Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Politisi Abdillah Toha: Semoga Megawati tak Arahkan BRIN untuk Cari Dana Partai Sebanyak-banyaknya

Politik
Politisi Abdillah Toha: Semoga Megawati tak Arahkan BRIN untuk Cari Dana Partai Sebanyak-banyaknya 1
foto: Megawati Soekarnoputri (tempo)


itoday - Pengangkatan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengundang polemik panjang. Megawati dinilai tidak memiliki kapasitas di kursi badan riset dan inovasi itu.

Politisi senior Abdillah Toha menegaskan, pengangkatan Megawati telah memecahkan rekor dunia. Di mana, untuk pertama kalinya seorang ketua umum parpol memimpin sebuah badan riset.

“Selamat kepada profesor Megawati sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Memecahkan rekor dunia, untuk pertama kali ketua partai pimpin badan riset. Semoga Tuhan mengampuni negeriku ini,” tulis Abdillah Toha di akun Twitter @AT_AbdillahToha.

Sindiran keras juga dilontarkan Abdillah Toha. Abdillah mengaitkan posisi Megawati dengan kebutuhan dana untuk partai. “Mudah-mudahan ketua Dewan Pengarah yang baru tidak mengarahkan BRIN untuk inovasi mencari dana sebanyak-banyaknya buat partai,” sindir @AT_AbdillahToha.

Menjadi polemik, Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah membantah jika pengangkatan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN tidak pas. Bahkan Basarah menyebut pengangkatan Megawati sudah sesuai aturan.

Selain itu, Basarah mengatakan pemerintah juga ingin riset dan inovasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak keliru jika Megawati yang diangkat. "Ini artinya Pemerintah ingin agar setiap kegiatan riset dan inovasi itu harus berpedoman pada Pancasila," kata Basarah seperti dikutip Antara (14/10).

Basarah mengutip Perpres No. 78 tahun 2021 terutama Pasal 6. Diktakan bahwa tugas Dewan Pengarah BRIN adalah memberikan arahan dalam perumusan kebijakan dan penelitian di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada Pancasila.

Kemudian pada Pasal 7 Ayat (2) dinyatakan bahwa dewan pengarah Brin berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pembinaan ideologi Pancasila.

"Sehingga bisa dipahami, sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), yang menyelenggarakan tugas pembinaan ideologi Pancasila, Ibu Megawati yang ditunjuk untuk menjabat ex officio Dewan Pengarah BRIN," kata Basarah.

red/frd
Politik Politisi Abdillah Toha: Semoga Megawati tak Arahkan BRIN untuk Cari Dana Partai Sebanyak-banyaknya