Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Pesenam Artistik Putri DKI Raih Empat Medali Emas PON Papua
06 October 2021
Pesenam Artistik Putri DKI Raih Empat Medali Emas PON Papua
foto: Rifda Irfanaluthfi (merdeka)


itoday - Pesenam Artistik Putri DKI Raih Empat Medali Emas PON Papua. Pesenam artistik putri DKI Jakarta Rifda Irfanaluthfi berhasil meraih empat medali emas dalam cabang olahraga senam artistik PON Papua dari nomor beregu, serba bisa perorangan putri, meja lompat dan senam lantai.

Medali emas keempatnya itu dipastikan lewat penampilannya di nomor lantai dengan mengungguli tujuh pesenam pesaingnya dari Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Papua. Atlet kelahiran 16 Oktober 1999 itu tampil apik dengan gerakan yang berani dan banyak disertai salto (summer vault) untuk membuat dewan juri memberikan nilai 13.033.

Nilai tersebut sebenarnya lebih kecil dibanding nilai yang dibukukan Rifda pada nomor beregu di hari pertama kompetisi senam artistik, yakni 13.300. Namun, angka 13.033 sudah cukup mengantarnya berada di urutan pertama.

''Saya cukup puas dengan raihan empat medali emas ini, sesuai target," ungkap Rifda, selepas perlombaan, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, atlet peraih medali perak SEA Games 2015 di Singapura itu sudah menyabet medali emas dari nomor beregu, serba bisa perorangan putri, dan meja lompat. Hingga hari ketiga perlombaan PON XX Papua, Rifda Irfanaluthfi menjadi atlet terbaik dan tersukses dalam pengumpulan medali emas dari seluruh peserta pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

Keberhasilan Rifda turut membantu kontingen DKI Jakarta tetap kokoh memimpin klasemen perolehan medali dengan mengumpulkan 38 emas, 25 perak, 31 perunggu. Menurut laman resmi PB PON XX Papua hingga pukul 23.00 WIT, kontingen tuan rumah menempel di peringkat kedua dengan 32 emas, 15 perak, 34 perunggu.

sumber: republika.co.id
Atlet Terkonfirmasi Positif Wiku Partisipasinya Ditunda
04 October 2021
Atlet Terkonfirmasi Positif, Wiku: Partisipasinya Ditunda
foto: ilustrasi (pixabay)


itoday - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan pedoman pembukaan acara besar. Dalam pedoman tersebut, terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan oleh penyelenggara acara. Pernyataan ini menanggapi terkonfirmasinya tiga atlet dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Potensi ditemukannya kasus saat acara besar berlangsung sudah diantisipasi oleh pemerintah. Sehingga masuk ke dalam salah satu aspek dalam pedoman pelaksanaan kegiatan, khususnya dalam penanganan kesehatan," kata Wiku saat dikonfirmasi Republika, Senin (4/10).

"Kasus positif (atlet PON), akan segera ditunda partisipasinya dalam berkegiatan dan segera diisolasi atau dirawat ke fasilitas kesehatan terdekat," lanjut Wiku.

Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 46 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri, seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan PON seperti atlet, ofisial, panitia, penonton, masyarakat di sekitar lokasi harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis pertama.

Instruksi khusus diberikan kepada Bupati Jayapura yang menjadi tuan rumah upacara pembukaan dan penutupan PON XX Papua. Seperti pembatasan jumlah penonton maksimal 10 ribu orang yang sudah termasuk undangan VVIP, VIP, Paspampres, TNI/Polri dan tenaga kesehatan.

Lalu, diinstruksikan juga untuk tidak memasang tenda untuk kegiatan nonton bareng di luar stadion. Kepada masyarakat diminta untuk menyaksikan pertandingan di rumah masing-masing.

Panitia acara harus melakukan pemeriksaan kesehatan bagi tamu dan penonton dengan menunjukkan hasil negatif tes PCR 2 x 24 jam atau hasil negatif tes antigen 1 x 24 jam. Disertai bukti telah divaksin saat proses penukaran gelang 1 sampai dengan 3 hari sebelum hari H.

Panitia juga melakukan pengawasan kedisiplinan protokol kesehatan secara persuasif dan simpatik. Menyediakan fasilitas kesehatan ambulans beserta tenaga kesehatan di sejumlah titik tertentu didalam maupun di luar stadion.

Dalam instruksi yang sama, terdapat arahan khusus kepada lima kepala daerah tempat penyelenggaraan pertandingan PON XX, yakni Bupati Jayapura, Bupati Merauke, Bupati Keerom, Bupati Mimika dan Walikota Jayapura. Arahan terkait pembatasan jumlah orang yang hadir langsung pada seluruh venue pertandingan maksimal 25 persen dari kapasitas total, melakukan skrining secara digital namun tetap adaptif dan menyesuaikan kondisi di lapangan.

Berikutnya, memastikan tamu atau penonton menunjukkan hasil negatif tes PCR 2 x 24 jam atau hasil negatif tes antigen 1 x 24 jam saat proses pemeriksaan menjelang masuk ke stadion. Selanjutnya, melakukan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan dengan cara yang persuasif dan simpatik terhadap penonton, menyediakan fasilitas kesehatan dan ambulans beserta tenaga kesehatan di sejumlah titik tertentu di dalam maupun di luar stadion.

"Petunjuk ini wajib dilaksanakan dengan baik dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Dimohon kepada masyarakat sekitar untuk ikut serta mengawasi dan mematuhi aturan yang disusun tersebut," tegas Wiku.

Dua atlet judo asal Provinsi Kalimantan Timur terpaksa harus bertahan di Kota Mimika, Papua, karena terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani tes usap polymerase chain reaction (PCR) sebelum kembali ke daerah asalnya.

Selama menjalani isolasi, kedua atlet judo asal Kaltim itu akan ditemani sang pelatih, Adianoor sampai mendapatkan hasil negatif untuk kemudian bersama-sama pulang ke kampung halamannya. Selain itu, satu pemain tim bola basket putri DKI Jakarta juga terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan tes usap PCR. Saat ini, ia diisolasi di RSUD Kabupaten Mimika.

Sebagai informasi, pada cabang olah raga bola basket putri sudah ada empat tim yang memastikan posisi di semifinal. Selain Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta di Pool Y, dari Pool X ada Jawa Timur dan Bali.

PON Papua berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Meski baru dibuka pada 2 Oktober kemarin, ada beberapa cabang olah raga yang sudah memulai jalannya kompetisi dan perebutan medali sejak pertengahan September lalu.

sumber: republika.com
PON Papua Tim Bisbol Putra DKI Jakarta Raih Emas Kalahkan Lampung
03 October 2021
PON Papua: Tim Bisbol Putra DKI Jakarta Raih Emas Kalahkan Lampung
foto: tim Bisbol DKI (antara)


itoday - Tim bisbol putra DKI Jakarta sukses merebut medali emas setelah mengalahkan Lampung 5-2 pada PON XX Papua 2021 2021, Minggu (3/10).

Dalam pertandingan yang diadakan di lapangan bisbol Auri Silas Papare di Jayapura, kedua tim menyajikan permainan terbaiknya mulai dari batter (pemukul) sampai cathcer (pelempar).

Kedudukan pada inning pertama adalah 0-0, lalu inning kedua 0-0, inning ketiga 1-1, inning keempat 1-0, inning kelima 0-0, inning keenam 1-0, inning ketujuh 3-0, dan inning kedelapan 0-0.

Pelatih kepala DKI Jakarta Gilberto R. Sagojo bersyukur atas pencapaian timnya selama PON Papua.

"Puji Tuhan, Tuhan itu baik, tidak mudah perjalanan kami, hampir di babak super round disusul Jawa Barat namun dengan latihan selama tiga tahun, hasilnya tuhan menjawab, tuhan itu baik," kata Sagojo dalam laman Humas PB PON.

Dia menyebut medali emas ini dipersembahkan buat seluruh insan olahraga bisbol Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

"Terima kasih Papua sudah menghadirkan PON dengan lapangan sangat bagus," kata dia.

Kapten bisbol DKI Jakarta Donni Trisnadi yang meneteskan air mata, menyebut medali emas ini sangat berharga bagi dia karena PON Papua adalah PON terakhirnya.

"Medali emas yang didapat merupakan perjuangan berat dan kerjasama tim di mana ini PON terakhir saya sehingga diharapkan mereka tetap berlatih dan berjuang untuk DKI Jakarta," harap Donni Trisnadi.

Sementara itu, medali perunggu bisbol putra diraih Banten.

sumber: suara.com
Kalahkan PSS Sleman Persebaya Siap Tancap Gas di BRI Liga 1
01 October 2021
Kalahkan PSS Sleman, Persebaya Siap Tancap Gas di BRI Liga 1
foto: Tim Persebaya (instagram)


itoday - BRI Liga 1 pekan keenam akan segera dimulai pada Sabtu, 2 Oktober 2021 dengan jadwal 4 laga pertandingan dimulai pada pukul 15.15 WIB sore esok.

Persebaya Surabaya dijadwalkan akan tampil kembali di ajang Liga 1 2021-2022 melawan PSIS Semarang pada Minggu, 3 Oktober 2021. Persebaya mulai masuki tren positif usai menang 3-1 atas PSS Sleman.

Gol Persebaya dicetak Ricky Kambuaya pada menit ke-15 dan 2 gol dari Taisei Marukawa pada menit ke-7 dan menit ke-90. Sementara gol PSS Sleman lewat Irfan Jaya pada menit ke-87.

Tidak mempunyai waktu banyak, skuad Persebaya Surbaya langsung fokus ke pertandingan selanjutnya melawan PSIS Semarang. Oleh karena itu, Aji Santoso buru-buru menggelar persiapan.

"Kita harus langsung bersiap ya, karena waktunya mepet. Alhamdulillah pemain kondisinya bagus. Hanya si Bruno ada masalah di jempol dan Alie ada sedikit hamstring. Tapi mudah-mudahan lebih bagus dua hari ke depan," ungkap Aji Santoso dikutip dari media klub.

Aji Santoso Evaluasi Tim

Coach Aji Santoso mengatakan akan mengadakan evaluasi tim setelah sempat kebobolan saat melawan PSS Sleman. Dia berharap tim Persebaya Surabaya tidak mengulangi kesalahan yang sama saat melawan PSIS Semarang.

"Pasti masih ada evaluasi. Karena kemarin kita masih saja kebobolan, itu yang akan kami evaluasi. Jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama di pertandingan berikutnya," kata Aji Santoso.

"Dengan evaluasi yang selalu kita adakan, jujur ada improvement pemahaman dari pemain. Harapannya dengan begitu kita bisa menjaga konsistensi setelah menemukan permainan terbaik."

Persebaya Surabaya dipastikan akan berduel lawan PSIS Semarang pada Minggu 3/10/2021 BRI Liga 1 pekan keenam. Anda bisa melihat aksi kedua tim lewat live streaming Liga 1 2021/2022 yang tayang di Vidio.com. Mainkan game fantasy team di aplikasi Vidio.

sumber: liputan6.com
BRI Liga 1 2 Batu Karang Absen Lawan PSM Pelatih Persib Cari Solusi
30 September 2021
BRI Liga 1: 2 Batu Karang Absen Lawan PSM, Pelatih Persib Cari Solusi
Foto: Victor Igbonefo (bola.com)


itoday - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts harus memecahkan masalah di sektor pertahanan timnya jelang lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 melawan PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (2/10/2021).

Dua bek tengah andalan Persib, Nick Kuipers dan Victor Igbnefo, absen. Nick menghilang karena terkena akumulasi kartu kuning. Sementara Igbonefo harus bergabung pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia.

"Ini jadi hal menarik karena kami harus mengatasi situasi yang dialami sekarang. Kami harus mengubah dua bek tengah dengan dua pemain secara tiba-tiba," tutur pelatih Robert dalam jumpa pers virtual, Kamis (30/9/2021).

Meski tanpa kedua bek andalannya, Robert tidak terlalu kerepotan mencari penggantinya. Sebab di sektor tersebut masih ada Achmad Jufriyanto dan Indra Mustafa.

Kedua pemain itu diharapkan dapat meredam barisan serang Juku Eja. Salah satunya penyerang asing Anco Jansen.

"Kami harus memainkan dua pemain di posisi itu yang juga melanjutkan rekor pertahanan yang bagus. Karena kami juga harus bermain dengan tangguh karena PSM punya penyerangan yang bagus. Jadi menarik menanti bagaimana pemain kami mengisi tempat tersebut dan menjaga spirit tim dalam bertahan," kata Robert.

Pantau Kondisi Castillion dan Ezra Walian

Robert juga mengaku masih memantau kondisi penyerang Geoffrey Castillion dan Ezra Walian. Castillion sebelumnya mengalami infeksi di bagian perut, sedangkan Ezra baru pulih dari cedera bahu.

"Saya belum yakin Geoffrey karena kini di masa latihan, dia masih diobservasi. Untuk Ezra masih ada masalah di bahunya dan kami besok masih akan melihatnya di satu sesi latihan lagi," ucap Robert.

Dari sisi persiapan, Persib sudah melakukan program pemulihan kondisi. Para penggawa Pangeran Biru saat ini dalam kondisi bagus jelang lawan PSM.

"Kami sudah sepenuhnya melakukan recovery. Dimulai dari kemarin dan kini sudah melakukan recovery termasuk dari mindset. Kami fokus untuk laga berikutnya dan fokus untuk bertarung untuk meraih tiga poin lagi hari Sabtu nanti," ujar Robert.

sumber: liputan6.com
PON Papua Tuan Rumah Tambah Emas Lewat Judo
29 September 2021
PON Papua: Tuan Rumah Tambah Emas Lewat Judo
foto: Cabang Judo PON 2020 (detik)


itoday - Tim tuan rumah, Papua, menambah emas di PON 2020. Cabang olahraga judo yang menjadi peraih emas untuk kontingen Bumi Cenderawasih.

Ilham Fadillah berhasil menjadi yang terbaik di kelas 55 kilogram cabor judo. Di venue juci klaster Mimika, Rabu (29/9/2021), Ilham mengalahkan Beta Awari dari Kalimantan Timur dengan memperoleh satu poin di menit 2:46.

Dicky Zulkifar dari Banten menjadi peraih perunggu dengan mengalahkan Syahrul Ramadhan dari DKI Jakarta.

Perunggu juga diraih atlet asal Jawa Barat cabor Judo PON Papua, Imam Maulana Muttaqin, menaklukan Muhamad Fauzi Antoni.

Dari catatan situs resmi PON Papua, DKI Jakarta kini memimpin klasemen medali. Kontingen Ibu Kota meraih 14 emas, 6 perak, dan 7 perunggu.

Kontingen Papua juga sudah menembus dua digit emas dengan catatan 13 emas, 3 perak, dan 9 perunggu. Sementara di posisi ketiga kontingen Jawa Barat yang sudah meraih 8 emas, 7 perak, dan 10 perunggu.

Sejauh ini sudah ada 8 tim yang menggapai emas di PON Papua. Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Riau yang sudah menggapai 1 emas.

sumber: detik.com