Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Terbaru

Ini Kali Kedua Indonesia Jadi Host Turnamen Basket seAsia
27 November 2021
Ini Kali Kedua Indonesia Jadi Host Turnamen Basket se-Asia
foto: Timnas RI di FIBA Asia 2021 (jawapos)


itoday - FIBA Asia Cup akhirnya dijadwalkan ulang pada 12–24 Juli 2022. Panitia pelaksana sudah menyiapkan mekanisme kehadiran penonton untuk turnamen yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, itu.

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup Junas Miradiarsyah mengatakan, pemerintah sebenarnya sudah memberikan persetujuan terkait kehadiran penonton. Bahkan, hal itu pernah dibahas sebelum penundaan event yang sebelumnya dijadwalkan pada Agustus lalu.

’’Saat Agustus itu bahkan sudah dapat persetujuan saat rapat dengan presiden. Diizinkan (kehadiran penonton) 50 persen. Tapi dengan catatan melihat kondisi menjelang acara,’’ ujar Junas kepada Jawa Pos.

Junas menyebut kebijakan itu masih berlaku untuk event tahun depan. Tetapi, ada beberapa catatan. ’’Misalnya (kasus) meledak, ya bisa berubah. Tetapi, saat audiensi, sudah secara garis besar disetujui,’’ lanjutnya.

FIBA Asia Cup 2022 akan diikuti 16 tim yang sudah lolos kualifikasi. Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi basket se-Asia itu sejak 1993 silam. Junas berharap situasi bisa selalu kondusif.

Dengan begitu, penonton bisa hadir di Istora Senayan. Dia makin optimistis melihat penyelenggaraan WSBK di Sirkuit Mandalika lalu yang bisa dihadiri penonton. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan mekanismenya.

’’Kami sudah siapkan teknis alur penontonnya, tiketnya, dan kapasitasnya. Kalau misalnya Agustus lalu disiapkan 25 persen, itu dengan tingkat kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Kami berharap ke depan bisa mencapai di atas itu,’’ kata pria 41 tahun tersebut.

Istora Senayan memiliki kapasitas 7.166 penonton. Jika hanya 25 persen, yang bisa hadir sekitar 1.700 penonton.

sumber: jawapos.com
CoFounder Formula E Bantah PSI Jakarta Bukan Satusatunya Pembayar Commitment Fee
25 November 2021
Co-Founder Formula E Bantah PSI: Jakarta Bukan Satu-satunya Pembayar Commitment Fee
foto: Alberto Longo (tempo)


itoday - Co-founder Formula E Alberto Longo membahtah isu bahwa Jakarta adalah satu-satu kota penyelenggara yang membayar commitment fee. Isu ini pernah disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI dari Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo.

"Tidak. Ada kota lain yang bayar," kata Alberto Longo di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 24 November 2021.

Longo menyebut commitment fee yang dibayarkan oleh Jakarta tidak lebih besar daripada kota-kota penyelenggara Formula E lainnya. Walau begitu, Alberto menolak mengungkapkan angkanya karena dianggap rahasia.

Wakil Formula E Operations (FEO) itu juga mengatakan bahwa Formula E adalah kejuaraan dunia. Biaya penyelenggaraan ajang balap mobil listrik ini diakuinya memang besar. "Sebagai contoh, biaya balapan untuk satu hari selalu berada di sekitar 25 juta dolar," ujarnya.

Sebelumnya, politikus PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengklaim kota-kota lain yang menyelenggarakan Formula E tidak punya klausul commitment fee kecuali Jakarta.

"Dari 24 kota yang menyelenggarakan, riset kami, bisa jadi kami kurang dalam tapi kami sudah coba mencari setiap kota yang menyelenggarakan, kami tidak menemukan commitment fee di dalamnya," kata Anggara dalam sebuah diskusi daring, Jumat, 3 September 2021.

Anggara mengatakan BUMD DKI Jakarta, yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terikat kontrak dengan Formula E Operations (FEO) untuk penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu selama lima tahun. Jakpro diwajibkan membayar commitment fee sebesar Rp 360 miliar per tahun.

Selain itu, dalam kontrak juga disebutkan ada penambahan pembayaran sebesar 10 persen di setiap tahun. Maka jika ditotal selama 5 tahun, commitment fee Formula E mencapai Rp 2,3 triliun.

"Seluruh dana itu berasal dari APBD," kata Anggara.

Menurut Anggara, PT Jakpro sudah pernah membayar commitment fee sebesar Rp 360 miliar pada 2019 untuk penyelenggaran Formula E tahun 2020. Namun, ajang tersebut batal digelar di tahun 2020.

Selanjutnya pada tahun 2020, PT Jakpro kembali membayar commitment fee tahap 1 sebesar Rp 200 miliar untuk penyelengaraan Formula E di 2021. Namun, Anggara mengaku mendapat kabar bahwa Jakarta juga tak masuk sebagai kota penyelenggara Formula E di tahun 2021.

Dari dua kali pembayaran commitment fee Formula E itu, kata Anggara, uang yang sudah dikeluarkan mencapai Rp 560 miliar. "Commitment fee sifatnya hangus," kata Anggara.

sumber: tempo.co
Belum Banyak yang Tahu Ternyata Piala WSBK Mandalika Dibuat oleh Seniman dari Indonesia
24 November 2021
Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Piala WSBK Mandalika Dibuat oleh Seniman dari Indonesia
foto: Piala WSBK (suara)


itoday - Gelaran WSBK 2021 yang digelar di Sirkuit Mandalika resmi berakhir. Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu didaulat menjadi juara dunia WSBK 2021.

Hasil ini pun membuat pembalap Turki tersebut berhasil mematahkan rekor Jonathan Rea yang 6 kali berturut-turut juara WSBK.

Usai balapan, para pembalap yang menyabet podium diberikan piala atau trofi sebagai bentuk apresiasi.

Namun ada yang mungkin kalian belum tahu tentang piala yang diberikan kepada para pembalap yang menyabet podium tersebut.

Ternyata, piala WSBK Mandalika yang diberikan para pembalap WSBK merupakan hasil karya dari seorang seniman asal Indonesia lho.

Hal ini diungkapkan oleholeh Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI, Bambang Soesatyo. Dalam unggahan akun Instagram pribadinya, ia menyebut piala WSBK Mandalika tersebut hasil karya Tuksedo Studio Bali.

Mereka membuat trofi khusus bagi para juara World Superbike 2021, World Supersport 2021, dan Asia Talent Cup 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Desain masing-masing trofi memiliki filosofi yang berfokus pada simbolisasi Mandalika sebagai sirkuit tempat balap kejuaraan internasional tersebut diselenggarakan.

"Trofi dibuat secara handmade oleh para seniman Indonesia di Tuksedo Studio Bali. Sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para juara yang menerimanya, maupun bagi penggemar balap pada umumnya," tulis Bamsoet dalam unggahan akun Instagram-nya.

Sekaligus menjadi bukti nyata betapa hebatnya talenta serta potensi warga Indonesia sebagai pekerja, partisipan aktif, hingga penyelenggara ajang olahraga otomotif di level internasional," ujar Bamsoet

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, materi trofi terbuat dari bahan dasar aluminium dan stainless steel sebagai representasi dari Tuksedo Studio Bali yang bergerak dalam bidang pembuatan kit car, modifikasi, re-kreasi, hingga restorasi kendaraan, yang juga menggunakan kombinasi material yang sama dalam berbagai project kendaraan mereka.

"IMI senantiasa mendukung pelibatan UMKM industri dalam negeri dalam mendukung penyediaan sarana dan prasarana dalam setiap penyelenggaraan kejuaraan otomotif. Baik kejuaraan skala regional, nasional, hingga internasional. Pelibatan UMKM menjadi bukti bahwa karya mereka memiliki kualitas internasional, sekaligus menjadi tambahan dorongan bagi mereka untuk semakin meningkatkan kualitas dan produktifitas," jelas Bamsoet.

Maju terus UMKM Indonesia, semoga ke depan bisa GO Internasional.

sumber: suara.com
Hasil Undian IBL 2022 Satria Muda Huni Divisi Merah
23 November 2021
Hasil Undian IBL 2022: Satria Muda Huni Divisi Merah
foto: Tim Satria Muda (ibl)


itoday - Operator Indonesian Basketball League (IBL) telah mengumumkan hasil undian divisi bagi tim-tim peserta kompetisi musim 2022 pada Senin (22/11/2021).

Juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta berada di Divisi Merah bersama West Bandits Solo yang musim lalu mereka singkirkan di babak semifinal.

Sedangkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berstatus runner-up ditempatkan di Divisi Putih bersama semifinalis musim lalu lainnya, Dewa United Surabaya.

"Kedua tim teratas musim lalu, Satria Muda dan Pelita Jaya, berada dalam pot satu diikuti dua semifinalis di pot dua," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dikutip dari laman resmi IBL.

"Kemudian di pot tiga terdapat dua tim yang lolos ke playoff musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot empat," ujar dia menambahkan.

Bima Perkasa mendapatkan hasil undian ke Divisi Merah, sedangkan Prawira di Divisi Putih.

Masing-masing divisi juga terisi dua tim peserta baru IBL, yakni Tangerang Hawks dan Bumi Borneo Basketball Pontianak di Divisi Merah serta RANS PIK Basketball dan EVOS Thunder Bogor di Divisi Putih.

Nantinya dari tiap divisi akan dicari empat tim terbaik untuk lolos ke fase playoff IBL 2022 yang bertambah menjadi delapan tim mengikuti pertambahan jumlah peserta liga.

Namun, jalur pertandingan playoff tidak ditentukan berdasarkan divisi, melainkan klasemen tunggal dengan urutan satu sampai delapan. Putaran pertama playoff kemudian akan menyajikan tim peringkat pertama lawan urutan kedelapan (1 vs 8), 2 vs 7, 3 vs 6 dan 4 vs 5.

Dengan format tersebut, memungkinkan tim lintas divisi bertemu bahkan sejak putaran pertama playoff dan bukannya menanti hingga babak final seperti musim lalu.

Fase playoff rencananya bakal digelar menggunakan format kandang-tandang dan best-of-three atau mencari dua kemenangan.

Musim reguler rencananya mulai bergulir pada pertengahan Januari dengan total 176 pertandingan yang dilanjutkan dengan 21 laga di fase playoff hingga final, demikian dilansir dari Antara.

Berikut hasil lengkap undian divisi IBL 2022:

Divisi Merah
1. Satria Muda Pertamina Jakarta
2. West Bandits Solo
3. DNA Bima Perkasa Jogja
4. Tangerang Hawks
5. Bumi Borneo Basketball Pontianak
6. Satya Wacana Saints Salatiga
7. Pacific Caesar Surabaya
8. Indonesia Patriots

Divisi Putih
1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta
2. Dewa United Surabaya
3. Prawira Bandung
4. Bali United Basketball
5. Hangtuah Jakarta
6. NSH Mountain Gold Timika
7. RANS PIK Basketball
8. EVOS Thunder Bogor

sumber: suara.com
Verawaty Fajrin Tutup Usia Menpora Beliau Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Berikan Inspirasi
21 November 2021
Verawaty Fajrin Tutup Usia, Menpora: Beliau Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Berikan Inspirasi
foto: Verawaty Fajrin dan Imelda Wiguna (PBSI)


itoday - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali mengucapkan duka mendalam atas meninggalnya legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin di RS Dharmais, Jakarta, Minggu (21/11/2021) pagi WIB.

"Sebagai Menpora, saya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya ibu Verawaty Fajrin. Beliau adalah salah satu legenda bulu tangkis Indonesia yang memberikan inspirasi dan prestasi yang luar biasa bagi kita semua. Saya berdoa semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggal selalu diberi keikhlasan," tutur Menpora Amali dalam keterangan persnya.

Menpora Amali pada 20 September 2021 sempat menjenguk dan memberikan semangat kepada Verawaty Fajrin di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Saat itu dia tengah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Dalam kunjungannya tersebut Menpora memastikan semua penanganan yang diberikan pihak Rumah Sakit berjalan dengan baik. "Penanganannya bagus, luar biasa, ditangani oleh satu tim rumah sakit kanker Dharmais," ujar Menpora Amali waktu itu.

Setelah berjuang melawan kanker paru-paru yang dideritanya, Verawaty Fajrin akhirnya menutup mata untuk selama-lamanya. Dia berpulang di usia 64 tahun.

Verawaty Fajrin merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang bermain di sektor tunggal putri. Ada banyak prestasi yang dihadirkan, salah satunya di Kejuaraan Dunia 1980 di Jakarta.

Verawaty Fajrin menjadi kampiun usai di final mengalahkan rekannya, Ivana Lie,11-1, 11-3. Setahun sebelumnya, bersama Imelda Wigoena, Vera juga merenggut juara All England 1979 setelah menekuk Atsuko Tokuda/Mikiko Takada (Jepang), 15-3, 10-15, 15-5. Mereka pun menjadi pasangan ganda putri kedua Indonesia yang sukses di All England setelah Minarni/Retno Kustiyah yang melakukannya pada 1968. Bersama Imelda pula, Vera merebut emas SEA Games Manila 1981.

Bersama Imelda pula, Vera juga sukses merebut medali emas Asian Games VIII/1978 di Bangkok. Mereka di final mengalahkan Chiu Yu Fang/Cheng Hui Ming (China). Sebelumnya, mereka juga memenangi titel Denmark Terbuka 1978.

Di luar itu, masih prestasi besar lainnya. Bersama Eddy Hartono, Vera sebelumnya juga ikut mengantarkan Indonesia memboyong Piala Sudirman 1989. Mereka menjadi penentu kemenangan tim Garuda 3-2 atas Korea Selatan di final setelah mengatasi Park Joo-bong/Chung Myung-hee, 18-13, 15-3.

sumber: sindonews.com
Sirkuit Mandalika Hujan Lebat Stan UMKM Banjir Balapan Pertama WSBK Ditunda
20 November 2021
Sirkuit Mandalika Hujan Lebat, Stan UMKM Banjir, Balapan Pertama WSBK Ditunda
foto: Kawasan Sirkuit Mandalika (lombokita)


itoday - Kawasan Pertamina Mandalika Street Circuit / sirkuit Mandalika Lombok yang saat ini sedang berlangsung gelaran World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Club (IATC) diguyur hujan lebat, Sabtu (18/11/2021).

Hujan berlangsung sekitar pukul 15.00 Wita dan membuat kawasan tenda UMKM kawasan sirkuit Mandalika terendam banjir.

Akibat hujan ini, membuat sejumlah tenant (tenda) UMKM harus menutupi tenda agar tidak kemasukan air hujan yang cukup deras.

Meski sedang diguyur hujan, namun animo penonton menyaksikan gelaran internasional itu tidak surut. Para penonton yang baru datang terlihat area ticket box menggunakan jas hujan.

Akibat hujan lebat ini juga membuat balapan pertama WSBK di sirkuit Mandalika ditunda. Meski para pebalap telah berada di grid, bersiap-siap untuk start, namun start race director menunda balapan karena cuaca buruk.

Panitia akan mengumumkan jadwal ulang setelah menilai kondisi di lapangan.

sumber:lombokita.com