Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Mengintip Kans Timnas Putri di FIBA Womens Asia Cup 2021
07 November 2021
Mengintip Kans Timnas Putri di FIBA Women's Asia Cup 2021
Mengintip Kans Timnas Putri di FIBA Women's Asia Cup 2021

foto: Timnas Basket Putri republika)


itoday - Timnas bola basket putri Indonesia ingin fokus selama bertarung di Grup B FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B. Caranya, konsentrasi gim per gim. Hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil maksimal selama di Amman, Yordania.

Sesuai jadwal, malam ini pasukan srikandi Indonesia akan menghadapi Kazakhstan. Tim ini bukan kacangan. Mereka tim kuat dan itu terbukti dengan capaian mereka pada 2017. Saat itu, mereka nyaris promosi ke Divisi A setelah menutup perjuangan menjadi runner up.

Saat ini, kekuatan mereka juga dinilai bagus. Ini setelah manajer timnas bola basket putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja, mendapatkan bocoran kekuatan lawan. Bahwa di ajang ini mereka juga masih diperkuat eks Asian Games 2018.

"Kita sudah mendapatkan data lebih banyak tentang Kazakhstan yang diperkuat empat pemain yang masih sama dengan yang datang ke Jakarta saat Asian Games 2018, sedangkan delapan pemain lainnya berbeda," ujar Christopher.

Pada saat Asian Games 2018 lalu, Indonesia berada satu grup dengan Kazakhstan di Grup X. Pada pertemuan di penyisihan grup, timnas bola basket putri Indonesia takluk 73-85.

Kemudian pada pertemuan kedua, Indonesia kembali menyerah kepada wakil Kazakhstan pada laga play-off peringkat kelima sampai kedelapan Asian Games 2018. Dalam duel di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018) itu, tim bola basket putri Indonesia kalah 65-93.

Untuk membuka jalur promosi ke Divisi A sekaligus membalas dendam atas kekalahan di Asian Games 2018, manajer timnas bola basket putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja punya resep tersendiri. "Kami membahas game plan dalam rapat tim. Namun, kita tetap fokus pada kekuatan sendiri, kemudian konsentrasi game per game yang akan kami hadapi," ujar Itop, sapaan karib Christopher Tanuwidjaja.

Fokus pada kekuatan sendiri menjadi penting karena lawan di Yordania tidak mudah. Selain Kazakhstan, Indonesia juga akan menghadapi kekuatan tuan rumah, Yordania. Info terakhir, Yordania bakal diperkuat pemain WNBA hasil naturalisasi.

"Ada kejutan yang baru diberitakan kemarin oleh panitia, ada pemain WNBA yang baru saja berhasil dinaturalisasi akan bermain untuk tim tuan rumah, Yordania, yaitu Natasha Cloud (Team Washington Mystics)," kata Itop.

Bahkan, Itop melanjutkan, tim Lebanon yang berada di Grup A juga memiliki komposisi pemain lumayan bagus. "Mereka memiliki pemain naturalisasi, Denson Brittany, yang sudah lama bermain di Liga Lebanon sebagai pemain asing," ujarnya.

Timnas bola basket putri Indonesia melakukan perjalanan ke Amman, Yordania, 5 November. Sehari kemudian mereka tiba di kawasan Bulan Sabit Subur tersebut. Malam harinya mereka langsung fokus pada pertandingan pertama.

"Kita tiba disambut rombongan KBRI. Kemudian masuk wilayah Bubble FIBA. Kemarin kita hanya latihan conditioning di gym setelah perjalanan jauh," ucapnya.

Berikut daftar rooster timnas basket putri Indonesia untuk Piala FIBA Asia Putri 2021:

1. Lea Elvensia Wolobubo Kahol (power forward)
2. Agustin Elya Gradita Retong (point guard)
3. Kadek Pratita Citta Dewi (shooting guard)
4. Priscilla Annabel Karen (small forward)
5. Sumiati (shooting guard)
6. Yuni Anggraeni (power forward)
7. Mega Nanda Perdana Putri (small forward)
8. Nathania Claresta Orville (shooting guard)
9. Gabriel Sophia (center)
10. Henny Sutjiono (small forward)
11. Angelica Jennifer Candra (center)
12. Kimberley Pierre Louis (center)

sumber: republika.co.id
Absen di Pembukaan Jokowi Janji Hadiri Penutupan Peparnas XVI Papua 2021
06 November 2021
Absen di Pembukaan, Jokowi Janji Hadiri Penutupan Peparnas XVI Papua 2021
foto: Joko Widodo (kumparan)


itoday - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji hadir secara langsung ke upacara penutupan Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI di Papua pada 15 November mendatang.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato secara virtual di upacara pembukaan Peparnas XVI di Papua pada Jumat (5/11). Dalam pidatonya Jokowi menyampaikan permintaan maaf kepada para atlet dan masyarakat di Papua karena tidak bisa hadir ke pembukaan Peparnas XVI Papua.

Jokowi mengungkapkan alasan dirinya tak bisa hadir ke acara tersebut ialah karena harus menjalankan karantina setelah melakukan kunjungan kerja ke tiga negara yaitu Italia, Skotlandia, dan Dubai sepekan lalu.

"Tadinya saya akan ke Papua untuk membuka Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) Ke-XVI. Bertemu dengan atlet-atlet yang luar biasa dan tentunya pace mace kaka-kaka saudara semuanya. Namun mohon maaf, mohon maaf saya tidak dapat hadir karena saya harus menjalani karantina setelah kembali dari luar negeri," kata Jokowi dikutip dari Youtube Peparnas XVI Papua 2021, Jumat (5/11/2021).

Sekadar informasi, upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua, diawali dengan pemutaran video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menggunakan dua layar raksasa yang ada di Stadion Mandala Jayapura, pada Jumat (5/11/2021) malam, Presiden menyampaikan permintaan maafnya karena tidak bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

Namun, Jokowi berjanji akan berkunjung ke Papua untuk menutup Peparnas XVI pada 15 November 2021 usai dirinya menyelesaikan karantina di Istana Bogor.

"Saya lebih memilih untuk hadir di acara penutupan, Papua selalu ada di hati saya," ujarnya.

Pelaksanaan Peparnas XVI 2021 Papua dibuka pada 5 November 2021 dan ditutup pada 15 November 2021. Peparnas XVI akan diikuti 3.500 atlet dan ofisial dari 34 provinsi termasuk Papua sebagai tuan rumah. Mereka akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

sumber: bisnis.com
Upacara Pembukaan Peparnas 2021 Usung Tema Cahaya dari Timur Papua
05 November 2021
Upacara Pembukaan Peparnas 2021 Usung Tema "Cahaya dari Timur Papua"
foto: Peparnas (antara)


itoday - Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 Papua akan berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (5/11/2021). Bakal ada serangkaian acara menarik yang ditampilkan.

Mengusung tema "Cahaya dari Timur Papua", upacara pembukaan Peparnas edisi ke-16 ini bakal dimulai pukul 19:00 WIT atau 17:00 WIB dan akan menampilkan konsep berbeda dengan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kombinasi lampu LED, kembang api, dan yang paling menyita perhatian adalah atraksi 500 drone akan menghiasi langit-langit Bumi Cenderawasih.

Ketua Opening and Closing Ceremony (OCC) Peparnas Papua, Toton Hutomi, mengatakan ratusan drone tersebut didatangkan dari California dan Dubai. Selain itu, pilotnya pun didatangkan dari Eropa dan Singapura.

Artis lokal dan nasional yang turut meramaikan upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di Tanah Air untuk atlet disabilitas tersebut.

Sebut saja Anggun, Nowela Mikhelia, dan Edo Kondologit. Tarian dari berbagai daerah pun akan ditampilkan, termasuk dari tuan rumah Papua.

Pada sisi lain, sebanyak 779 aparat gabungan yang terdiri dari Polda Papua, Polres kota Jayapura, dan TNI bakal hadir untuk memastikan keamanan seremoni pembukaan Peparnas Papua.

Mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19, upacara pembukaan Peparnas Papua akan menerapkan protokol kesehatan ketat. PB Peparnas menyediakan undangan bagi VVIP sebanyak 20 kartu, untuk jajaran kementerian dan lembaga 120 kartu serta bagi masyarakat hanya 1.200 kartu saja.

Sedangkan OCC dan pendukung acara lainnya berjumlah sekitar 900-1.000 an orang. Setelah melaksanakan satu kegiatan atau prosesi acara maka yang bersangkutan akan langsung keluar dari lokasi acara pembukaan Peparnas XVI Papua.

PB Peparnas Papua akan memberdayakan penggunaan videotron bagi masyarakat yang tidak bisa masuk ke Stadion Mandala Jayapura.

Wakil Ketua II PB Peparnas XVI Papua Hans Hamadi mengatakan hal ini dilakukan mengingat pihaknya membatasi orang yang masuk ke Stadion Mandala Jayapura ketika acara pembukaan digelar.

"Jadi juga kami sudah berkoordinasi dengan aparat pemerintah di tingkat bawah yakni kelurahan hingga RT dan RW untuk menggelar nonton bareng bagi warganya supaya dapat menyaksikan opening ceremony Peparnas," katanya.

Menurut Hans, selain akan menggunakan videotron, Kementerian Kominfo juga telah menginstruksikan agar semua siaran televisi dapat menyiarkan upacara pembukaan dan penutupan Peparnas secara langsung.

"Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa di lokasi-lokasi pembukaan maupun tempat lainnya," ujarnya.

Peparnas Papua akan secara resmi dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang telah bertolak dari Jakarta sejak pukul 06:00 WIB.

Ma’ruf Amin diperkirakan tiba di Bandar Udara Sentani Kabupaten Jayapura pada pukul 14.40 WIT.

Wapres dan rombongan akan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun beserta Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan menyambut di pintu masuk holding room bandara.

Kemudian Wapres dan rombongan menuju Swiss-Belhotel Jayapura sebelum akhirnya meresmikan pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, demikian dilansir dari Antara.

sumber: suara.com
AIMAG Diundur Timnas Futsal Indonesia Kecewa Berat
03 November 2021
AIMAG Diundur, Timnas Futsal Indonesia Kecewa Berat
foto: Timnas Futsal (mncmedia)


itoday - Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) diundur. Timnas Futsal Indonesia kecewa berat mendengar kabar tersebut.

AIMAG adalah acara olahraga multi benua yang diadakan setiap empat tahun dan diikuti berbagai atlet dari seluruh Asia. Ini merupakan multievent terbesar kedua setelah Asian Games.

Sejatinya AIMAG edisi ke-6 berlangsung di Thailand 10-19 Maret 2022. Namun kini ajang tersebut diundur menjadi 17-20 November 2023.

Penyebabnya adalah pandemi Covid-19 dan sanksi yang diberikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Thailand selaku tuan rumah AIMAG. Kabar ini membuat atlet futsal putri Yunita Sari murung.

"Kecewa dan sedih itu pasti karena di awal sudah sangat senang akhirnya ada event internasional untuk Futsal Putri setelah 2 tahun vakum," kata atlet senior Futsal Putri, Yunita Sari.

Timnas Futsal Putri sendiri terakhir kali berlaga di pentas internasional dua tahun yang lalu, tepatnya pada gelaran AFC Women Futsal Championship 2018 di Bangkok, Thailand.

Meski demikian, Pelatih Kiper Tim Futsal Putri, Ayi M. Yusuf mengatakan ada hikmah yang bisa diambil dari ditundanya AIMAG ke-6 di Thailand.

Dia menilai para pemain kini jadi punya banyak waktu untuk mematangkan persiapan.

"Kami sudah punya rencana persiapan pemusatan latihan dengan jangka waktu 3 bulan dan Insha Allah kita akan berprestasi di AIMAG," kata Ayi.

sumber: inews.id
Dipimpin Denny Sumargo Louvre Wakili Indonesia di ASEAN Basketball League
02 November 2021
Dipimpin Denny Sumargo, Louvre Wakili Indonesia di ASEAN Basketball League
foto: Louvre Indonesia ikut ABL 2022 (liputan6)


itoday - Kompetesi ASEAN Basketball League akan kembali bergulir pada tahun 2022 setelah terhenti karena pandemi Covid-19. Indonesia bakal memiliki satu wakil di ABL 2022 yakni Louvre Indonesia.

Seperti diketahui kompetisi ABL terakhir kali bergulir pada musim 2018/2019. Saat itu wakil Indonesia CLS Knights Surabaya menjadi juara ABL. Setelah itu kompetisi berhenti menyusul pandemi global Covid-19.

Yang mengejutkan Louvre akan dipimpin oleh Denny Sumargo sebagak Presiden klub. Kemudian ada Chandra Putra Negara yang menjadi chairman. Erick Herlengga menjabat manajer umum.

"Ketika Chandra dan Erick datang gw syok. Mereka langsung nawarin jadi partner. Gw melihat semangat dari mereka. Yang buat gw mau maju adalah tantangan. Di ABL ini ingin merasakan tantangan baru," ujar Denny Sumargo.

Louvre juga langsung mengumumkan sosok pelatih yang akan menangani tim di ABL 2022. Louvre memakai jasa Brian Rowsom asal Lithuania. Sebelumnya Brian sukses membawa CLS juara ABL.

Jeremy Lin

Untuk pemain, Louvre baru nemastikan diperkuat oleh Daniel Wenas. Mantan kekasih Mikha Tambayong ini didaulat sebagai kapten tim.

Louvre juga mengincar satu pemain naturalisasi untuk memperkuat tim. Mereka juga memiliki target dahsyat yakni merekrut mantan pemain NBA Jeremy Lin.

Sistem

"Saya berusaha mendapatkan Jeremy Lin. Saya sudah hitung biayanya dan waktunya kita bermain sekitar 1, 5 bulan. Saya sudah kontak leway beberapa jalur sayangnya belun ada berita baik. Kami masih berusaha," kata Erick.

ABL 2022 rencananya akan digelar kandang dan tandang. Namun jika tak memungkinkan karena pandemi bisa jadi digelar di satu negara dengan sistem bubble. Louvre bersedia menjadi tuan rumah.

sumber: liputan6.com
Sengit Bungkam Fajar  Rian  Kevin  Marcus Melaju ke Final French Open 2021
30 October 2021
Sengit! Bungkam Fajar / Rian , Kevin / Marcus Melaju ke Final French Open 2021
foto: Kevin Sanjaya-Marcus Gideon (bwf)


itoday - Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon berhasil melaju ke final French Open 2021 setelah memenangi laga perang saudara, Sabtu (30/10/2021).

Dalam pertandingan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Kevin / Marcus menumbangkan kompatriot sekaligus juniornya di pelatnas PBSI, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, dengan skor 21-19, 12-21, 26-24.

Pertarungan dua pasangan Top 10 dunia ini berlangsung sengit sejak awal gim pertama. Fajar / Rian sempat unggul lebih dulu sebelum Kevin / Marcus justru mengamankan interval 11-10.

Usai jeda, kedua pasangan saling bergantian mencatatkan poin. Tercatat sembilan kali beruntun skor sempat sama kuat dari 11-11 hingga 19-19 sebelum Kevin / Marcus mengamankan gim pertama 21-19.

Di gim kedua, Kevin / Marcus langsung tancap gas. Mereka sempat unggul 6-3, sebelum Fajar / Rian bangkit untuk membalikan keadaan menjadi 11-7 saat interval.

Fajar / Rian kembali melebarkan keunggulan pasca jeda menjadi 12-7. Tetapi Kevin / Marcus tak tinggal diam dengan mencatatkan dua poin beruntun guna mengubah skor menjadi 9-12.

Di fase ini, Fajar / Rian terlihat tampil lebih nyaman. Mereka mulai mampu mengontrol pertandingan hingga mencatatkan tujuh poin beruntun untuk unggul 19-9 sebelum menang 21-12.

Memasuki gim ketiga, Kevin / Marcus kembali memimpin skor di awal laga. Mereka sempat unggul 5-3 sebelum berbaik tertinggal 8-11 saat interval.

Menghadapi Fajar / Rian yang tampil begitu impresif, The Minions mencoba bangkit. Kevin / Marcus sempat mencatatkan tiga poin beruntun guna menyamakan kedudukan 11-11, sebelum kembali tertinggal 13-15.

Dalam momen tersebut, Fajar / Rian selalu mampu menjaga keunggulan, sebelum Kevin / Marcus bangkit menyamakan kedudukan 20-20.

Di poin-poin kritis, pertarungan sengit kembali terjadi. Kedua pasangan saling bergantian unggul, sebelum Kevin / Marcus mengunci kemenangan dengan skor 26-24.

Ini merupakan kemenangan keenam Kevin / Marcus atas Fajar / Rian dari sembilan pertemuan, sekaligus pembalasan dendam dalam dua kekalahan beruntun sebelumnya.

Di babak final, Kevin / Marcus masih menunggu calon lawan antara Aaron Chia / Soh Wooi Yik (Malaysia) atau Ko Sung Hyun / Shin Baekcheol (Korea Selatan) yang hingga berita ini ditulis belum memainkan laga semifinal.

sumber: suara.com