Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

4 Hal yang Penting untuk Dikenalkan kepada Anak Sejak Dini

Parenting
4 Hal yang Penting untuk Dikenalkan kepada Anak Sejak Dini 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Masa kecil adalah saat-saat penting bagi seorang anak untuk belajar menjadi manusia yang baik dan mengenal lingkungannya. Tentunya, peran orang tua sebagai pendidik utama anak sangatlah dibutuhkan, karena itulah tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak begitu besar. Pastinya ada begitu banyak hal yang harus orang tua ajarkan kepada anak. Dalam hal ini, ada beberapa hal penting yang sebaiknya tidak luput untuk dikenalkan kepada anak sejak dini, di antaranya ialah:

1. Adab dan tata krama

Adab dan tata krama sangat penting bagi seorang manusia. Setinggi apa pun kecerdasan yang dimiliki tidak akan ada artinya jika seseorang tidak mengenal adab dan tata krama.

Mengenalkan tata krama pada anak sejak dini akan membentuknya menjadi pribadi yang berbudi dan pandai menghormati orang lain. Hal ini tentu akan sangat membantunya dalam proses sosialisasi, baik di dalam keluarga maupun di masyarakat luas.

2. Keluarga besar

Bukan hanya keluarga inti, hendaknya orang tua juga mengenalkan keluarga besar kepada anak sejak dini. Jika anak baru dikenalkan kepada anggota keluarga ketika sudah besar, ia akan lebih sulit menjalin hubungan dan merasa asing di tengah keluarganya sendiri.

Mengenal setiap anggota keluarga besar dapat menumbuhkan rasa sayang anak kepada keluarga. Tak hanya itu, anak yang dikenalkan kepada keluarga besar sejak dini juga akan lebih mampu memahami, serta menerima kelebihan dan kekurangan keluarganya.

3. Budaya daerah asal

Negeri kita terdiri dari beragam suku bangsa dan hal ini membuat kita kaya akan budaya daerah. Penting bagi anak untuk mengenal budaya daerah asalnya, seperti pakaian adat, tradisi dan bahasa daerah. Selain membantu untuk melestarikan kekayaan budaya, hal ini juga dapat mencegah anak lupa dari mana ia berasal dan tidak tahu budayanya sendiri.

4. Rasa empati

Rasa empati harus dibangun dalam diri anak sejak dini. Ajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih, meminta maaf saat melakukan kesalahan, meminta tolong dengan baik, berbagi dan menghargai sesamanya.

sumber: suara.com
Parenting 4 Hal yang Penting untuk Dikenalkan kepada Anak Sejak Dini