Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Video Anies Tenteng Tanah Warga Gusuran Ahok ke IKN Nusantara

Politik
Video Anies Tenteng Tanah Warga Gusuran Ahok ke IKN Nusantara 1
foto: Anies Baswedan (republika)


itoday - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membawa tanah yang berasal dari Kampung Akuarium, Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, ke seremoni Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan Anies dalam unggahannya di Facebook Anies Baswedan maupun akun twitternya. Anies membagikan video ibu-ibu yang mencangkul tanah di area Kampung Akuarium pada Ahad (13/3/2022), untuk kemudian tanah itu dimasukkan ke dalam besek yang dibawanya ke IKN.

Warga Kampung Akuarium adalah warga yang pada April 2016 lalu digusur oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Saat itu Ahok menganggap warga Kampung Akuarium tinggal ilegal di atas lahan seluas 1 hektare tersebut.

Anies akan ikut menghadiri acara di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara di wilayah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Acara yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan 33 gubernur seluruh Indonesia, tersebut sebagai seremoni pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara.

Pada acara itu, Jokowi menginstruksikan semua kepala daerah tingkat provinsi membawa tanah dan air dari masing-masing wilayahnya. Kemudian, tanah dan air yang dibawa gubernur itu akan disatukan oleh Jokowi ke dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN.

Dalam unggahannya di Facebook, Anies menuliskan caption: Republik ini memang digagas oleh kaum terdidik, tapi diperjuangkan dan dipertahankan oleh semua, termasuk oleh rakyat kebanyakan, yang cucuran keringatnya sering tak ditulis dalam buku-buku sejarah.

Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Aquarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN.

Setiap gubernur ditugaskan utk membawa tanah dan air dari provinsinya. Pada hari minggu siang ini semua, bersama-sama ke Kalimantan Timur.

Tanah dari Kampung Aquarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan.

sumber: republika.co.id
Politik Video Anies Tenteng Tanah Warga Gusuran Ahok ke IKN Nusantara