Facebook
Twitter
Instagram
Logo Header  Footer
021-4567890mail@mailcontoh.com
Logo Header  Footer

Apa Italia Sudah Boleh Disebut Favorit Juara Euro 2020?

Sport
Apa Italia Sudah Boleh Disebut Favorit Juara Euro 2020? 1
foto: Timnas Italia (bola.net)

itoday - Italia saat ini jadi salah satu favorit juara Euro 2020. Ada banyak alasan mengapa pasukan Roberto Mancini bisa mengangkat trofi impian Eropa tersebut.

Teranyar, gol-gol Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne memastikan kemenangan 2-1 Italia atas Belgia di babak perempat final. Kemenangan ini sangat berharga bagi Italia.

Setelahnya, Italia sudah ditunggu tantangan alot lainnya. Mereka akan menghadapi Spanyol di babak semifinal, Rabu (7/7/2021).

Pertandingan ini bakal sulit, tapi ada beberapa faktor yang membentuk Italia sebagai calon juara.

Skuad solid

Italia tidak punya pemain-pemain top di setiap posisi seperti Prancis, tapi ada satu kelebihan pasukan Mancini. Italia sekarang punya keharmonisan tim layaknya di level klub.

Biasanya timnas tidak benar-benar padu karena perselisihan di level klub dan waktu bersama yang terlalu sedikit. Namun, Italia sekarang tampak berbeda, mereka begitu solid.

Italia sempat diragukan ketika harus menghadapi Belgia yang menyandang status tim nomor 1 FIFA, tapi faktanya Italia masih lebih tangguh.

Georgio Chiellini dkk. menyuguhkan performa komplet, lini belakang solid yang dikombinasikan dengan lini serang mengalir.

Paling Konsisten

Di antara semua tim yang sudah bertanding di Euro 2020 sejauh ini, Italia mungkin layak disebut sebagai tim paling konsisten. Mereka menyapu bersih 3 laga di fase grup, meski butuh extra time untuk mengalahkan Austria di 16 besar.

Sempat muncul dugaan Italia bisa menjaga laju tak terkalahkan karena hanya melawan tim-tim lemah, tapi buktinya tidak demikian. Mereka bisa mengalahkan Swiss di fase grup, Swiss kemudian mengalahkan Prancis di 16 besar.

Permainan Italia saat ini sangat stabil. Jika tidak ada perubahan ekstrem, dan seharusnya memang tidak ada, mereka bakal menyuguhkan permainan yang sama baiknya di semifinal nanti.

Jadi favorit juara
Tidak banyak yang memprediksi Italia bakal jadi juara Euro 2020, tapi dengan 180 menit tersisa (waktu normal semifinal dan final) dan dengan tersingkirnya tim favotir seperti Prancis, Azzurri seharusnya punya peluang besar.

Terlebih Italia berhasil mengalahkan Belgia, tim yang mungkin jadi nomor dua favorit juara di bawah Prancis. Tantangan Italia berikutnya adalah Spanyol, laga yang akan alot.

Spanyol doyan membawa bola, tapi mereka punya masalah di lini belakang. Seharusnya ini bisa jadi celah yang dimanfaatkan Italia.

sumber: kontan
Sport Apa Italia Sudah Boleh Disebut Favorit Juara Euro 2020?