Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Bambang Susantono Jadi Pimpinan IKN, Pengamat: Jangan Sampai Terseret Pusaran Tekanan Bisnis Politik

Politik
Bambang Susantono Jadi Pimpinan IKN, Pengamat: Jangan Sampai Terseret Pusaran Tekanan Bisnis Politik 1
foto: Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe (suara)


itoday - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022).

Terkait ini, pengamat sosial politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengapresiasi penunjukan kalangan profesional sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara oleh Presiden Jokowi.

Sebab, menurutnya hal ini akan membuat IKN jauh dari potensi kecenderungan korupsi politik.

"IKN ini kan harus dikawal oleh profesional, jauh dari korupsi politik, oligarki politik apalagi urusan parpol. Harus bersih dari semua indikasi koruptif dan maladministratif," ujar Herry kepada Suara.com, Kamis (10/3/2022).

Lebih lanjut, Herry menyebut pilihan Jokowi mengangkat kalangan profesional sebagai Kepala Otorita IKN tak lantas menegasikan tantangan-tantangan lainnya.

"Tentunya Jokowi akan head-to-head dengan parpol dan segala kepentingannya belum lagi pressure yang berasal dari oligarki politik. Jokowi mesti mengelola potensi konflik ini menjadi solusi dan inovasi," papar Herry.

Kendati demikian, Herry mendorong agar Jokowi bisa memberikan garansi ke publik bahwa IKN kedepan memang dibangun dan dikelola oleh orang-orang yang independen dan profesional.

"Justru Jokowi harus pastikan juga, berikan garansi ke publik bahwa orang pilihannya tak mudah diintervensi karena independen dan profesional. Jangan sampai mereka pada akhirnya terseret dalam pusaran tekanan bisnis politik," tutur Herry.

Di sisi lain, Herry menyarankan agar keterlibatan masyarakat lokal, khususnya Kalimantan Timur menjadi keniscayaan dalam pembangunan IKN baru.

"Urgensi keterlibatan masyarakat lokal dalam pembangunan IKN baru harus diakomodir. Partisipasi mereka sangat dibutuhkan agar pembangunan IKN tidak lantas membuat kearifan lokal terpinggirkan," ucap Herry.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN di Istana Negara, hari ini.

Pengangkatan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 9 M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Keppres tersebut ditetapkan pada 9 Maret 2022.

sumber: suara.com
Politik Bambang Susantono Jadi Pimpinan IKN, Pengamat: Jangan Sampai Terseret Pusaran Tekanan Bisnis Politik