Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Sherina Munaf Positif Covid-19, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Paket?

Kesehatan
Sherina Munaf Positif Covid-19, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Paket? 1
foto: Sherina Munaf (suara)

itoday - Sherina Munaf dinyatakan positif virus corona Covid-19 meskipun sudah melakukan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sherina juga mengaku tidak keluar rumah sama sekali sejak PPKM darurat diberlakukan.

"Hasil tes PCR-ku positif (Covid-19). Gue gak ke mana-mana, gak kontak sama siapa-siapa, gak pernah selama sebulan ini," tulis Sherina dalam story Instagram-nya.

Sherina mengaku sudah tidak pernah makan di restoran, bertemu teman-teman atau bekerja di luar rumah sejak pandemi virus corona Covid-19. Karena itu, ia menduga tertular virus corona dari keluarga yang tanpa gejala atau paketan yang diterimanya.

"Entah dari paket, entah salah satu di keluarga gue adayang OTG, karena bokap masih beberapa kali ke supermarket untuk stock makanan di rumah. Jadi, semua di rumah gue akan diswab," lanjutnya.

Pada dasarnya, virus corona Covid-19 bisa menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara.

Tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi Covid-19 ini bisa mendarat dan bertahan beberapa waktu di permukaan. Karena itu, orang bisa terinfeksi virus corona dengan cara menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan lupa cuci tangan.

Tapi, apakah virus corona Covid-19 bisa bertahan di permukaan paket?

Sejauh ini dilansir dari Huston Methodist, para ahli masih mempelajari secara spesifik tentang lamanya virus corona Covid-19 bertahan di permukaan. Namun, bukti awal menunjukkan bahwa virus bisa bertahan hidup di berbagai permukaan beberapa jam hingga hari.

Virus corona Covid-19 nampaknya mampu bertahan di permukaan berbahan karton selama kurang lebih 24 jam dan bisa bertahan selama 3 hari di permukaan plastik.

Meski begitu, Anda perlu mengetahui kalau jumlah virus corona yang mengontaminasi permukaan ini berkurang tajam seiring waktu. Artinya, virus secara signifikan tidak lagi terlalu menular, misalnya setelah 4 jam.

Walaupun ada kemungkinan virus corona bertahan pada kemasan atau permukaan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa kecil kemungkinan virus itu menyebar melalui surat dan paket.

Sebaliknya, CDC mengatakan bahwa penularan lebih berisiko terjadi dari orang ek orang melalui kontak dekat dengan individu yang terinfeksi, termasuk ketika seseorang terlihat sehat. Sampai saat ini, kontak dekat masih menjadi cara penularan virus corona Covid-19 paling umum.

Jadi, jaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker di tempat umum serta membersihkan permukaan dengan disinfektan secara berkali adalah cara paling efektif melindungi diri dari penularan virus corona Covid-19.

sumber: suara
Kesehatan Sherina Munaf Positif Covid-19, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Paket?

Terpopuler