Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

“Itikad Baik” ala MK di UU 2/20020, Adhie Massardi: Ahok Diloloskan KPK Pakai Akal-akalan ini!

Politik
“Itikad Baik” ala MK di UU 2/20020, Adhie Massardi: Ahok Diloloskan KPK Pakai Akal-akalan ini! 1
foto: Basuki Tjahaja Purnama (liputan6)


itoday – Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan judicial review UU 2/2020 terkait penanganan pandemi Covid 19 di Indonesia. Jika sebelumnya pemerintah tidak bisa digugat terkait penggunaan dana penanganan Covid 19, kini pemerintah tidak kebal hukum.

Hanya saja, putusan MK itu dinilai secara substansi tidak berubah. MK telah mereview Pasal 27 ayat 3. Sebelum direview: Segala tindakan termasuk keputusan yang diambil berdasarkan Peraturan PemerintahPengganti Undang-undang Ini bukan merupakan obyek gugatan yang dapat diajukan kepada peradilan tata usaha negara.

Setelah di Review MK: Segala tindakan termasuk keputusan yang diambil berdasarkan Peratuan Pemerintah Pengganti Undang-undang ini bukan merupakan obyek gugatan yang dapat diajukan kepada peradilantata usaha negara sepanjang dilakukan terkait dengan penanganan pandemi-Covid-19 serta dilakukan dengan itikad baik dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Ketentuan “itikad baik” itu memunculkan kontroversi. Ekonom senior Rizal Ramli bersuara keras, bahwa putusan MK itu secara substansi tidak berubah. Di mana, sepanjang dilandasi itikad baik, maka tidak bisa dikenakan UU Tipikor atau korupsi.

Melalui akun Twitter @RamliRizal menegaskan: “MK Gombal: maaf saja cabut pujian saya terhadap MK. Apa yang diputus MK itu, ternyata sama saja subtansinya. Karena sepanjang dilandasi itikad baik, maka tidak bisa dikenakan UU TIPIKOR atau Korupsi. Korupsi bukan dilihat dari itikad baik, melainkan apalah ada unsur kerugian negara.”

Pendapat senada disampaikan mantan jubir Presiden Gus Dur Adhie Massardi. Tokoh Gerakan Indonesia Bersih (GIB) ini mengaitkan prasyarat “etikad baik” UU 2/2020 dengan kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Robinhood yang rampok pejabat korup untuk dibagikan kepada orang-orang miskin tetap langgar hukum, tindak pidana. Coba MK terapkan ITIKAD BAIK dalam KUHP pencurian & perampokan TAK DAPAT DIHUKUM. Itikad baik urusan hati, hanya Malaikat yang tahu! Ahok diloloskan @KPK_RI pakai akal-akalan ini,” tulis Adhie di akun @AdhieMassardi.

Pada Juni 2016, KPK mengumumkan tidak ada perbuatan melawan hukum dalam kasus pembelian lahan RS Sumber Waras yang diduga melibatkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Red
Politik “Itikad Baik” ala MK di UU 2/20020, Adhie Massardi: Ahok Diloloskan KPK Pakai Akal-akalan ini!