Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

5 Manfaat Miso bagi Kesehatan, Tak Sekadar Bumbu yang Menyedapkan Masakan

Kuliner
5 Manfaat Miso bagi Kesehatan, Tak Sekadar Bumbu yang Menyedapkan Masakan 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Bagi para pencinta masakan Jepang, Anda pasti tidak asing dengan sup miso yang memilik rasa gurih dan enak.Miso merupakan bahan makanan tradisional asal Jepang yang terbuat dari kedelai dan biji-bijian yang difermentasi. Di balik rasanya yang sedap, ada sederet manfaat miso bagi kesehatan.

Secara istilah sendiri, kata "miso" berarti "kacang yang difermentasi" dalam bahasa Jepang.

Miso dikenal kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi terutama bagi orang yang sedang menjalani program diet. Dikutip dari Healthline, satu ons (28 gram) miso dapat memberikan kandungan:

Kandungan Miso

Kalori: 56
Karbohidrat: 7 gram
Lemak: 2 gram
Protein: 3 gram
Natrium: 43% dari RDI
Mangan: 12% dari RDI
Vitamin K: 10% dari RDI
Tembaga: 6% dari RDI
Seng: 5% dari RDI

Miso juga mengandung sebagian kecil vitamin B, zat besi, kalsium, magnesium, selenium, fosfor dan kolin. Bahan ini juga dikenal sebagai bakteri baik untuk sistem pencernaan terutama usus. Miso yang mengandung probiotik A. oryzae yang dapat mengurangi risiko penyakit radang usus dan masalah sistem pencernaan.

Selain masalah pencernaan, apa saja manfaat miso bagi kesehatan ini? Simak ulasannya berikut ini.

Mengurangi risiko penyakit kanker

Konsumsi miso secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut serta kanker payudara pada wanita. Hal ini dikarenakan kandungan isoflavon pasta dan antioksidan yang dapat memerangi risiko penyakit kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Miso memiliki fungsi melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan miso mengandung unsur probiotik yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri.

Mendukung kesehatan otak

Miso yang kaya akan kandungan probiotik ini dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dan membantu untuk mengurangi gejala stres, depresi, kecemasan maupun obsesif-kompulsif. Kalsium dan vitamin B pada miso juga terbukti dapat mengurangi stres.

Baik untuk kulit

Asam linoleat pada miso ini dapat membuat kulit tampak lebih sehat, lembut dan lembab. Selain itu kandungan antioksidan juga dapat menghilangkan jerawat dan meminimalisir komedo menempel pada kulit.

Demikian manfaat miso, bahan tradisional asal Jepang yang dikenal memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

sumber: suara.com
Kuliner 5 Manfaat Miso bagi Kesehatan, Tak Sekadar Bumbu yang Menyedapkan Masakan

Terpopuler