Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini

Parenting
Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini 1
foto: ilustrasi (republika)


itoday - Akademisi dari UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto, Muridan, mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini. Dengan begitu, mereka nantinya terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.

"Penanaman akhlak sejak dini pada anak akan membantunya berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama, agar dapat selamat baik di dunia maupun di akhirat," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikutip Rabu (17/11).

Muridan mengatakan, Hari Ayah Nasional dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak. Ia menyebut, ayah adalah sosok yang luar biasa.

"Dalam konteks agama, posisi ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Sebagai pemimpin ayah dibebani tanggung jawab yang berat, yaitu melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak yang baik terhadap anak-anaknya," kata Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto itu.

Muridan menjelaskan bahwa ayah berperan penting dalam mendidik dan mengawal perkembangan anak. Ia mengatakan, mendidik anak bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab ibu, tetapi menjadi tugas bersama ayah.

"Mengawal dan mendidik anak sebenarnya bukan hanya dilakukan saat anak telah terlahir ke dunia hingga dewasa, tetapi seharusnya telah dimulai sejak awal, saat anak masih dalam kandungan," katanya.

Muridan mengatakan bahwa mengawal pendidikan anak saat masih dalam kandungan memang lazim dilakukan oleh ibu. Akan tetapi, sebenarnya ayah juga dapat berperan.

"Tidak boleh sosok ayah membiarkan ibu berjuang sendirian, sementara ayah hanya mengambil peran sebagai pencari nafkah," katanya.

Saat kelahiran anak, menurut Muridan, sosok ayah memiliki peran tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Peran tersebut adalah mendidik dan mengawal perkembangan anak.

"Sosok ayah menjadi pelengkap atas apa yang telah dilakukan oleh ibu dan ayah harus dapat menjadi teladan yang baik bagi keluarga, khususnya anak-anak," tuturnya.

sumber: republika.co.id
Parenting Penting, Ayah Harus Ajarkan Akhlak Sejak Anak Usia Dini

Terpopuler