Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Megawati Ketua Dewan Pengarah BRIN, Azyumardi Azra: Malapetaka Riset dan Inovasi RI

Politik
Megawati Ketua Dewan Pengarah BRIN, Azyumardi Azra:  Malapetaka Riset dan Inovasi RI 1
foto: Megawati Soekarnoputri (antara)


itoday – Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra turut mengecam pengangkatan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah ini bahkan menyebut pengangkatan Megawati sebagai “kekacauan” yang menjadi malapetaka riset dan inovasi di Indonesia. “Kekacauan yang diakibatkan BRIN merupakan malapetaka riset dan inovasi Indonesia bertahun-tahun sekarang dan ke depan,” tulis Azyumardi di akun Twitter @Prof_Azyumardi.

Azyumardi menyoal kapasitas Megawati. Menurut Azyumardi, seharusnya Ketua dan anggota Dewan Pengarah BRIN adalah ilmuwan atau peneliti terkemuka berkaliber internasional.

“Tidak pada tempatnya Ketua Dewan Pengarah BRIN ketum parpol yang tidak punya kepakaran soal riset dan inovasi--boleh jadi BRIN menjadi alat politik,” tegas @Prof_Azyumardi.

Tak hanya itu, Azyumardi meminta Presiden Joko Widodo untuk belajar dari kasus BPIP, yang ketua dewan pengarahnya juga Ketum Parpol. Azyumardi mengingatkan, nasib BRIN akan sama seperti BPIP.

“Harusnya Presiden Jokowi belajar dari kasus BPIP yang ketua dewan pengarahnya juga ketum parpol. Akibatnya BPIP menjadi partisan dan kehilangan trust publik. BRIN juga bakal bernasib sama seperti BPIP,” tulis @Prof_Azyumardi.

@Prof_Azyumardi menambahkan: “Saya kira sulit bersaing. Sementara LPNK (LIPI, BPPT, LAPAN, BATAN) sudah dilebur menjadi OR (organisasi riset) yang semua dipimpin PLT. Tidak cukup waktu sekitar 2 tahun-an bagi Presiden Jokowi mengkonsolidasi BRIN menjadi legacynya yang baik--tidak berantakan seperti sekarang.”

Seperti diketahui, Keppres nomor 45 tahun 2021 menjadi dasar pengangkatan Dewan Pengarah BRIN.

Berikut Dewan Pengarah BRIN:

1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua
2. Menteri Keuangan sebagai wakil ketua
3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas sebagai wakil ketua
4. Sudhamek Agung Waspodo Sunyoto sebagai sekretaris
5. Profesor Emil Salim sebagai anggota
6. Profesor I Gede Wenten sebagai anggota
7. Bambang Kesowo sebagai anggota
8. Profesor Adi Utarini sebagai anggota
9. Profesor Marsudi Wahyu Kisworo sebagai anggota
10. Tri Mumpuni sebagai anggota

Red
Politik Megawati Ketua Dewan Pengarah BRIN, Azyumardi Azra:  Malapetaka Riset dan Inovasi RI