Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

IPW Ketum PSSI Iwan Bule Seharusnya Malu dan Mundur
02 October 2022
IPW: Ketum PSSI Iwan Bule Seharusnya Malu dan Mundur
foto: Tragedi Kanjuruhan (ist)

itoday - Sebanyak 127 nyawa melayang akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang usai tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023, Sabtu malam (1/10).

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencabut ijin penyelenggaraan sementara seluruh kompetisi liga yang dilakukan PSSI. Hal perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi harkamtibmas, sambil menganalisa sistem pengamanan yang dilaksanakan oleh aparat kepolisian dalam mengendalikan kericuhan di sepak bola.

Pasalnya, kericuhan dalam tragedi tragis itu berawal dari kekecewaan suporter tim tuan rumah yang turun ke lapangan tanpa dapat dikendalikan oleh pihak keamanan.

"Bahkan, aparat kepolisian yang tidak sebanding dengan jumlah penonton, secara membabi buta menembakkan gas air mata sehingga menimbulkan kepanikan terhadap penonton yang jumlahnya ribuan,” tegas Sugeng kepada wartawan, Minggu (2/10).

"Akibatnya, banyak penonton yang sulit bernapas dan pingsan. Sehingga, banyak jatuh korban yang terinjak-injak di sekitar Stadion Kanjuruhan Malang,” imbuhnya.

Padahal, kata Sugeng, sesuai aturan FIFA penggunaan gas air mata di stadion sepak bola dilarang selama melakukan pengamanan.

Hal itu tercantum dalam FIFA Stadium Safety and Security Regulations. Pada pasal 19 huruf b disebutkan bahwa sama sekali tidak diperbolehkan mempergunakan senjata api atau gas pengendali massa.

"Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga harus mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat yang bertanggung jawab dalam mengendalikan pengamanan pada pertandingan antara tuan rumah Arema FC Malang melawan Persebaya Surabaya,” tegasnya.

"Kemudian, memerintahkan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta untuk mempidanakan panitia penyelenggara pertandingan antara Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1 Oktober 2022),” tambahnya.

Sugeng mengatakan, jatuhnya korban tewas di sepakbola nasional ini, harus diusut tuntas pihak kepolisian. Pasalnya, Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap sepakbola di Indonesia yang selalu ricuh dan menelan korban jiwa.

Tidak kalah penting, Sugeng menuntut pertanggungjawaban dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule atas peristiwa ini.

"Kemudian, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Iwan Bule) seharusnya malu dan mengundurkan diri dengan adanya peristiwa terburuk di sepak bola nasional,” demikian Sugeng.

sumber: rmol.id
Peselancar Indonesia Rio Waida Jadi Pemuncak Peringkat Challenger Series WSL
28 September 2022
Peselancar Indonesia Rio Waida Jadi Pemuncak Peringkat Challenger Series WSL
foto: Rio Waida (suara)


itoday - Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida menjadi pemuncak tangga Challenger Series (CS) Liga Selancar Dunia (World Surf League).

Menurut laman WSL, Rabu (28/9/2022), Rio berada pada peringkat pertama dengan 21.050 poin yang berjarak cukup lebar dari peselancar Italia Leonardo Fioravanti yang menempati posisi kedua dengan 17.665 poin.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berpotensi masuk World Championship Tour (WCT) karena Top 10 Challenger Series akan dipromosikan ke divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.

"Secara hitung-hitungan mestinya masuk ya, apalagi untuk masuk WCT harus top 10 di ranking CS-nya. Tapi saya tidak berani berandai-andai memberi pernyataan sebelum ada konfirmasi resmi dari WSL," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Arya Subyakto kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menduduki puncak peringkat Challenger Series, Rio yang tembus 16 besar Olimpiade Tokyo 2020, menjuarai Sydney Surf Pro 20222 nomor Open Mens di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei.

Tak lama kemudian pada Juli, peselancar berusia 22 tahun itu menjuarai Balito Pro 2022 di Ballito, KwaZulu-Natal, Afrika Selatan.

Berbekal dua gelar tersebut, Rio siap tampil mengesankan lagi di Ericeira, Portugal, yang menjadi pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series tahun ini, yang akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022.

Peselancar andalan Indonesia itu meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, pekan lalu.

Dalam unggahan media sosial miliknya, Rabu, Rio mengaku sudah berada di Ericeira yang berada tepi pantai barat Portugal dan dianggap sebagai ibu kota selancar Eropa.

Untuk Challenger Series di Portugal, Rio akan berkompetisi bersama rekan senegara I Ketut Agus yang juga ikut berjuang dalam memperebutkan slot Olimpiade pekan lalu.

sumber: suara.com
Bahas Privasi Pemain Komentator Laga Timnas U20 Banjir Kecaman
15 September 2022
Bahas Privasi Pemain, Komentator Laga Timnas U-20 Banjir Kecaman
foto: Hokky Caraka (suara)


itoday - Laga perdana Timnas Indonesia U-20 di pentas kualifikasi Piala Asia U-20 melawan Timor Leste berakhir dengan manis. Pada laga pembuka bagi anak asuh Coach Shin Tae Yong di stadion Gelora Bung Tomo tersebut, Kakang Rudiyanto dan kawan-kawan berhasil mengatasi perlawanan sang rival dengan skor mencolok, empat gol tanpa balas.

Pada pertandingan tersebut, striker masa depan Indonesia, Hokky Caraka menjadi aktor antagonis pertahanan lawan dengan trigol yang dia sumbangkan pada menit ke-12, 39 dan 49, sementara satu gol lainnya disumbangkan oleh Rabbani Tasnim beberapa menit menjelang bubaran laga.

Meski mampu menang besar, namun hasil positif tersebut sedikit ternoda dalam penilaian warganet. Bukan permasalahan yang berkaitan dengan teknis permainan skuat Garuda Nusantara, namun lebih ke tingkah polah para komentator yang memandu jalannya laga. Sekadar informasi, di laga pembuka bagi Timnas Indonesia U-20 tersebut, komentator yang bertugas adalah Valentino Simanjuntak dan juga Bung Kusnaeni.

Warganet beranggapan, dalam memandu laga tersebut, kedua komentator seringkali membahas hal-hal yang tak penting dan tidak ada hubungannya dengan pertandingan. Bahkan di beberapa kesempatan, keduanya membahas mengenai privasi pemain. Sontak saja hal tersebut membuat para komentator laga timnas U-20 banjir kecaman dari para warganet.

Bagi sebagian warganet, apa yang diucapkan oleh Valentino Simanjuntak dan Bung Kus memang mengganggu jalannya pertandingan. Bagaimana tidak, di sepanjang laga, keduanya tak sungkan untuk saling berbalas komentar mengenai hal-hal yang sifatnya pribadi dari para pemain. Mulai dari nama ayah, ibu, alamat tempat tanggal, masa kecil, hingga selipan-selipan iklan yang seharusnya ada di porsi tersendiri.

Bahkan di salah satu kesempatan, sang komentator menginformasikan kepada para pemirsa bahwa beberapa penggawa skuat Timnas U-20 saat ini, statusnya adalah anak yatim. Sebuah informasi yang tentunya sangat jauh dari laga yang dijalani oleh anak asuh Shin Tae Yong tersebut.

Hal itu pun berbuntut panjang. Banyak warganet yang merasa kecewa dengan kinerja kedua komentator tersebut, meluapkan kekesalan mereka di media sosial, salah satunya di laman Twitter resmi PSSI.

Selain dipenuhi dengan pujian dan juga kritik tentang permainan yang diperagakan oleh Timnas Indonesia, cuitan @PSSI tersebut juga disempili dengan perasaan kecewa warganet terhadap duo komentator.

Seperti misal akun @nachos_tachos yang menuliskan komentar “komentatornya berisik”, atau komentar dari akun @dian_sec yang menuliskan “Jangan Kerjasama sama Indosiar, kualitas gambar dan kualitas komentator kurang enak buat mata dan telinga”.

Hal ini juga diamini oleh akun @bringba36176681 yang menuliskan komentar menohok “Next kalo ada event timnas kerjasama sama RCTI aje ye sekalian musim depan liga 1 kasih hak siar ke TV lain aje yang komentator nya gak banyak guyon!!!!!” tulisnya mengkritisi komentator pertandingan timnas U-20 yang terlalu banyak guyon.

Tak sampai di sana, komentar keras juga diberikan oleh akun @nabunage yang keberatan dengan pembahasan “anak yatim” oleh komentator. “Komentatornya t*lol banget segala bahas yatim, nama jalan, RT, RW. Gobl*k sumpah komentatornya”. Sebuah komentar keras, tapi jangan ditiru ya!

sumber: suara.com
Jokowi Resmikan Papua Football Academy Ini Harapan Anakanak di Bumi Cendrawasih
31 August 2022
Jokowi Resmikan Papua Football Academy, Ini Harapan Anak-anak di Bumi Cendrawasih
foto: Joko Widodo (ist)


itoday - Sebanyak 3.000 anak sekolah yang terlibat dalam peresmian Papua Football Academy (PFA) berharap Presiden Joko Widodo dapat lebih memperhatikan fasilitas olahraga di Bumi Cenderawasih khususnya sepak bola. Sebanyak 3.000 anak tersebut berasal dari 36 sekolah tingkat SMA dan 14 SMP baik dari Kabupaten dan Kota Jayapura.

Salah seorang Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dari SMA Negeri 3 Jayapura Aidhyel mengatakan pihaknya membawa 50 siswa dan siswi dalam peresmian tersebut. "Kami merasa bangga dengan adanya Papua Football Academy yang di resmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya, Rabu (31/8/2022).

Dari pantauan di lapangan, terlihat anak-anak sangat antusias sekali mengikuti peresmian PFA yang dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua. Menurut Aidhyel, pihaknya berharap kemampuan anak-anak Papua dalam bidang olahraga bisa lebih di tingkat serta ditunjang dengan fasilitas yang lebih memadai.

"Sepak bola merupakan kegemaran anak-anak Papua sehingga kami berharap ke depan kemampuan dalam bermain bola bisa lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Siswi SMAN 3 Jayapura Silki Ahayon mengatakan sangat senang dengan adanya PFA yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, ini membuktikan Presiden selalu memberikan perhatian kepada generasi muda Papua. "Terima kasih Presiden Joko Widodo sudah datang melihat kami yang ada di ujung Indonesia, ke depannya kami berharap bisa lebih memperhatikan fasilitas yang ada di sini karena kami masing sangat kekurangan," ujarnya.

Presiden Joko Widodo tiba Selasa malam (30/8/2022) di Papua dan pada Rabu melakukan kunjungan kerja yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Papua. Setelah pembukaan Papua Football Academy (PFA) dilanjutkan dengan Pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mengunjungi Rumah Sehat Doyo Baru.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja kali ini diantaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

sumber: republika.co.id
PSSI Batal Gulirkan Piala Indonesia Tahun Ini Karena Tak Ada Sponsor
29 August 2022
PSSI Batal Gulirkan Piala Indonesia Tahun Ini Karena Tak Ada Sponsor
foto: Mochamad Iriawan (suara)


itoday - PSSI tidak jadi menggulirkan Piala Indonesia 2022/2023. Salah satu penyebabnya dikarenakan tidak adanya sponsor.

Sebelumnya, PSSI berencana menggelar Piala Indonesia pada Agustus ini. Seperti diketahui kejuaraan ini bakal diikuti tiga strata kompetisi dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Terakhir Piala Indonesia digelar pada 2018/2019. Ketika itu, PSM Makassar keluar sebagai juara usai menundukkan Persija Jakarta di final.

Setelah itu, turnamen yang sebelumnya bernama Copa Indonesia ini tak digelar. Salah satu penyebabnya adalah pandemi Covid-19.

“Kelihatannya kemungkinan besar enggak digulirkan (Piala Indonesia). Karena waktu, padatnya jadwal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media, Minggu (29/8/2022).

"Yang terpenting sponsor. Sponsor mungkin situasi selesai Covid. Mungkin tahun depan Insya Allah. Kemungkinan besar fiks enggak digelar,” jelasnya.

Saat ini PSSI lebih fokus menjalankan Liga 1 sampai Liga 3. Selain itu, nantinya juga akan ada kompetisi kelompok umur hingga putri.

"Kompetisi harus digulirkan seperti Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Ini yang harus menjadi fokus dulu," pungkas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Adapun Liga 1 2022/2023 sudah berjalan sampai pekan ketujuh. Sementara Liga 2 musim baru mulai kick-off, Minggu (28/8/2022).

Kini, hanya tinggal menunggu Liga 3, kompetisi kelompok umur dan putri yang rencananya juga akan mulai kick-off dalam waktu dekat ini.

sumber: suara.com
Kejuaraan Dunia 2022 FajarRian ke Semifinal Indonesia Pastikan Medali
26 August 2022
Kejuaraan Dunia 2022: Fajar/Rian ke Semifinal, Indonesia Pastikan Medali
foto: Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (suara)


itoday - Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto berhasil menaklukkan wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy di pertandingan babak perempat final Kejuaraan Dunia 2022 pada Jumat (26/8/2022) pagi.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang melalui pertandingan straight game dengan skor 21-11 dan 21-16 di lapangan 2 Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang. Kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sekaligus memastikan setidaknya medali perunggu untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022.

Pertandingan dibuka dengan perolehan poin pertama oleh Ben Lane/Sean Vendy, skor sementara 0-1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil tampil apik dan ganas dengan menciptakan 4 poin beruntun melalui variasi pukulan mereka, terutama smash keras ke arena permainan ganda putra asal Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

Ben/Sean pun akhirnya mampu mendapatkan tambahan poin usai servis yang diberikan Rian terlalu rendah dan tidak mencapai arena permainan lawan. Tak berlangsung lama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali aktif memberikan serangan dan tekanan terhadap permainan dari Ben/Sean. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil melaju unggul 11-6 di interval gim.

Usai interval gim pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terus menunjukkan dominasi dalam pertandingan. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak memberikan kesempatan untuk Ben/Sean untuk mengembangkan permainannya hingga skor pasangan Inggris pun terhenti lama di poin ke-10. Manfaatkan momentum, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil memenangkan gim pertama dengan skor 21-11 dalam durasi pertandingan 11 menit.

Berlanjut ke gim kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sempat tertinggal 3-4 dari pasangan ganda putra Inggris. Terjadi kejar-kejaran poin dan selisih poin tipis-tipis, pertandingan berlangsung sengit di awal gim. Pasangan ganda putra Inggris, Ben Lane/Sean Vendy berhasil unggul di interval gim kedua dengan skor 9-11. Usai interval gim kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto raih 2 poin beruntun dan berhasil samakan kedudukan menjadi 11-11.

Kembali alot, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terus berupaya memberikan variasi serangan terhadap Ben/Sean. Tak berlama-lama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu melaju unggul 16-13 atas Ben/Sean. Pertahankan keunggulan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangkan gim kedua dengan skor 21-16 dalam durasi pertandingan 18 menit.

Kemenangan ini sekaligus memastikan tiket mereka menuju babak semifinal Kejuaraan Dunia 2022 dan juga peraihan medali setidaknya perunggu. Pertandingan Kejuaraan Dunia 2022 dapat disaksikan melalui iNews TV, MNC TV, RCTI+, SPO TV dan kanal youtube resmi milik BWF yaitu BWF TV.

sumber: suara.com