Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Tiket Candi Borobudur Bakal Naik, Andien Aisyah Ngeluh Jadi Susah Ajari Hal Baik ke Anak

Parenting
Tiket Candi Borobudur Bakal Naik, Andien Aisyah Ngeluh Jadi Susah Ajari Hal Baik ke Anak 1
foto: ilustrasi (suara)


itoday - Kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk turis lokal, membuat penyanyi Andien Aisyah turut menyampaikan keresahannya.

Keresahan itu seputar perilaku pengunjung Candi Borobudur yang dipotret pada 2019 lalu dan dibagikan Jurnalis Harian Kompas, Sarie Febriane. Potret ini membuat Andien kesulitan mengajarkan hal baik kepada anaknya.

Potret itu memperlihatkan pengunjung yang terlihat asyik duduk di Stupa Candi Bodorobudur, bahkan banyak juga yang memanjat hingga atas stupa.

Padahal sudah ada tulisan aturan yang menyatakan 'Dilarang Duduk Pada Stupa' atau 'Dilarang Memanjat Stupa', tapi pengunjung nampak tidak mengindahkan aturan tersebut.

Unggahan itu juga memperlihatkan, pengunjung anak dan dewasa yang menaiki tembok candi padahal sudah dipasang pagar pembatas.

Menurut Andien, saat lingkungan sekitar tidak mendukung memberi contoh yang baik untuk anak, ini juga bisa membuat orangtua sulit mengajarkan hal baik pada anaknya.

"Asli nih, hal-hal yang kayak gini yang bikin aku susah jelasin juga ke anak, kalau kalau pertanyaan 'kok dia boleh begitu gitu?'," tulis Andien menanggapi unggahan Sarie di akun Instagramnya, dikutip suara.com Senin, (6/6/2022).

Selanjutnya, Andien kemudian membagikan tulisan adiknya, Dias Kinanthi tentang Candi Bodorobudur. Tulisan berisi rasa miris perempuan yang juga seorang Diplomat di Swiss, bahwa banyak komentar sinis dibalik kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Menurut Dias, di balik komentar itu tidak banyak masyarakat yang tahu alasan sesungguhnya dibalik kenaikan tiket. Apalagi kata dia, harga itu hanya berlaku jika ingin naik ke atas stupa Candi Borobudur. Tapi bila masuk ke kompleks Candi Bodorobudur tidak ada kenaikan harga tiket.

"Walaupun kita nggak beli tiket naik, kita tetap bisa foto-foto candinya, tetap bisa naik andong keliling kompleks, belanja souvenir khas setempat, jajan makanan khas Jawa Tengah, nonton pertunjukan tradisi, dan tentunya belajar tentang Borobudur di information center-nya," ungkap Dias dalam salah satu tulisannya.

sumber: suara.com
Parenting Tiket Candi Borobudur Bakal Naik, Andien Aisyah Ngeluh Jadi Susah Ajari Hal Baik ke Anak