Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Jadwal Piala Sudirman 2021 Indonesia vs Denmark 29 September Siang WIB
28 September 2021
Jadwal Piala Sudirman 2021: Indonesia vs Denmark, 29 September Siang WIB
foto: Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (bwf)


itoday - Tim bulu tangkis Indonesia melewati dua laga awal Grup C Piala Sudirman 2021 dengan kemenangan. Skuat Merah Putri mengalahkan Rusia 5-0 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Minggu, 26 September lalu.

Sehari kemudian, Indonesia susah payah menumbangkan Kanada 3-2 pada laga kedua Piala Sudirman. Di laga ini, Indonesia merombak seluruh pemainnya baik di nomor tunggal maupun laga.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Denmark. Laga pamungkas Grup C ini akan dimainkan Rabu pukul 14:00 WIB, 29 September.

Laga ini akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara grup, Indonesia atau Denmark. Pasalnya, Denmark juga memenangkan dua laga sebelumnya.

Hasil Pertandingan

Minggu, 26 September 2021

Indonesia vs Rusia 5-0
Denmark vs Kanada 5-0
Senin, 27 September 2021
Indonesia vs Kanada 3-2
Denmark vs Rusia 4-1

Jadwal pertandingan
Rabu, 29 September 2021

14.00 WIB: Indonesia vs Denmark

sumber: liputan6.com
Jaga Fokus Tim Piala Sudirman Diminta Kurangi Main Medsos
21 September 2021
Jaga Fokus, Tim Piala Sudirman Diminta Kurangi Main Medsos
foto: ilustrasi (detik)


itoday - Tim bulutangkis Indonesia diminta lebih bijak dalam membaca informasi dari media sosial. Langkah ini demi menjaga tim tetap fokus jelang Sudirman Cup 2021.

Hendra Setiawan dkk akan memulai perjuangannya di kejuaraan beregu untuk memperebutkan Piala Sudirman mulai 26 September hingga 3 Oktober. Mereka dijadwalkan terbang ke Finlandia pada Selasa (21/9) malam pukul 21.05 WIB.

Sebelum jalan, tim Merah Putih mendapat sejumlah wejangan. Salah satunya dari Sekretaris Jenderal PBSI Mohammad Fadil Imran, yang meminta tim Merah Putih bermain rileks.

Bagaimanapun, kejuaraan beregu memiliki tekanan yang berbeda dari turnamen single event. "Bermainlah dengan tenang, nikmati pertandingan," kata Fadil dalam rilis PBSI.

"Kalau bisa kurangi membaca informasi-informasi yang tidak penting di social media agar fokus tidak terganggu," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, juga menyampaikan bahwa tim bulutangkis RI telah menjalankan seluruh tahapan-tahapan dalam rangka menyambut kejuaraan beregu. Dari mulai pemulihan pascaOlimpiade, latihan, simulasi, hingga melengkapi proses administrasi.

"Kami ingin memastikan semua berjalan dengan lancar dan kami tak mau kejadian di All England kembali terulang," kata Agung.

"Selanjutnya, sebentar lagi teman-teman akan memulai perjuangan di tahap pertandingan. Semua persiapan sudah kita laksanakan dan saya percaya sepenuhnya bahwasanya dengan apa yang telah kita hasilkan di Olimpiade, semangat dan motivasi yang ada di atlet, pelatih, dan tim ofisial semakin besar," sambung Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersebut.

Selain Piala Sudirman, tim Indonesia juga bakal turun di Thomas Cup dan Uber Cup yang dihelat sepekan setelah kejuaraan beregu campuran atau 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Di Piala Sudirman, Indonesia tergabung dalam grup C bersama Kanada, Rusi, dan Denmark. RI mematok target juara grup lebih dulu, sebelum akhirnya membidik juara.

sumber: detik.com
PON XX Papua 2021 Panitia Gelar Simulasi Kedatangan Kontingen di Bandara Sentani
18 September 2021
PON XX Papua 2021, Panitia Gelar Simulasi Kedatangan Kontingen di Bandara Sentani
foto: Persiapan PON XX (antara)


itoday - Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX 2021, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Suwarno, memimpin simulasi kedatangan kontingen di Bandara Sentani, Jayapura, Sabtu (18/9/2021).

“Ini kegiatan simulasi atau gladi acara penjemputan kontingen yang datang,” kata Suwarno dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, Simulasi di Bandara sangat penting untuk kesuksesan PON Papua karena Bandara menjadi tempat pertama yang didatangi kontingen dari 33 provinsi.

Dalam simulasi tersebut tergambar bahwa nantinya kontingen yang datang akan menggunakan jalur khusus. Kontingen akan langsung keluar dengan jalur khusus yang berada di depan tangga (tengah). Adapun barang bawaan di bagasi akan diurus oleh panitia. Barang tersebut akan diberikan kepada pemiliknya di tempat penyambutan.

“Ada jalur khusus, keluar langsung masuk ke bis, dibawa ke tempat penyambutan di lapangan parkir Stadion Barnabas Youwe,” kata Suwarno.

Peserta PON Papua yang tiba di Stadion Barnabas Youwe akan diarahkan ke tenda validasi eHac. Setelah itu mereka akan melakukan aktivasi ID Card melalui teknologi face recognition. Peserta juga menerima souvenir.

Sambil menunggu barang bagasi, peserta menikmati hiburan yang disediakan. Setelah barang datang, mereka baru berangkat ke tempat akomodasi masing-masing.

“Kegiatan di tempat penyambutan, selain ada tampilan kesenian khas Papua, dilakukan untuk tes eHac, aktivasi ID Card. Baru setelah itu mereka naik bis ke tempat akomodasi berdasarkan cabang olah raga masing-masing,” jelas Suwarno yang memantau hingga simulasi di tempat penyambutan.

Menurut dia, setiba di tempat akomodasi, seluruh peserta hanya diizinkan berada di sana dan tempat pertandingan. Mereka tidak boleh kemana pun guna menghindari potensi terpapar COVID-19. Panitia siap memberikan sanksi tegas bagi mereka yang melanggar.

sumber: okezone.com
Resmi Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021
14 September 2021
Resmi! Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021
foto: Tim Indonesia di Piala Sudirman 2019 (pbsi)


itoday - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah merilis 20 nama atletnya yang akan ditugaskan mengisi skuad tim Piala Sudirman 2021. Berikut daftar pebulutangkis tersebut.

Tim bulutangkis Indonesia menurunkan 11 pebulutangkis putra dan sembilan pebulutangkis putri di Piala Sudirman 2021.

Tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra masing-masing membawa tiga wakil, sementara ganda putri dan ganda campuran dua wakil.

"Untuk tim Piala Sudirman ini memang dasarnya sudah dipilih dari pemain-pemain terbaik. Kami melihat kesiapan mereka baik di latihan maupun di simulasi lalu," kata Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky dalam rilis, Senin (13/9/2021).

"Memang ada pemain yang tidak menang di simulasi tapi secara permainan mereka sudah sangat baik. Tidak mengecewakan. Itu jadi penilaian kami juga."

"Di sisa waktu ini, kami fokus menggenjot persiapan mereka. Baik fisik maupun teknik untuk meningkatkan performa mereka. Saya sudah sampaikan ke semua sektor bahwa kita jangan lengah dan harus siap. Semoga kita bisa mendapatkan hasil terbaik," tambahnya.

Rionny menjelaskan alasan PBSI menunjuk beberapa pemain muda untuk masuk ke dalam skuad di antaranya Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

"Putri dan Rinov/Pitha sudah membuktikan diri dengan juara Spain Masters kemarin. Secara teknis dan kemampuan juga mereka bagus dan saya rasa mereka sudah siap untuk turun di ajang beregu," jelas Rionny.

"Untuk Ester, dia kan pemain menyerang, saya rasa ini bisa menjadi tekanan untuk lawan apalagi permainannya belum banyak diketahui lawan. Selain itu, ini semua juga jadi bagian dari program regenerasi dan pengalaman buat mereka."

"Untuk kapten? Belum kami tunjuk. Nanti saja," kata Rionny saat ditanya mengenai siapa kapten tim Indonesia.

Berikut daftar lengkap skuad tim Piala Sudirman Indonesia:

Putra:
Anthony Sinisuka Ginting
Jonatan Christie
Shesar Hiren Rhustavito
Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan
Hendra Setiawan
Fajar Alfian
Muhammad Rian Ardianto
Praveen Jordan
Rinov Rivaldy

Putri:
Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii
Apriyani Rahayu
Ribka Sugiarto
Siti Fadia Silva Ramadhanti
Melati Daeva Oktavianti
Pitha Haningtyas Mentari.

sumber: suara.com
Nyawa Lewis Hamilton Selamat saat Ditabrak Max Verstappen Berkat Teknologi Halo Apa Itu
13 September 2021
Nyawa Lewis Hamilton Selamat saat Ditabrak Max Verstappen Berkat Teknologi Halo, Apa Itu?
foto: Lewis Hamilton ditabrak Max Verstappen di F1 GP Italia 2021. (Foto/Reuters)


itoday - Berkat teknologi Halo, nyawa pembalap Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton, selamat setelah ditabrak Max Verstappen saat balapan Formula One (F1) GP Italia 2021 di Sirkuit Monza, Minggu (12/9/2021). Lalu apa itu Teknologi Halo?

Lewis Hamilton dan Max Verstappen mengalami insiden kecelakaan mengerikan di Sirkuit Monza. Peristiwa mengerikan tersebut terjadi di lap ke-26.

Mobil Verstappen berjalan di atas mobil Hamilton dalam insiden tersebut. Beruntung pembalap asal Inggris itu masih selamat atas kejadian mengerikan itu.

Setelah balapan usai, Hamilton mengatakan bersyukur masih terselamatkan atas Insiden yang dialaminya bersama Verstappen. Dia menilai teknologi Halo yang berada di mobilnya menyelamatkan hidupnya.

Halo baru diperkenalkan di F1 pada 2018. Peranti tersebut dianggap cukup aman untuk melindungi kepala pembalap dari benturan. Pengenalan peranti itu tidak terlepas dari kecelakaan fatal yang merenggut nyawa Jules Bianchi pada F1 GP Jepang 2014.

Sejak musim 2018, FIA telah membuat Halo wajib ada di mobil Formula. Selain di F1, peranti ini juga terdapat pada F2, F3, Formula E dan F4 sebagai langkah keamanan baru.

Meski demikian, sejumlah pembalap, termasuk Lewis Hamilton, sempat menentang pemakaian Halo. Keterbatasan jarak pandang menjadi alasan utama. Pemasangan Halo di atas kokpit membuat jarak pandang pembalap tidak lagi seluas biasanya.

Namun, manfaat dari teknologi satu ini kini tak lagi diragukan. Hal itu menyusul sejumlah insiden yang terjadi dan banyak pembalap merasakan efeknya langsung, termasuk Hamilton sendiri.

Halo adalah struktur yang terbuat dari titanium yang didesain untuk mencegah objek besar menghantam kepala pembalap seperti roda, mobil yang terbang dan pembatas sirkuit saat kecelakaan.

Sebuah tiang menopang Halo tepat di depan pandangan pembalap. Tiang penopang tersebut lalu terhubung pada kedua sisi kokpit dan membuat struktur di dalam kokpit lebih aman.

Selama pengembangannya, berat Halo mengalami perubahan. Dari yang awalnya hanya 7 kg, kini menjadi 9 kg. Hal itu terjadi demi membuat kokpit lebih aman. Saking amannya, pihak tim sampai harus menyesuaikan sasis agar bisa menyamai kekuatan Halo.

sumber:okezone.com
Persebaya Bekuk Persikabo 31
11 September 2021
Persebaya Bekuk Persikabo 3-1
foto: Jose Wilkson Teiceira Rocha (republika)


itoday - Persebaya Surabaya berhasil mengamankan tiga angka perdananya pada kompetisi Liga 1 2021/22. Setelah takluk 1-3 dari Borneo FC pada laga pembuka, Persebaya bangkit menaklukkan Persikabo 1973 dengan skor serupa, 3-1, di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (11/9) malam.

Dua dari tiga gol Persebaya dicetak oleh penyerang asing Jose Wilkson Teiceira Rocha pada menit ke-25 dan menit ke-41. Sementara gol tambahan hadir lewat penyerang sayap Ricky Kambuya menit ke-39.

Adapun gol semata wayang Persikabo 1973 dicetak oleh penyerang Ciro Henrique Alves Ferreira Silva setelah dengan tenang mengecoh kiper Ernando Ari Sutrayadi lewat titik putih pada interval kedua.

Capaian positif tersebut membuat anak asuh Aji Santoso, Persebaya untuk sementara naik ke posisi delapan klasemen Liga 1 dengan perolehan angka tiga dari sekali menang dan satu kekalahan.

Persikabo masih tak berkutik di peringkat ke-16 dengan catatan tak pernah menang dalam dua partai terakhir. Armada asuhan Igo Kriushenko mencatatkan satu hasil imbang serta sekali kalah.

Jalannya laga

Kedua tim langsung tancap gas dan menunjukkan kualitas permainan mereka dengan saling jual beli serangan. Pertandingan baru berjalan 15 menit pemain belakang Persebaya Alwi Slamat terpaksa mendapat hukuman kartu kuning pertama setelah menjegal pemain depan Persikabo.

Permainan Persikabo masih buntu di sepertiga akhir. Tusukan-tusukan langsung dua penyerang sayap Pushnyakov, dan Ciro masih belum bisa menbus rapatnya pertahanan bek Persebaya yang dijaga Arif Satria dan Alie Sesay.

Petaka hadir justru kepada Persikabo, nyaman menyerang membuat mereka kebobolan pada menit ke-25. Striker Wilkson menerima umpan manis Muhammad Alwi Slamat yang langsung dilepaskan menggunakan kaki kiri. Bola yang mengalir kencang gagal diantisipasi kiper Syahrul Fadil. Skor 1-0 untuk Persebaya.

Tertinggal satu gol membuat Persikabo kehilangan arah permainan. Penguasaan bola bahkan menjadi milik Persebaya. Taisei Marukawa dan rekan setim sukses mendominasi jalannya bola dengan persentasi 78 persen berbanding 22 persen.

Upaya untuk memperlebar jarak terjadi pada menit ke-39. Persebaya menambahkan skor menjadi 2-0 melalui aksi Ricky Kambuaya. Tembakan kaki kanan dari bagian tengah kotak penalti kembali memaksa Syahrul Fadil memungut bola di dalam gawang.

Berselang dua menit, Wilkson mencatumkan namanya untuk kali kedua setelah menerima assist rekan setimnya asal Jepang, Marukawa. Skor 3-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua pergantian pemain dilakukan oleh kubu Persikabo. Pelatih Igor Kriushenko memutuskan menarik keluar Roni Sugeng dengan memasukan Andre Oktaviansyah pada menit ke-59.

Masuknya gelandang muda Andre Oktaviansyah membuat lini tengah Persikabo terasa segar. Ketenangannya mengalirkan bola ke lini depan membuat permainan Persikabo kembali hidup.

Hasilnya, Persikabo memperkecil kedudukan lewat penalti Ciro Henrique Alves Ferreira Silva pada menit ke-64 melalui titik putih. Skor 1-3 untuk Persikabo.

Gol tersebut meningkatkan mentalitas Persikabo para pemain tampil lebih ngotot dan kerap meneror lini pertahanan Bajul Ijo. Namun hingga menit ke-75 belum ada tambahan gol dari upaya keras Persikabo.

Pelatih Aji Santoso melakukan rotasi dua pemain sekaligus pada menit ke-66. Merselino Ferdinan dan Akbar Firmansyah masuk menggantikan Bruno serta Samsul Arif Munip.

Memasuki waktu-waktu krusial Persikabo terus meningkatkan intensitas serangan demi menambah pudi gol. Sebaliknya Persebaya memilih lebih bermain ke dalam dan memainkan tempo lebih lambat dengan mengandalkan operan langsung ke lini depan.

Pada menit ke-85, Persikabo nyaris hampir memperkecil kedudukan lewat sepakan kencang dari kiri gawang melalui Firza Andika. Beruntung kiper Persebaya Sutaryadi dengan sigap menepis bola ke atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi skor 3-1 untuk keunggulan Persebaya tetap bertahan. Persebaya pun meraih kemenangan perdananya musim ini.

sumber: republika.co.id