Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Gegara Miokarditis 3 Negara Setop Sementara Vaksin Moderna, Kondisi Apa Itu?

Kesehatan
Gegara Miokarditis 3 Negara Setop Sementara Vaksin Moderna, Kondisi Apa Itu? 1
foto: ilustrasi (antara)


itoday - Tiga negara menyetop sementara penggunaan vaksin Moderna karena sejumlah laporan kasus miokarditis. Miokarditis kerap dilaporkan pada usia dewasa muda, dan banyak terjadi usai menerima vaksinasi dosis kedua.

Maka dari itu, otoritas kesehatan sejumlah negara hanya menyetop penggunaan vaksin Moderna pada usia dewasa muda, di bawah 30 tahun. Selain Denmark dan Swedia, teranyar Finlandia ikut menangguhkan vaksin COVID-19 berbasis mRNA tersebut.

Apa itu miokarditis?

Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) aktif memantau laporan miokarditis, termasuk hubungan nya dengan vaksinasi atau kondisi medis seseorang sebelum divaksinasi.

Miokarditis adalah peradangan pada otot jantung, dan perikarditis merupakan peradangan pada lapisan luar jantung. Dalam kedua kasus tersebut, sistem kekebalan tubuh menyebabkan peradangan sebagai respons terhadap infeksi atau pemicu lainnya.

Kasus miokarditis yang dilaporkan usai vaksinasi tak hanya tercatat di vaksin Moderna. Vaksin Pfizer dengan teknologi mRNA juga melaporkan efek samping serupa, terutama pada remaja pria dan usia dewasa muda.

Miokarditis lebih sering terjadi setelah vaksinasi dosis kedua.

"Biasanya dalam beberapa hari setelah vaksinasi, kebanyakan pasien dengan miokarditis atau perikarditis yang menerima perawatan, merespons dengan baik obat dan istirahat dan pulih dengan cepat," jelas CDC dalam laman resminya, dikutip detikcom Jumat (7/10/2021).

Pasien biasanya dapat kembali ke aktivitas normal sehari-hari setelah gejala membaik. Mereka yang dinyatakan mengidap miokarditis harus berkonsultasi dengan ahli jantung (dokter jantung) apakah bisa kembali berolahraga.

Miokarditis dan perikarditis sama-sama menyebabkan gejala berikut:

- Sakit dada
- Sesak napas
- Perasaan memiliki detak jantung yang berdetak cepat, berdebar-debar.

"Cari perawatan medis jika Anda atau anak Anda memiliki gejala-gejala ini, terutama jika itu terjadi dalam waktu seminggu setelah vaksinasi COVID-19," pesan CDC.

sumber: detik.com
Kesehatan Gegara Miokarditis 3 Negara Setop Sementara Vaksin Moderna, Kondisi Apa Itu?

Terpopuler