dan menjalankan beberapa ketentuan guna mendapatkan sertifikasi halal tersebut. Dunia bisnis di seluruh dunia semakin menyadari adanya peningkatan permintaan dari komunitas muslim akan keabsahan status halal dari sebuah bisnis, baik itu restoran, hotel dan lain sebagainya.

"Kami sungguh berbahagia sebuah hotel bintang lima seperti Fairmont Jakarta memberi perhatian kepada kebutuhan ini, dengan menyediakan fasilitas Halal di salah satu restoran yang dimilikinya, yaitu Restaurant 1945," ujar Muti.

Hal ini juga menunjukkan bentuk dukungan Fairmont Jakarta dalam menciptakan keadaan yang kondusif bagi kota Jakarta sebagai tujuan wisata halal. Hal ini akan menarik kalangan Muslim dari seluruh dunia untuk datang ke Jakarta.

Sesuai dengan namanya, “1945” mengacu pada tahun kemerdekaan Indonesia, tonggak penting dalam sejarah Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas dan modern. Sertifikasi halal merupakan wujud upaya Restoran 1945 untuk terus bergerak maju, berinovasi dan bereksplorasi guna mengembangkan kuliner Indonesia.

Kini para tamu dapat menikmati pengalaman bersantap mewah dan merasa semakin nyaman mengingat semua yang disajikan di restoran adalah halal. Fairmont Jakarta berkomtimen untuk senatiasa menerapkan protokol kesehatan pada seluruh kegiatan operasional hotel maupun restoran untuk memastikan pengalaman bersantap yang memuaskan.

sumber: republika.co.id
Apa yang Kita Ketahui dan tidak Terkait Varian Omicron
30 November 2021
Apa yang Kita Ketahui dan tidak Terkait Varian Omicron
foto: ilustrasi (republika)


itoday - Ilmuwan Afrika Selatan mengidentifikasi varian baru virus Corona, Omicron, yang ada di balik lonjakan kasus Covid-19. Belum jelas di mana varian baru tersebut pertama kali muncul, tetapi para ilmuwan di Afrika Selatan memperingatkan organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) dalam beberapa hari terakhir terkait Omicron. Kini, WHO telah menetapkannya sebagai variant of concern.

"Saat ini sebanyak 90 persen kasus baru di Gauteng disebabkan oleh Omicron," kata Direktur Platform Sequencing dan Inovasi Penelitian Afrika Selatan, KwaZulu-Natal Tulio de Oliveira, seperti dikutip dari laman PBSNews, Selasa (30/11).

Oliveira mengatakan, varian Omicron terkait dengan kasus yang mengalami peningkatan eksponensial dalam beberapa hari terakhir. Dari lebih dari 200 kasus baru yang dikonfirmasi per hari dalam beberapa pekan terakhir, Afrika Selatan mengalami jumlah kasus harian Covid-19 meroket jadi lebih dari 3.200 per Sabtu (27/11), dan sebagian besar terjadi di Gauteng.

Setelah mengumpulkan sekelompok ahli untuk menilai data, WHO mengatakan bahwa bukti awal menunjukkan peningkatan risiko reinfeksi dengan varian ini dibandingkan dengan varian lainnya. Hal ini menandakan bahwa orang yang tertular Covid-19 dan sudah sembuh bisa terinfeksi lagi. Varian Omicron tampaknya memiliki jumlah mutasi yang tinggi, yakni sekitar 30 lonjakan spike protein virus corona yang dapat mempengaruhi seberapa mudah virus itu menyebar ke manusia.

Sharon Peacock yang memimpin pengurutan genetik Covid-19 di Universitas Cambridge, Inggris, mengatakan, sejauh ini data menunjukkan varian Omicron memiliki mutasi dengan peningkatan transmisibilitas. Namun, ia mengatakan bahwa signifikansi banyak mutasi yang masih belum diketahui.

"Kami tidak tahu apakah varian Omicron bisa mendapatkan tumpuan di wilayah di mana Delta berada. Juga tidak mengetahui seberapa baik varian ini akan melakukannya di mana ada varian lain yang beredar," kata Peacock.

Peacock mengatakan, varian ini mungkin telah berevolusi pada seseorang yang telah terinfeksi tetapi kemudian tidak dapat membersihkan virus, kemudian memberikan virus kesempatan untuk berevolusi secara genetik. Skenario ini mirip dengan bagaimana para ahli berpikir varian alfa yang pertama kali diidentifikasi di Inggris juga muncul dan bermurasi pada orang yang kekebalannya terganggu.

Sementara, Lawrence Young, seorang ahli virologi di Universitas Warwick, menggambarkan Omicron sebagai versi virus yang paling banyak bermutasi dari yang pernah dilihatnya. Hal ini termasuk perubahan yang berpotensi mengkhawatirkan yang belum pernah terlihat sebelumnya pada virus yang sama.

Para ilmuwan mengetahui bahwa Omicron secara genetik berbeda dari varian sebelumnya, termasuk varian Beta dan Delta. Namun, ilmuwan tidak mengetahui terkait perubahan genetik yang membuatnya lebih menular atau berbahaya. Sejauh ini, belum ada indikasi varian Omicron menyebakan penyakit yang lebih parah. Kemungkinan akan memakan waktu beberapa pekan untuk memilah, apakah Omicron lebih menular dan apakah vaksin masih efektif untuk melawannya.

Peter Openshaw, seorang profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London mengatakan, sangat tidak mungkin bahwa vaksin yang ada saat ini tidak akan berfungsi. Ia mencatat bahwa vaksin Covid-19 yang ada saat ini efektif terhadap banyak varian lainnya.

Meskipun beberapa perubahan genetik pada Omicron tampak mengkhawatirkan, tetapi masih belum pasti akan menimbulkan ancaman kesehatan bagi masyarakat. Beberapa varian sebelumnya, seperti varian Beta, awalnya membuat khawatir para ilmuwan, tetapi tak menyebar terlalu jauh.

Hingga saat ini, Delta masih menjadi varian Covid-19 yang paling dominan. Ini terhitung lebih dari 99 persen dari urutan yang dikirimkan ke database publik terbesar di dunia.

Virus corona bermutasi saat menyebar dan banyak varian baru, termasuk yang memiliki perubahan genetik yang mengkhawatirkan, seringkali mati begitu saja. Para ilmuwan mrmantau urutan mutasi Covid-19 yang dapat membuat penyakit yang lebih menular atau mematikan. Tetapi mereka tidak dapat menentukannya hanya dengan melihat virusnya.

sumber: republika.co.id
Sentimen Varian Omicron Buat Rupiah Melemah
30 November 2021
Sentimen Varian Omicron Buat Rupiah Melemah
foto: ilustrasi (tempo)


itoday - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (30/11) sore ditutup melemah di tengah sentimen munculnya varian Omicron yang masih menjadi perhatian pelaku pasar. Rupiah sore ini ditutup melemah 13 poin atau 0,09 persen ke posisi Rp 14.332 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.319 per dolar AS.

"Dolar AS bergerak menguat karena meredanya kekhawatiran pasar terhadap varian baru virus Covid-19, Omicron, dengan pemerintah di seluruh dunia sedang mencari informasi lebih lanjut terhadap mutasi terbaru dan dampaknya," tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya di Jakarta, Selasa (30/11).

Organisasi Kesehatan Internasional atau World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa masih belum jelas apakah Omicron lebih menular daripada varian lain atau menyebabkan penyakit yang lebih parah. Sementara itu, Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pernyataannya semalam yang dirilis oleh bank sentral AS arahnya cenderung pesimis dimana dia yakin bahwa varian Omicron dan kenaikan kasus Covid-19 akhir-akhir ini akan memberikan ancaman kepada ekonomi AS dan mengacaukan prospek inflasi.

Sementara itu, jumlah kasus harian Covid-19 di Tanah Air pada Senin (29/11) kemarin mencapai 176 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 4,26 juta kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 11 kasus sehingga totalnya mencapai 143.819 kasus.

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 419 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,1 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif Covid-19 mencapai 7.960 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 138,91 juta orang dan vaksin dosis kedua 94,76 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.310 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 14.276 per dolar AS hingga Rp 14.346 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Selasa ditutup menguat ke posisi Rp 14.320 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp 14.340 per dolar AS.

sumber: republika.co.id
Di Balik Jeruji Habib Rizieq Dukung Agenda Reuni 212 di Patung Kuda
30 November 2021
Di Balik Jeruji Habib Rizieq Dukung Agenda Reuni 212 di Patung Kuda
foto: Habib Rizieq Shihab (rmol)


itoday - Dibalik jeruji, Habib Rizieq Shihab (HRS) dukung acara Reuni Akbar 212 pada Kamis (2/12) nanti diselenggarakan dengan cara aksi unjuk rasa turun ke jalan.

Dukungan ini disampaikan Habib Rizieq melalui tim kuasa hukumnya, Azis Yanuar yang mengatakan bahwa Habib Rizieq mendukung aspirasi masyarakat dalam penyampaian pendapat di muka umum yang dilindungi Undang Undang.

"Apalagi jika tidak anarkis, tidak hina pribadi orang, tidak ada agenda politik, dilakukan dengan tertib dan super damai serta dilakukan dengan santun dan ramah," ujar Azis kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa petang (30/11).

Menurut Habib Rizieq, dijelaskan Azis, aksi damai merupakan bagian dari revolusi akhlak yang selama ini terus didengungkan Habib Rizieq sejak di Makkah, Arab Saudi.

"Aksi damai adalah bagian dari revolusi akhlak. Iya (Habib Rizieq) mendukung (aksi unjuk rasa)" kata Azis.

Sementara untuk tempatnya kata Azis, diserahkan kepada Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang menjadi bagian dari panitia, apakah akan diselenggarakan di Patung Kuda, Jakarta Pusat atau tempat lainnya.

"Soal tempat itu urusan PA 212 dan umat," pungkas Azis.

sumber: rmol.id
Slamet Maarif Reuni 212 Tetap Gelar Aksi di Kawasan Patung Kuda Baru Dilanjut ke Masjid Az Zikra Bogor
30 November 2021
Slamet Maarif: Reuni 212 Tetap Gelar Aksi di Kawasan Patung Kuda, Baru Dilanjut ke Masjid Az Zikra Bogor
foto: Slamet Maarif (rmol)


itoday - Massa yang akan mengikuti acara Reuni Akbar 212 pada Kamis (2/12) direncanakan bakal mengikuti aksi unjuk rasa terlebih dahulu di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Steering Commitee Reuni 212, Slamet Maarif menerangkan, aksi yang digelar bertajuk "Bela Ulama, Bela MUI dan Ganyang Koruptor". Rencanya, aksi akan digelar pada Pukul 08.00-11.00 WIB.

Keputusan tetap menggelar aksi, dijelaskan Slamet, diambil setelah memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada, serta masukan dari ulama dan umat.

"Maka Reuni Alumni 212 tahun 2021 akan diadakan dalam bentuk Aksi Superdamai untuk menyampaikan pendapat yang dilindungi UU nomor 9 Tahun 1998 di Kawasan Patung Kuda Jakarta," kata Slamet kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/11).

Slamet memastikan, pelaksanaan aksi akan berjalan dengan menjaga penerapan protokol kesehatan. Karena dia mengaku telah memberikan Surat Pemberitahuan ke Polda Metro Jaya pada hari Senin kemarin (29/11) sekitar pukul 14.00-14.50 WIB.

Setelah gelaran aksi, Slamet yang juga Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 ini menyebutkan, agenda selanjutnya adalah menggelar acara "Silaturahmi dan Dialog 100 Tokoh" sekitar pukul 12.30-15 30 WIB di Aula Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Silaturahim tersebut, kata Slamet, mengusung tema "Bersama mencari Solusi untuk keselamatan NKRI".

sumber: rmol.id
Lentera Erajaya Peduli Usung Program Rehabilitasi Kawasan Hutan Wana Erajaya
30 November 2021
Lentera Erajaya Peduli Usung Program Rehabilitasi Kawasan Hutan Wana Erajaya
foto: Erajaya Peduli (tabloidpulsa.id)


itoday - Sejak tahun 2018, LENTERA Erajaya Peduli telah bekerjasama dengan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam melaksanakan program rehabilitasi kawasan hutan di Rumpin seluas 6 hektar yang disebut dengan “Wana Erajaya”.

Penanaman pohon, diantaranya jenis Trembesi, Damar, Mahoni, dan buah-buah produktif, telah dilakukan dalam 3 fase dari tahun 2018 hingga tahun 2020, dengan total pohon tertanam sebanyak 6.386 pohon. Selain itu, salah satu inovasi dalam program ini adalah pemanfaatan limbah organik yang berasal dari kawasan hutan dan rumah tangga petani penggarap untuk dijadikan eco-enzyme dan pupuk organik, cair & padat.

Program ini adalah bagian dari salah satu pilar LENTERA, yaitu: Lentera Hijau. Melalui program ini, dampak jangka panjang yang diberikan yakni tidak hanya menanam pohon untuk reduksi karbon dan menjadi paru-paru hijau di kawasan Rumpin, Kabupaten Bogor, namun sekaligus dapat meningkatkan produktifitas tumpang sari/agroforestry untuk kelompok tani dan edukasi “konsep organik” untuk mendukung kawasan hutan yang berkelanjutan.

Jimmy Perangin Angin, Chief Human Capital, Legal dan CSR mengatakan, “komitmen Erajaya Group yang tersalurkan melalui program kepedulian sosial LENTERA Erajaya Peduli kami wujudkan kembali dengan program rehabilitasi hutan ‘Wana Erajaya’ di Bogor dan pemanfaatan limbah organic yang digunakan untuk aktifitas agro-forestry oleh penduduk sekitar. Di tahun ke-4 kami menjalankan program ini, kami menegaskan kembali niatan kami untuk terlibat secara jangka panjang dalam memberikan dampak positif yang berkesinambungan kepada lingkungan dan masyarakat.”

Eco–enzyme adalah larutan zat organik kompleks dari hasil fermentasi sisa organik, gula, dan air. Berbeda yang pupuk organik cair biasa, proses fermentasi eco-enzyme relatif lebih lama dan menggunakan bahan organik yang belum mengalami pembusukan.

Hasil pemanfaatan limbah organik ini nantinya akan menjadi “nutrisi” organik bagi kawasan hutan yang sedang berkembang dan secara tidak langsung mengurangi penggunaan pupuk/pestisida kimia dalam perawatan hutan maupun aktifitas tumpang sari/agroforestry di Wana Erajaya.

sumber: tabloidpulsa.id