Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Cek Fakta Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai Dikunjungi Anies Baswedan Benarkah
03 November 2021
Cek Fakta: Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai Dikunjungi Anies Baswedan, Benarkah?
foto: Warteg Viral (turnbackhoaxid)


itoday - Beredar narasi di akun Facebook yang menyatakan bahwa sebuah warteg mengalami kerugian setelah dikunjungi oleh Anies Baswedan. Natasi tersebut diunggah oleh akun Yusuf Muhammad.

Unggahan tersebut melampirkan screenshoot sebuah artikel dari beritasubang.com yang berjudul “Viral, Pemilik Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai Dikunjungi Gubernur Anies Baswedan”.

Ungahan tersebut telah disukail lebih dari 1,4 ribu kali, dikomentari 451 kali, dan disebarkan kembali sebanyak 192 kali.

Berikut Narasinya:

“Pemilik warteg tekor usai dikunjungi baginda Abas. Pas di Papua, Jokowi ngasih 1 juta buat satu pedangang. Lha Abas ngasih 1 juta buat sekampung makan di warteg.

Sebuah warung Tegal (warteg) yang terletak di kawasan Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur mengalami kerugian usai dikunjungi rombongan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis 14 Oktober 2021 siang.

Pasalnya, puluhan warga sekitar datang di warung tersebut usai kunjungan Gubernur DKI Jakarta karena dikira ada makan gratis
karena sudah dibayar oleh orang nomor satu di DKI tersebut.

Ramainya warga, membuat seluruh makanan yang ada di warteg milik Takuri (45) langsung ludes hanya dalam tempo setengah jam setelah
kunjungan Anies Baswedan.

Menurut Takuri, warga banyak yang mengira diberi makan gratis usai kunjungan Anies Baswedan.

“Usai makan, Pak Anies dan rombongannya memang ngasih duit Rp 1 juta. Itu buat bayar makan Pak Anies serta rombongan. Akhirnya pas
dia pulang, dikira warga gratis kan. Akhirnya masuk semua,” kata Takuri.”

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax,id -- jaringan suara.com, selaku Ketua Koordinator Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni membantah isu warteg yang berlokasi di Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur milik Takuri mengalami kerugian usai dikunjungi oleh Anies Baswedan pada 14 Oktober 2021.

Menurutnya, Takuri tak pernah berkomunikasi dengan wartawan dalam berita tersbeut. Sumber berita juga bukan berasal dari pemilik warteg.

Faktanya, unggahan tersebut terlait dengan Kegiatan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) pada Pangan yang dihadiri oleh Anies Baswedan. Acara tersebut berjalan lancar di manahidangan yang belum habis dibagikan ke penduduk sekitar warteg tersebut.

“Semua yang berlangsung acara di warteg sudah semuanya diselesaikan dengan baik. Untuk pemesanan nasi boks yang jumlahnya 200 boks, jumlahnya Rp3 juta, maupun hidangan warteg yang habis di etalase yang disiapkan gratis juga sudah dibayar,” kata Mukroni.

Berdasarkan hasil penelusuran di atas, maka narasi yang menyatakan warget bangkrut akibat dihadiri Anies Baswedan tidaklah benar.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

sumber: suara.com
Hadirkan Serial Masak Yuk KIFF 2021 Tampilkan Aneka Resep Masakan Korea
30 October 2021
Hadirkan Serial Masak Yuk, KIFF 2021 Tampilkan Aneka Resep Masakan Korea
foto: Masak Yuk (kiff2021)


itoday - Makanan asala Korea Selatan semakin populer di Indonesia, berkat tayangan film dan drama. Penasaran nggak sih bagaimana cara membuatnya?

Oleh karena itu, dalam rangka Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2021, diluncurkan serial Masak Yuk hasil kerjasama Indonesia Korea.

Dalam serial yang resmi diputar di CGV Cinemas Grand Indonesia, menampilkan ajang memasak aneka masakan Korea Selatan yang kerap ditampilkan dalam drama Korea yang diminati masyarakat Indonesia.

Terdiri beberapa episode, dengan satu episodenya berdurasi selama 30 menit yang menampilkan tatacara memasak makanan khas Korea.

Dalam serial ini, terdapat 5 orang anak muda Indonesia yang gemar menonton drama Korea Selatan, serta kerap menyantap hidangan khas negeri ginseng tersebut.

Kelima anak muda tersebut adalah Geraldyn Tan, Debora, Alphiandi, Mutiara dan Vidya yang akan menampilkan aksi kocak, dan interaksi yang buat penonton terbahak.

Tak kalah serunya, dalam setiap episodenya hadir pula Chef Jun yang akan menunjukan aneka tata cara, serta resep masakan Korea.

Resep masakan Korea yang dihadirkan juga beragam, dari mulai camilan seperti tteobboki, hotteok, hingga kimbab. Sedangkan makanan berat ada seperti jjajangmyeon, jjampong, ramyeon, hingga sundubu jjigae.

Tidak hanya itu, dalam serial itu juga diungkap beberapa bumbu hingga alat makan, yang kerap digunakan saat mengolah masakan Korea seperti gochujang hingga ttukbaegi.

Beberapa film itu di antaranya Pawn, Asih 2, The Box, Seobox, Recalled, Mekah I'm Coming, Sinkhole dan masih banyak lagi.

sumber: suara.com
5 Fakta Cafe del Mar Bali yang Viral Usai Pegawainya Usir Pengunjung
27 October 2021
5 Fakta Cafe del Mar Bali yang Viral Usai Pegawainya Usir Pengunjung
foto: Cafe del Mar Bali (detik)


itoday - Cafe del Mar Bali jadi sorotan setelah kisah pegawainya mengusir pengunjung viral di media sosial. Begini 5 fakta Cafe del Mar Bali yang jadi spot favorit menikmati sunset.

Sebuah beach club di kawasan Canggu, Bali tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini berawal dari seorang pengunjung yang membagikan pengalaman tak mengenakkan saat datang ke sana. Saat itu pengunjung tersebut tengah liburan di Bali.

Adalah Cafe del Mar Bali yang tengah viral akibat ulang pegawainya yang mengusir secara kasar salah satu pengunjung yang datang. Melalui unggahan Insta Story akun @elisabethkarina, terlihat seorang pegawai dengan baju berwarna biru tua tengah mengusir pemilik akun @elisabethkarina dengan perkataan kasar.

Dalam unggahan tersebut, Elisabeth dan teman-temannya yang telah memesan area daybed diketahui meminta pindah ke area table (meja) karena cuaca yang panas, namun pegawai tersebut justru memarahinya dan menuduh bahwa Elisabeth tidak akan mampu membayar makan di Cafe del Mar.

Atas kejadian ini, netizen terbagi menjadi dua kubu. Ada yang berpihak pada si pengunjung, namun tak sedikit pula yang berpihak pada pegawai Cafe del Mar. Mereka yang berpihak pada pegawai kafe mempertanyakan kronologi lengkap kejadian ini.

Meski begitu, pihak Cafe del Mar telah menyatakan permintaan maaf atas kegaduhan yang terjadi. Hal ini disampaikan lewat akun Instagram resmi mereka (26/10/21).

Membicarakan Cafe del Mar, kafe ini ternyata punya sejumlah hal menarik.
Berikut 5 faktanya:

1. Berasal dari Ibiza
Cafe del Mar yang berada di Bali merupakan salah satu cabang dari Cafe del Mar yang ada di Ibiza, Spanyol. Tawarkan pengalaman bersantai di pinggir pantai, kafe ini dibuat dengan konsep beach club dan restoran. Kafe inipun cukup terkenal di Bali.

Berlokasi di kawasan Canggu, Bali, Cafe del Mar memang menjadi salah satu destinasi bersantai sore bagi para wisatawan mancanegara maupun domestik. Pada awal pandemi Covid-19, Cafe del Mar dikabarkan sempat tutup demi pencegahan penyebaran Covid-19 yang juga bersamaan dengan turunnya angka wisatawan di Bali.

Cafe del Mar kembali ramai setelah Bali mulai membuka pintunya untuk para wisatawan yang ingin kembali datang untuk berlibur. Akhir-akhir ini Bali memang tengah ramai dikunjungi dan menjadi destinasi wisata favorit. Salah satu spot yang paling banyak dikunjungi adalah Cafe del Mar ini.

2. Menyediakan Fasilitas Daybed

Cafe del Mar menjadi salah satu beach club yang paling banyak dikunjungi karena dianggap paling menarik. Salah satu fasilitas terkenalnya adalah daybed bagi para pengunjung. Daybed ini merupakan fasilitas yang sediakan oleh beberapa beach club untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil tidur-tiduran di pinggir pantai ditemani makanan yang lezat dan minuman yang segar.

Biasanya untuk dapat menikmati fasilitas ini, pengunjung diwajibkan memesan makanan atau minuman hingga mencapai sejumlah total biaya minimal atau dikenal dengan istilah 'minimum spend'. Di Cafe del Mar, minimum spend yang ditetapkan untuk fasilitas daybed adalah Rp1 juta.

Untuk daybednya sendiri, Cafe del Mar juga menyediakan daybed yang berada di atas rerumputan dan sebagian lagi berada di sekitar kolam renang yang berhadapan langsung dengan kolam renang dan pantai. Banyak sekali pengunjung yang rela antre untuk mendapatkan daybed, terutama yang berada di sekitar kolam renang.

3. Patokan Harga

Menyediakan menu mulai dari snack hingga pizza, Cafe del Mar menyajikan berbagai jenis menu termasuk pilihan menu untuk pelaku vegetarian. Berbagai minuman yang menyegarkan juga disediakan di Cafe del Mar Bali.

Salah satu menu andalan dari Cafe del Mar yang paling sering dipesan adalah pizza otentik. Untuk harga makanan secara keseluruhan menu-menu yang disajikan di sini dibanderol mulai dari Rp45 ribu untuk camilan, Rp140 ribu untuk makanan khas Indonesia, Rp100 ribu untuk pilihan menu pizza, dan masih banyak menu-menu lainnya.

Sedangkan untuk pilihan minuman Cafe del Mar cenderung lebih banyak menyediakan pilihan minuman beralkohol. Mulai dari cocktail, wine, hingga champagne. Tetapi ada juga beberapa pilihan minuman lainnya yang nonalkohol. Untuk harga minumannya sendiri dibanderol mulai dari Rp35 ribu pada minuman non alkohol dan Rp55 ribu untuk minuman beralkohol.

4. Sajikan Menu Bergaya Mediteranea

Berasal dari Ibiza, Spanyol membuat Cafe del Mar memiliki menu-menu khas yang bergaya Mediterania sesuai dengan daerah asal di mana kafe tersebut pertama berdiri. Tetapi untuk Cafe del Mar yang berada di Bali sendiri cukup banyak melakukan penyesuaian dengan mengkolaborasikan menu-menu bergaya Mediterania dengan beberapa sajian menu khas Indonesia.

Menu bergaya Mediterania yang disajikan di sini diakui terinspirasi dari bahan-bahan yang dipanen di setiap musimnya. Tentunya penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi diungkapkan menjadi bahan dasar dalam pembuatan hidangan makanan dan minumannya.

Hidangan bergaya Mediterania yang disajikan di Cafe Del Mar ini terlihat pada pilihan menu topping pizza. Penggunaan bahan-bahan seperti gorgonzola dolce, guacamole dan berbagai komponen topping lainnya yang menyajikan cita rasa khas Mediterania.

5. Destinasi Favorit untuk Nikmati Pemandangan Sunset

Beach club ini akan semakin ramai ketika malam menjelang. Terutama pada sore hari menjelang waktu matahari terbenam (sunset), dimana Cafe del Mar lebih dipadati pengunjung.

Posisi kafe yang menghadap langsung ke pantai membuat pemandangan saat matahari terbenam di sini semakin istimewa, lengkap dengan pilihan makanan yang lezat dan minuman yang segar. Hal ini juga yang kemudian membuat fasilitas daybed di Cafe del Mar semakin diminati dan membuat para pengunjungnya rela antre untuk mendapatkan pemandangan yang paling indah.

Seringkali Cafe del Mar Bali juga menggelar acara musik yang berlangsung dari sore hingga malam hari dan cocok untuk mengiringi pengalaman menikmati matahari terbenam. Bagi para pengunjung bisa saja menikmati acara musik ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam ditemani dengan makanan yang lezat. Namun ada syarat yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu memesan menu di Cafe del Mar minimal mulai dari Rp2 juta.

sumber: detik.com
Ingin Jajal Yakitori dengan Rasa Otentik Jepang  Coba di Tori Hachi Blok M
08 October 2021
Ingin Jajal Yakitori dengan Rasa Otentik Jepang ? Coba di Tori Hachi Blok M
foto: Tori Hachi (suara)


itoday - Selain punya destinasi wisata yang menarik, Jepang juga kaya akan beragam jenis kuliner. Salah satu lauk yang umum disantap masyarakat Jepang ialah yakitori atau sate yang terbuat dari daging ayam.

Tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang untuk tahu rasa yakitori, Restoran Tori Hachi di Blok M, Jakarta Selatan, menjanjikan berbagai menu. Rasanya dijamin otentik khas negeri Sakura tersebut.

Bukan hanya daging, yakitori juga ada yang tersedia dari kulit ayam. Hidangan itu tentu cocok bagi kamu penyuka kulit ayam.

Spesial Chef yakitori Tori Hachi Sapik Kamdani mengatakan bahwa kebiasaan orang Jepang memang selalu menggunakan semua bagian ayam, kecuali tulang, untuk dijadikan yakitori.

"Beda dengan di kita (Indonesia), kan sate Madura aja cuma pakai dada ayam," ucap Sapik ditemui di restoran Tori Hachi, beberapa hari lalu.

Terbuat dari ayam segar dan diproses dengan minim bumbu, yakitori punya tekstur lembut dengan aroma bakar yang tidak terlalu menyengat.

Kalau kamu mau benar-benar menyicipi sate ayam khas selera orang Jepang, wajib menyicipi tsukune tsukimi beserta saus kuning telurnya. Tapi yang berbeda, kuning telur tersebut dibiarkan mentah dan diberi bumbu khusus kemudian ditaburi wijen hitam di atasnya.

Namun, saus tersebut memang tidak terlalu banyak diminati oleh orang Indonesia. Kebanyakan hanya dipesan oleh pelanggan asli Jepang.

Diakui pemilik Tori Hachi, Dini Anggraeni, restorannya memang menomorsatukan yakitori sebagai andalan. Meski begitu, menu lain juga tetap disajikan.

Beberapa yang juga jadi menu rekomendasi seperti, tori hachi spesial salad, koebi karaage, gyu niku no tataki, hingga tentu saja sushi. Bahkan di lantai dua restoran ada bar khusus sushi.

Sehingga pelanggan bisa berhadapan langsung dengan dapur dapur. Menurut Dini, kebanyaka orang Jepang biasanya lebih sering duduk di meja bar.

Tak jauh dari bar sushi, terdapat dua ruangan tatami khas Jepang. Satu ruangan berkapasitas 12 orang. Namun, dua ruangan tersebut bisa dijadikan satu jika ada pelanggan yang ingin menggunakannya untuk acara keluarga atau kumpul dengan teman-teman.

"Ada juga ruangan VIP kapasitas 8 orang yang bisa dipakai untuk acara kantor. Bisa disewa seharian penuh dengan harga Rp 150 ribu tanpa minimal order," kata Dini.

Ruangan VIP tersebut berada di lantai 1 dan 2 dengan kapasitas yang sama.

Pertahankan rasa dan desain khas Jepang

Jangan kaget saat kamu masuk ke Tori Hachi lalu disambut dengan ucapan "irrasshai-mase" oleh petugas restoran. Ucapan itu memang sapaan dalam bahasa Jepang yang berarti "selamat datang".

Mengawali nama baru Tori Hachi, sebelumnya Tori Ichi, sejak sebulan lalu, Dini mengatakan bahwa restorannya sengaja dibuat dengan rasa dan desain semirip mungkin dengan Jepang.

"Kami ada kerjasama dengan orang Jepang untuk kontrol taste dan pelayanan supaya sesuai dengan Jepang," ucapnya.

Lampu restoran yang agak redup, desain minimalis, juga lukisan dan ornamen khas Jepang menghiasi setiap sudut restoran. Target pelanggan dari restorannya memang khusus setiap orang yang tertarik dengan cita rasa Jepang yang otentik.

Sejak resmi berganti nama sebulan lalu, Tori Hachi masih lebih banyak didatangi pelanggan Indonesia. Padahal, sebelum ada pandemi Covid-19, saat namanya masih Tori Ichi, pelanggan orang Jepang yang datang bisa lebih dari separuhnya.

"Mungkin karena sekarang kan masih pandemi, orang Jepang juga belum banyak yang balik ke sini. Jadi baru 30 persen aja pelanggan Jepang yang datang," ujar Dini.

Bukan tanpa alasan, perubahan nama menjadi Tori Hachi mengandung pengharapan dari pemiliknya agar restorannya selalu beruntung di tengah kondisi pandemi Covid-19. Sebab, kata hachi dalam bahasa Jepang yang berarti angka delapan yang tak terputus.

Jika kamu penasaran untuk datang ke Tori Ichi, lokasinya berada di dekat area Blok M Mal. Jika naik kendaraan umum, bisa turun di stasiun MRT Blok M BCA dan cukup berjalan kaki kurang lebih 5 menit.

sumber: suara.com
Indonesia Pasang AncangAncang agar Tempe Sepopuler Batik di Dunia
07 October 2021
Indonesia Pasang Ancang-Ancang agar Tempe Sepopuler Batik di Dunia
foto: Tempe (pixabay)


itoday - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan tempe akan terus dipromosikan ke dunia. Untuk itu, sejumlah langkah disusun agar makanan olahan fermentasi kedelai itu bisa dikenal luas.

"Berkaitan dengan gastrodiplomacy, kami akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya tentang bagaimana tempe menjadi keunggulan Indonesia," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing, Senin, 5 Oktober 2021.

Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian UMKM, dan konsulat jenderal Indonesia di luar negeri akan dilibatkan dalam gastrodiplomasi. Hal ini mengingat tempe menjadi bagian dari kampanye Indonesia Spice Up the World yang akan berlangsung hingga 2024.

"Ini program kolosal, kolaborasi tingkat massal dalam payung Indonesia Incorporated. Tujuannya untuk mendorong kuliner-kuliner Indonesia, seperti tempe, untuk mendunia," kata Sandiaga.

Selain promosi langsung, pihaknya juga menggandeng Google dan Indonesia Gastronomy Network untuk mengelola laman khusus yang mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia, termasuk tempe. Laman kuliner itu dinamai Spice Up The World yang akan dimuat di Google Arts and Culture.

"Kemenlu sendiri telah melakukan gastrodiplomasi dengan menyelenggarakan sejumlah event di luar negeri," sambungnya.

Selain itu, ia sudah menugaskan Staf Ahli bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf Joshua Simanjuntak untuk berdiskusi dengan perwakilan Forum Fermentasi Nusantara. Keduanya akan menggarap program Tempe for Life yang bertujuan mengenalkan produk tempe ke dunia. "Jadi, Indonesia tidak hanya dikenal akan batik, wayang, atau keris, tetapi juga tempe ke depannya," ia menambahkan.

Jual Tempe di Jepang

Sandiaga juga menyampaikan bahwa konsumen di Kansai, Jepang, akan segera bisa menikmati tempe buatan Indonesia lewat jaringan supermarket terbesar di sana, Gyomu Supaa. Dikutip dari Antara, Konjen RI di Osaka menyatakan masuknya tempe Indonesia ke pasar Jepang, merupakan hasil penandatanganan kontrak pesan ulang antara PT Arumia Kharisma Indonesia dengan Kobe Bussan Co.Ltd dengan volume hingga 13,8 ton, pada Rabu, 29 September 2021.

Konsul Jenderal RI di Osaka, Diana ES Sutikno mengatakan faktor kualitas dan keamanan yang tinggi, serta kemasan yang menarik dan praktis merupakan hal penting dalam memastikan peningkatan penetrasi pasar dan keberlanjutan ekspor produk pangan Indonesia ke Jepang. Ia menyatakan bahwa produk makanan dan minuman Indonesia harus mempunyai hasil uji lab yang diakui Jepang.

"Hal ini tidak terlepas dari peran Badan POM dalam memastikan produk kualitas ekspor benar-benar aman dan sesuai standar internasional," ujar Diana.

Sementara, Presiden Kobe Bussan Co. Ltd Jepang Hirokazu Numata mengaku tidak menyangka masyarakat Jepang menyukai tempe Indonesia. Tempe, kata dia, semakin diminati oleh warga Jepang karena tergolong makanan sehat dan bergizi. Ia pun memutuskan memesan ulang tempe dengan jumlah yang lebih besar dari Indonesia.

"Mulai tersedia pada akhir Oktober 2021," katanya.

Warisan Budaya Takbenda

Sebelumnya, Indonesia juga berupaya mengajukan tempe sebagai bagian warisan budaya takbenda UNESCO sejak beberapa tahun lalu. Namun, perjalanan itu memerlukan waktu lebih panjang lagi.

"Karena pandemi COVID-19, belum ada perbincangan lagi dengan Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Tahun ini bakal diajukan lagi," kata Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah, melalui sambungan telepon pada Liputan6.com, Kamis, 7 Januari 2021.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid, mengatakan bahwa tempe sudah pernah dibahas dalam sidang tingkat nasional untuk diajukan ke UNESCO. Tapi, tim penilai waktu itu memutuskan gamelan yang akan diajukan.

Terkait kelanjutan pendaftaran tempe sebagai warisan budaya takbenda, Farid menambahkan, usulan itu selalu dibuat komunitas pendukung. Merekalah yang akan presentasi di hadapan tim penilai yang terdiri dari para pakar.

"Hasil tim penilai kemudian disampaikan pada Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) yang kemudian membuat keputusan akhir. Selanjutnya usulan akan disampaikan pada Komite ICH," katanya menjelaskan perjalanan yang akan dilalui tempe untuk bisa tercatat dalam kategori itu.

sumber: liputan6.com
Indomie Goreng Jadi Mie Instan Terbaik Versi NY Magazine
06 October 2021
Indomie Goreng Jadi Mie Instan Terbaik Versi NY Magazine
foto: Indomie Mie Goreng (detik)


itoday - Mie instan memang selalu menarik perhatian. Ada yang disajikan berkuah maupun kering. Menurut New York Magazine, berikut ini mie instan kuah dan goreng terbaik!

Siapa yang tak mengenal mie instan? Produk mie kemasan yang praktis dimasak dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Hampir di setiap negara memiliki produk mie instan dengan beragam varian.

Seperti Indonesia yang memiliki produk ternama yaitu Indomie dengan versi kuah dan kering. Varian rasanya sangat beragam, namun yang paling populer adalah mie goreng original. Kepopuler Indomie goreng ini bahkan sampai ke mancanegara.

Beberapa situs makanan menyebut Indomie sebagai mie instan terenak. Apakah New York Magazine juga mencantumkan Indomie sebagai yang terenak di dunia?

New York Magazine atau NY Magz adalah situs yang membahas tentang gaya hidup atau lifestyle. Banyak juga pembahasan mereka tentang makanan dan minuman. Salah satunya, situs ini membuat peringkat mie instan terbaik di dunia pada tahun 2021.

Berikut mie instan kuah dan goreng terbaik di dunia versi NY Magazine.

1. Mie Instan Kuah Terbaik

NY Magazine mengelompokkan mie instan terbaik berdasarkan variannya. Pertama ada varian kuah dari beberapa negara. Menurut NY Magazine, yang menempati urutan pertama sebagai mie instan kuah terbaik adalah mie instan asal Malaysia MyKuali Penang White Curry Noodles. Menurut mereka rasanya sangat enak dengan kuah kari yang nendang, ada sedikit rasa pedas dari cabai hijau.

Selanjutnya, mie instan asal Jepang menempati posisi kedua sebagai mie instan terbaik versi NY Magazine. Ramen instan Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan ini memiliki tekstur kuah yang creamy, tak heran kalau rasanya super gurih.

Mie instan asal India yaitu Maggi juga masuk ke dalam mie instan kuah terbaik menurut NY Magazine. Mie instan dengan varian rasa masala ini memiliki paduan rasa pedas dan gurih.

Sayangnya, pada kategori ini mie instan asal Indonesia yaitu Indomie tidak masuk ke dalam kategori mie instan kuah terbaik versi NY Magazine. Padahal, Indomie kuah memiliki banyak varian rasa.

2. Mie Instan Goreng Terbaik

NY Magazine juga mengeluarkan mie instan terbaik versi mie goreng. Untuk versi ini, mie instan asal Indonesia masuk ke dalam daftarnya. Tak lain adalah merek Indomie yang terbukti populer di beberapa negara.

Indomie goreng original menempati posisi pertama untuk mie instan bumbu terbaik. Rasa bumbunya sangat gurih dan minyak bawang serta bawang gorengnya terasa mendominasi.

Posisi kedua masih ditempati oleh Indomie varian mie goreng BBQ chicken. Varian ini rasanya hampir mirip dengan original, hanya saja ada cita rasa ayam di akhirnya.

Dua varian mie goreng dari Indomie masuk ke dalam kategori mie instan goreng terbaik versi NY Magazine. Sekali lagi, ini membuktikan kepopuleran dari Indomie di mancanegara. Beberapa kali, Indomie goreng juga masuk ke dalam peringkat mie instan terbaik di dunia versi media Australia hingga Ramen Rater.

sumber: detik.com

Terpopuler