Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Megawati Rangkap Jabatan di BPIP dan BRIN, Marco: Mengulang Sejarah Kolonial!

Politik
Megawati Rangkap Jabatan di BPIP dan BRIN, Marco: Mengulang Sejarah Kolonial! 1
foto: Megawati Soekarnoputri (ist)


itoday - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah membantah jika dikatakan pengangkatan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), berpotensi konflik kepentingan.

Basarah mengatakan pemerintah juga ingin riset dan inovasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak keliru jika Megawati yang diangkat. "Ini artinya Pemerintah ingin agar setiap kegiatan riset dan inovasi itu harus berpedoman pada Pancasila," kata Basarah seperti dikutip Antara (14/10).

Pernyataan Basarah itu secara tidak langsung mengaitkan posisi Megawati yang juga merangkap Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Pengamat kebijakan publik Marco Kusumawijaya melontarkan kritik pedas atas rangkap jabatan Megawati tersebut. “Ya mengulang sejarah kolonial. Mentaliteit terjajah yang meniru penjajah,” tulis Marco di akun Twitter @mkusumawijaya.

Cuitan @mkusumawijaya itu mengomentari tulisan Koran Tempo yang menyebut kejanggalan penempatan Dewan Pengarah BPIP sebagai pengarah juga di BRIN.

Tak hanya itu Marco juga melemparkan sindiran keras. Marco membandingkan rangkap jabatan Megawati dengan kapabilitas Soekarno, sang ayah. “Bu Mega sepertinya sudah mencapai tingkatan Ayah-nya ya. Luar biasa kecerdasan dan kemuliaannya,” sindir @mkusumawijaya menanggapi tulisan bertajuk “Megawati Pecahkan Rekor Dunia, Pendiri PAN: Semoga Tuhan Mengampuni Negeriku Ini”.

Diberitakan sebelumnya, politisi senior Abdillah Toha turut menyoal pengangkatan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

“Selamat kepada profesor Megawati sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Memecahkan rekor dunia, untuk pertama kali ketua partai pimpin badan riset. Semoga Tuhan mengampuni negeriku ini,” tulis Abdillah Toha di akun Twitter @AT_AbdillahToha.

Abdillah mengaitkan posisi Megawati dengan kebutuhan dana untuk partai. “Mudah-mudahan ketua Dewan Pengarah yang baru tidak mengarahkan BRIN untuk inovasi mencari dana sebanyak-banyaknya buat partai,” sindir @AT_AbdillahToha.

red/frd
Politik Megawati Rangkap Jabatan di BPIP dan BRIN, Marco: Mengulang Sejarah Kolonial!