Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya?

Kesehatan
Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya? 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah daftar 29 obat sirup yang ditarik dari pasaran, terkait gagal ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut.

Dikatakan Kepala Biro Komunikasi Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi bahwa pihaknya masih melakukan investigasi mendalam terkait penyebab gangguan ginjal akut misterius, sehingga daftar obat sirup yang ditarik dari pasaran tidak bisa dipastikan kebenarannya, dan bukan berasal dari Kemenkes.

"Tidak tahu, (daftar) ini bukan dari Kementerian Kesehatan ya," ujar Nadia melalui keterangan yang diterima suara.com, Kamis (20/10/2022).

Adapun daftar yang beredar di publik hingga viral itu, berisi daftar obat cair yang sangat umum di temukan di pasaran, bahkan digunakan sehari-hari, berikut daftarnya:

Bodrexin Demam Jeruk 60ml
Konidin Obh Sachet 5x7ml
Mylanta Liquid 50ml
OBH Combi Batuk Dahak 100ml
Polysilane Suspensi 100ml
Promag Suspensi 60ml
Tempra Paracetamol 30ml
Termorex Paracetamol 60ml
OBH Combi Batuk Berdahak Sachet 5x7.5ml
Promag Cair Sachet 7ml (Dh)
Panadol Anak Raspberry 30ml
Antimo Anak Jeruk Sachet 5ml
Combantrin Jeruk New 10ml
Komix Obh 5x7ml
Proris Syrup Jeruk 60ml
Siladex Batuk Berdahak 60ml
Woods' Cough Expectorant 60ml
Bisolvon Extra Menthol 60ml
Nellco Special Obh PE100ml
Vicks F-44 Anak Strawberry 54ml
Vicks F-44 Sachet 4x5ml
Vicks F-44 Sirup 54ml
Woods Cough Antitussive 60ml
Actifed expectorant 60ml
Nellco Special Obh 100ml
OBH Combi Anak P Straw 60ml
OBH Combi Batuk Flu Mtl100ml
OBH Tropica Anak Strawberry 60ml
Termorex Plus Botol 60ml.
Temuan Sementara Kemenkes

Sementara itu, beberapa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap temuan sementara hasil investigasi, bahwa di tubuh pasien balita gangguan ginjal akut, terdapat 3 zat kimia di tubuhnya, yakni etilen glikol, dietilen glikol dan glikol eter atau EGBE.

"Kemenkes sudah meneliti bahwa pasien balita yang terkena AKI (accute kidney Injury) terdeteksi memiliki 3 zat kimia berbahaya (ethylene glycol-EG, diethylene glycol-DEG, ethylene glycol butyl ether-EGBE)," papar Menkes Budi.

Dietilen glikol adalah bahan kimia yang digunakan sebagai gliserin atau pelarut alternatif yang banyak digunakan dalam sirup obat batuk. Cairan antibeku ini juga biasanya digunakan sebagai cairan rem.

Sedangkan etilen glikol adalah bahan kimia tidak berwarna dan berbau, serta saat ditelan punya efek yang sangat beracun.

Lalu glikol eter adalah cairan bening yang mudah terbakar dengan berbau ringan. Sama seperti etilen dan dietilen zat kimia ini juga berfungsi sebagai pelarut dalam air, bisa bercampur minyak dan sabun, dan umumnya digunakan sebagai pembersih tinta, cat atau pelapis.

sumber: suara.com
Kesehatan Heboh 29 Obat Sirup Ditarik Terkait Gangguan Ginjal Akut Misterius, Kemenkes Akhirnya Buka Suara, Apa Katanya?

Terpopuler