Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Kecelakaan Vannesa Angel dan Dekan FT UGM Pakar Jalan Tol di Indonesia tak Aman
05 November 2021
Kecelakaan Vannesa Angel dan Dekan FT UGM, Pakar: Jalan Tol di Indonesia tak Aman
foto: ilustrasi (antara)


itoday - Kecelakaan di jalan tol kembali terjadi. Artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah (Bibi), meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di tol Nganjuk arah Surabaya, Jawa Timur (04/11/2021).

Dini hari, Kamis (04/11/2021) Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof I Gede Suparta Budisatria dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan tunggal di Tol Cipali. Selain, Prof Gede, dalam satu mobil, Sulchan Sofoewan, dan Sri Kadarsih Soejono juga dikabarkan meninggal.

Mengomentari kecelakaan yang terjadi di jalan tol pemerhati konstruksi jalan raya dan jalan kereta api, Gatot Rusbintardjo menilai bahwa jalan tol di Indonesia tidak aman.

Menurut penuturan Gatot, perkerasan jalan yang dibuat pada ruas jalan tol terbilang kaku yaitu dengan menggunakan bahan baku beton semen. "Perkerasan dg Beton Semen tidak mempunyai Skid Resistance atau kecil skid resistance-nya," kata Gatot seperti dikutip RRI.co.id (05/11/2021).

Gatot menjelaskan, skid resistance adalah daya cengkeram ban dengan permukaan perkerasan jalan. Jika skid resisten kecil atau bahkan nol, ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan mengerem, mobil tidak segera berhenti. Sebab, tidak ada daya cengkeram yang memadai antara ban dan permukaan perkerasan jalan.

"Mobil akan meluncur cukup jauh sebelum berhenti, sehingga sering terdengar mobil menabrak truck atau mobil lain yang ada didepannya," jelas Gatot.

Sementara itu, Gatot menilai jalan yang tebuat dari beton tidak diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan tinggi. "Sehingga salah membangun jalan Tol dengan perkerasan kaku," ungkap Gatot.

Alasan lain, Gatot melihat, adanya pembatas dinding beton yang tebal dan kokoh di tengah jalan tol. Akibatnya, mobil yang hendak menyelip atau kemudinya berbelok akan menabrak tembok beton.

"Dan karena kecepatannya tinggi, maka akibatnya fatal seperti yg dialami mobil VA dan juga Dosen Fakultas Teknik Sipil UNDIP beberapa waktu yang lalu," tambahnya.

Menurutnya, jalan tol yang aman ditengahnya (mediannya) harus berupa rumput dengan lebar minimal 2 x 5 meter dengan kelandaian 5%. "Seperti jalan Tol Jagorawi pada awal dibuatnya," ujar Gatot.

Dengan demikian, bila sopir dalam keadaan mengantuk atau mobil mengalami pecah ban, mobil dapat meluncur diatas rumput yang landai dan akhirnya berhenti dengan selamat tidak menabrak beton.

Gatot juga mengingatkan, bahwa jalan tol di Indonesia adalah jalan yang tidak aman, terutama untuk laju kecepatan tinggi. "Taatilah rambu pembatas kecepatan," pungkas Gatot.

Sumber: rri.co.id
Daftar 3 MPV Murah yang Dirilis Pekan Depan
03 November 2021
Daftar 3 MPV 'Murah' yang Dirilis Pekan Depan
foto: Toyota Veloz (instagram-velozcommunity)


itoday - Pekan depan bakal jadi momen tiga perusahaan otomotif untuk merilis model baru Low Multi Purpose Vehicle (MPV) mereka. Ketiganya adalah Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, dan Toyota Avanza.

Peluncuran ketiga model ini tentunya ditunggu banyak pihak mengingat banyak pembaruan yang ditawarkan pada model-model tersebut. Berikut rangkumannya:

Xpander Baru

Mitsubishi Xpander bakal mencuri start lantaran meluncur lebih dulu yaitu pada Senin, 8 November 2021. Peluncuran model ini akan dilakukan secara virtual melalui akun Youtube resmi Mitsubishi dan situs perusahaan.

Sebelum peluncuran Mitsubishi sendiri telah mengirimkan gambar penggoda berupa teaser wujud siluet Xpander.

Bisa dilihat ada perubahan pada bagian dengan yang menggunakan lampu depan model T yang tetap mengusung LED. Ubahan juga ada pada bagian gril, sedangkan bentuk bodi dan lainnya belum diketahui.

Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan bila mobil yang hendak diluncurkan ini bakal hadir dengan teknologi terkini dan fitur anyar.

Avanza Baru

Sementara Toyota Avanza dipastikan meluncur di Indonesia pada 10 November. Peluncuran juga dilakukan virtual melalui Youtube.

Avanza baru banyak perubahan karena itu pabrikan menyebutnya "All New" Avanza. Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Toyota Avanza baru.

Selain desain eksterior dan interior, Avanza terbaru juga disebut mengadopsi sistem roda penggerak depan (FWD) dari sebelumnya RWD.

Xenia Baru

Kembaran Avanza, yakni Xenia memilih peluncuran pada 11 November atau hari pertama penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Perubahan pada Xenia sangat drastis seperti kembarannya, Avanza. Desain Xenia dan Avanza baru pun sudah berseliweran di media sosial.

sumber: cnnindonesia.com
Mitsubishi Xpander Terbaru Meluncur Lebih Dulu dari AvanzaXenia Ini Jadwalnya
02 November 2021
Mitsubishi Xpander Terbaru Meluncur Lebih Dulu dari Avanza-Xenia, Ini Jadwalnya
foto: Xpander (ist)


itoday - Perang segmen mobil keluarga bawah alias low multi purpose vehicle (LMPV) dipastikan bakal kembali sengit. Setelah kepastian all new Toyota Avanza bakal meluncur 10 November 2021, dan juga all new Daihatsu Xenia pada 11 November 2021, kini giliran kabar terbaru soal Mitsubishi Xpander facelift, yang bakal buka selubung pada 8 November 2021.

Informasi tersebut, didapat dari laman resmi Mitsubishi-Motors.co.id. Jenama berlambang tiga berlian ini, juga memunculkan teaser sebuah model baru, yang diyakini sebagai Mitsubishi Xpander terbaru.

Namun, dari gambar yang muncul, hanya ada sebuah siluet mobil dengan penampakan wajah depan, berupa desain lampu depan baru.

Indikasi kuat jika gambar tersebut adalah Xpander facelift, adalah foto sebuah keluarga yang tengah berjalan menuju mobil tersebut. Bisa diartikan, mobil ini merupakan mobil keluarga milik Mitsubishi, yang tidak lain adalah pesaing dari duet mobil sejuta umat, Avanza dan Xenia.

"Sebagai bentuk apresiasi kami kepada masyarakat Indonesia yang telah melalui berbagai petualangan dalam hidup, kami akan segera memperkenalkan produk terbaru kami yang dilengkapi dengan fitur-fitur mewah sebagai partner terpercaya untuk Ride the Life Adventure," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, disitat dari laman resmi tersebut, ditulis Selasa (2/11/2021).

Selain itu, terdapat juga keterangan jika Produk ini tampil lebih berani dengan kombinasi kecanggihan, inovasi desain, kenyamanan, interior yang luas, serta dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Kemewahan yang dibungkus dengan kenyamanan dan fungsionalitas terbaik diharapkan dapat meningkatkan makna sebenarnya dari "Wonderful Life Adventure" dan membawa pengguna ke pengalaman berkendara terbaik di kelasnya.

"Nantikan kehadiran produk ini secara eksklusif pada tanggal 8 November 2021 dihttp://mitsubishi-motors.co.id/ridethelifeadventure/ dan kanal resmi YouTubeMMKSI 'Mitsubishi Motors Indonesia'," tulis MMKSI dalam keterangan resminya.

Bocoran Mitsubishi Xpander

foto yang diyakini sebagai model facelift dari Mitsubishi Xpander ini, bocor di dunia maya. Gambar dari mobil yang dahulu berdasarkan kendaraan XM Concept ini, beredar luas di berbagai platform pesan elektronik, seperti WhatsApp Group.

Terlihat, tampilan depan dari Mitsubishi Xpander ini sedikit berbeda. Tempat untuk meletakan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), diletakkan papan dengan tulisan Xpander dengan posisi yang lebih rendah.

Sedangkan wajah Xpander yang beredar di dunia maya ini, memiliki lampu besar dan lampu kabut yang memang terlihat berbeda dari segi desain dan letaknya. Sementara grille-nya juga sedikit lebih besar dibanding model saat ini.

Sementara itu, bagian samping tidak ada perbedaan dengan model yang sudah dipasarkan saat ini.

Belum diketahui lebih lanjut, apakah ada perubahan lain selain dari segi eksterior. Diharapkan, pabrikan berlambang tiga berlian ini, juga menyematkan fitur canggih. Pasalnya, sang kompetitor, yaitu duet maut Avanza-Xenia generasi baru, disinyalir akan memiliki teknologi terkini, dengan sudah dibenamkan transmisi CVT.

sumber: liputan6.com
Muncul Potret Kembaran Honda Supra X 125 Tampilan Semakin Menggoda
30 October 2021
Muncul Potret Kembaran Honda Supra X 125, Tampilan Semakin Menggoda
foto: Honda Future 125 Fi (ist)


itoday - Honda Supra X menjadi salah satu motor bebek legendaris yang cukup fenomenal di tanah air. Motor bebek ini pernah menjadi motor sejuta umat di masanya.

Hingga saat ini, pengguna motor bebek ini masih ada beberapa, tidak sebanyak zaman dahulu. Hal ini karena kehadiran motor matik yang membuat konsumen beralih ke sana.

Namun di beberapa negara, motor bebek justru mendapatkan ubahan. Seperti salah satunya motor kembaran Honda Supra X yang berada di Vietnam.

Dilansir dari 2banh.vn, sebuah motor bernama Honda Future 125 Fi 2022 mendapatkan perubahan.

Honda Vietnam menyegarkan motor bebek ini dalam sektor desain dan warna.

Terdapat tiga varian Honda Future 125 Fi yang dirilis, yaitu Special, Premium, dan Standard.

Perbedaan antar tiga varian ini terdapat pada bagian pelek. Untuk versi standar, masih menggunakan pelek jari-jari. Sedangkan special dan premium sudah menggunakan pelek palang yang sporty.

Motor bebek terbaru ini tampak elegan berkat penggunaan warna dan emblem 3D di bagian bodi.

Dari sisi lampu sein dan DRL sudah menyatu dan membentuk desain yang mirip dengan Honda SH Series.

Teknologi LED sudah disematkan pada lampu pada kembaran Honda Supra X 125 ini.

Motor ini dibekali mesin 4 tak 1 silinder berkapasitas 125 cc. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9,1 dk dengan torsi maksimal 10,2 Nm.

Motor ini dibanderol 30,29 juta Dong Vietnam atau setara dengan Rp 18,9 juta saja.

sumber: suara.com
Pajak Emisi Bikin Harga Mobil Hybrid Toyota Makin Murah
29 October 2021
Pajak Emisi Bikin Harga Mobil Hybrid Toyota Makin Murah
foto: Prius Hybrid (liputan6)


itoday - Regulasi CO2 Tax atau pajak berdasarkan emisi yang ditetapkan pemerintah mendapat apresiasi dari petinggi Toyota Indonesia. Dengan adanya regulasi tersebut, harga kendaraan yang ramah lingkungan bisa semakin terjangkau sehingga mampu merangsang penjualan lebih banyak.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda menyampaikan, Toyota menyambut baik upaya Pemerintah Indonesia dalam mengakselerasi kehadiran kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan.

"Kami sangat mengapresiasi keseriusan Pemerintah memperhatikan kemajuan teknologi kendaraan termasuk kendaraan elektrifikasi, dalam upaya bersama menjaga lingkungan untuk masa depan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, pada dasarnya Toyota memiliki pemahaman yang sama dengan Pemerintah terkait dengan tujuan kehadiran regulasi CO2 Tax," terangnya dalam acara TAM Electrification Day 2021 secara virtual Jumat (29/10/2021).

Toyota pun optimistis kehadiran regulasi pajak emisi ini dapat meningkatkan penjualan kendaraan elektrifikasi mereka sehingga kontribusinya untuk menurunkan emisi karbon juga semakin besar.

Perlu diketahui, sebelum adanya penerapan regulasi CO2 Tax, perbedaan harga kendaraan hybrid dan non-hybrid bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 160 Juta per unit.

Namun dengan adanya implementasi CO2 Tax, perbedaan harga turun berkisar Rp 40 juta hingga Rp 60 juta per unit dengan harga terjauh sekitar Rp 100 juta lebih sedikit.

Siapkan Produk Hybrid Lokal

Di Indonesia sendiri TAM pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010.

Hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, hingga BEV.

Dan untuk saat ini, produk mobil hybrid yang diniagakan di Indonesia masih didatangkan secara utuh dari luar negeri baik dari Thailand maupun Jepang.

Namun di tahun depan, Toyota Indonesia memastikan bakal menghadirkan mobil hybrid yang diproduksi di dalam negeri.

"Pada 2022 akan ada satu produk hybrid local production, tentu saja harapannya bisa memberikan harga dan juga produk yang lebih cocok untuk masyarakat indonesia, ini satu produk yang kami unggulkan ke depannya meningkatkan lagi produk-produk elektrifikasi dan juga membantu emisi CO2 di Indonesia," Anton.

"Untuk detail harga dan lainnya, nanti akan kami sampaikan pada saat waktunya," tambahnya.

sumber: liputan6.com
Pameran IEMS 2021 Resmi Dibuka Pemerintah Harap Genjot Penjualan Kendaraan Listrik
27 October 2021
Pameran IEMS 2021 Resmi Dibuka, Pemerintah Harap Genjot Penjualan Kendaraan Listrik
foto: ilustrasi (shutterstock)


itoday - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko resmi, membuka soft launching pameran terbesar kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Gedung BRIN, Rabu (27/10).

IEMS 2021 diinisiasi oleh BRIN melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) dengan tema "Innovation for Better Future e-Mobility" yang akan digelar di Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan pada 24 – 26 November 2021.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, mulai masuk dan terintegrasinya kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan industri pendukung membuat Indonesia terutama BRIN, harus memanfaatkan momentum saat ini.

"Setelah IEMS 2019 sukses dilaksanakan dan mampu memberikan awareness dan edukasi kepada public tentang benefit dari kendaraan listrik sekaligus mempertegas bahwa kita siap masuk ke dalam kendaraan listrik berbasis baterai [KLBB], dengan ini saya menyatakan soft launching IEMS 2021 resmi dibuka," kata Tri Handoko.

Kepala Kantor Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BRIN, Barman Tambunan mengatakan, kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia.

Menurutnya, penjualan kendaraan listrik sendiri di Indonesia pada 2 tahun terakhir meningkat cukup pesat. Berdasarkan data jumlah Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari kementerian Perhubungan.

"Untuk kendaraan listrik roda 4, kenaikan terbesar ada pada tahun 2021 yang mencatat penjualan sampai 4 kali lebih besar sampai Agustus 2021, dibandingkan dengan penjualan sampai akhir tahun kalender 2020," kata Barman.

Untuk kendaraan roda 2, kenaikan pada periode yang sama adalah 3 kali lebih besar, dengan penerbitan SRUT sebanyak 7526 sampai Agustus 2021.

Barman menjelaskan, kegiatan inovasi dan riset pada kendaraan listrik dapat menjadi pivot penting untuk menyiapkan industri dalam negeri dalam mendukung era kendaraan listrik di Indonesia.

Tak kalah penting, regulasi serta insentif juga harus disinergikan, komitmen pemerintah telah terlihat dengan adanya target menghentikan penjualan kendaraan konvensional pada 2040 (roda 2), dan 2050 (roda 4).

"IEMS 2021 diharapkan seluruh pihak dari regulator, produsen, asosiasi, serta badan riset dan perguruan tinggi dapat menangkap pasar yang sangat potensial ini serta didukung penuh dengan industri dalam negeri, untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060," pungkasnya.

Mandiri Ciptakan Teknologi Kendaraan Listrik
Tri Handoko menegaskan Indonesia tidak hanya cukup dengan memanfaatkan momentum saat ini dengan memiliki industri kendaraan listrik melalui masuknya investasi asing.

"Itu [investasi asing] penting, tetapi kita harus menciptakan teknologi kunci yang laik dan bisa diterima oleh industri lokal dengan menciptakan material baru yang berbasis sumber daya kita seperti katoda, anoda, dan lainnya," ujarnya.

Handoko berpendapat, BRIN memiliki kesempatan untuk meriset lebih jauh teknologi kendaraan listrik yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak sekadar membuat kendaraan listrik, tetapi mengubah pola dan budaya dalam bertransportasi dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Barman Tambunan menambahkan, para stakeholder di ekosistem kendaraan listrik baik principal (produsen), industri komponen, para pakar, dan perguruan tinggi seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi PLN akan berpartisipasi dalam IEMS 2021.

"IEMS 2021 ini akan menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset KLBB dan para pengambil keputusan. Para expert juga akan saling berbagi ilmu dan pengetahuan melalui seminar dan talkshow. IEMS 2021 menjadi tempat terbaik untuk melihat perkembangan teknologi KLBB," kata Barman.

Launching IEMS 2021 dihadiri para pemangku kepentingan seperti Hyundai Motors Indonesia, SGMW Motors Indonesia, Astra Honda Motor (AHM), Mobil Anak Bangsa, Hino Motors, PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, Toyota Astra Motor, Polygon, Mitsubishi, Grab Indonesia, TVS Motor Company Indonesia, IT PLN, PT Powerindo, PT Grokindo, KGC Saintifik, Periklindo, Orbit, International Chemical Industry, PT LEN industri dan peserta lainnya.

Apaun dalam pelaksanaan pameran kendaraan listrik untuk kali kedua ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA).

Berbeda dengan ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2019, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet.

IEMS 2021 dihelat dengan Konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar. Kegiatan ini juga diisi dengan talkshow, webinar series serta beberapa kegiatan lain diantaranya Test Drive Kendaraan Listrik.

IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia.

sumber: liputan6.com

Terpopuler

Otomotif News 4
14 June 2021
Otomotif News 4
Otomotif News 2
Otomotif News 2
14 June 2021