Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Jerry Massie: Bukan Urusan Luhut Bahas Pemilu, Ingat Banyak Investor IKN Kabur

Politik
Jerry Massie: Bukan Urusan Luhut Bahas Pemilu, Ingat Banyak Investor IKN Kabur 1
foto: Luhut Panjaitan (republika)


itoday - Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) mulai dipertanyakan publik. Ini lantaran Luhut ikut campur dalam urusan kepemiluan.

Luhut baru-baru ini menyampaikan pernyataan dukungan terhadap isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo. Dia menggunakan analisis big data yang menyebut ada 110 juta suara rakyat mendukung Pemilu Serentak 2024 ditunda.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai Luhut telah gagal menjalankan tugasnya sebagai Menko Marves dan telah keluar dari jalur.

"LBP asbun. Bukan urusan dia ngurus pemilu, dia ngomong. Sedangkan banyak investor kabur tanamkan sahamnya di IKN Nusantara tak diurus," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (18/3).

Di samping itu, Jerry memandang big data yang digunakan Luhut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sebab sampai hari ini tidak diungkap secara rinci mengenai data 110 juta penduduk yang diklaim mendukung penundaan pemilu.

"Bayangkan riset saja atau penelitian lembaga survei hanya 1.000 hingga 2.000 responden, paling tinggi 3.000 responden, jadi data ngawur ini tak bisa dipertanggungjawabkan secara akademik," tandasnya. 

sumber: rmol.id
Politik Jerry Massie: Bukan Urusan Luhut Bahas Pemilu, Ingat Banyak Investor IKN Kabur