Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Apa Itu HIPMI dan Penyebab Kericuhan Munas di Solo

Ekonomi
Apa Itu HIPMI dan Penyebab Kericuhan Munas di Solo 1
foto: Munas HIPMI XVII (merdeka)


itoday - Musyawarah Nasional HIPMI ke-XVII diwarnai ricuh antara peserta pada Senin (21/11) malam. Munas yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah ini rencananya berlangsung pada 21-23 November 2022. Namun, baru masuk hari pertama, kegiatan tersebut diwarnai kericuhan.

Situasi memanas salah satunya dipicu oleh banjir interupsi ketika Munas digelar. Banyak peserta Munas lantas terpancing emosi hingga berujung keributan. Padahal, pada pagi harinya, Presiden Jokowi turut membuka Munas HIPMI bersama para pejabat lainnya.

Lantas apa itu HIPMI sebenarnya? Apa yang menjadi penyebab kericuhan Munas di Solo beberapa waktu lalu? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (23/11), simak ulasan informasinya berikut ini.

Apa Itu HIPMI

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya apa itu HIPMI setelah mendengar kericuhan yang terjadi saat Munas di Solo, Jawa Tengah. Melansir dari hipmisukoharjo.org, kepanjangan HIPMI adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Berdiri pada 10 Juni 1972, organisasi ini dilandasi dengan semangat untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan pemuda. Sebab, pada saat itu tidak banyak kaum muda yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha. Anggapan yang berkembang di masyarakat pada saat itu menempatkan kelompok pengusaha berada di strata yang sangat rendah. Sehingga membuat sebagian besar anak muda khususnya kalangan intelektual lebih memilih profesi lain. Seperti birokrat, TNI maupun Polri.

Dalam perjalanannya hingga terjadi krisis ekonomi tahun 1998, HIPMI sukses mencetak kaderisasi wirausaha. Kesuksesannya terlihat dengan tampilnya tokoh-tokoh muda dalam percaturan dunia usaha nasional maupun Internasional. Keadaan tersebut lantas mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap profesi pengusaha dan menempatkannya di posisi terhormat.

Kemudian pada Era Reformasi, terutama pasca krisis ekonomi, dituntut adanya perubahan visi dan misi organisasi. HIPMI senantiasa adaptif dengan paradigma baru yaitu menjadikan Usaha Kecil Menengah sebagai pilar utama serta lokomotif pembangunan ekonomi nasional.

Penyebab Kericuhan HIPMI di Munas

Kota Solo terpilih menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ke-XVII yang berlangsung pada 21-23 November 2022. Plt Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Eka Sastra mengatakan, salah satu agenda dalam Munas ini adalah memilih ketua umum yang baru. Namun baru masuk hari pertama, kegiatan itu diwarnai kericuhan.

Dari rekaman video yang beredar, terlihat beberapa orang berbatik oranye, terlibat adu jotos. Bahkan terlihat beberapa orang mencoba mengambil benda di sekitarnya untuk memukul peserta lain.

Terkait insiden kericuhan, Ketua Panitia OC Munas XVII HIMPI 2022, M Ali Affandi menyebut bahwa perkelahian tersebut terjadi karena adanya kesalahpahaman personel antar peserta di luar rapat pleno.

Selain itu, Ia menyebut keadaan tersebut juga didorong rasa kelelahan karena padatnya agenda Munas XVII dari pagi hingga tengah malam.

Meski begitu, Ia menjamin bahwa kegiatan Munas tetap berjalan sesuai dengan agenda yang sudah dijadwalkan. Ia pun menegaskan bahwa para peserta telah di-brief dengan baik agar tetap selalu mengedepankan kekeluargaan.

"Kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta Munas HIPMI atas kejadian yang terjadi semalam," kata Ali.

Pengamanan Diperketat

Karena insiden kericuhan yang sempat mengganggu jalannya Munas XVII HIMPI 2022, pengamanan acara itu diperketat.

Sejumlah polisi dan TNI tampak disiagakan di semua sudut strategis di area hotel. Menurut Kapolres Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi, kericuhan itu terjadi tak lepas dari rapat pleno yang berjalan alot. Apalagi rapat itu ditutup saat belum terjadi kesepakatan. Saat itulah sebagian peserta keluar dari ruangan rapat.

"Di situlah terjadi kesalahpahaman. Artinya karena padatnya situasi, tersenggol, salah paham, akhirnya terjadi gesekan antar peserta," kata Kombes Iwan dikutip dari ANTARA pada Selasa (22/11).

Dibuka oleh Presiden Jokowi

Forum para pengusaha tersebut dibuka oleh Presiden Jokowi pada siang harinya. Bahkan sejumlah tokoh nasional seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah menteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut hadir.

Munas HIPMI sendiri baru memasuki hari pertama dan masih akan berlangsung hingga Rabu besok.

Menurut Ketua Steering Committee (SC) Munas HIPMI XVII, Dede Indra Permana, ada 3 kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah lolos verifikasi.

sumber: merdeka.com
Ekonomi Apa Itu HIPMI dan Penyebab Kericuhan Munas di Solo