Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Bubur Ase Betawi Makanan Wajib untuk Penyuka Bubur Diaduk
10 May 2022
Bubur Ase Betawi Makanan Wajib untuk Penyuka Bubur Diaduk
foto: ilustrasi (republika)


itoday - Selalu ada perdebatan di media sosial tentang cara paling enak dalam menikmati bubur, salah satu menu sarapan yang lazim di Jakarta. Sebagian warganet mengatakan bubur, kuah, potongan ayam, kacang, sambal dan kerupuk yang diaduk terasa lebih enak, sisanya lebih memilih makan bubur tanpa diaduk sehingga tiap pugasannya terpisah.

Semua memang kembali kepada selera masing-masing, tapi khusus untuk bubur ase yang merupakan makanan khas Betawi, tampaknya tim bubur diaduk jadi juara. Chef Moch Feisal Rachman dari Hotel Mercure Cikini, Jakarta, mengatakan bahwa bubur ase yang pugasannya terdiri dari semur daging dan asinan lebih nikmat jika diaduk terlebih dahulu.

"Campur biar enak, kalau dipisah nggak enak," kata Feisal.

Feisal mengatakan, nama "ase" diambil dari "asinan dan semur", pugasan dari kuliner Betawi yang kini termasuk langka. Dalam suguhan bubur ase yang dibuat Feisal, buburnya terasa hambar karena sumber rasanya ada pada semur dan asinan yang meliputi toge, lobak, sawi asin, lokio dan mentimun.

Semur menyumbang rasa manis.

Sementara asinan memberikan nuansa asam dan pedas berkat komposisi cuka, gula merah, kacang tanah, ebi dan cabe.
Selain daging sapi dan asinan, bubur ini juga dilengkapi dengan tahu, kentang serta kerupuk merah. Buku "Kuliner: Suatu Identitas Ketahanan Pangan Unik" karya Musa Hubeis dan W Kania Dewi menyebutkan bubur ini memang punya penampakan yang berbeda dari bubur Cianjur, Sukabumi atau bubur China.

Pugasannya lebih ramai dan berwarna, tapi dominan hitam berkat kuah semur. Hidangan semur pada umumnya terdiri dari potongan daging dengan kuah kecap, bumbunya terdiri dari rempah seperti pala, kayu manis, cengkeh, jahe, merica dan ketumbar.

Dikutip dari buku "Kuliner Betawi, SELAKSA RASA dan cerita", bubur yang dimasak dengan daun salam dan santan ini biasa dilengkapi dengan kacang tanah goreng, udang rebon dan daun bawang.

sumber: republika.co.id
Rutan Takengon Kembangkan Usaha Pembuatan Roti
03 May 2022
Rutan Takengon Kembangkan Usaha Pembuatan Roti
foto: ilustrasi (republika)


itoday - Rutan Kelas IIB Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, mengembangkan inovasi usaha pembuatan roti untuk kemandirian warga binaan di rumah tahanan negara tersebut.

Pl. Kepala Rutan Kelas IIB Takengon Husni mengatakan usaha pembuatan roti tersebut mulai dirintis tujuh bulan lalu dan saat ini produknya sudah laris manis di pasaran.

"Alhamdulillah, peminat roti sekarang sangat tinggi, walau hanya dipasarkan di wilayah Aceh Tengah," kata Husni.

Menurutnya, usaha pembuatan roti tersebut dikelola secara profesional dengan membentuk koperasi dan memberdayakan warga binaan. Usaha roti tersebut setiap harinya mampu memproduksi 500 sampai 700 roti dengan berbagai model dan rasa. Roti ini diberi nama atau merek Kanata singkatan dari Karya Narapidana Takengon. Roti tersebut dijual Rp3.000 per potong.

"Untuk warga binaan, kami seleksi, lalu diberikan pelatihan. Sekarang mereka sudah bisa membuat lebih dari 30 model dan rasa roti, tapi yang intens dibuat sekarang ada sekitar 20 rasa," kata Husni.

Husni menuturkan hasil dari usaha roti tersebut dapat digunakan untuk kesejahteraan para anggota koperasi yang tak lain adalah warga binaan dan pegawai di rutan.

"Hasilnya penjualan untuk koperasi. Kemudian, dibagi untuk kesejahteraan anggota koperasi. Komitmen kami setahun tiga kali, pada meugang puasa, meugang Idul Fitri, dan meugang Idul Adha," tuturnya.

Dia menyebut usaha roti ini bahkan sudah mampu berkontribusi untuk menyumbang pajak bagi negara. Di akhir tahun kemarin, pajak yang dibayarkan hampir Rp6 juta. Dia berharap usaha pembuatan roti tersebut dapat terus berjalan dan berkembang, sehingga nantinya juga dapat menjadi bekal keterampilan bagi para warga binaan setelah bebas nantinya.

"Selain pembuatan roti, Rutan Takengon juga mengembangkan usaha produk air mineral. Kami menargetkan empat inovasi usaha di kembangkan di rutan ini," kata Husni.

sumber: republika.co.id
Geliat Bisnis Jamu Membidik Pasar Anak Muda
26 April 2022
Geliat Bisnis Jamu Membidik Pasar Anak Muda
foto: Stasiun Jamu (republika)


itoday - Indonesia dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brasil Adalah sebuah fakta yang menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia.

Dimana sumber kekayaan alam menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan atau yang biasa disebut green economy. Atas dasar fakta tersebut diatas maka pelaku usaha yang memanfaatkan sumber daya alam hayati masih memiliki peluang yang sangat besar untuk menjangkau pasar lokal serta pasar internasional. 

Dalam kemajuan teknologi informatika saat ini menembus pasar bukanlah menjadi masalah. Kendala terbesar justru adalah bagaimana membentuk pasar dengan karakteristik yang dibutuhkan.

Peluang usaha dalam masa pandemi Covid 19 yang akan dilewati ini membuktikan bahwa bidang penunjang kesehatan masih mendominasi bisnis yang diminati pelaku usaha. Salah satunya adalah usaha minuman kesehatan berupa jamu. Bahan pembuatan olahan jamu adalah 100 persen berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, itulah sebabnya bisnis jamu sangat sustainable dengan ketersediaan material yang melimpah di tanah nusantara yang sejak dahulu kala terkenal akan surganya rempah rempah dunia.

Rasa syukur kami panjatkan atas mulai berjalannya Gerai  Pertama kami yang bernama Stasiun Jamu Parampah Indonesia beralamat di Mampang Jakarta Selatan.

Stasiun Jamu hadir ditengah-tengah bisnis online kuliner yang siap memburu market place di jagad dunia maya, memberikan sebuah pilihan alternatif hidup sehat dengan minuman sehat tradisi turun temurun nenek moyang bangsa indonesia. Stasiun jamu hadir untuk menerima tantangan PARAMPAH INDONESIA untuk menelurkan para PERACIK REMPAH Nusantara dimana para peramu rempah ini juga merupakan aset bangsa yang perlu kita lestarikan.

Rudi Octave, pemilik Stasiun Jamu mengatakan, saat ini jamu atau minuman rempahan tidak banyak diminati khalayak muda mudi indonesia. Karena inilah maka parampah indonesia mendorong agar minuman rempah ini jauh lebih punya manfaat ketimbang minuman racikan di cafe yg tidak lebih banyak manfaatnya dari minuman rempah. "Tapi dengan syarat rasanya harus mengikuti selera pasar anak muda, misalnya toping boba yg terbuat dari cingcau hijau asli dari daun janggelan atau yg dikenal dalam bahasa lain nya disebut mesona palustris, atau sirup warna merah yg diganti minuman rempah dgn tanaman kayu secang yg jauh lebih sehat, " ujar Rudi.

Parampah Indonesia itu sendiri adalah hasil besutan bapak DR Aries Muftie (Ketua Gerakan Desa Emas) dan Subagiyo ST ( Ceo Aliansi Kuliner Indonesia) yang tergabung dalam kemitraan yaitu Kuliner Indonesia Desa Emas (Kulindes).

Strategi dan Terobosan yang dilakukan  stasiun jamu adalah kombinasi layanan pesan antar daring diteruskan dengan keselarasan audio visual di media sosial tujuannya untuk membentuk trust dimata costummer sehingga terbentuk sebuah gimmick yaitu “Pesan antar anda sampai di tangan anda, unggahan video nya bisa anda lihat di IG @stasiun.jamu," katanya.

Pesan yang ingin disampaikan adalah Peracikan minuman rempah di Stasiun jamu berada pada pola kebersihan yang dapat dipercaya, memakai sumber bahan campuran yang higienis dan layak konsumsi, serta dibantu dengan peralatan food grade yang memadai, Stasiun jamu saat ini punya soft drink unggulan yaitu jahe kapulaga, jahe jeruk nipis dan rosella gula batu dan jamu yg umum yaitu kunyit asem.

Demikian rilis kami dalam menyambut dibukanya gerai Stasiun Jamu. "Semoga usaha kami dapat di nikmati oleh banyak pihak dan sekaligus bisa menerima manfaat dari kehadiran Stasiun Jamu ini," katanya.

Salam Sehat dari kami: Kuliner Indonesia ( Parempah Indonesia Gerai Stasiun Jamu)

sumber: republika.co.id
Sri Mulyani Sajikan Nasi Kuning dan Kue Cucur untuk Delegasi G20 di Washington DC
25 April 2022
Sri Mulyani Sajikan Nasi Kuning dan Kue Cucur untuk Delegasi G20 di Washington DC
foto: ilustrasi (liputan6)


itoday - Kesempatan menjadi tuan rumah G20 pada 2022 dimanfaatkan Indonesia untuk mengenalkan berbagai hal menarik tentang negeri ini, termasuk soal kuliner. Situasi itu juga dimanfaatkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Agenda utama G20 memang baru akan digelar di Bali pada November 2022. Namun, para delegasi G20 lebih dulu bertemu dalam Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Washington DC , Amerika Serikat (AS) pada 23 April 2022.

Ada cerita menarik dari acara (FMCBG) G20 di Washington DC tersebut. Sri Mulyani menyajikan makanan ikonik Indonesia untuk para delegasi G20.

Dalam akun instagramnya, Sri Mulyani menulis soal hidangan nasi kuning lengkap disajikan dengan urap, ayam, tahu bacem, sambal, bihun, kerupuk, dan ketimun.

"Bayangkan seporsi nasi kuning lengkap, disajikan dengan urap, ayam, tahu bacem, sambel, bihun, kerupuk, dan ketimun….," tulisnya dalam unggahan di akun Instagramnya pada Minggu, 24 April 2022.

"Lalu bayangkan para delegasi negara-negara anggota G20 yang menghadiri acara FMCBG G20 menyantap nasi kuning, sebagian besar baru pertama kali mencoba. Para tamu penasaran dan asyik melahap satu per satu lauk pelengkap nasi kuning yang disajikan…. seru kan..," sambungnya.

Menurut Sri Mulyani, para tamu G20 di Washington DC, Amerika Serikat, penasaran saat hidangan nasi kuning itu disajikan. Mereka ternyata menyukai salah satu makanan khas Indonesia tersebut.

Kabar Menyenangkan

"Selain itu disuguhkan juga jajanan tradisional kue cucur dan nagasari," tulisnya lagi. Sebagai tuan rumah, Sri Mulyani mengaku senang dan bangga bisa menyuguhkan masakan khas Indonesia.

Menurut tradisi, nasi kuning disajikan pada acara syukuran dan peristiwa-peristiwa yang menyenangkan atau kebaikan yang dirayakan agar bisa dinikmati bersama.

"Seperti tradisi hadirnya nasi kuning, semoga G20 memberikan kabar menyenangkan dan kebaikan bagi dunia," harapnya.

Tumpeng nasi kuning memiliki makna dan nilai-nilai luhur yang istimewa. Makna dan filosofi nasi kuning memiliki sejumlah versi.

Secara umum, ada kebaikan-kebaikan serta harapan dan doa yang turut disematkan dalam sajian tumpeng nasi kuning beserta lauk pauknya. Dilansir dari berbagai sumber, simbol-simbol yang menyertai pun tak luput dari harapan-harapan baik yang dimiliki bersama, yaitu:

1. Meningkatkan Kemakmuran dan Kesejahteraan

Kenapa memilih warna kuning? Warna kuning diibaratkan sebagai warna emas. Warna emas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

Harapannya dengan membuat nasi kuning maka akan lebih banyak kemakmuran, kesejahteraan, dan kekayaan yang bisa didapatkan.

2. Berharap Lebih Banyak Kemuliaan

Tumpeng yang berbentuk kerucut melambangkan gunung. Masyarakat di Pulau Jawa memiliki keyakinan untuk memuliakan gunung lantaran banyak sekali gunung berapi.

Dengan membuat tumpeng diharapkan akan ada lebih banyak kemuliaan yang didapatkan ke depannya. Di samping, menikmati nasi tumpeng bersama juga bisa meningkatkan kebersamaan dan kerukunan.

Bentuk tumpeng yang kerucut juga melambangkan komunikasi. Dalam acara tasyakuran pernikahan misalnya, nasi tumpeng melambangkan pentingnya komunikasi antar-pasangan sekaligus kepada Tuhan.
Menghadirkan nasi tumpeng juga disertai dengan doa agar ke depannya komunikasi bisa selalu berjalan dengan baik dan semua harapan terkabul.

3. Makna Lauk Pauk Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng nasi kuning dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk. Lauk pauk ini pun mengandung banyak simbol penting. Lauk pauk yang paling umum dan sering ditemukan dalam hidangan nasi tumpeng adalah telur rebus dan urap-urap.

Telur rebus utuh yang harus dikupas dulu untuk memakannya. Hal ini bisa melambangkan pentingnya etos kerja dan perlunya perencanaan yang matang atas setiap tindakan yang kita lakukan.

Bahan-bahan yang digunakan dalam sayur urap pun melambangkan sejumlah hal yang penting, seperti kacang panjang yang jadi simbol pemikiran yang jauh ke depan, taoge yang melambangkan proses untuk terus tumbuh, dan sebagainya. Bahkan, cabai merah yang dibuat jadi kelopak bunga pun bukan hanya hiasan semata, tapi juga melambangkan penerangan yang bisa memberi banyak manfaat untuk orang lain.

Lauk ikan teri dalam nasi kuning juga bisa jadi simbol kerukunan dan kebersamaan. Kalau didalami lebih jauh, setiap jenis lauk bisa memiliki nilai-nilai luhur yang mengandung banyak kebaikan.

sumber: liputan6.com
Mencicipi Souffle Pancake dari Jepang di Pasar Lama Tangerang
19 April 2022
Mencicipi Souffle Pancake dari Jepang di Pasar Lama Tangerang
foto: Kudapan Souffle Pancake (republika)



itoday - Pancake atau panekuk merupakan hidangan penutup kegemaran segala kalangan umur. Umumnya panekuk berbentuk bundar tipis yang terbuat dari adonan tepung yang mengandung telur, susu, dan mentega dan digoreng di atas permukaan yang dipanaskan, seperti wajan.

Namun, kini panekuk telah hadir dengan variasi yang berbeda, yakni souffle pancake.

Souffle pancake berasal dari Jepang berbahan dasar yang sama dengan versi Amerika. Hal yang membedakan, souffle pancake lebih tinggi dari versi tradisional berkat tambahan putih telur. Makanan ini cocok untuk sarapan, camilan sore, takjil berbuka puasa, atau bahkan makanan penutup.

Kini Anda bisa menikmatinya tanpa perlu pergi ke Jepang karena banyak penjual yang menjajakan souffle pancake di Indonesia. Salah satu yang terkenal berada di Kota Tangerang, tepatnya di pusat jajanan kuliner Pasar Lama yang berlokasi di Kisamaun.

Gerai panekuk kaki lima “Pan & Cake” berlokasi tepat di depan gapura utama Pasar Lama. Panekuk tersebut merupakan makanan yang tengah digandrungi dan yang paling banyak dibeli di tempat tersebut, selain sate taichan, serabi bandung, dan durian kocok.

Souffle pancake tersebut menjadi terkenal setelah banyak yang merekomendasikannya baik melalui obrolan maupun media sosial Tiktok. Hal ini akhirnya membuat penjualan souffle pancake naik drastis. Dengan harga Rp 25 ribu per boks, pembeli akan mendapat dua souffle pancake.

Gerobak dagang Pan & Cake penuh dengan pesanan pembeli yang sudah mengantre lama. Ada pembeli yang memesan sejam atau dua jam yang lalu. Sistem pemesanan memang ditinggal dan pembeli akan kembali sejam setelahnya. Namun, jika cepat pembeli hanya akan menunggu 30 menit.

Sang penjual souffle pancake ini, Adam (18 tahun), mengatakan gerainya memang cukup terkenal dan ramai. Adam dan rekannya terlihat sangat sibuk pada sore hari karena pembeli semakin banyak yang datang. Souffle pancake tersedia dalam enam rasa utama, yakni boba, matcha, cokelat, cream cheese, tiramisu, dan brulee.

“Banyak sekali yang membeli berbagai varian rasa dalam sekali beli, tapi kalau disuruh memilih, tiramisu dan brulee sih favorit pembeli,” ucapnya sambil membungkus pesanan pembeli, beberapa waktu lalu.

Dita (24 tahun), merupakan pembeli yang sering berburu jajanan Pasar Lama dan merupakan salah satu pembeli souffle pancake tersebut mengatakan “Saya sering ke Pasar Lama, memang banyak jajanan. Saya beli yang tiramisu, brulee, dan cokelat. Sisanya buat orang rumah,” katanya kepada Republika.co.id.

Jesse (22 tahun), pembeli yang datang bersama keluarganya juga mengatakan membeli semua rasa. Rasa dari souffle ini cukup unik, terutama varian boba karena rasanya mirip dengan minuman boba. Panekuk dengan teksturnya yang lembut dan toping yang lumer di mulut sangat pas dimakan ketika masih hangat.

Gerai Pan & Cake dibuka dari pukul 15.30 WIB-21.00 WIB. Datanglah lebih awal jika Anda berencana membeli sebagai takjil berbuka puasa. Pembeli lebih ramai ketika akhir pekan.

sumber: republika.co.id
Ramadhan di Makassar Jalangkote Jarang Ditemui karena Minyak Goreng Mahal
13 April 2022
Ramadhan di Makassar, Jalangkote Jarang Ditemui karena Minyak Goreng Mahal
foto: Ilustrasi (suara)


itoday - Ada yang kurang Ramadhan di Makassar, tak banyak ditemui jalangkote, makanan khas di daerah itu. Penyebabnya tidak banyak orang membuat karena harga minyak goreng mahal.

Padahal jalangkote bagian dari tradisi ramadhan di Makassar. Jalangkote menjadi menu favorit saat berbuka puasa.

Jalangkote mulai berkurang karena pedagang kecil beralih ke berjualan penganan lain, seperti pisang ijo dan lainnya.

Sebab salah satu unsur penting dari jalangkote adalah minyak goreng. Kudapan khas Sulawesi Selatan ini juga sudah menjadi salah satu ikon dari 10 daftar menu kuliner resmi Kota Makassar.

Bagi sebagian warga Makassar, jalangkote merupakan salah satu menu wajib saat akan berbuka puasa di Bulan Ramadhan.

Di setiap bazar Ramadhan yang digelar di beberapa tempat, jalangkote dipastikan ada dalam meja jajaan.

Ujian bagi pedagang gorengan mulai dirasa tatkala salah satu komoditas kebutuhan bahan pokok itu menjadi barang yang dirasa berat oleh para pedagang.

Berbagai catatan sejarah menyebutkan bahwa jalangkote berasal dari dua kata, yakni "jalang" yang berarti jalan dan "kote" berarti berkotek-kotek atau berteriak.

Jalangkote dulu dijajakan oleh anak kecil dari rumah ke rumah, dengan teriakan khas. Maka disebutlah makanan ini sebagai jalangkote. Sekilas jajanan ini mirip dengan pastel, yang membedakan hanya pada tekstur kulitnya. Kulit jalangkote lebih tipis dan lebih renyah dibandingkan pastel.

Jalangkote memiliki isian potongan telur, ubi jalar yang dipotong kecil menyerupai dadu serta beberapa sayuran, seperti taoge. Seiring berkembangnya zaman, isian jalangkote mulai divariasiakan, sesuai dengan cita rasa masing-masing.

Unsur penting dari jalangkote ada pada sausnya, yang umumnya menggunakan campuran saos cabai, sedikit cuka, gula pasir dan bahkan ada yang menggunakan cabai rawit. Berbeda dengan pastel yang hanya menggunakan cabai rawit.

Siasati buka puasa

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak seluruh pecinta gorengan agar mengganti atau mengurangi porsi makanan yang dimasak menggunakan hasil olahan minyak sawit itu dengan cara menambah porsi rebusan.

Sebetulnya, menurut dia, hampir setiap orang di kota itu sejak kecil sudah terbiasa mengonsumsi makanan dari hasil rebusan dan dibakar. Makanan dengan hasil rebusan dan bakar juga disebutnya lebih menyehatkan dari makanan yang digoreng.

Di beberapa masjid yang dikunjunginya saat menggelar Safari Ramadhan, dirinya kadang ditanyai oleh warganya tentang masih sulitnya ditemukan dan mahalnya minyak goreng di pasaran.

"Lebih baik kita kembali saja ke masa lalu, berkreasi dengan direbus dan bakar itu jauh lebih sehat. Bukan dihilangkan makanan gorengannya, tapi dikurangi saja dulu sementara," kata Danny Pomanto berseloroh yang disertai tawa canda kaum ibu-ibu yang ditemuinya.

Wali kota yang berlatar belakang arsitek itu mengajak masyarakat mengurangi konsumsi minyak goreng. Dengan cara itu bukan tidak mungkin minyak goreng yang tadinya langka akan kembali lagi hadir di setiap rak toko ritel maupun warung-warung.

"Teorinya kan demikian, hukum supply and demand. Semakin banyak permintaan, maka semakin tinggi harga suatu barang itu. Tapi kalau permintaan kurang, stok bisa saja melimpah, maka harga akan turun," katanya.

Menyikapi masalah minyak goreng itu, para mubalig mengajak kaum Muslimin agar lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kelangkaan dan mahalnya minyak goreng, menurut mereka adalah salah satu tantangan bagi kaum Muslimin, khususnya ibu rumah tangga, untuk lebih bersabar dalam menyajikan menu-menu sehat dan berkah kepada anggota keluarganya.

Salah seorang mubalig kondang Makassar Ustadz Ashar Tamanggong selalu mengingatkan masyarakat untuk lebih bersabar, apalagi di bulan suci Ramadhan ini.

Sabar adalah suatu sikap menahan keinginan serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Dalam ajaran Islam, terdapat keutamaan sikap sabar yang bisa didapatkan oleh orang yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Allah akan memberikan kemuliaan bagi hambanya yang dapat menghadapi setiap ujian dengan penuh kesabaran. Bukan hanya itu, sikap sabar juga dapat mendorong setiap orang untuk terus bertawakal kepada Allah, berusaha dan berserah diri hanya kepada Allah.

sumber: suara.com

Terpopuler