Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Sisca Kohl Bikin Derajat Mi Instan Naik Kelas Pakai Topping Harganya Rp16 Juta
25 July 2021
Sisca Kohl Bikin Derajat Mi Instan Naik Kelas, Pakai Topping Harganya Rp16 Juta
foto: ilustrasi (ist)

itoday - Sisca Kohl dikenal hobi membagikan tutorial memasak dengan harga fantastis. Makanan yang tadinya bisa saja murah meriah bisa Sisca sulap jadi makanan mewah.

Salah satu contohnya seperti yang dibagikan akun TikTok @tokopedia. Dalam unggahan itu, Sisca Kohl membuat mi instan dengan total harga Rp16 juta.

Ya, mi instan yang biasa dikenal sebagai makanan akhir bulan berubah menjadi santapan mewah. Sisca kohl menggunakan beragam topping mahal untuk sajian mi instan tersebut.

Sisca Kohl menggunakan lobster dengan ukuran sangat besar, daging wagyu A5, bafun uni atau bulu babi dari Jepang, kaviar, jamur trufle, keju parmigiano reggiano dan foie gras hati angsa.

Pertama Sisca merebus mi instan yang cukup mudah ditemui di pasaran. Ia memasak mi instan itu seperti biasa. Selanjutnya, ia mengukus lobster dengan sparkling water.

Ia kemudian measak steak wagyu A5 dengan kematangan medium. Tak sampai di situ, ia juga memasak hati angsa tanpa minyak di sebuah teflon.

Sisca kemudian mengupas lobster yang telah matang. Lobster, wagyu A5, dan hati angsa yang sudah ia masak ditata sedemikian rupa di atas mi instan.

Tentunya topping penuh kemewahan ini belum berakhir. Sisca memarut jamur truffle dan juga keju parmigiano reggiano di atas mi instan.

Sisca juga menambahkan bafun uni, kaviar serta lembaran emas yang dimakan. Mi instan yang penuh kemewahan itu akhirnya siap Sisca santap.

Video ini kemudian menarik perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Mi instannya Rp3 ribuan, tapi harga toppingnya bikin jantungan," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Aku yang topping mi instannya paling mahal telur dan kornet hanya bisa diam," ujar warganet ini.

"Ini mi instannya salah pergaulan. Biasanya bergaul sama nasi, kali ini malah dengan kaviar dan topping borjuis lainnya," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Sabtu (24/7/2021), video ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali di TikTok.

sumber: suara
Cara Menyimpan Daging Dalam Kulkas agar Tahan Lama
22 July 2021
Cara Menyimpan Daging Dalam Kulkas agar Tahan Lama
foto: ilustrasi (liputan6)

itoday - Berbeda dengan hari biasanya, Iduladha jadi momen istimewa. Usai penyembelihan hewan kurban daging tersebut disalurkan kepada masyarakat.

Selain dibuat berbagai hidangan, ada juga orang yang menyimpan daging kurban itu ke dalam kulkas. Memang tidak mungkin mengolah semua daging kurban yang didapat dalam sehari.

Bagaimana cara menyimpan daging di kulkas agar tetap awet dan tidak menyebabkan bau tak sedap? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

1. Jangan Dicuci

Sebaiknya daging jangan dicuci sebelum disimpan karena bila dicuci bisa membuat aroma prengus kian kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak.

2. Potong Sesuai Selera

Potong-potong daging sesuai selera karena mencairkan daging beku yang berukuran lebih kecil tentu lebih mudah. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan lebih sedikit tempat di lemari es.

3. Catat Tanggal

Penting untuk mencatat tanggal saat daging dimasukkan ke dalam kulkas. Catatan itu tentu akan jadi pengingat untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dulu.

4. Wadah Kedap Udara

Masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah atau kantong plastik yang digunakan berbahan food grade, karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berbulan-bulan.

5. Bekukan Daging

Daging sapi memiliki daya tahan yang berbeda dengan daging ayam. Daging sapi bisa disimpan di freezer dengan suhu di bawah -18 derajat Celciua selama maksimal 6--12 bulan. Tujuan pembekuan agar bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi sehingga daging awet secara alami.

6. Pencairan

Jangan dicairkan daging di suhu ruangan. Daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri. Sebaiknya pindahkan daging ke luar freezer. Letakkan di rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

sumber: liputan6
Bagaimana Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot Ini Kata Para Chef
19 July 2021
Bagaimana Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot? Ini Kata Para Chef
foto: ilustrasi (kumparan)

itoday - Memasak serta menyajikan daging kambing bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Dibalik cita rasanya yang nikmat, lezat, serta gurih, dibutuhkan teknik khusus dalam mengolah jenis daging merah satu ini. Hal ini diperlukan untuk membuat kualitas daging enak dan nyaman ketika dihidangkan.

Tekstur dan aroma daging kambing cukup berbeda dengan sapi ataupun kerbau. Daging hewan satu ini punya bau prengus yang menusuk serta dagingnya cukup keras. Namun, bila diolah dan dimasak dengan cara yang benar, bau prengus maupun tekstur keras bisa diatasi.

Terutama saat perayaan Idul Adha daging kambing menjadi salah satu bahan masakan favorit. Wajar, kalau banyak yang mencari tips untuk mengolah daging kambing agar empuk dan tidak alot. Umumnya, ketika menerima daging hewan kurban tersebut, banyak orang cenderung langsung merebus dalam air panas nan mendidih. Lalu, langsung dimasak dengan menambahkan rempah-rempah.

Nyatanya, enggak cuma dengan menambahkan rempah-rempah saja daging kambing bisa menjadi empuk. Ada beberapa cara serta bahan alami lain yang bahkan disarankan langsung oleh para chef untuk kamu gunakan. Seperti tips memasak dari chef Yuda Bustara dan chef jebolan MasterChef Indonesia season 4, Denny Gumilang.

Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Alot
Tekstur dan aroma daging kambing cukup berbeda dengan sapi ataupun kerbau. Daging hewan satu ini punya bau prengus yang menusuk serta dagingnya cukup keras. Bagaimana cara memasak yang tepat?

1. Jangan mencuci daging kambing

Cara pertama dan cukup sederhana adalah jangan mencuci daging kambing. Menurut chef Denny Gumilang ini adalah cara terbaik agar kualitas daging bisa semakin empuk.

"Banyak yang mengira bahwa daging kambing harus dicuci karena baunya prengus. Padahal, bau tersebut disebabkan oleh bakteri. Yang terpenting, jaga higienitas atau kebersihan saat memotong daging kambing, jangan pula diletakkan di atas tanah," jelas Denny kepada kumparan.

2. Melumuri daging kambing dengan daun singkong

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan daun singkong yang sudah diremas hingga getahnya keluar, lalu selimuti seluruh bagian daging kambing. Kemudian, diamkan hingga kurang lebih setengah hingga satu jam.

Biar makin empuk, kamu juga boleh menambahkan dengan parutan nanas. Ini bertujuan agar protein daging bisa lebih lembut. Sebab, daun singkong maupun nanas mengandung papain dan bromelin enzim. Keduanya kandungan tersebut mampu melunakkan protein dalam daging kambing.

“Papain dan bromelin enzym dari daun singkong dan nanas bisa melembutkan protein, sehingga sering digunakan untuk melunakkan daging kambing,” terang Chef Yuda.

3. Bisa menggunakan panci presto

Jika kedua cara tadi merupakan versi tradisional, maka bila kamu memiliki peralatan memasak yang lebih canggih, seperti panci presto, tentu akan lebih mudah.

Caranya pun simpel dan cepat, cukup presto saja daging kambing selama kurang lebih 40 menit. Bila sudah matang, potong daging berlawanan arah urat. Ini bisa membuat daging tidak mudah alot meski sudah dingin sekalipun.

sumber: kumparan
4 Tips Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging agar Tidak Bau Amis
19 July 2021
4 Tips Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging agar Tidak Bau Amis
foto: ilustrasi (kumparan)

itoday - Bau tak sedap yang menempel pada pisau atau beberapa peralatan masak lain memang mengganggu. Hal ini dapat terjadi ketika kita tak membersihkan alat masak secara asal.

Terlebih saat selesai memotong daging, tidak jarang bau amis hingga lemaknya masih menempel meski sudah dicuci.

Sebuah studi di Universitas Georgia pernah menguji seberapa berbahayanya peralatan dapur yang kotor bagi kesehatan.

Mengutip Home Cook World, tim peneliti menemukan bakteri dan mikroorganisme dalam peralatan masak dapat dengan cepat menyebar dari satu makanan ke makanan lainnya. Hal ini pun bisa memicu keracunan makanan akibat menggunakan alat dapur yang terkontaminasi bakteri; semacam Salmonella atau E. coli.

Oleh karena itu, membersihkan pisau ataupun parutan makanan menjadi sangat penting dan tidak boleh sembarang dilakukan. Jika tidak sesuai prosedur, maka kedua alat mampu menyebarkan mikroorganisme dan bakteri ke makanan.

Nah, supaya kamu tidak bingung, cara membersihkan pisau usai memotong daging, berikut kumparanFOOD rangkum beberapa tipsnya. Yuk disimak, siapa tahu berguna saat masak makanan Idul Adha di rumah.

Supaya kamu tidak bingung, cara membersihkan pisau usai memotong daging, berikut kumparanFOOD rangkum beberapa tipsnya. Yuk, disimak selengkapnya!

1. Cuci langsung dengan tangan

Seringkali kita langsung menggunakan spons guna membersihkan pisau. Sayangnya, cara tersebut bikin bau daging kerap masih tercium. Maka dari itu, sebaiknya gunakan tangan terlebih dahulu ketika membersihkan pisau.

Oleskan sabun ke permukaan pisau lalu beri sedikit air. Gosok secara perlahan dan merata dengan tangan. Setelahnya, diamkan dahulu sekitar satu sampai dua menit agar wangi sabun dapat menempel lekat di permukaan pisaunya. Terakhir, pastikan kamu membilas pisau dengan air bersih dan mengalir.

2. Bersihkan secara perlahan

Selanjutnya, saat membersihkan peralatan dapur satu itu, kita perlu ekstra pengamanan. Sebab, bagian ujung pisau mempunyai sudut yang cukup tajam. Bila kita tak hati-hati saat mencuci pisau, kemungkinan tangan bisa terluka.

Oleh karenanya, penting untuk selalu berhati-hati dan bersihkan secara perlahan saja. Sebisa mungkin, saat mencuci bagian ujung pisau yang tajam gunakan spons supaya lebih aman. Alternatif lainnya, bisa juga letakkan di atas permukaan yang rata kemudian bersihkan satu per satu ujung pisau yang tajam tersebut.

3. Rendam pisau secepatnya

Usahakan jangan pernah menyisakan makanan kering di permukaan pisau. Begitupun usai memotong daging, hal ini hanya membuat bau pisau jadi tak sedap dan amis. Bila bekas makanan tersebut tidak bisa hilang, sebaiknya langsung rendam pisau secepatnya.

Mengutip The Kitchn, tips satu ini membantu bekas makanan membandel di pisau cepat luntur. Rendam dalam air panas selama kurang lebih satu menit saja. Jika direndam terlalu lama, maka dikhawatirkan pisau mudah berkarat atau gagangnya jadi melengkung.

4. Keringkan pisau dengan handuk

Tips terakhir yakni mengeringkan pisau dengan baik dan benar. Setelah digosok, dicuci, dibilas, maupun direndam, wajib sekali untuk langsung mengeringkan pisau. Umumnya, setelah memotong daging, bau amis di pisau kerap bertahan cukup lama. Sesaat usai dicuci, usahakan langsung keringkan permukaan pisau. Selain membuat baunya cepat hilang, cara ini juga mencegah pisau agar tidak berkarat.

sumber: kumparan
Cita Rasa Harum Menggoda Roti Tawar Guriyana Langganan Anak Era 90an
19 July 2021
Cita Rasa Harum Menggoda Roti Tawar Guriyana, Langganan Anak Era 90an
foto: Roti Guriyana (merdeka)

itoday - Aroma roti yang dipanggang menusuk hidung ketika menjejakkan kaki di pabrik roti Guriyana. Sekilas nampak seperti pabrik roti pada umumnya. Namun eksistensinya menyimpan sejarahnya sendiri. Tahun 1971 menjadi awal mula berdirinya pabrik roti dan kue Guriyana. Bagi anak era 90an pasti akan bernostalgia ketika menjumpai gerobak roti Guriyana. Yang menjajakan roti manis dan roti tawarnya yang juara.

Benar saja, dahulu satu bungkus roti tawar pernah dijual pabrik ini dengan harga Rp 35 saja. Perjuangan untuk bertahan dan melalui berkali-kali inflasi melintasi berbagai generasi. Siapa sangka, tokoh politik AHY putra presiden ke 6 Indonesia kedapatan suka dengan roti tawar Guriyana. Bau harum dan cita rasanya tidak berubah, dari dulu hingga sekarang selalu dipertahankan. Baik proses pembuatan hingga menjajakan roti dengan gerobak di jalanan.

Generasi demi generasi dilalui perusahaan roti Guriyana. Persaingan berbagai jenis dan merek rotipun tak terelakkan.

Lokasi pabrik roti ini berada di Jalan Kayu Manis IX nomor 46, Matraman, Jakarta Timur. Didirikan oleh Muhamad Subari hingga kini tak pernah berpindah tempat produksi. Di tempat inilah seluruh kegiatan produksi berlangsung. Mulai dari membuat adonan hingga tahap pengemasan.

Sekilas memang tampak sederhana saja. Namun untuk menghasilkan tekstur roti tawar yang pas butuh keahlian khusus dan jam terbang tinggi. Kini mengaduk adonan roti dibantu mesin mixer. Berbeda dahulu yang semuanya dilakukan secara manual.

Tepung roti, gula, mentega, ragi roti hingga susu diaduk rata. Tentu saja takarannya harus sesuai dengan ketentuan agar cita rasanya tetap dipertahankan. Adonan yang sudah tercampur kemudian diangkat untuk ditimbang sebelum masuk ke cetakan.

Berat adonan disesuaikan dengan kubus-kubus cetakan roti tawar. Mengisi cetakannya tidak sampai penuh. Pasalnya dengan adanya ragi roti, adonan roti akan mengembang. Memenuhi bahkan melebihi tinggi cetakan. Oven besar ini akan menampung puluhan roti tawar dalam sekali panggang.

Para pekerja memeriksa kematangan roti tawar secara berkala. Kulit roti yang mulai kecokelatan menandakan roti tawar sudah matang. Saatnya dikeluarkan dari oven untuk didinginkan. Semerbak bau harumnya begitu menggoda, membuat perut keroncongan meronta untuk menyantap lezatnya roti Guriyana.

Kulit roti yang cokelat memang terlihat keras, disinilah tahap menguliti roti dilakukan. Tujuannya ialah agar cita rasa roti yang lembut dapat terasa sejak gigitan pertama. Lapisan terluar yang keras dan berwarna cokelat diiris tipis-tipis. Hingga menyisakan bagian roti yang berwarna putih bersih. Pasalnya, beberapa pelanggan tidak suka dengan karakteristik luar roti tawar yang keras setelah keluar dari panggangan.

Namun tidak semua roti tawar dihilangkan kulit kerasnya. Model dan varian disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang bermacam-macam. Roti tawar kemudian diiris tipis dengan pisau panjang khusus roti. Rotipun siap dijejer pada etalase gerobak.

Gerobak-gerobak sederhana inilah yang akan mengantarkan roti tawar ke depan rumah. Gang-gang sempit, hingga jalanan perkotaan menjadi tujuan para penjual keliling roti tawar Guriyana. Lokasi berjualanya meliputi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Saat ini roti tawar Guriyana dijual dengan harga Rp 10 ribu. Sedangkan roti manis dengan isian selainya dijual Rp 5 ribu saja. Roti tawar selalu menjadi roti unggulan Guriyana sejak berdiri hingga kini.

Berbagai persaingan dan penyesuaian harga selalu dialami pabrik roti Guriyana. Namun roti Guriyana selalu mampu menyesuaikan pasang surut. Demi mempertahankan cita rasa yang sama selama hampir setengan abad lamanya.

sumber: merdeka
Resep Tongseng Kambing Khas Yogyakarta
19 July 2021
Resep Tongseng Kambing Khas Yogyakarta
foto: Tongseng Kambing (merdeka)

itoday - Salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berwisata ke Yogyakarta adalah tongseng. Terutama jika Anda kurang menikmati sajian seperti gudeg. Tongseng yang rasa manisnya tidak terlalu dominan pasti lebih mudah diterima di lidah.

Bagaimana cara membuat tongseng sendiri? Berikut ini resep tongseng kambing khas Yogyakarta yang bisa dipraktikkan di rumah.

Bahan:

500 gram daging kambing
8 lembar kol (kubis), iris
1 cabai merah besar, iris menyerong
2 sendok makan gula merah sisir
2 sendok makan kecap manis
1 liter air
1,5 l santan encer
1 buah tomat, potong-potong
2 batang bawang perai, potong 5 cm
10 buah cabai rawit, biarkan utuh
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Utuh:

2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:

5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe
4 buah kemiri, sangrai
3 cm kunyit, bakar
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Tongseng Kambing:

1. Rebus daging kambing sampai empuk, lalu tiriskan airnya.
2. Cuci bersih daging kambing dan bersihkan kotorannya.
3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus beserta lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
4. Masukkan air dan daging.
5. Tambahkan lada, garam, penyedap, gula merah, lalu masak hingga daging benar-benar empuk.
6. Saat kuah sudah kental, masukkan kol dan kecap manis.
7. Masukkan tomat dan cabai, kemudian masak sampai layu.
8. Lakukan tes rasa. Jika sudah sesuai selera, segera angkat tongseng dari kompor.

sumber: merdeka

Terpopuler