Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Pesaing Motor Honda Beat Desain Mirip Motor Italy dan Harga Jauh Lebih Murah
16 January 2023
Pesaing Motor Honda Beat, Desain Mirip Motor Italy dan Harga Jauh Lebih Murah
foto: Teyin A8 (suara)


itoday - Para pecinta otomotif pasti sudah menantikan motor skutik terbaru apa saja yang bakal dirilis tahun ini. Kabar soal perilisan New Honda BeAT 2023 sudah terdengar jelas oleh publik Indonesia. Seperti halnya rencana perilisan New Honda BeAT 2023 akan dilakukan Maret mendatang.

Untuk masalah harga, New Honda BeAT 2023 digadang-gadang bakal dibandrol mulai dari Rp 16,66 juta hingga Rp 21 juta on the road Jakarta.

Namun, sepertinya motor New Honda BeAT 2023 bakal punya pesaing berat tahun ini. Ada motor skutik baru yang segera meluncur dengan harga lebih murah dari New Honda BeAT 2023.

Lalu spesifikasi apa saja yang dimiliki oleh motor pabrikan China tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

Melansir dari Youtube Mahendra Bigbike, pabrikan China akan segera meluncurkan motor skutik terbaru Teyin A8 di Indonesia. Kabar tersebut bukanlah isapan jempol belaka, Teyin A8 bakal benar-benar menjadi saingan terberat New Honda BeAT 2023.

Desain Motor

Teyin A8 punya desain anti mainstream yang terlihat sporty dan agresif. Sekilas desain Taeyin A8 mirip dengan motor pabrikan Italia, Dragster Italiajet.

"Desain fairing depan keren dengan aura ala ular kobra yang gahar. Pada bagian lamp headline nya juga memiliki tatapan yang tajam serta pencahayaan full LED," demikian pernyataan dari Mahendra Bigbike.

Ban yang digunakan memakai dua ukuran yang berbeda, yaitu ban depan 120/60 dan ban belakang 130/60. Untuk sistem pengereman motor ini sudah menggunakan rem cakram untuk roda depan dan belakangnya.

Dapur Pacu

Teyin A8 bakal hadir dengan mesin 149,6 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 6,2 kW di 6.500 rpm. Mesin satu silinder 4 katup tersebut juga mampu mencapai torsi puncak 8,5 Nm di 6.000 rpm. Motor ini jugai dibekali tangki bahan bakar yang memiliki daya tampung 8,5 liter.

Fitur

Sama seperti All New Honda BeAT 2023, Teyin A8 kemungkinan besar sudah mendukung fitur smart key dan slot USB charger seperti motor matic saat ini.

Harga

Motor skutik Teyin A8 digadang-gadang akan dijual seharga Rp14 juta rupiah, yang tentu saja harga tersebut memang jauh lebih murah dari All New Honda BeAT 2023.

sumber: suara.com
Wow Diproduksi Khusus untuk Indonesia Ternyata Ada Simbol Garis Khatulistiwa di Hyundai Stargazer
13 January 2023
Wow! Diproduksi Khusus untuk Indonesia, Ternyata Ada Simbol Garis Khatulistiwa di Hyundai Stargazer
foto: Hyundai Stargazer (suara)


itoday - Hyundai Stargazer menjadi mobil keluarga atau MPV yang memiliki cukup tinggi peminatnya. Mobil pabrikan Korea Selatan itu ternyata dirancang khusus untuk Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Budi Darmawan Jantania - Head of Regional Sales PT Hyundai Motors Indonesia. Menurutnya Stargazer didesain dengan filosofi khas Indonesia. Salah satunya adalah lampu led yang memanjang di depan.

"Lampu garis lurus ini mencerminkan Indonesia berada di garis khatulistiwa," katanya saat di Semarang, Jumat (13/1/2023).

Menurutnya, Hyundai selalu menciptakan mobil dengan model sendiri. Selain itu desain-Hyundai berkarakter dan memiliki filosofi tersendiri.

"Stargazer mencerminkan Indonesia, kalau orang bilang Jawa itu lembut, sumatera seperti Medan keras, inilah Stargazer yang cocok sebagai mobil keluarga," ucapnya.

Selain itu, ia menyebut orang Indonesia suka dengan mobil yang besar dan bisa membawa semua keluarga.

"Indonesia punya karakter, yaitu suka dengan rame. Stargazer menjadi mobil khusus untuk pasar di Indonesia, maka filosofinya adalah menjadi bintang di kelasnya.

Ia menyadari, Hyundai Stargazer masuk ke segmen penjualan yang ketat. Namun, ia optimis akan tetap bisa mencapai target penjualan.

"Kita masuk ke segmen yang ketat. Namun, pada Agustus hingga Desember Penjualan Stargazer secara Nasional bisa tembus dari 10 ribu unit. Kemudian kalau semua produk sampai 30 ribu unit," ujarnya.

Diketahui, Hyundai Stargazer memiliki penampilan futuristik dan dinamis, dilengkapi dengan Horizon type DRL (Daytime Running Lights) dan H-shape LED Rear Combination Lamp membuat eksterior mobil pabrikan Korea Selatan ini tambah memikat.

Sementara tampilan belakang disematkan Distinctive H Rear Lamp, lampu ini berbentuk H yang simetris melambangkan keseimbangan, dan menambah kesan antara kesatuan dan keharmonisan.

Selanjutnya, mobil keluarga atau MPV memiliki ruang cukup lega untuk satu keluarga, bahkan dilengkapi dengan kapten seat.

Ditambah dengan fitur inovatif seperti Hyunadi Bluelink memungkinkan pengguna untuk terhubung dan memiliki akses penuh terhadap kendaraanya melalui telepon pintar.

Adapun perfomanya menggunakan mesin 1.497 cc MPI 16-Valve dengan konfigurasi 4-silinder, dengan mesin tersebut bisa melontarkan torsi puncak 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm.

Harga Hyundai Stargazer di Kota Semarang:

Stargazer Active MT: Rp250,2 juta Stargazer
Active IVT: Rp263 juta
Stargazer Trend MT: Rp270,5 juta
Stargazer Trend IVT: Rp283,2 juta
Stargazer Style: Rp303,8 juta
Stargazer Prime: Rp314,8 juta

sumber: suara.com
Industri Otomotif Diharapkan Terus Tumbuh Positif di 2023
03 January 2023
Industri Otomotif Diharapkan Terus Tumbuh Positif di 2023
foto: ilustrasi (bengkel)


itoday - Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Jongkie Sugiarto berharap industri otomotif tetap terus tumbuh khususnya penjualan kendaraan bermotor roda empat (KBM) minimal bisa menyamai penjualan pada 2022.

“Penjualan KBM tahun 2023 diharapkan sama dengan tahun 2022 karena pertumbuhan ekonomi (tahun 2023) juga akan sama dengan tahun 2022,” kata Jongkie mengutip Antara, Selasa (3/1/2022).

Sebelumnya, Gaikindo menilai lingkungan belanja di sektor otomotif masih relatif tinggi. Hal inilah yang mendorong Gaikindo mematok angka target tahun depan sebanyak 975.000 unit hingga 2023.

Selain itu, untuk menentukan target tahunan, pihaknya mengatakan sangat berhati-hati dan juga mengajak semua pihak untuk membangun segala sesuatunya. Mengingat kondisi pasokan yang kurang menguntungkan serta situasi ekonomi dunia yang tidak stabil.

Selain itu, kata Jongkie, target penjualan 2023 diharapkan dapat tercapai seiring dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dan positif.

“Kami berharap pertumbuhan ekonomi indonesia dapat terus bertahan di angka 5% atau lebih,” katanya.

Saat ditanya jumlah penjualan tahunan tahun lalu, Jongkie mengatakan datanya masih belum lengkap untuk dijumlahkan dan dibagikan.

“Angka penjualan Desember belum lengkap,” ujarnya.

Sebelumnya, Gaikindo juga mematok forecast 2022 sebanyak 900 ribu unit. Secara nasional, periode Januari-Oktober 2022 mencapai 851.413 unit, mendekati capaian setahun penuh sebanyak 887.202 unit.

Apalagi hingga saat ini pasar otomotif di Indonesia didominasi oleh segmen kendaraan multiguna (MPV) lima pintu, tujuh kursi, serta mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Kedua segmen ini tetap menjadi favorit pembeli mobil baru atau pertama.

sumber: inilah.com
Dibanderol Hampir Rp1 M Motor Replika Ducati Panigale V4 2022 Ludes Terjual
27 December 2022
Dibanderol Hampir Rp1 M, Motor Replika Ducati Panigale V4 2022 Ludes Terjual
foto: Ducati Panigale V4 2022 (inilah)


itoday - Ducati yang baru saja meluncurkan 260 replika juara dunia MotoGP yakni Ducati Panigale V4 2022 disambut baik oleh para penggemar Ducati dan dinyatakan ludes terjual.

Replika Bagnaia Juara Dunia 2022 dan Mesin Bautista Juara Dunia 2022 Replika di sini untuk memperingati berdirinya Ducati pada tahun 1926. Tentu saja, setiap mesin akan ditimbang dan ditandatangani oleh para juara Ducati dan diberi lapisan bening pelindung untuk diperlihatkan.

Timesnow melaporkan pada hari Senin (26/12/2022) bahwa motor tersebut diresmikan sebagai bagian dari Campioni Ducati di Piazza, sebuah acara khusus yang diadakan Ducati di Bologna untuk merayakan tahun kesuksesan yang luar biasa di tahun 2022 bersama para penggemarnya.

“2022 akan menjadi tahun yang luar biasa bagi Ducati baik di trek balap maupun di pasar, menunjukkan integrasi dan transfer teknologi dan keahlian yang berkelanjutan antara produksi dan balap yang tak tertandingi di dunia sepeda motor,” kata Wakil Presiden Penjualan Ducati Francesco Milicia.

Meski mengenai jumlah yang mereka tawarkan kepada penggemar cukup dirahasiakan, namun informasi dari Rideapart, menyebut ada sekitar 520 unit yang mereka rilis dengan banderol USD 63.000 atau setara dengan Rp 981 jutaan.

Mereka mengklaim bahwa ini adalah langkah yang tepat untuk berbagi kesuksesan dengan pelanggan setia mereka dengan memperkenalkan Ducati Champions edisi khusus. Setiap mesin Ducati Panigale V4World Champion 2022 didasarkan pada V4 S dan dilengkapi konfigurasi kursi tunggal, kaliper Brembo Stylema R, pijakan kaki aluminium Rizoma yang dapat disesuaikan, dan peredam kejut resmi Akrapovic.

Motor ini juga memiliki banyak serat karbon, termasuk pelindung panas knalpot belakang, penutup alternator, penutup fender dan rocker. Edisi Álvaro Bautista juga mendapatkan tangki bahan bakar aluminium.

sumber: inilah.com
Penggunaan Mobil Terbang di IKN Jadi Solusi Murah Jangkau Daerah
09 December 2022
Penggunaan Mobil Terbang di IKN Jadi Solusi Murah Jangkau Daerah
foto: AMM Hyundai (inilah)


itoday - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berencana menghadirkan teknologi mobil terbang atau Advance Air Mobility (AAM) sebagai upaya meningkatkan pengalaman atas mobilitas yang canggih, ramah lingkungan, dan terintegrasi di Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini dinilai menjanjikan untuk mengakomodir jangkauan daerah yang belum memadai secara infrastruktur.

“Bagi tahapan awal penyiapan IKN, tentu gagasan ambisius kendaraan ini akan sangat prospektif,” ujar Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu mengutip Antara, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut Yannes mengungkapkan, di samping harganya yang sangat murah daripada dengan sebuah helikopter, mobil terbang juga akan lebih mudah untuk mengakses daerah-daerah yang belum ada infrastruktur jalannya.

Hal lain yang menjadi sangat signifikan, katanya, adalah rencana pengembangan IKN sebagai sebuah “kota pintar masa depan” yang akan mendukung infrastruktur teknologi cerdas dengan penggunaan sumber negeri bebas polusi.

Ia menilai, penerapan teknologi mobil terbang merupakan salah satu jawaban yang sangat menjanjikan terhadap rencana pengembangan IKN tersebut.

Sertifikasi aspek keselamatan

Namun, Yannes mengatakan ada sejumlah langkah yang harus jadi persiapan sebelum merealisasikan wacana mobil terbang di IKN, salah satunya mengenai sertifikasi aspek keselamatan dan keamanan dari mobil terbang.

“Pengembangan kerangka hukum untuk drone yang dapat mengangkut manusia perlu adanya persiapan, baik sebagai kendaraan terbang privat maupun untuk taksi udara,” kata dia.

Selain itu, perlu pula persiapan serius pada infrastruktur jejaring IT wilayah yang kompleks untuk dapat memitigasi kemungkinan peningkatan terjadinya tabrakan di udara akibat semakin banyaknya lalulintas kendaraan terbang yang bergerak dalam tiga dimensi.

Yannes juga menekankan perlunya persiapan infrastruktur sistem grid untuk pengisian daya dan stasiun pengisian baterai, serta sertifikasi dan persyaratan pengujian yang ketat, mengikuti standar konvensi internasional kelaikan dan keamanan penerbangan.

“Perlu juga segera disusun regulasi baru oleh pemerintah yang terkait dengan pengoperasian mobil terbang autonomous untuk operator komersial, kargo dan swasta/privat serta perlu segera disusun regulasi baru oleh pemerintah yang terkait dengan NIK kendaraan jenis baru ini,” ucap Yannes.

Uji coba 2024
Sebelumnya, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan uji coba mobil terbang akan beroperasi di IKN pada 2024.

Ia mengatakan OIKN dan Hyundai Motor Group menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama membangun ekosistem mobilitas cerdas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang.

Pengembangan ini menjadi yang pertama kalinya bagi Indonesia, sementara di dunia konsep mobil terbang juga masih dalam pengembangan.

Mobil terbang yang ia maksud menyerupai sebuah drone yang dapat berisi penumpang dan barang. Salah satu fungsinya adalah untuk lebih mudah menjangkau daerah-daerah yang sulit untuk melalui jalan darat dan perbukitan.

Teknologi mobil terbang ini pun belum produksi secara massal sehingga masih membutuhkan berbagai pengembangan.

Ia mengatakan bahwa saat ini OIKN tengah mengembangkan teknologi yang bisa berguna untuk tahun 2035 termasuk mobil terbang. Pihaknya berharap ke depan Indonesia bisa menjadi pelaku untuk pembangunan mobil terbang di masa mendatang.

sumber: inilah.com
Sosialisasikan Kendaraan Listrik Kemenhub Selenggarakan Electric Vehicle Funday
21 November 2022
Sosialisasikan Kendaraan Listrik, Kemenhub Selenggarakan "Electric Vehicle Funday"
foto: Electric Vehicle Funday (suara)


itoday -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar kegiatan Electric Vehicle Funday di Jakarta, Minggu (20/11/2022) sebagai bagian dari sosialisasi penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia.

Dikutip dari kantor berita Antara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia), dr H Moeldoko, serta beberapa selebritis hadir dalam acara ini.

"Saat ini sudah banyak kendaraan listrik yang bentuknya keren, energi bersih ramah lingkungan, dan lebih irit dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM)," jelas Budi Karya Sumadi di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu.

Disebutkannya bahwa kendaraan listrik secara keseharian bisa lebih irit sampai 75 persen dibandingkan motor konvensional yang menggunakan Bahan Bakar Minyak atau BBM. Berdasarkan hitungan yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat, satu liter BBM setara 1,2 Kwh listrik.

Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp 1.700. Artinya penggunaan kendaraan listrik jauh lebih hemat jika dibandingkan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp 10.000 - Rp 21.000.

Untuk mobil listrik, setiap 1 kilowatt hour (kWh) bisa menjalankan mobil listrik sejauh 5-7 km, sementara dengan kapasitas penuh mobil listrik rata-rata sebesar 45 kWh, kendaraan listrik bisa melaju hingga 300 km.

Selain lebih hemat energi dan biaya, keuntungan lainnya yang didapat dari penggunaan kendaraan listrik yaitu lebih terjamin, karena pemerintah akan terus mendorong semakin banyaknya fasilitas pengisian daya. Masih ada pula insentif bagi para pengguna kendaraan listrik.

Dan menurut Menteri Perhubungan, Pemerintah telah menyiapkan strategi untuk terus meningkatkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Yaitu:
Tahap pertama menyasar penggunaan kendaraan listrik di Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah.

Tahap kedua, penggunaan kendaraan listrik pada transportasi massal yakni bus, taksi, dan sepeda motor (ojek online).

sumber: suara.com

Terpopuler

Otomotif News 4
14 June 2021
Otomotif News 4
Otomotif News 2
Otomotif News 2
14 June 2021