Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Hadir Saat Topping Off Meikarta di 2017 DPR Harus Panggil Menko Luhut
02 February 2023
Hadir Saat Topping Off Meikarta di 2017, DPR Harus Panggil Menko Luhut
foto: Luhut Panjaitan (merdeka)


itoday - Terkait kisruh mega proyek Meikarta yang merupakan ikonik Lippo Group, Komisi VI DPR disarankan juga panggil Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, serta James Riady selaku CEO Lippo Group. Jangan hanya PT Mahkota Sentosa Utama (MSU).

Dikutip dari siaran YouTube pengamat kebijakan publik dari Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat, Jakarta, Rabu (1/2/2023), DPR semestinya berani memanggil Menko Luhut.

“DPR juga mesti memanggil MenKo Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk dimintai keterangannya terkait proyek Meikarta ini. Karena LBP sendiri adalah salah satu pejabat yang hadir pada topping off Meikarta pada Minggu, 29 Oktober 2017,” tuturnya.

Dalam acara itu, kata Nur Hidayat, Menko Luhut didampingi Bos Lippo Grup James Riady serta sejumlah pejabat pemerintah, memberikan kata sambutan. Tak malu-malu, Menko Luhut mengucapkan terima kasih kepada James Riady karena telah berinvestasi di proyek Meikarta.

“Namun kemudian seperti yang kita ketahui, proyek ini kemudian banyak bermasalah dari segi perizinan, sampai proyek yang tak kunjung jelas kapan akan selesainya. Sementara konsumen sejak 2017 sampai sekarang terus membayar cicilannya kepada pihak bank Nobu,” paparnya.

“Sebagai tindak lanjut aduan masyarakat korban Meikarta tersebut DPR kemudian mengadakan RDPU dengan memanggil pihak pihak yang berada dalam pusaran kasus ini, yaitu para korban dan direksi PT MSU. Namun PT MSU yang diundang pada pertemuan tersebut sama sekali tidak hadir dan tidak memberikan keterangan apa pun,” imbuh Nur Hidayat.

Dari semua kejadian itu, kata dia, Menko Luhut harus juga dimintai keterangan oleh parlemen. Karena kehadiran LBP pada topping off Meikarta itu, sedikit banyak memiliki pengaruh kepada konsumen akan amannya proyek Meikarta ini.

“Jangan sampai di republik ini ada orang-orang termasuk pejabat yang sedang berkuasa yang dianggap kebal hukum. Parlemen mesti memanggil dan meminta keterangan terhadap LBP terkait proyek Meikarta ini,” tuturnya.

Keterangan Menko Luhut, lanjut Nur Hidayat, sangat penting dalam mengurai sengkarut Meikarta yang merugikan konsumennya. Dalam hal ini, DPR perlu menggali sejauh apa keterlibatan Menko Luhut dalam proyek Meikarta yang berujung masalah ini.

“Jangan ada satupun orang yang merasa kebal terhadap hukum di republik ini. Dan DPR sebagai wakil rakyat mesti berani memperjuangkan nasib masyarakat dan bukan kepentingan oligarki,” ungkapnya.

sumber: inilah.com
ChatGPT Platform AI yang Diramalkan Segera Menggeser Google
02 February 2023
ChatGPT, Platform AI yang Diramalkan Segera Menggeser Google
foto: ilustrasi (inilah)


itoday - Platform yang dirilis OpenAI, ChatGPT, sedang menjadi perbincangan hangat dunia. Platform ini dianggap akan segera menggeser peran Google karena memiliki kemampuan Artificial Intelligence (AI) yang mumpuni. Chat GPT sendiri pada dasarnya merupakan chatbot, sebuah program komputer berupa robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia.

Meski masih berupa prototipe, tapi chatbot AI berbasis dialog itu dianggap mampu menanggapi bahasa alami dan meresponsnya secara otomotis dengan bahasa yang alami pula. Bahkan, platform ini dianggap sebagai pengganti Google karena bisa menjawab masalah apa saja.

Chat GPT baru dirilis oleh OpenAI pada 30 November 2022. Sementara OpenAI merupakan platform kecerdasan buatan yang didirikan tahun 2015 oleh Sam Altman dan Elon Musk. Aplikasi chatbot ini ternyata mampu memahami dialog manusia dan menghasilkan teks yang seolah bukan berasal dari sistem komputer atau robot, melainkan sangat natural layaknya diketik oleh sesama manusia.

Yang pasti bikin Google keder, ChatGPT hanya butuh waktu lima hari setelah perilisannya pada akhir 2022 untuk mencapai satu juta pengguna. Hasil riset Statista mengungkapkan, ChatGPT sukses mengalahkan Instagram yang mampu mencapai satu juta pengguna dalam 2,5 bulan sejak pertama kali dirilis. Sedangkan, Spotify berada di posisi ketiga yang membutuhkan waktu lima bulan untuk merangkul satu juta pengguna, sementara Dropbox perlu tujuh bulan untuk mencapai satu juta pengguna.

Dengan prestasi fenomenal itu, wajar bila pencipta Gmail, Paul Buccheit, meramalkan kurang dari dua tahun ke depan Google Search bakal ditaklukkan oleh ChatGPT. Keyakinan Buccheit itu datang dari pengamatannya terhadap teknologi AI ChatGPT yang berkembang dengan sangat cepat dalam waktu singkat.

Jika terus seperti ini, kata Buccheit, teknologi OpenAI di balik ChatGPT bakal menggerus area atau kategori bisnis yang menjadi fokus Google, seperti Search hingga Gmail. Menurut Buccheit, dominasi ChatGPT itu akan berasal dari keunggulan teknologi atau model AI chatbot itu yang bisa memberikan jawaban atas aneka pertanyaan pengguna tanpa harus menelusuri banyak situs web.

Dengan tantangan di depan mat aitu, perusahaan raksasa teknologi seperti Google dan Baidu tergopoh-gopoh memperkenalkan layanan serupa. Google disebutkan akan segera memamerkan kebolehan chatbot AI Search untuk menantang eksistensi chat ChatGPT milik OpenAI yang sedang viral di masyarakat. Dikatakan, CEO Google, Sundar Pichai, mengeluarkan status “kode merah” yang berarti perusahaan dalam kondisi genting dan meminta para teknisinya untuk mempercepat pengembangan AI mereka. Kabarnya, keunggulan Chatbot AI Search milik Google itu akan mencakup keamanan, akurasi, dan pemblokiran informasi yang salah. [Interesting Engineering/CNBC].

sumber: inilah.com
Rocky Gerung Enggak Adil bagi Lawan Kalau Anies Menang 80 Persen
02 February 2023
Rocky Gerung: Enggak Adil bagi Lawan Kalau Anies Menang 80 Persen
foto: Rocky Gerung (rmol)


itoday - Prediksi kemenangan Anies Baswedan di Pilpres 2024 telah dibaca oleh pemerhati Rocky Gerung. Bahkan dirinya melihat kemungkinan perolehan suara mantan Gubernur DKI Jakarta itu cukup telak atau bakal jauh di atas lawan politiknya nanti.

“Enggak adil bagi lawan kalau Anies menang 80 persen. Kita hanya butuh 51 persen,” ujar Rocky dalam acara launching KIB (Kuning, Ijo, Biru) bertajuk “Anies Baswedan Presiden 2024: Menghadirkan Keadilan Sosial di Jakarta, Rabu (1/2).

Ia bependapat, Anies memiliki kans kemenangan yang cukup besar lantaran berada di posisi yang berseberangan dengan rezim Presiden Joko Widodo sejak masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, bahkan hingga hari ini.

“Apakah Anies terpilih karena dia diperlukan? Tidak. Dia terpilih karena sekarang dia tidak diperlukan (oleh rezim),” singgung Rocky.

Bagi Rocky, kondisi politik sekarang ini memaksa rakyat menginginkan perubahan. Dan itu, menurutnya, bisa diperoleh hanya dengan mencari sosok pemimpin yang memang memiliki visi perubahan.

“Negeri yang punya oportunitas tapi dikendalikan oleh para opurtunis. Itu yang ada di benak publik,” demikian Rocky menambahkan.

sumber: rmol.id
Sentil Mahfud MD Rizal Ramli Pejabat Negara Pengusul Perpanjangan Jabatan Presiden Makar Konstitusi
02 February 2023
Sentil Mahfud MD, Rizal Ramli: Pejabat Negara Pengusul Perpanjangan Jabatan Presiden Makar Konstitusi!
foto: Mahfud MD (cnnindonesia)


itoday - Usulan perpanjangan masa jabatan presiden tak menjadi masalah jika disampaikan oleh masyarakat sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Namun lain cerita jika usulan tersebut disampaikan oleh seseorang yang memiliki jabatan di pemerintahan.

Hal tersebut disampaikan begawan ekonomi, Rizal Ramli dalam merespons pernyatan Menko Polhukam, Mahfud MD yang menyebut wacana perpanjangan jabatan presiden tidak melanggar hukum.

Menurut Rizal Ramli, wacana perpanjangan jabatan presiden oleh pejabat negara tidak bisa lagi hanya dipandang sebagai aspirasi. Sebab pejabat negara memiliki power sebagai pengambil kebijakan.

Soal jabatan presiden, sudah jelas tercantum dalam konstitusi bahwa diperbolehkan maksimal dua kali lima tahun, atau dua periode.

Maka bila usulan perpanjangan jabatan presiden disampaikan pengambil kebijakan, hal itu bisa dikatakan mengingkari konstitusi.

"Kalau pejabat-pejabat negara yang usul perpanjangan jabatan presiden, itu minimum tidak ngerti konstitusi, bahkan berniat melanggar atau makar terhadap konstitusi!" kata Rizal Ramli, Kamis (2/2).

sumber: rmol.id
Muslim Arbi Sebaiknya Anakanak Jokowi Tak Usah Cawecawe ke Dunia Politik Bisa Fatal
01 February 2023
Muslim Arbi: Sebaiknya Anak-anak Jokowi Tak Usah Cawe-cawe ke Dunia Politik, Bisa Fatal
foto: Gibran Rakabuming, Bobby Nasution, dan Kaesang Pengarep (kabar24)


itoday - Karier politik anak dan mantu Presiden Joko Widodo berpotensi terhenti setelah sang ayah tidak lagi berkuasa. Untuk itu, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution disarankan untuk berhenti dari dunia politik.

Bahkan, Kaesang Pangarep yang belum lama ini menyatakan ingin mengikuti jejak ayah dan kakaknya, disarankan tidak ikut masuk ke dunia politik.

"Sebaiknya anak-anak dan mantu Jokowi jangan lagi berkiprah di dunia politik. Karena dinasti politiknya Jokowi akan berakhir dengan habisnya masa kekuasaan bapak dan mertuanya," ujar Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (1/2).

Muslim menilai, karier anak-anak dan menantu masih bisa diselamatkan pada saat Jokowi masih berkuasa. Akan tetapi, akan celaka saat Jokowi sudah tidak berkuasa.

"Apalagi kasus Gibran dan Kaesang masih mengkrak di KPK. Begitu bapaknya tidak berkuasa, kasus-kasus KKN anak-anak Jokowi yang mangkrak pasti akan dibuka kembali. Gibran dan Kaesang bisa jadi buronan KPK. Akan jadi pesakitan. Itulah hukum besi sejarah," tutur Muslim.

Sebab, kata Muslim, hal itu pernah terjadi dalam kasus Tommy Soeharto. Sehingga, sangat mungkin kasus Gibran dan Kaesang seperti dalam laporan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun, bahkan Jokowi dalam kasus ijazah palsu, akan bernasib sama seperti Tommy.

"Jadi sebaiknya anak-anak Jokowi tidak usah cawe-cawe ke dunia politik, bisa cilaka dan fatal," pungkas Muslim.

sumber: rmol.id
Mahfud MD Tidak Ada Agenda di Istana Presiden pada Rabu
01 February 2023
Mahfud MD: Tidak Ada Agenda di Istana Presiden pada Rabu
foto: Mahfud MD (cnnindonesia)


itoday - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut tidak ada agenda di Istana Presiden pada Rabu ini (1/2/2023).

“Nggak tahu saya. Nggak ada agenda di Istana besok (Rabu), besok Presiden ke Bali,” kata Mahfud seusai menghadiri rangkaian Perayaan HUT 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Taman Mini Indonesia Indah, Selasa malam (31/1/2023).

Ketika ditanya wartawan apakah dirinya mendapat informasi soal rencana perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, Mahfud menyampaikan bahwa hal tersebut hanya Presiden yang mengetahuinya.

“Nggak tahu ya, itu Presiden sendiri yang tahu,” ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan tidak ada undangan dari Presiden kepada dirinya untuk datang ke Istana Jakarta, Rabu.

Adapun Presiden Jokowi secara terpisah, ketika ditanya wartawan mengenai isu dirinya akan melakukan reshuffle Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 1 Februari 2023, yang bertepatan dengan Rabu Pon dalam kalender Jawa meminta masyarakat untuk menunggu.

“Ya, ditunggu saja besok. Rabu Pon besok. Kamis-nya, Kamis Wage,” kata Jokowi usai menghadiri Puncak Perayaan HUT Ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jakarta, Selasa malam (31/1).

Isu Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu 1 Februari 2023 mencuat lantaran Presiden diketahui punya rekam jejak kerap mengumumkan kebijakan penting pada hari Rabu Pon.

Kabar perombakan Kabinet Indonesia Maju berembus setelah ada desakan dari politikus PDI Perjuangan agar Presiden Jokowi melakukan hal itu terhadap menteri-menteri dari Partai NasDem setelah partai tersebut mendeklarasikan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Dalam Kabinet Indonesia Maju terdapat tiga menteri asal Partai NasDem, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

sumber: inilah.com