Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

3 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak, Audiobook Bisa Jadi Pilihan

Parenting
3 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak, Audiobook Bisa Jadi Pilihan 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Ingin menanamkan kebiasaan membaca kepada anak sedari dini tetapi bingung harus memulai dari mana? Mengenalkan pentingnya membaca kepada anak-anak merupakan kegiatan yang bisa dijadikan referensi di waktu luang. Dengan mengenalkan dunia literasi kepada anak-anak sedini mungkin, mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang mencintai buku dan selalu haus akan ilmu baru.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dilakukan untuk menanamkan rasa cinta terhadap buku dan literasi kepada anak-anak, yuk disimak.

1. Mulai dari buku yang disukai anak

Biarkan anak-anak memilih buku mana yang ia baca sesuai dengan buku yang ia sukai. Jangan memaksakan sesuatu kepada anak-anak karena hasilnya tidak akan baik. Mereka akan merasa lebih enjoy saat memulainya dengan buku yang mereka sukai.

Sediakan beberapa buah buku dengan gambar dan ilustrasi yang menarik, biarkan anak-anak melihat sendiri dan memilih mana yang paling menarik perhatian dan minat mereka.

2. Ciptakan suasana baca yang nyaman

Suasana membaca dan lingkungan yang nyaman akan mendukung anak untuk lebih fokus pada buku bacaannya. Kegiatan membaca pun akan terasa lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, anak-anak tidak akan mudah merasa bosan.

Kita bisa mengajak anak-anak berkunjung ke taman baca atau perpustakaan agar anak-anak dapat mengenali suasana yang tepat untuk membaca. Perpustakaan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengajarkan arti mematuhi peraturan agar tidak berisik dan mengganggu orang lain.

3. Gunakan audiobook

Mendengarkan cerita berdasarkan audiobook dapat membangkitkan minat baca anak-anak. Suara yang lebih komunikatif dapat meningkatkan perhatian dan minat anak-anak. Jika anak-anak cenderung susah fokus pada satu buku, audiobook bisa menjadi solusi yang tepat.

Ada banyak sekali audiobook yang bisa dijadikan referensi dan digunakan, apalagi zaman sekarang ini teknologi sudah semakin maju. Bahkan ada buku dengan pena khusus yang jika diarahkan pada tulisan, dapat bersuara. Menarik sekali, bukan?

Itulah tiga tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak-anak sejak usia dini. Membuat kegiatan membaca yang menyenangkan dapat meningkatkan kepekaan anak-anak terhadap dunia literasi dan buku.

sumber: yoursay-suara.com
Parenting 3 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak, Audiobook Bisa Jadi Pilihan