Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri Sejak Kecil

Parenting
Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri Sejak Kecil 1
foto: ilustrasi (merdeka)


itoday - Salah satu cobaan yang biasa dialami oleh orangtua dalam mendidik anak adalah membiasakan buah hati agar menjadi mandiri. Pada tahap ini, orangtua kerap kesulitan karena sering tidak tega atau terlalu keras dalam mendidik anak.

Salah satu cara yang penting adalah untuk membuat anak-anak merasa bahwa mereka mampu untuk melakukan sesuatu. Mereka harus disediakan peluang agar bisa bertindak dan merasa seperti sudah besar.

Dilansir dari Medical Daily, Dr. Jacqueline Sperling, psikolog klinis di Harvard Medical School mengungkap bahwa terdapat sejumlah strategi untuk memupuk kemandirian anak-anak bahkan dalam usia muda. Cara yang bisa dilakukan ini juga sangat mudah.

Sperling mengungkap bahwa anak sebaiknya diminta untuk menyiapkan cemilan mereka sendiri atau memesannya sendiri. Selain itu, mereka juga diminta untuk memilih pakaian sendiri atau bertanya pada orang di tempat tertentu seperti pada toko mainan.

Anak-anak sebaiknya diijinkan untuk bermain ke rumah teman dengan mempertimbangkan area hidupnya. Mereka juga bisa diminta bertindak sebagai saudara lebuh tua bagi anak lain di lingkungan sekitar ketika orang tua melakukan pekerjaan rumah tangga. Ketika anak penasaran dengan sesuatu hal, minta mereka untuk meminta tolong atau bertanya pada orang lain.

Secara bertingkat, Sperling menyarankan untuk meningkatkan keterlibatan anak ketika melakukan pekerjaan rumah tangga. Hal ini bakal membuat mereka merasa mampu dan mengerjakan sesuatu secara mandiri serta bertanggungjawab pada diri sendiri.

Dilakukan Secara Bertahap
Secara jumlah, disarankan untuk membiasakan anak-anak mempraktikan tiga perilaku setiap hari. Hal ini bakal membentuk mereka dalam mengembangkan diri seiring waktu.

Untuk memudahkan, Sperling menyarankan untuk membuat bagan pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan anak-anak sejak usia dua tahun. Sebagai contoh, pada usia dua tahun, anak dibiasakan untuk memberesi mainan mereka sendiri.

Pada usia empat tahun, minta mereka untuk memberi makan hewan peliharaan. Pada usia enam tahun, minta mereka untuk mengangkat baju cucian. Cara ini bisa membuat anak membangun kepercayaan diri.

"Lakukan pekerjaan rumah tangga yang meladeni kebutuhan seluruh rumah dibanding hanya pada anak saja. Sebagai contoh, mengosongkan dishwasher dibanding aktivitas perawatan diri," terang Sperling.

Dengan melakukan hal ini, anak-anak bisa memahami uang yang dihasilkan dengan membantu secara lebih luas dan tidak hanya pada diri sendiri. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membantu anak-anak memahami konsep menabung, menghabiskan uang, dan memberi uang yang mereka hasilkan dengan meletakannya pada tempat yang berbeda.

sumber: merdeka.com
Parenting Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri Sejak Kecil

Terpopuler