Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Inikah Penyebab Teluk Jakarta Tercemar Paracetamol?

Kesehatan
Inikah Penyebab Teluk Jakarta Tercemar Paracetamol? 1
foto: ilustrasi (istock)


itoday - Studi kualitas air laut dari University of Brighton UK hingga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menemukan kontaminasi paracetamol di teluk Jakarta sangat tinggi. Adalah muara Angke dengan 610 nanogram per liter dan muara sungai Ciliwung Ancol 420 nanogram per liter.

Seperti diketahui, paracetamol adalah obat yang banyak dikonsumsi masyarakat secara bebas tanpa resep dokter. Para peneliti menduga sumber pencemaran kontaminasi paracetamol berasal dari tiga hal berikut.

Penggunaan berlebihan

Ekresi diduga terjadi akibat konsumsi (paracetamol) berlebihan di masyarakat, rumah sakit, dan farmasi. Salah satu peneliti, Prof Zainal Arifin menjelaskan jumlah masyarakat atau penduduk yang banyak mengonsumsi paracetamol bebas tanpa resep dokter di kawasan Jabodetabek memiliki kemungkinan kontaminasi yang tinggi di perairan.

"Sedangkan sumber potensi dari rumah sakit dan industri farmasi dapat diakibatkan sistem pengelolaan air limbah yang tidak berfungsi optimal, sehingga sisa pemakaian obat atau limbah pembuatan obat masuk ke sungai dan akhirnya ke perairan pantai," beber Zainal dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom Sabtu (2/10/2021).

Kontaminasi paracetamol di Indonesia lebih tinggi
Kontaminasi paracetamol yang ditemukan di Indonesia lebih tinggi ketimbang di pantai negara lain. Studi menemukan konsentrasi paracetamol di Brasil adalah 34,6 nanogram per liter, pantai utara Portugis adalah 51,2 sampai 584 nanogram per liter.

"Meskipun memerlukan penelitian lebih lanjut, namun beberapa hasil penelitian di Asian Timur, seperti Korea Selatan menyebutkan bahwa zooplankton yang terpapar paracetamol menyebabkan peningkatan stres hewan, dan oxydative stress, yakni ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan sistem antiosidan, yang berperan dalam mempertahankan homeostasis," beber para peneliti 'High concentrations of paracetamol in effluent dominated waters of Jakarta Bay, Indonesia'.

sumber: detik.com
Kesehatan Inikah Penyebab Teluk Jakarta Tercemar Paracetamol?

Terpopuler