Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Mengenal Istilah Kuburan di Dalam Bus, Apa Maksudnya?

Otomotif
Mengenal Istilah Kuburan di Dalam Bus, Apa Maksudnya? 1
foto: ilustrasi (detik)

itoday - Istilah di dunia bus memang unik-unik, salah satunya adalah 'kuburan' Bagi kalangan awam yang baru mendengar istilah itu, tentunya yang dibayangkan adalah hal yang menyeramkan. Tapi istilah itu tidak semengerikan kuburan beneran, kok. Lalu apa arti sebenarnya dari istilah kuburan di dalam bus?

Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa kuburan yang dimaksud adalah semacam gundukan memanjang yang ada di depan bus, tepatnya di samping sopir. Gundukan itu lazim ditemui di bus-bus yang memiliki posisi mesin di depan.

"Karena bentuknya kotak, panjang, dan timbul, kalau di kita nyebutnya kuburan. Ini biasanya ada di bus-bus tertentu (yang bermesin depan), seperti Hino AK dan Mercy OF," kata Zaenal, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (29/6/2021).

Dibuatnya gundukan seperti itu tentu ada tujuannya, yakni sebagai cover tambahan untuk kap mesin. Menurut Zaenal, gundukan itu diberi lapisan lagi agar tidak menimbulkan panas berlebih, sehingga bisa digunakan untuk tempat duduk alternatif.

"Gundukan itu diberi material seperti bahan jok, jadi bisa digunakan untuk tempat duduk sementara penumpang. Kerasanya paling ya cuma anget aja," sambung Zaenal.

Lanjut Zaenal menjelaskan, bus-bus bermesin depan dengan mesin gundukan saat ini sudah tergolong langka. Sebab karoseri sudah berinovasi membuat cover kap mesin tersebut agar sejajar atau rata dengan lantai penumpang. Sehingga dari segi estetika akan lebih rapi dan tidak ada lagi penumpang yang duduk di atas cover kap mesin, karena itu memang kurang safety.

Nah, kalau detikers sendiri punya pengalaman naik bus dengan gundukan di depan nggak?

sumber: detik.com
Otomotif Mengenal Istilah Kuburan di Dalam Bus, Apa Maksudnya?

Terpopuler

Otomotif News 4
14 June 2021
Otomotif News 4
Otomotif News 2
Otomotif News 2
14 June 2021