Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

RM Pagi-Sore: Ada Kakap Goreng plus Tauco Medan Sedap di Dalam Gang Benhil

Kuliner
RM Pagi-Sore: Ada Kakap Goreng plus Tauco Medan Sedap di Dalam Gang Benhil 1
foto: ilustrasi (detik)


itoday - Warung Padang ini bisa dibilang hidden gem karena 'nyempil' di dalam gang di Bendungan Hilir (Benhil). Menu yang ditawarkan adalah khas Padang-Medan seperti ikan kakap goreng plus tauco Medan. Nikmat!
Menyusuri kawasan Bendungan Hilir (Benhil), kamu akan menemukan banyak rumah makan Padang yang terkenal enak. Mulai dari Restoran Sederhana, Bopet Mini, sampai RM Surya yang pernah disambangi mendiang Anthony Bourdain.

Tapi tahukah kamu ada warung makan Padang lain yang 'nyempil' di Benhil? Bernama RM Pagi-Sore, warung ini punya banyak pelanggan setia meski lokasinya masuk di dalam gang. Menu yang ditawarkan sedikit berbeda dari rumah makan Padang lainnya karena ada beberapa masakan khas Sumatera.

RM Pagi-Sore atau Warung Nasi Pagi dan Sore merupakan usaha keluarga milik ibu Ferrawaty. Kepada detikfood (29/9/21), beliau menceritakan awal mula rumah makan yang didirikan ibunya ini.

"Warung ini bukanya tahun 1985, tapi di depan sana (jalan utama Bendungan Hilir). Pindah ke tempat sekarang, sudah 7 tahun terakhir," ujar ibu Ferra. Selepas ibunya meninggal dua tahun lalu, ia meneruskan usaha keluarganya ini dibantu sang adik dan beberapa pegawai.

Untuk mencapai lokasi, kamu perlu menyusuri Gang Sepakat yang lokasinya di antara Bopet Mini dan Restoran Sederhana. Tinggal lurus saja, maka kamu akan mendapati RM Pagi-Sore di sebelah kiri.

Menu yang diusung RM Pagi-Sore adalah Padang-Medan. Hal ini tak lepas dari asal-usul keluarga ibu Ferra. "Kita orang Padang, cuma kan lahirnya di Medan. Jadi masakannya tuh kombinasi gitu. Malah ada juga kari kambing (masakan Aceh), jadi masakan Sumatera lah gitu. Kalau tauco-nya tauco Medan. Padangnya ada rendang, asam padeh, gulai masin," tuturnya.

Resep yang digunakan tak berubah sejak 1985, ketika RM Pagi-Sore pertama kali berdiri. Ibu Ferra sudah 10 tahun terakhir jadi juru masak utama rumah makan ini dengan berbekal 'warisan' pengetahuan resep dari sang ibu.

Ikan kakap goreng jadi primadona

Meski ada banyak menu Padang-Medan di sini, ibu Ferra mengakui ada satu menu yang jadi primadona dan selalu dicari pelanggannya. Menu itu adalah ikan kakap goreng.

"Orang itu kita mau masak apa, maunya kakap goreng, yang dicarinya kakap," ujarnya. Setiap hari ia bisa mengolah 20 kg ikan kakap segar untuk digoreng menjadi 160 potong. Ibu Ferra bahkan sudah punya pemasok sendiri untuk bahan baku ini.

Olahan ikan kakap ini sebenarnya sederhana. Potongan ikan yang sudah dicuci bersih bakal dimarinasi bumbu bawang putih, cuka, garam, dan air. "Direndam 5 menit (dalam bumbu). Baru digoreng, minyaknya harus merendam ikan," kata ibu Ferra.

Hasilnya, ikan kakap ini punya tekstur garing, gurih, dan renyah di bagian luar, namun tetap lembut di dalamnya. Saat dipotek, daging ikan kakap terlihat kokoh dan padat dengan rasa manis alami khas ikan yang segar. Rasa ini menyatu sempurna dengan bumbu ikan kakap yang gurih renyah di bagian luar.

Semakin nikmat lantaran ikan kakap digoreng berkala sehingga yang tersaji pada pengunjung dalam keadaan hangat. "Sistemnya habis, goreng. Habis, goreng. Karena orang-orang makan, orang kantor gini, maunya yang panas (ikannya)," lanjut ibu Ferra.

Paduan tauco Medan yang nikmat

Jika di warung makan Padang lain, pelengkap nasinya adalah gulai nangka atau gulai Kapau, berbeda dengan di RM Pagi-Sore. Mereka menyediakan tauco Medan.
Sekilas mirip gulai nangka, namun sayuran ini dibuat dari tauco sebagai bahan utamanya. Isian lain ada terong, kacang panjang, cabai hijau, dan cabai merah.

Tauco Medan lantas dimasak dengan santan encer. "Soalnya orang makannya (banyak), kita juga takut ya (kolesterol)," kata ibu Ferra. Ia mengaku mengolah tauco Medan agak sulit karena rasa asinnya kuat sehingga perlu dicuci berkali-kali.

Setelah itu ia mengolah tauco Medan dengan beragam bumbu rempah agar rasanya nikmat. Mulai dari bawang merah, bawang putih, kunyit, sampai jahe. Mirip sayur gurih Medan. Pemakaian tauco ini menandakan pengaruh kuliner China pada masakan Melayu Medan.

Hasilnya, kuah tauco Medan ini terasa gurih ringan dengan 'after taste' pahit khas tauco di ujung gigitan. Menyantap tauco Medan memang paling enak dengan nasi hangat nan pulen.

Selain tauco Medan, RM Pagi-Sore menawarkan pilihan sayuran lain. "Ada tumis kangkung tauge, daun singkong timun, dan sawi putih. Pembeli bisa pilih," ujarnya.

Rendang khas Medan yang basah

Kami juga tak melewatkan cicip rendang. Ibu Ferra mengatakan rendangnya khas Padang-Medan dengan tekstur lebih basah. "Rendangnya kalau orang Padang kan sampai benar-benar hitam banget, kalau orang Padang Medan biasanya nggak suka yang kayak gitu. Jadi kayak agak-agak kalio. Sukanya yang agak basah," tuturnya.

Benar saja, bumbu rendang di sini begitu tebal dengan warna cokelat muda. Dagingnya empuk berserat dan rasa rempahnya kuat. Rasanya mengingatkan kami akan rendang ala Betawi yang kerap disajikan dalam momen-momen istimewa.

Kalau ke sini, kamu juga wajib cicip ayam kare buatan RM Pagi-Sore. Kuah gulainya kental dan pekat dengan isian ayam berdaging lembut.

Pendamping sambal merah yang pedas segar

Pencinta sambal pasti terpuaskan dengan sambal di RM Pagi-Sore. Berupa sambal mentah yang disiram minyak panas dengan rasa pedas segar.

Sambal ini dibuat dengan paduan cabai keriting dan cabai rawit yang digerus kasar. Ibu Ferra mengungkap rahasia lezatnya ada pada penggunaan minyak bekas menggoreng ayam untuk disiram ke sambal sehingga ada rasa gurih enak.

Menyoal nama 'Pagi Sore'

Nama Pagi Sore mungkin mengingatkan banyak orang akan nama restoran Minang-Palembang yang terkenal, namun rupanya nama ini juga sudah diusung nenek ibu Ferra sejak awal mendirikan warung nasi di Medan sebelum tahun 1985.

Warung inilah yang lantas menjadi cikal bakal RM Pagi-Sore miliknya saat ini.
"Nenek buka warung nasi di Medan. Dia merantau kan dari Padang, pindah ke Palembang, terus ke Medan. Di Medan itu, nenek buka rumah makan 24 jam. Tapi memang itu pertama Pagi Sore itu, cuma kan saya takut disomasi pakai nama ini. Jadi pakai nama Warung Nasi Pagi dan Sore," ujarnya.

Karena lokasi warungnya 'nyempil' di gang, ibu Ferra mengatakan pengunjungnya kebanyakan adalah pelanggan lama. "Kebanyakan pelanggan lama. Kalau pelanggan baru kayak nggak mungkin lah, orang di dalam (gang gini)," tuturnya.

Ia mengatakan kalau ada kesempatan mungkin akan pindah kembali ke jalan depan Benhil supaya bisa lebih laris. "Penginnya gitu, cuma lihat kondisi," ujar wanita ramah ini.

Harga menu di RM Pagi-Sore
Harga nasi plus lauk khas Padang-Medan di warung makan Padang ini cukup ramah di kantong. Ibu Ferra menuturkan, "Harga nasi kakap komplet Rp 28 ribu, kalau pakai kerapu Rp 32 ribu, dan kari kambing Rp 32 ribu. Nasi ayam dan rendang, Rp 28 ribu. Semua sudah komplet pakai nasi."

Bagi kamu yang tertarik santap di sini, pastikan datang sekitar pukul 11-12 siang, sebelum waktu makan agar pilihan lauknya masih lengkap. Pastikan cicip nasi plus ikan kakap goreng dan tauco Medan yang amat nikmat di sini!

RM Pagi-Sore Benhil
Gg. Sepakat Nomor 11 RT 12, Bendungan Hilir
Jakarta Pusat
Telepon: 021 5738941
Jam buka: 10 pagi sampai 4 sore

sumber: detik.com
Kuliner RM Pagi-Sore: Ada Kakap Goreng plus Tauco Medan Sedap di Dalam Gang Benhil

Terpopuler